informasi cari disini

Tuesday 28 July 2020

Berguru pada Udaka Ramaputra

Pembelajaran 3 Berguru pada Udaka Ramaputra

Tugas Belajar di Rumah

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Kelas 5 Semester Ganjil 2020/2021





Berguru pada Udaka Ramaputra

Setelah meninggalkan guru pertamanya, yaitu Alara Kalama, Beliau pergi mengembara hingga akhirnya tiba di tempat kediaman seorang pemimpin sebuah aliran lain, Udaka putra Ràma (Udaka Ramaputta), Beliau mengajukan permohonan ingin menjalani kehidupan suci sesuai caranya.” Permohonan tersebut diterima dengan baik. Jika ajaran ini dipraktikkan dan sungguh-sungguh dengan tekun, akan memungkinkan dalam waktu singkat menguasai kekuatan batin luar biasa (Abhinnà). Jika mengikuti cara dan pandangan guru (àcariya-vàda) akan hidup berbahagia.”

Dengan cerdas dan ulet Petapa Siddharta tidak membuang-buang waktu untuk mempelajari ajaran-ajaran dan mempraktikkan latihan sehingga dalam waktu singkat Petapa Siddharta mampu mengerti dengan jelas ajaran Udaka Ramaputta. Hal ini diakui oleh Udaka dan siswa-siswa lainnya.Petapa Siddharta mendekati Udaka si pemimpin aliran dan bertanya, “O Sahabat, sampai sejauh manakah ayahmu, Ràma guru besar, mengatakan mengenai penembusan ajarannya oleh dirinya?” Udaka menjawab bahwa ayahnya telah mencapai tahapan konsentrasi dalam meditasi (Jhàna) tingkat tinggi yang disebut tingkat pencerapanpun bukan tidak pencerapan (Nevasannàvàsannàyatana Jhàna).


Petapa Siddharta berkata, “Sahabat, Aku juga telah mencapai tingkat tersebut dan berdiam di sana penuh kebahagiaan.” Sebagai seorang mulia yang telah bebas dari noda batin iri hati (issà) dan sifat egois (micchariya), Udaka Ramaputta telah menyaksikan sendiri bahwa ada seorang petapa yang sangat cerdas seperti Petapa Siddharta. Sehingga Udaka berkata, bahwa keuntungan besar bagi kami, memiliki sahabat seperti Anda!.


Akhirnya Udaka Ramaputta menyerahkan seluruh kelompok aliran tersebut kepada Petapa Siddharta dan mengangkat-Nya sebagai guru bagi kelompoknya. Pencapaian meditasi tingkat yang disebut tahap pencerapan pun bukan tidak pencerapan ini pun dilihat dengan jelas oleh Petapa Siddharta bahwa hal ini masih berada dalam lingkaran penderitaan. Pencapaian ini tidak dapat mengakhiri lingkaran penderitaan dari usia tua, sakit, dan kematian. Akhirnya, Beliau pun meninggalkan Udaka Ramaputta karena pencapaiannya hanyalah sebatas di alam duniawi yang belum terbebaskan dari bahaya kelahiran, usia tua, dan kematian

👉Menanya

Setelah amati video dan baca cerita tentang Berguru kepada Udaka Ramaputta dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas!

Pendapatku:   

1. ......................................

2. ......................................

3. ......................................

(silahkan tambah pendapatmu)

 

Pertanyaanku:  

1. ...................................... ?

2. ...................................... ?

3. ...................................... ?

(silahkan tambah pertanyaanmu)

😎 Mengumpulkan Data

Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.

😎 Mengolah Data

Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

😎 Menalar

 Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

 

😎 Mengkomunikasikan

 Ayo, ceritakan Berguru kepada Udaka Ramaputta yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!

Sampaikan pendapatmu:

1. Apa yang menarik perhatianmu?

2. Apa yang kamu lihat?

3. Apa yang bisa kamu lakukan?

4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?

5. Apa pesan moral yang kamu dapat?

😎 Penutup

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok ada perubahan jadwal, untuk pembelajaran pendidikan agama Buddha dan Budi Pekerti kelas 5 hari Selasa  27 Juli 2020,

Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.

Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪

silahkan mengerjakan tugas

Tugas Evaluasi pembelajaran klik

🔼DISINI

JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

PRESENSI KLIK

🔼DISINI


No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT