informasi cari disini

Friday 25 May 2012

RPP AGAMA BUDDHA KELAS 1 SEMETER 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 2
            Alokasi Waktu            : 9 jam pelajaran ( 3 pertemuan)

I.         Standar Kompetensi
1.    Mengungkapkan riwayat kelahiran Pangeran Siddharta
II.      Kompetensi Dasar
1.1.  Mendeskripsikan peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta
III.   Tujuan Pembelajaran
3.1.1   Peserta didik dapat menceritakan kembali mimpi Dewi Mahamaya sebelum mengandung.
3.1.2   Peserta didik dapat menjelaskan makna mimpi Dewi Mahamaya.
3.1.3   Peserta didik dapat menceritakan perjalanan rombongan Dewi Mahamaya dari Kapilawastu ke Dewadaha
3.1.4   Peserta didik dapat menjelaskan keajaiban yang terjadi saat kelahiran Pangeran Sidharta.
3.1.5   Peserta didik dapat menyebut nama tempat kelahiran Pangeran Sidharta.
3.1.6   Peserta didik dapat menyebut tahun kelahiran Pangeran Sidharta.
3.1.7   Peserta didik dapat menyebutkan delapan hal yang terjadi bersamaan dengan lahirnya Pangeran Sidharta.
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Riwayat kelahiran Pangeran Sidharta.
2.    Pangeran Sidharta adalah putra Raja Sudhodana dengan permaisuri Dewi Mahamaya.
3.    Sebelum mengandung Dewi Mahamaya bermimpi bertemu gajah putih.
4.    Pangeran Sidharta lahir di Taman Lumbini.
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. Diskusi
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang nama orang tua Pangeran Sidharta.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang asal usul keluarga Pangeran Siddharta.
·       Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·       Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·       Penjelasan tentang  Asal usul keluarga Pangeran Siddharta.
·       Peserta didik  berdiskusi tentang asal usul keluarga Pangeran Siddharta.
·       Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·       Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang sal Usul Keluraga Pangeran Siddharta.
·       Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·       Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Jodohkan kolom lajur kanan dengan kolom lajur kiri yang merupapak jawaban yang tepat dengan cara menarik garis lurus!
1.
Nama Raja yang memimpin kerajaan Sakya

A
Mahamaya





2.
Nama istri raja Suddhodana

B
Kapilavatthu





3.
Nama Kerajaan asal Ratu Mahamaya

C
Sakya





4.
Nama Suku tempat Raja Suddhodana memimpin

D
Suddhodana





5.
Nama Ibu kota kerajaan Sakya.

E
Devadaha

3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
    PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang mimpi Ratu Mahamaya.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  mimpi ratu Mahamaya.
·      Peserta didik  makna mimpi Ratu Mahamaya.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.    Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi : apa nama Binatang yang ada dalam mimpi Ratu Mahamaya?
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious

PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang kelahiran pangeran Sidharta.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang kelahiran Pangeran Siddharta.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  kelahiran pangeran Siddharta.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang kelahiran pangeran Siddharta.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Dimana Pangeran Siddharta lahir?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius

VI.   Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media
- Gambar tradisional yaitu 2 dimensi
B. Sumber
- Buku riwayat Buddha Gotama
- Buku PAB kelas 1 Ehipasiko.
     
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan



C. Alat Penilaian
Soal Terlampir






Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001

Catatan :
1.    PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.    PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada  : ..................................................
3.    PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada  : ..................................................


Soal

PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Darimana asal moyang pangeran Sidharta?
  2. Siapa yang mendirikan Negara Kapilavastu?
  3. Siapa nama kakek pangeran Sidharta?
  4. Dimana Pangeran Sidharta dan Keluarganya tinggal?
  5. Apa nama kerajaan yang dipimpin Raja Sudhodana?

PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
  1. Dewi Mahamaya sebelum mengandung bermimpi melihat....
  2. Gajah putih dalam mimpi ratu Mahamaya mesuk ke perutnya yang sebelah ....
  3. Mkana mimpi Ratu Mahamaya adalah ....
  4. Nama permaisuri kerajaan Sakya adalah ....
  5. Setelah mendengar cerita Ratu tentang mimpinya itu, Raja segera ....

PERTEMUAN KE 3
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
  1. Pangeran Sidharta lahir di ....
  2. Pangeran Sidharta lahir pada bulan ... tahun 623 SM.
  3. Setiap bekas kaki langkah pangeran Sidharta ditumbuhi bunga ....
  4. Pangeran Sidharta setelah lahir langsung berjalan ... langkah.
  5. Taman Lumbini berada diantara wilayah kerajaan .. dan ....




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 2
            Alokasi Waktu            : 9 jam pelajaran ( 3 pertemuaan)

I.         Standar Kompetensi
3. Mengungkapkan riwayat kelahiran Pangeran Siddharta
II.      Kompetensi Dasar
3.2  Menjalaskan ramalan pertapa Asita tentang Pangeran Siddharta.
III.   Tujuan Pembelajaran
3.2.1   Peserta didik dapat menjelaskan tempat pertapaan Petapa Asita
3.2.2   Peserta didik dapat menjelaskan alasan Petapa Asita datang ke istana Kapilawastu
3.2.3   Peserta didik dapat menyebutkan tanda manusia agung yang dilihat Petapa Asita
3.2.4   Peserta didik dapat menjelaskan sikap petapa Asita setelah melihat 32 tanda manusia agung
3.2.5   Peserta didik dapat menjelaskan alasan pertapa Asita tertawa 
3.2.6   Peserta didik dapat menjelaskan alasan pertapa menangis
3.2.7   Peserta didik dapat menjelaskan isi ramalan pertapa Asita tentang masa depan Pangeran Siddharta
3.2.8   Peserta didik dapat menyebutkan 4 peristiwa yang tidak boleh dilihat Pangeran Siddharta.
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Pertapa yang diundang dalam upacara pemberian nama ada 108 orang, namun ada 8 orang yang meramalkan pangeran Sidharta kelak menjadi Buddha.
2.    Pertapa Asita atau pertapa Kaladewala setelah melihat bayi itu tertawa lalu menangis. Tertawa karena calon Buddha telah lahir ke dunia, dan menangis karena usianya telah tua.
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Tugas
4. Bermain peran
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai


B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang kunjungan pertapa Asita ke Kapilavastu
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  Kunjungan pertapa Asita ke Kapilavastu
·      Peserta didik  mencurahkan pendapatnya tentang nama lain pertapa Asita.
·      Peserta didik mrngrtjakan tugas yang diberikan guru
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang kunjungan pertapa Asita.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
    - Ceritakan asal usul pertapa Asita!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru dan peserta didik menbahas tugas PR
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan tujuan pertapa Asita datang ke kapilavastu.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  tujuan pertapa Asita datang ke Kapilavastu.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang tujuan pertapa Asita berkunjung ke Kapilavastu.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Apa tujuan pertapa Asita datang ke Kapilavastu?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious

PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang hal yang terjadi pada pertapa Asita saat melihat Pangeran.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  hal yang terjadi pada pertapa Asita saat melihat Pangernan.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberika guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya didepan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang hal yang terjadi pada petapa Asita saat meilihat Pangeran.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Apa yang dilihat oleh pertpa Asita pada tubuh Pangeran?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media
- Gambar 2 dimensi
- Memutar VCD riwayat singkat Sakyamuni.
B. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 Ehipasiko hal  53-58
- Buku Riwayat hidup Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan

B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan


C. Alat Penilaian
Soal terlampir



Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001



Catatan :
1.        PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada            : ………………………………...
2.        PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada            : ...................................................
3.        PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada            : ..................................................


Soal



PERTEMUAN KE 1
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar!
  1. Soerang pertapa yang berkunjung ke Kapilavastu untuk melihat kelahiran putra raja adalah ....
  2. Pertapa Asita nama lainnya adalah ....
  3. Pertapa Asita tinggal di daerah pegunungan ....
  4. Yang lahir pada waktu yang bersamaan dengan kelahiran Pangeran Siddharta yaitu …  yang kelak akan menjadi istri Pangeran.
  5. Orang bijak selain pertapa Asita yang meramalkan bahwa kelak putra raja akan menjadi Buddha bernama ....
PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik pada soal dibawah ini dengan benar!
  1. Pertapa asita menangis karena ....
  2. Mengapa pertapa Asita tertawa?
  3. Pangeran Sidharta adalah calion ....
  4. Calon Buddha disebut ....
  5. tanda yag terdapat pada telapak kaki Pageran Sidharta berupa ....

PERTEMUAN KE 3
Isilah titik-titik pada soal dibawah ini dengan benar!
  1. Dimana kamu dilahirkan?
  2. Siapa yang menolong ibu waktu kamu lahir?
  3. Untuk meraih cita-cita selain berdoa, harus disertai dengan  belajar yang ....
  4. Kita sayang kepada ibu karena ibu telah ....
  5. Membalas budi  merupakan perbuatan yang ....





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 2
            Alokasi Waktu            : 6 jam pertemuan ( 2 pertemuan )

I.          Standar Kompetensi
4.  Memahami Ketuhanan dalam agama Buddha
II.          Kompetensi Dasar
4.1 Menumbuhkan Keyakinan (saddha) terhadap Tuhan Yang maha Esa.
III.          Tujuan Pembelajaran
4.1.1   Peserta didik dapat menjelaskan sebutan Tuhan dalam agama Buddha
4.1.2   Peserta didik dapat menjelaskan hakekat Tuhan dalam agama Buddha.
4.1.3   Peserta didik dapat menjelaskan sifat Tuhan dalam agama Buddha.
4.1.4   Peserta didik dapat menjelaskan cara meyakini Tuhan dalam agama Buddha.
4.1.5   Peserta didik dapat menjelaskan manfaat meyakini Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.6   Peserta didik dapat mempraktekkan cara meyakini Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
IV.          Materi Pembelajaran
1.    Pengertian saddha. Saddha adalah keyakinan yang didasari dengan kebenaran.
2.    Cara mewujudkan keyakinan kita yaitu dengan melakukan puja bhakti, meditasi dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
V.          Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang Pengertian Saddha
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengetian saddha
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·       Penjelasan tentang  pengertian saddha
·      Peserta didik  berdiskusi tentang keyakinan
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.

·       Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian saddha
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Sebutkan yang wajib kita yakini dengan setulus hati?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
      PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2.    Guru dan peserta didik membahas tugas pekerjaan rumah.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara memparkatikan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·       Penjelasan tentang  cara mempraktikan keyakinan.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas dari guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.    Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi: Panjatkan vandana!
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.          Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media
- Gambar  orang yang sedang meditasi 2 dimensi    
B. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal
- Buku bhavana
- Buku Paritta Suci
VII.          Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan

C. Alat Penilaian
Soal  terlampir






Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001




Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................


Soal

PERTEMUAN KE 1
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa disebut ....
2. Untuk mewujudkan keyakinan kita melakukan ....
3. Meditasi meriupakan suatu wujud pelaksanaan ....
4. Sebutan Tuhan dalam Agama Buddha yaitu ....
5. Tuhan menyatakan kekuasaan melaui ....

PERTEMUAN KE 2
I.     Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Namo Sanghyang Adi Buddhaya adalah pujian untuk ….
2.      Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambudhassa adalah pujian untuk ….
3.      Namo Sabbe Boddhisatta Mahasattanya adalah pujian untuk para …
4.      Untuk memuji Tuhan kita panjatkan ….
5.      Untuk mengamalkan keyakinan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa kita melaksanakan meditasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 2
            Alokasi Waktu            : 6 jam pertemuan ( 2 pertemuan )

I.     Standar Kompetensi
4. Memahamai ketuhanan dalam Agama Buddha
II.     Kompetensi Dasar :
4.2 Mengenal sebutan Tuhan dalam Agama Buddha
III.     Tujuan Pembelajaran
4.2.1   Peserta didik dapat menyebutkan empat sifat ketuhanan dalam agama Buddha
4.2.2   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian cinta kasih dalam agama Buddha
4.2.3   Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan  cinta kasih
4.2.4   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian belas kasih dalam agama Buddha
4.2.5   Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan  belas kasih
4.2.6   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian simpati dalam agama Buddha
4.2.7   Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan  simpati
4.2.8   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian keseimbangan batin dalam agama Buddha
4.2.9   Peserta didik dapat menyebutkan contoh memiliki keseimbangan batin
IV.     Materi Pembelajaran
1.    Pengertian saddha. Saddha adalah keyakinan yang didasari dengan kebenaran.
2.    Cara mewujudkan keyakinan kita yaitu dengan melakukan puja bhakti, meditasi dan berptilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
V.     Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a. Ceramah bervariasi
b. Curah pendapat
c. Tugas
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang Pengertian Brahma vihara
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang pengertian Brahma vihara.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  pengertian Brhma Vihara.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      c.. Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian Brahma Vihara.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.  Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.  Refleksi :
     - Sebutkan 4 Sifat baik!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
      PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru dan peserta didik membahas tugas pekerjaan rumah.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang isi Brahma Vihara.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  isi Brahma Vihara.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas dari guru
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang isi Brahma Vihara
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.  Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.  Refleksi : Sebutkan isi Brahma Vihara!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.     Alat/ Media/ Sumber
1Alat/Media
- pohon ayat Brahma Vihara    
2. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 Ehipassiko  hal59-64
- Buku kebahagiaan Dalam Dhamm


VII.     Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses Pengamatan
b. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
2. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tes lisan
3. Alat Penilaian
Soal terlampir


Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001




Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................


Soal




PERTEMUAN KE 1
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar !
1. Brahma vihara adalah sifat luhur  ....
2. Umat Buddha melatih sifat-sifat Ketuhanan yang berjumlah ....
3. Sifat baik yang sesuai dengan Brahma Vihara misalnya ....
4. Tuhan akan melindungi kita jika kita melakukan  ....
5. Tuhan bukan makhluk dan Tuhan tidak dilahirkan, maka Tuhan tidak akan ...

PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar !
1.    Sifat Ketuhanan yang pertama berbunyi .....
2.    Orang yang memiliki batin seimbang berarti memiliki ….
3.  Belas kasih tampa pilih kasih  disebut ....
4.  Ikut senang jika teman kita senang disebut ….
5.  Memberikan bantuan kepada orang yang menderita disebut ….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I/ 2
            Alokasi Waktu            :  9 jam pelajaran ( 3 Pertemuan)

I.                   Standar Kompetensi
4. Memahami ketuhanan dalam agama Buddha
II.                Kompetensi Dasar
4.3. Mengenali Sifat-sifat luhur Ketuhanan dalam diri Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia.
III.             Tujuan Pembelajaran
4.2.10    Peserta didik dapat memberi contoh pengamalan cinta kasih terhadap semua makhluk.
4.2.11    Peserta didik dapat memberi contoh prngasmalan belas kasih
4.2.12    Peserta didik dapat membedakan antara cinta kasih dengan kasih sayang
IV.             Materi Pembelajaran
1.    Sayang semuanya ( cinta kasih) adalah mengasihi semua makhluk tanpa pilih-pilih.
2.    Belas kasih adalah mengasihi makhluk terutama kepada makhluk yang menderita.
V.                Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a. Ceramah bervariasi
b. Penugasan
c. Tanya jawab.
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru Bertanya tentang pengertian cinta kasih.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara mengamalkan cinta kasih.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  cara mengamalkan cinta kasih.
·      Peserta didik  mencurahkan pendapatnya tentang cinta kasih
·      Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang cara mengamalkan cinta kasih.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.  Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.  Refleksi :
-  Tuliskan doa cinta kasih!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru dan peserta didik membahas tugas  peserta didik yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian belas kasih
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  pengertian belas kasih.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian belas kasih.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Siapa yang perlu kita beri belas kasih?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan guru pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·       Penjelasan tentang  perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas dari guru
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.

·       Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
    - Tuliskan daftar pengamalan belas kasih yang sudah kamu lakukan!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.             Alat/ Media/ Sumber
AAlat/Media
- VCD Titi-Tata ( berbuat baik jangan ditunda)
- Gambar anak yang sedang menolong seekor kucing.
B. Sumber
- Buku PAB kelas I Ehipasiko hal. 65-69.
- Buku  cerita Jataka
VII.          Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses
    - Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
     a. Tes Kognitif
     b. Tes psikomotorik
     c. tes Kognitif
B. Teknik Penilaian
1. Tes tertulis
C. Alat Penilaian
Soal  terlampir

Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
  3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………….
Soal



Soal PERTEMUAN KE 1
     I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.  Jelaskan pengertian cinta kasih!
2.  Siapa saja yang kita beri cinta kasih?
3.  Beri contoh cara mengamalkan cinta kasih!
4.  Siapa yang kita doakan agar hidup bahagia?
5.  Dimana saja kita harus mengamalkan cinta kasih?
                                                  
Soal PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Apa yang dimaksud dengan belas kasih?
  2. Kepada siapa saja kita memancarkan belas kasih?
  3. Berilah contoh pengamalan belas kasih dalam kehidupan sehari-hari!
  4. Jika melihat teman yang jatuh, apa yang harus kita lakukan?
  5. Jika teman kita sedang sedih apa yang harus kita lakukan ?

Soal PERTEMUAN KE 3
I.     Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Jelaskan perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih!
  2. Kapan saat yang tepat untuk  memancarkan belas kasih?
  3. Meditasi dengan obyek apa yang paling tepat untuk memancarkan cinta kasih?
  4. Tuliskan salah satu judul cerita jataka dengan tema ”Cinta Kasih” atau ” Belas Kasih ”
  5. Siapa nama Bodhisatva yang selalu memancarkan cinta kasih yang tanpa batas?
           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I/ 2
            Alokasi Waktu            :  9 Jam Pelajaran ( 3 Pertemuan)

I.         Standar Kompetensi
4. Memahami ketuhanan dalam agama Buddha
II.      Kompetensi Dasar
4.4Mengenali Sifat-sifat Ketuhanan dalam diri Buddha dan Cara Buddha menyelamatkan manusia.
III.   Tujuan Pembelajaran
1.  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mudita ( simpati)
2.  Peserta didik dapat  memberi contoh simpati dalam kehidupan sehati-hari
3.  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian upekkha
4.  Peserta didik dapat memberi contoh cara mengamalkan uphekkha.
5.  Peserta didik dapat membuat cerita yang bertemakan Simpati.
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Simpati
2.    Ketenangan Batin
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. tanya jawab
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan.
2. Guru bertanya tentang pengertian mudita dan menyanyikan githa catur paramita.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian mudita dan cara pengamalannya.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  pengertian mudita.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian mudiata
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
    - Buatlah kartu ucapan ulang tahun untuk temanmua!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
      PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya tentang pengertian upekkha.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang pengertian upekkha
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  pengertian upekkha
·      Peserta didik  mengerjakan tugas dari guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian upekkha.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
    Tuliskan perbuatan yang sudah kamu lakukan yang mencerminkan upekkha!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru mengulas kembali tentang pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang bertemakan Mudita.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·      Penjelasan tentang  cerita tetang teman yang pandai melukis.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang dibrikan guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang cerita teman yang pandai melukis.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
    Buatlah cerita tentang temanmu yang sedang ulang tahun!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media
-  Gambar anak yang memperoleh hadiah karena prestasinya.
-  VCD vihara githa.
B. Sumber
- Buku PAB kelas I Ehipasikko hal 72-83.
- Buku PAB Kelas 1 Departemen Agama RI hal 23-25
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses
- Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b. Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif

B. Teknik Penilaian
1. Tes tertulis

C. Alat Penilaian
Soal terlampir




Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001


Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
  3. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal


PERTEMUAN KE 1
 I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.  Jelaskan pengertian mudita!
2.  Berilah contoh pengamalan mudita!
3.  Apa yang kamu lakukan jika temanmu meraih juara kelas?
4.  Buatlah ucapan kepada temanmu yang sedang ulang tahun!
5.  Kepada siapa mudita kita pancarkan ?


PERTEMUAN KE 2
 I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.  Jelaskan pengertian upekkha!
2.  Jika kamu diejek teman, apa yang kamu lakukan ?
3.  Apa akibatnya jika kita suka mengejek teman ?
4.  Apa pahalanya jika kita tidak pernah marah atau membenci teman?
5.  Kapan kita harus melaksanakan upekkha?


PERTEMUAN KE 3
 I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar !
1.  Mengasihi sesama makhluk tanpa pilih-pilih merupakan pengamalan dari ....
2.  Kita menyayangi semua dengan ...
3.  Belas kasih kepada makhluk yang menderita disebut ....
4.  Menolong teman adalah perbuatan yang ....
5.  Teman yang sedih harus kita ....
6.  Ikut bahagia jika orang lain bahagia disebut ....
7.  Jika teman menjadi juara, yang kita lakukan adalah ...
8.  Tidak suka jika teman meraih juara dinamakan ....
9.  Jika ada taman yang bahagia kita sebaiknya mengucapkan ....
10. lawan dari cinta kasih adalah ....

5 comments:

  1. ijin mengambil rrp pak.. sy sedang mengembangkan elearning hari raya agama buddha ni link sy www.moodleku.com/moodle

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan gratis, ini saya juga mau posting media

      Delete
  2. SIIIIIP, KREATIF. SEMOGA TEMAN2 BS MENCONTOH KANG LASINO....YES....I LIKE THISSSS

    ReplyDelete
  3. MAKASIH, SAYA HARAP SARANNYA DEMI KEMAJUAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA YANG KITA CINTAIO BERSAMA

    ReplyDelete
  4. PK LASINO.... SEMOAGA RPP YANG SUDAH DI POSTING DAPAT BERMANFAAT UNTUK KEMAJUAN AGAMA BUDDHA DI INDONESIA

    ReplyDelete

Chat

CHATT