informasi cari disini

Saturday 18 July 2020

Pelajaran 1 Perumpamaan Rumah Terbakar

Tugas Belajar di Rumah
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas 6 Semester Ganjil 2020/2021

😎 Tahukah Kamu?
  • anak-anak yang berkelahi
  • orang-orang yang marah
  • main game online tidak kenal waktu
  • orang kerja siang dan malam
  • menggeluti hoby hingga lupa diri
Mengapa bisa demikian?
lihatlah kejadian di video di bawah ini?

 
Tawuran Pelajar Tahun 2020
 
 
😎 Mengamati
Setelah memperhatikan kasus tawuran pelajar di video kemudian perhatikan  materi pelajaran tentang rumah terbakar dibawah ini.
Tahukah kamu?, Buddha telah mengajarkan kita untuk membersihkan diri dari kekotoran, baik dari berpikir, berbicara, maupun dalam perbuatan badan jasmani. Kita haruslah tekun membuat kemajuan bagi usaha-usaha kita mencapai Nirvana, sesuai dengan kemampuan kita masing-masing yang telah menanamkan akar dari perbuatan perbuatan baik. Sebagai putra-putra Buddha, kita pasti dapat memperolehnya. 

Di masa lalu, di suatu kerajaan, yang berada dalam dusun di suatu kota, terdapat sebuah keluarga, dengan seorang kepala keluarga yang sangat tersohor. Kepala keluarga tersebut sudah tua renta, tetapi sangat kaya raya. Ia memiliki banyak ladang, rumah, pembantu, maupun pekerja. Rumahnya luas dan besar, tetapi pintunya hanya satu. Rumah itu ditempati banyak orang. Serambi dan ruangannya telah usang dan rusak, dindingnya melengkung, tiang dasar serta penyangga atapnya rapuh dan sangat membahayakan.

Tiba-tiba rumah itu terbakar. Secara bersamaan api berkobar dari tiap sisinya. Melihat api yang berkobar, kepala keluarga itu terkejut, karena semua anak-anaknya sedang asyik bermain dengan mainannya. Mereka bermain tanpa menghiraukan sekelilingnya, sehingga tidak tahu terhadap bahaya yang sedang mengancamnya.

Seandainya orang tua itu hanya berpikir untuk dirinya, maka dia cukup mudah untuk menyelamatkan dirinya. Selanjutnya, orang tua tadi merenung, untuk dapat membawa anak-anaknya keluar dari rumah yang terbakar. Rumah itu hanya memiliki satu pintu, sempit dan kecil, yang tidak mungkin dapat dilewati secara bersamaan.

Setelah merenung, ia berseru, “Keluarlah cepat, kalian semua!” Dengan suara lembut, orang tua itu membujuk dan menegur anak-anaknya, namun mereka tetap asyik bermain dan tetap tidak menghiraukannya. Anak-anaknya tidak takut dan tidak berniat lari. Mereka tidak mengerti bahaya api, tidak mengerti apa artinya rumah terbakar. Merekatidak mengerti apa yang dimaksud dengan cidera. Mereka tetap berlari ke sana ke mari, bermain-main dan kadang-kadang memandang ayah mereka.

Karena anak-anaknya tidak menghiraukan seruan ayahnya, maka sang ayah menggunakan cara yang lain agar mereka segera keluar dari rumah. Anak-anak tidak berkeinginan segera keluar rumah, karena mereka sangat terikat dengan kesenangan, yaitu mainan. Dengan mengetahui kesukaan anaknya terhadap bermacam-macam permainan, sang ayah lalu berkata, “Barang-barang yang kalian gemari untuk mainan, begitu mahal dan bagus, sekarang ada padaku. Bila kalian tidak segera mendapatkannya, kalian akan menyesal kemudian. Lihatlah bermacam-macam kereta domba, kereta rusa dan kereta lembu, tersedia di luar rumah untuk kalian pakai bermain. Kalian semua harus segera keluar dari rumah terbakar ini, akan kuberikan mana yang kalian sukai.” Demikianlah, setelah anak-anak itu mendengar adanya permainan menarik seperti yang disebutkan ayah mereka, semuanya menjadi bersemangat. Anak-anak itu keluar rumah sambil mendorong dan saling mendahului, dan dengan susah payah akhirnya mereka berhasil keluar dari rumah terbakar itu. Sang ayah yang melihat anaknya selamat semua, duduk di pinggir lapangan. Sang ayah tidak lagi merasa bingung, hatinya tenteram dan gembira sekali.

Anak-anak datang kepadanya, “Ayah, manakah barang mainan yang indah itu, seperti Ayah janjikan tadi: kereta domba, kereta rusa, dan kereta lembu?” Sang ayah kemudian memberikan kepada tiap anak sebuah kereta besar, indah dan menarik. Setiap kereta dihiasi dengan barang berharga, yang diberi tempat duduk dan sandaran, dan digantungi genta pada keempat sisinya. Selain itu, semua kereta diliputi dengan tabir serta dihiasi barang mahal dan bagus. Tali kekang untuk kudanya disambung dengan tali temali penuh batu permata, dan digantungi bunga rampai di atas tikar indah serta dibubuhi bantalan merah.

Kereta-kereta itu ditarik oleh lembu yang putih bersih, tampan dan kuat. Kereta-kereta tersebut berjalan dengan langkah secepat angin, dengan pembantu dan pengiring untuk menjaganya. Mengapa sang ayah berbuat demikian? Karena ia sangat kaya dan harta benda serta lumbungnya melimpah. Ia berpikir, “Kekayaanku tak terbatas, tidak pantas kuberi anak-anakku kendaraan kecil yang kurang berharga. Anak-anakku, aku sayangi tanpa perbedaan. Aku memiliki kereta besar, tak terbatas jumlahnya, mampu kuberikan kepada semua orang, dan sisanya tak akan berkurang apalagi bila hanya kuberikan kepada anakku saja.” Sementara itu, setiap anak telah mengendarai kereta besar, mendapatkan sesuatu yang belum pernah mereka miliki dan belum pernah diharapkan sebelumnya. Demikianlah dengan Tathagata, karena Ia adalah pelindung bagi semua dunia. Ia adalah pelindung bagi setiap umat yang telah bebas dari rasa takut, putus asa, cemas, kurang pengertian dan kegelapan. Selain itu, Ia juga pelindung bagi setiap umat yang telah sempurna dalam pengetahuan, kekuatan batin dan tanpa rasa takut. Ia adalah pelindung bagi setiap umat yang memiliki kemampuan batin dan kebijaksanaan, serta orang-orang yang telah mencapai kesempurnaan. Dan sebagai tambahan pula, Ia adalah pelindung bagi umat yang bermurah hati dan berwelas asih, tak kenal jemu, serta selalu mencari apa yang baik dan menguntungkan bagi segenap makhluk.
Sumber; Buku Siswa Kelas 6 Halaman 1-7
 
😎 Menanya
 Setelah amati video tawuran pelajar tahun 2020 dan baca cerita tentang kisah perumpamaan rumah terbakar dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ...................................... 
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)

😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

😎 Menalar
 Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan bencana kebakaran yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?
4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?


😎 Penutup
  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Sabtu, 25 Juli 2020, pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar

JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

Thursday 16 July 2020

Mimpi Ratu Mahamaya

Belajar di Rumah Kelas 2
Kamis, 16 Juli 2020

👉 Mengamati




Mimpi Ratu Mahamaya

Lebih dari dua ribu lima ratus tahun yang lalu di India Utara, di kaki Gunung Himalaya terdapat sebuah kerajaan yang kaya raya yaitu Kerajaan Kapilavasthu. Kerajaan ini diperintah oleh Raja Suddhodana didampingi permaisurinya, Ratu Mahamaya.

Suatu malam Ratu Mahamaya bermimpi didatangi seekor gajah putih yang memiliki empat buah gading dan membawa setangkai bunga teratai. Gajah itu mengelilingi ranjang Ratu Mahamaya yang
sedang berbaring sebanyak tiga kali. Gajah itu kemudian masuk ke dalam perut Ratu Mahamaya sebelah kanan.

Ratu Mahamaya menceritakan mimpinya kepada raja. Raja Suddhodana mengundang 64 brahmana untuk meramalkan arti mimpi Ratu Mahamaya. Penasihat raja mengatakan bahwa mimpi itu pertanda baik. Setelah memeriksanya, dengan ketenangan pikiran. Penasihat istana itu mengatakan bahwa Ratu
Mahamaya akan segera hamil.


👉 Menanya

Amati gambar dan baca cerita diatas dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat dan pertanyaanmu! 

Pendapatku:   
1. ......................................................................................   
2. ......................................................................................    
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:   
1. ......................................................................................? 
2. ......................................................................................?  
3. ......................................................................................?  
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 

👉 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.

👉 Mengolah Informasi
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

👉 Menalar
Pangeran Siddharta lahir di sebuah taman.
Dimana kamu lahir?
Pangeran Siddharta dapat berdiri tegak, berbicara dan
berjalan pada saat baru lahir.
Apa yang kamu lakukan pada saat baru lahir?

👉 Mengkomunikasikan
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Kamis pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.


Selamat beristirahat, jangan lupa belajar



⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪

silahkan mengerjakan tugas

 



Chat

CHATT