informasi cari disini

Friday 25 May 2012

RPP Kelas II Semester I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : II / 1
            Alokasi Waktu            : 3 pertemuan ( 9 JP)

I.         Standar Kompetensi
1.    Mengungkapkan peristiwa upacara pemberian nama dan asal usul Pangeran Siddharta
II.      Kompetensi Dasar
 1.1 Menjelaskan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Sidharta.
III.   Tujuan Pembelajaran
1.1.1       Peserta didik dapat menjelaskan alasan Raja Suddhodana mengundang para brahmana
1.1.2       Peserta didik dapat menyebutkan jumlah brahmana yang hadir dalam upacara pemberian nama putra raja Suddhodana.
1.1.3       Peserta didik dapat menyebutkan jumlah brahmana yang pandai meramal
1.1.4       Peserta didik dapat menjelaskan isi ramalan brahmana Kondañña 
1.1.5       Peserta didik dapat menjelaskan arti nama “Sidharta”
1.1.6       Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi setelah tujuh hari kelahiran Pangeran Sidharta
1.1.7       Peserta didik dapat menyebutkan nama ibu asuh pangeran Sidharta
1.1.8       Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang ibu asuh pangeran Sidharta 
1.1.9       Peserta didik dapat mendeskripsikan sikap pangeran Sidharta terhadap ibu asuhnya
1.1.10   Peserta didik dapat meneladani sikap pangeran Sidharta terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari
IV.   Materi Pembelajaran
1. Pemberian nama pangeran Sidharta


V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Penugasan
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
1.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang tujuan pemberian nama kepada anak.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukanmateri  tentang arti dari nama seseorang, tujuan orang tua memberi nama kepada anaknya.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  arti dari nama dan tujuan orangtua member nama kepada anaknya.
·      Peserta didik berdiskusi dengan temannya tentang arti dari namanya dan arti dari nama teman-temannya.
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang arti nama seseorang.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi : Buatlah  5  daftar nama temanmu dan arti dari namanya.
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Membahas tugas pertemuan lalu.

B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran  tentang upacara pemberian nama putra raja Suddhodana.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang arti nama dari Sidharta
·      Penjelasan tentang upacara pemberian nama putra raja Suddhodana.
·      Peserta didik dapat menyebutkan nama 8 orang bijak yang datang pada upacara pemberian nama
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dimengerti dengan jelas
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama

C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)

1.    Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi : Sebutkan 8 pertapa yang meramal kelahiran putra raja Suddhodana.
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Membahas tugas pertemuan yang lalu



B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang ramalan pertapa Kondanna.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana ramalan pertapa kondanna tentang pangeran Siddharta?
·      Penjelasan tentng  ramalan pertapa Konddan tentang masa depan Pangeran Siddharta.
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dimengerti dengan jelas
·      Guru dan peserta didik mengulang kembali bersama-sama tentang ramalan pertapa kondanna dan pertapa lainnya.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan fefleksi bersama
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi : Apa yang diramalkan oleh 8 pertapa tentang kelahiran Pangeran Siddharta?
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media           
- Audio Visual
B. Sumber       :
- Buku PAB kelas II ehipassiko hal 1-3
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
-  Sebutkan 2 nama brahmana yang meramal Pangeran kelak akan menjadi seorang Buddha
B. Teknik Penilian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
c. Alat Penilaian    
Soal terlampir

Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
1.      PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.      PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3.      PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………


Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
   1.  Tuliskan namamu dan artinya!
   2. Tanyakan / diskusikan dengan temanmu arti nama teman-temanmu!
II. Tugas
            Tanyakan kepada orangtuamu apa arti namamu!


PERTEMUAN KE 2
I.     Jawablah Soal berikut dengan benar!
  1. Apa tujuan orang tua memberi nama kepada anaknya?
  2. Berapa jumlah orang bijak yang datag dalam upacara pemberian nama Pangeran Sidharta?
  3. Sebutkan nama orang-orang bijak yang dating pada upacara pemberian nama!
  4. Tunjukkan apa yang diutarakan oleh Kondana tentang bayi yang baru lahir!
  5. Apa Arti Sidharta?
PERTEMUAN KE 3
I.     Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
  1. Pertapa yang diundang oleh raja Suddhodana pada saat upacara pemberian nama putraya sejumlah ….
    1. 8                                              c. 108
    2. 18
  2.  Orang bijak yang mengatakan kelak pangera akan menjadi Buddha bernama ….
    1. Asitta                                      c. Kondana
    2. Kaladevala
  3.  Putra raja Suddhodana diberi nama ….
    1. Yassa                                       c. Badhiya
    2. Sidharta
  4. Upacara pemberian nama pangeran dilaksanakan di kerajaan ….
    1. Kapilavastu                             c. Kosala
    2. Kolia
  5. Nama Sidharta memiliki arti ….
    1. Menjadi kaya raya                   c. Laki-laki yang penuh simpati
    2. Terpenuhi harapannya
  6. Nama keluarga dari pangeran Sidharta adalah ….
    1. Yassa                                       c. Gotama
    2. Badhiya
  7. Kelak pangera Sidharta akan pergi bertapa apabila melihat ….
    1. Tiga peristiwa                          c. Lima Peristiwa
    2. Empat peristiwa
  8. Setiap orang tua memberi nama kepada anaknya dengan harapan menjadi orang yang ….
    1. Kaya                                        c. Jahat
    2. Baik
  9. Anak raja Sudhodana kemudian dikenal dengan nama ….
    1. Sidharta Gotama                     c. Supra Buddha
    2. Anattha pindika
  10.  Apapu arti nama kita, kita harus menjadi anak yang ... bagi orang tua
    1. Durhaka                                  c. Berbhakti
    2. Jahat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : II/ 1
            Alokasi Waktu            : 3 pertemuan (9 JP )

I.         Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan peristiwa  upacara pemberian nama dan asal usul Pangeran Siddharta.
II.      Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi asal usul pangeran Sidharta
III.   Tujuan Pembelajaran
1.2.1       Peserta didik dapat menceritakan sejarah kerajaan Kapilawastu
1.2.2       Peserta didik dapat menyebutkan nama suku pangeran Sidharta
1.2.3       Peserta didik dapat menjelaskan silsilah keluarga pangeran Sidharta
1.2.4       Peserta didik dapat menyebutkan nama orangtua pangeran Sidharta
1.2.5       Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama saudara pangeran Sidharta
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Silsilah Kerajaan Kapilavastu.
2.    Raja Suddhodana Mengharapkan Pangeran menjadi Raja Dunia
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceranah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Pemberian tugas

B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)

1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru memotivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Tanya jawab tentang asal-usul pangera Sidharta.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang asal usul pangeran Siddharta.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagi catatan.
·      Guru menyiapkan untuk pemutaran VCD Riwayat hidup Buddha Gotama
·      Penjelasan  tentang asal usul Pangeran Siddharta.
·      Peserta didik mampu membuat bagan sederhana silsilah keluarga Pangeran Siddharta
·      Guru dan peserta didik bersama-sama membetulkan bagan yang dibuat peserta didik yang masih belum sesuai.
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C. Kegiatan (Akhir 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi : Buatlah bagan asal usul Pangeran Siddharta .
3.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Apersepsi (pre tes)
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4. Penguatan Materi Pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang kelahiran Pangeran Siddharta hingga usia tujuh hari.
·      Peserta didik menyiapkan pelatan tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik kapan Ratu maya meninggal dunia
·      Penjelasan tentang  cerita kelahiran Pangeran Siddharta
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dimengerti dengan jelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali cerita kelahiran Pangeran Siddharta.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
3.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.

PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Apersepsi (pre tes)
3. Penguatan materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu.
4. Motivasi dan penyampaian tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  keadaan pangeran Siddharta setelah ibunya wafat.
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pengasuh Pangeran  Siddharta setelah ibunya wafat.
·      Penjelasan tentang keadaan  Pangeran Siddharta seletah ibunya wafat.
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang Dewi Prajapati Gotami

·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
3.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
VI.   Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-  Audio Visual
B. Sumber:
- Buku PAB kelas II hal.3
- VCD riwayat hidup Buddha Gotama.
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
- Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
-  Siapa Dewi Prajapati Gotami?
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
1.    PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada   : ………………………………...
2.    PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada   :………………………………….
3.    PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada   : …………………………………


Soal

PERTEMUAN KE 1
     I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
            1. Buatlah bagan silsilah keluarga Pangeran Sidharta!
           
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan bear!
3.      Siapa nama ayah pangeran Sidharta?
4.      Di mana pangeran Sidharta dilahirkan?
5.      Nama ibu pangeran sidharta yaitu ….
6.      Pada usia berapa Pangeran Sidharta Di tinggal Ibunya?
7.      Setelah meninggal, Dewi Maya terlahir kembali di Surga ….

PERTEMUAN KE 3
Ulangan Akhir KD (1.2)
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.      Pangeran Sidharta tinggal di kerajaan ….
2.      Nama keluarga pangeran Sidharta adalah ….
3.      Setelah Ratu Mahamaya wafat, pangeran Sidharta diasuh oleh ….
4.      Sidharta mengandung arti ….
5.      Apapun arti nama kita, kita harus menjadi anak yang ….
6.      Orang tua kita memberi nama kepada kita dengan maksud ….
7.      Pangeran Sidharta kelak akan menjadi Buddha apabila melihat … peristiwa.
8.      Putra Raja Suddhodana diberi nama ….
9.      Empat peristiwa yang tidak boleh dolihat pangeran Sidharta antara lain ….
10.  Raja Sudhodana menghendaki putranya menjadi ….


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : II / 1
            Alokasi Waktu            :4 Pertemuan ( 12 JP)

I.         Standar Kompetensi
2.    Mengungkapkan kisah jataka dan kisah-kisah yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang
II.      Kompetensi Dasar
2.1 Menceritakan Kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan Persahabatan.
III.   Tujuan Pembelajaran
2.1.1    Peserta didik dapat menceritakan kisah tiga sahabat dalam cerita Jataka
2.1.2    Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah tiga sahabat
2.1.3    Peserta didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah tiga sahabat
2.1.4    Peserta didik dapat menceritakan kisah persahabatan Si Buta dan Si Buntung
2.1.5    Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan Si Buta dan Si Buntung
2.1.6    Peserta didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan Si Buta dan Si Buntung
2.1.7     Peserta didik dapat menceritakan kisah persahabatan raja Angsa Emas dan Panglima Sumoka
2.1.8    Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan raja Angsa Emas dan Panglima Sumoka
2.1.9     Peserta didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan raja Angsa Emas dan Panglima Sumoka.
2.1.10    Peserta didik dapat menceritakan kisah persahabatan rusa Banyan
2.1.11    Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah rusa Banyan
2.1.12    Peserta didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah rusa Banyan
2.1.13    Peserta didik dapat menceritakan kisah persahabatan Sariputra dan Moggalana
2.1.14 Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan Sariputra dan Moggalana
2.1.15  Peserta didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan Sariputra dan Moggalana
IV.   Materi Pembelajaran
1.        Sahabat sejati
2.        Cerita tentang “Si Buta dan Si Buntung”
V.      Kegiatan Pembelajaran       
A. Metode      
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Problem Solving

B. Langkah-Langkah Pembelajaran   

PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang pengertian Sahabat Sejati.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  pengertian sahabat sejati
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  sahabat
·      Penjelasan tentang  pengertian sahabat sejati
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang  sahabat
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi :  Apa artinya sahabat?
3.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang pelajara yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  certita  “Si Buta dan Si Buntung”
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  kerjasama
·      Penjelasan tentang  cerita “Si Buta  dan Si Buntung”
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi :  Apa yang dapat kamu contoh dari kerjasama Si Buntung dan Si Buta?
3.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang cara berteman
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  cara berteman di lingkuangan rumah dan di sekolah.
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  kerjasama
·      Penjelasan tentang  cara berteman di lingkungan rumah dan di sekolah
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik.
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
B.     Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2      Refleksi :
- Siapa saja nama temanmu di rumah
- Siapa saja nama temanmu di sekolah
3      Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4      Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 4
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Membahas pelajaran pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  manfaat dari persahabatan dan sikap terhadap sahabat.
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  kerjasama
·      Penjelasan tentang  manfaat dari bersahabat.
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama

C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi : Sebutkan 3 manfaat dari berteman!
3.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
VI.   Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
- Gambar 2 dimensi
B. Sumber:
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas II Hal 15-19
- Buku Riwayat Hidup Buddha Gotama
     
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
-  Ceritakan tetnatng sahabat baikmu!
- Bagaimana cara bersahabat yang baik ?

B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non Tes

C. Alat Penilaian
Soal terlampir


Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001


Catatan :
1.    PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada   : ………………………………...
2.    PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada   :………………………………….
3.    PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada   :………………………………….
4.    PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada   :………………………………….




Soal

PERTEMUAN KE 1
     I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.      Sahabat sejati selalu siap ….
a.       pergi kemanapun                     c. meminta
b.      menolong
2.      Menolong seorang sahabat harus ….
a.       tulus                                        c. balas budi
b.      pamrih
3.      Jika sahabat sedang sedih, yang kita lakukan adalah ….
a.       meninggalkannya                    c. menghiburnya
b.      membiarkannya
4.      Jika sahabat kita sedang membutuhkan pertolongan, kita harus segera ….
a.       menolongnya                           c. melerainya
b.      menjauhinya
5.      Ririn kehiangan pensil. Linda mempunyai dua buah pensil,yang harus Linda lakukan adalah ….
a.       Menyimpannya                       c. meminjaminya
b.      mendiamkannya


PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Carilah tokoh utama dalam cerita “Si Buta dan Si Buntung”!
  2. Ceritakan kembali dengan bahasamu cerita “Si Buta dan Si Buntung”

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.      Sahabat yang baik tidak pernah ….
2.      kita harus … kepada teman yang bersalah.
3.      Dalam berteman tidak boleh ….
4.      Apabila bersalah kepada teman, sebaiknya segera ….
5.      Sahabat yang baik tidak saling ....

PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.      Buatlah suatu cerita tentang persahabatanmu dengan temanmu !
2.      Salinlah kalimat berikut dengan tulisan yang bagus!
      ”Aku akan memaafkan teman yang bersalah”



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : II / 1
            Alokasi Waktu            : 21 Jam Pelajaran (7 Pertemuan)

I.         Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan kisah-kisah jataka dan lain-lain yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang.
II.      Kompetensi Dasar
2.2 Menceritakan kiasah jataka dan lain-lain yang bertemakan kasih saying.
III.   Tujuan Pembelajaran
2.2.1       Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Buddha dengan Sunita
2.2.2       Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang Buddha kepada Sunita
2.2.3       Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang seperti Buddha kepada Sunita.
2.2.4    Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah keluarga burung pipit yang berbahagia yang berbahagia
2.2.5       Peserta didik dapat menjelaskan sifat kasih sayang keluarga burung pipit
2.2.6       Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang keluarga burung pipit.
2.2.7  Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Tzu Chan yang sangat pandai dan suka membantu orang miskin
2.2.8       Peserta didik dapat menjelaskan bentuk kasih sayang Tzu Chan
2.2.9       Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang seperti tokoh Tzu Chan
2.2.10   Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah burung nuri
2.2.11   Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang burung nuri kepada orang tuanya
2.2.12   Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang seperti dalam kisah burung nuri
2.2.13   Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Buddha menolong anak domba
2.2.14   Peserta didik dapat mendeskripsikan bentuk kasih sayang Buddha terhadap anak domba
2.2.15   Peserta didik dapat meneladani kasih sayang Buddha  terhadap makluk hidup
2.2.16   Peserta didik dapat menjelaskan manfaat memiliki kasih sayang
2.2.17   Peserta didik dapat menyebutkan cara mengembangkan sifat kasih sayang
2.2.18   Peserta didik dapat mempraktekkan sifat kasih sayang
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Keluarga pipit yang bahagia
2.    Keluarga Cullatundila dan Mahatundila.
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Diskusi



B. Langkah-Langkah Pembelajaran         
PERTEMUAN KE 1
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang keluarga.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  pengertian keluarga.
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  keluarga
·      Penjelasan tentang  keluarga.
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang keluarga
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi : Tuliskan daftar keluargamu sesuai dengan kartu keluarga !
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.

PERTEMUAN KE 2
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  cerita keluarga burung pipit.
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  kasih sayang
·      Penjelasan tentang  cerita keluarga burung pipit.
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi.

·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama .ri pembelajaran yang belum dimengerti dengan jelas



C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi : Sebutkan siapa saja tokoh dalam cerita Keluarga Burung Pipit!
3.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang cinta kasih dan kasih sayang.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang  Certia Dua Ekor Babi dan Nenek Tua.
·      Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  cinta kasih
·      Penjelasan tentang  cerita Dua Ekor Babi dan Nenek Tua.
·      Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti dengan jelas
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.    Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi : Sebutkan 3 tokoh dala cerita Dua Ekor Babi dan Nenek Tua!
3.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.

PERTEMUAN KE 4
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang keluarga.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang silsilah keluarga  .
·      Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang nama nenek dan kakek peserta didik
·      Penjelasan tentang silsilah keluarga
·      Peserta didik bertanya tentang kakek nenek buyut
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Tuliskan silsilah keluarga dari buyutmu!
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan dating
4. Guru dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 5
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawah cara menyayangi semua orang
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang cerita kisan pemulung bernama Sunita .
·      Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang cara menyayangi orang lain
·      Penjelasan tentang silsilah keluarga
·      Peserta didik bertanya tentang masalah silsilah keluarga
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Bagaimana cara menyayangi teman ?
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang
4. Guru dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
Pertemuan 6
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang kasih sayang sesama .
·      Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang cara menyayangi makhluk lain
·      Penjelasan tentang kasih sayang kepada sesame dalam bentuk cerita Kisah Tzu Chan.
·      Peserta didik bertanya tentang cara menyayangi  semua makhluk
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Sebutkan siapa saja tokoh yang ada dalam certia sunita?
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang
4. Guru dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
Pertemuan 7
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Mengulas pelajara yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang kasih sayang sesama .
·      Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang cara menyayangi makhluk lain
·      Penjelasan tentang kasih sayang kepada sesame dalam bentuk cerita Kisah Tzu Chan.
·      Peserta didik bertanya tentang cara menyayangi  semua makhluk
·      Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
C.  Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Siapa saja tokoh daslam cerita Tzu Chan?
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan dating
4. Guru dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media           
- gambar dua dimensi (gambar keluarga burung Pipit)
B. Sumber:
- Buku PAB kelas II Ehipasiko halaman ........
- Buku cerita Jataka halaman  ............

Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha



Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001


Catatan :
1.    PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.    PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada   :………………………………….
3.    PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada   : …………………………………
4.    PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada   :…………………………………..
5.    PERTEMUAN KE 5 dilaksanakan pada  : ………………………………...
6.    Pertemuan 6 dilaksanakan pada :………………………………….
7.    Pertemuan 7 dilaksanakan pada : …………………………………
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.      Suatu keluarga terdiri dari ....
2.      Ayah bekerja keras mencari ....
3.      Ibu dirumah bekerja keras mengurus ....
4.      Anak yang baik harus berbhakti kepada ....
5.      Kita harus rukun dan ....

PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Keluarga burung Pipit terdiri dari ....
  2. Ayah Pipit bekerja untuk menghidupi ....
  3. Ibu Pipit setiap hari menjaga anak-anaknya dari ...
  4. Ibu Pipit melindungi anak-anaknya dengan ....
  5. Ibu Pipit melakukan karena Ia sangat ... anak-anaknya.

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Tokoh dalam cerita dua ekor babi dan nenek Tua?
  2. Mengapa kita harus menghirmati orang tua?
  3. Kata-kata yang penuh cinta kasih membuat orang lain merasa ....
  4. Apa yang dimaksud dengan kolam ....
  5. Kebencian akan berakhir bila dibalas dengan ....

PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Mengapa orang tua wajib kita hormati?
  2. Sebutkan siapa saja yang termasuk anggota keluarga!
  3. Siapa yang menjadi kepala keluarga di rumahmu?
  4. mengapa kita harus saling menghrmati antara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya?
  5. Apa saja yang harus kita lakukan untuk menunjukkan bhakti kita pada orang tua?

PERTEMUAN KE 5
Kerjakan soal berikut dengan benar !
  1. Buddha menyayangi orang yang ....
  2. Kita harus menyayangi ... orang.
  3. Kita tidak boleh ... dalam menyayangi teman.
  4. Saling menyayangi dapat membuat orang....
  5. Menyayangi semua orang adalah perbuatan yang ....

Pertemuan 6
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. kita harus mencontoh Buddha, dengan memperlakukan semua makhluk dengan ....
  2. Apa yang kamu lakukan apabila meluhan kucing kelaparan ....
  3. Jika kita memelihara hewan harus dirawat dengan ....
  4. Kita harus memperlakukan manusia dan hewan dengan ....
  5. Semua makhluk ingin hidup ....

Pertemuan 7
Kerjakan Soal berikut dengan benar!
  1. Sunita adalah seorang pemulung yang sangat ....
  2. Sunita sangat senang karena Budha tidak ....
  3. Saling menyayangi membuat semua ....
  4. orang yang penuh kasih sayang akan sisayangi oleh sesama manusia dan para ...
  5. Tzu Chan sangat pandai, juga suka ... orang miskin.
  6. Buddha tidak pernah menyakiti ....
  7. Hewan piaraan harus kita rawat dengan penuh ....
  8. Semua hewan adalah ... Budha.
  9. Contoh menyayangi semua makhluk adalah .... 
  10. Apabila melihat ayam yang terjerat, apa yang akan kalian lakukan?

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT