informasi cari disini

Tuesday 17 January 2017

Legend Of Buddha - Part 2




Continues Legend Of Buddha - Part 3

Legend Of Buddha - Part 1




CONTINUES LEGEND OF BUDDHA - PART 2

Kisah Kisa Gotami




Cerita Kisa Gotami

Cerita yang mengangat cerita legenda sarat moral sudah cukup banyak contohnya, Si  Pitung, Malin Kundang, Sangkuriang dan lain-lain. Semuanya memiliki pesan moral yang baik, hanya mereka memiliki persamaan dalam semua penceritaannya, yaitu unsur fiksional, seperti pada Malin Kundang, dimana dia dikutuk oleh ibunya menjadi batu, Si Pitung yang kebal oleh ilmu kebatinannya, dan seterusnya. Pada penceritaan Kisa Gotami, penulis melihat salah satu perbedaan yang menarik, yaitu tidak ada campur tangan dengan unsur fiksional atau magis, sepenuhnya bersifat filososif atas kejadian sehari-hari.
Kisa Gotami ini menceritakan seorang ibu yang belum pernah mengalami kehilangan anggota keluarganya, Kisa Gotami memiliki seorang anak yang masih balita dan baru bisa belajar  jalan, akan tetapi anaknya meninggal karena sakit. Kisa tidak dapat menerima peristiwa ini dan dia mencari orang yang dapat menghidupkannya kembali, yang membuat tingkah lakunya di anggap aneh oleh penduduk sekitar. Cerita legenda ini berlatar belakang era India kuno, sekitar tahun 200 sebelum masehi, dimana ajaran Budhism sedang berkembang di India, di bawah naungan kerajaan Ashoka.

Budhism

Agama Buddha atau di sebut dengan istilah Budhisme lahir di negara India, lebih tepatnya lagi di wilayah Nepal sekarang, sebagai reaksi terhadap agama Brahmanisme. Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya Siddharta Gautama.  Dengan ini, ini adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia. Agama Buddha berkembang dengan unsur kebudayaan India, ditambah dengan unsur-unsiur kebudayaan Helenistik (Yunani), Asia Tengah, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dalam proses
perkembangannya, agama ini praktis telah menyentuh hampir seluruh benua Asia dan telah menjadi agama mayoritas di beberapa negara Asia seperti Thailand, Singapura, Kamboja, Myanmar, Taiwan, dsb. Pencetusnya ialah Siddhartha Gautama yang dikenal sebaagai Gautama Buddha oleh pengikut-pengikutnya. Ajaran Buddha sampai ke negara Tiongkok pada tahun 399 Masehi, dibawa oleh seoang bhiksu bernama
Fa Hsien.
Masyarakat Tiongkok mendapat pengaruhnya dari Tibet disesuaikan dengan tuntutan dan nilai lokal. Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran Sang Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piaka (kotbah-kotbah Sang Buddha), Vinaya Piaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).

Cerita Legenda

Dalam KBBI 2005, legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Menurut Emeis, legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan. Menurut William R. Bascom, legenda adalah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Menurut Hooykaas, legenda adalah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian  Legenda atau cerita rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. Sayangnya ada sebagian cerita rakyat yang bersifat kontroversial karena dianggap tidak layak untuk anak. Sebut saja Sangkuriang, cerita yang mengisahkan seorang anak jatuh cinta dengan ibunya sendiri Ada beberapa pengertian mengenai arti kata dari Legenda yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Legenda (Latin legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang empunya cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. walaupun demikian, karena
tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi (pembelokan) sehingga sering kali jauh
berbeda dengan kisah aslinya.

REFERENSI
- Blain, Brown. (2011). Cinematography, theory and practice, second edition. Focal Press.
- Buddharakkhita, Acharya (1998). Sahassavagga: The Thousands (Dhp VIII)
- C. Rhys Davids and K. Norman: Poems of Early Buddhist Nuns, Pali Text Society, pp. 88–9.
Retaken at: http://mindfulnessmethod.wordpress.com/articles/kisa-gotami/

- Raj, Arumugam. (2010). Kisa Gotami, a mother’s sorrow. CreateSpace.
- Richard, Williams. (2002). Animator Survival Kit. Faber & Faber.
- Thanissaro Bhikkhu (trans.) (1998). Gotami Sutta: Sister Gotami (SN 5.3). Available on-line at
http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/sn/sn05/sn05.003.than.htm



continues

Chat

CHATT