informasi cari disini

Thursday 13 August 2020

UPACARA PEMBERIAN NAMA

 

Pembelajaran 1.4 Upacara pemberian nama

Tugas Belajar di Rumah

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Kelas 2 Semester Ganjil 2020/2021

 

Upacara pemeberian nama

    Lima hari setelah kelahiran anaknya, Raja Suddhodana mengumpulkan seluruh anggota keluarganya. Raja juga mengundang 108 brahmana ke istana. Di antara 108 brahmana, ada 8 brahmana yang pandai meramal. Raja meminta para brahmana untuk menentukan nama dan meramalkan masa depan bayi.  

 
    Atas kesepakatan para brahmana, bayi itu diberi nama Siddharta. Siddharta berarti tercapailah cita-citanya. Tujuh brahmana meramalkan bahwa bayi Siddharta kemungkinan akan menjadi raja besar yang menguasai dunia (cakkavati) atau menjadi Buddha.

    Sedangkan seorang brahmana termuda memastikan bahwa kelak bayi Siddharta akan menjadi Buddha. Brahmana termuda itu bernama Kondanna. Saat Siddharta masih berusia tujuh hari, Ratu Mahamaya meninggal dunia dan terlahir di Surga Tusita. 

    Kemudian Siddharta dirawat dan dididik dengan penuh kasih sayang oleh Pajapati Gotami. Pajapati adalah adik Mahamaya .

😎 Menanya
     Setelah amati video yang sudah dijelaskan dan baca cerita tentang upacara pemeberian nama dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)
 
😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
    Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.
😎 Menalar
     Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan upacara pemberian nama yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?
😎 Penutup

  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas

    Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


Tugas Penilaian Harian Klik

πŸ”ΌDISINI


JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

Daftar Hadir Siswa Klik
πŸ”ΌDISINI

 

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT