informasi cari disini

Tuesday 5 May 2020

Kelas V Pelajaran 8 Teman yang Baik Kegiatan Belajar 29 Teman yang Senang Membantu dan Memiliki Rasa Simpati

Tugas Belajar di Rumah SDN Sumogawe 03 

 
Sumber: www.prrey.wordpress.com
Gambar 8.3 Teman yang suka membantu dan memiliki rasa simpati

🔽Mengamati
Amati gambar diatas, kemudian bacalah dan simak dengan baik teks berikut ini.  Lebih lanjut Buddha menjelaskan dalam Dighanikaya III 186 dan 187 tentang ciri-ciri teman yang tidak baik dan teman yang baik. Teman yang tidak baik, dapat dikenali ciri-cirinya demikian juga teman yang baik dapat diketahui dari perbuatannya. Pertama akan dibahas ciri-ciri dua jenis teman yang tidak baik, kedua akan dibahas ciri-ciri dua jenis teman yang baik.
Jenis teman yang tidak baik yang pertama adalah teman yang bertujuan untuk menipu. Teman seperti ini memiliki empat ciri yaitu: (1) hanya memikirkan keinginan sendiri, (2) memberi sedikit tetapi meminta banyak, (3) pergi di saat temannya membutuhkan, (4) mau berteman hanya jika menguntungkan.
Jenis teman yang tidak baik yang kedua adalah teman yang hanya manis di mulut saja. Teman semacam ini dapat dikenali ciri-cirinya yaitu: (1) selalu membicarakan hal-hal yang telah lampau, (2) senang membicarakan hal-hal yang belum dilakukan, (3) membantu mengerjakan hal-hal yang tak berguna, serta (4) bermacam-macam alasan ketika diminta bantuannya. Teman yang baik juga dapat dikenali melalui perilakunya. Dua dari empat jenis teman yang baik adalah:
  1. Senang membantu teman dengan berbagai cara. Teman yang senang membantu memiliki ciri-ciri: (a) melindungi temannya di saat lengah, (b) melindungi harta milik temannya di saat lengah, (c) melindungi temandari ancaman bahaya, (d) menawarkan diri untuk meringankan pekerjaan temannya. 
  2. Selalu simpati terhadap teman walau suka maupun duka. Teman yang simpati memiliki ciri-ciri: (a) mau menceritakan rahasia dirinya untuk temannya, (b) menjaga nama baik dan rahasia temannya, (c) tetap bersama temannya meskipun dalam keadaan susah, serta (d) rela berkorban demi temannya. Demikianlah, kita dapat mengenali ciri-ciri teman yang tidak baik dan teman yang baik. Setelah mengenali, mengetahui perbedaan antara keduanya, selanjutnya diharapkan dapat memilih. Apakah mau menjadi teman yang baik ataukah menjadi teman yang tidak baik. Selanjutnya berikut ini disajikan kisah yang diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk dapat membina diri menjadi teman yang baik bagi orang lain.

 Mementingkan Diri Sendiri 

Dikisahkan, ada seekor pasangan rubah yang ingin makan ikan segar. Si rubah jantan berusaha mencarikan ikan di sekitar sungai. Dilihatnya ada dua ekor berangberang yang sedang menyeret seekor ikan besar. Keduanya bertengkar, merebutkan bagian ikan yang enak. Si rubah sejenak mengamati, lalu ia menghampiri mereka dan menawarkan bantuan untuk membagi ikan tersebut. Kedua berang-berang setuju. Si rubah membaginya menjadi tiga bagian. Ia memberikan bagian kepala ikan kepada berang-berang pertama, dan bagian ekor kepada yang kedua. Sementara kedua berang-berang berpikir, Bagaimana si rubah akan membagi bagian terbaik dari ikan itu? Sementara itu, rubah dengan segera menggondol bagian ikan yang penuh daging dan berlari. Kedua berang-berang hanya melongo dan saling menyalahkan satu sama lain. Mereka terus bertengkar atas kebodohan mereka sendiri.



🔽 Menanya
Ayo tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui tentang teks bacaan di atas. Kamu dapat menggunakan kata tanya Apa, Mengapa, Bagaimana, dan lain-lain! 
 
 
Pendapatku:  
1. ......................................................................................  
2. ......................................................................................   
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Berdasarkan pertanyaan yang sudah kamu buat, ayo cari informasi jawabannya kepada teman, buku, dan sumber lainnya. Catat jawabannya di bawah ini

Pertanyaanku:  
1. ......................................................................................?
2. ......................................................................................? 
3. ......................................................................................? 
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
 
🔽 Ayo Diskusikan 
  
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.


🔽 Menalar   


Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 


🔽 Mengkomunikasikan
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Senin pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas.  Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.

Selamat beristirahat, jangan lupa belajar
 


⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪
Silahkan mengerjakan tugas Belajar 
 

 



No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT