informasi cari disini

Saturday 11 April 2020

Kelas VI Pelajaran 8 Pencapaian Alam SurgaKisah Surga dan Neraka


Tugas Belajar di Rumah Kelas VI SDN Sumogawe 03 


Oleh Bhante Sri Panyavaro Mahathera
 
πŸ”½ Mengamati

Setelah mendengarkan kisah surga dan neraka dari Bhante Bhante Sri Panyavaro Mahathera kemudian perhatikan percakapan dua orang tentang surga dan neraka dibawah ini.
Seorang pejabat militer mengunjungi guru Zen, Jepang Hakuin Ekoku dan bertanya, “Apakah ada surga dan neraka?”
 
Guru Zen : “Apa pekerjaanmu?
 
Pejabat militer : “Saya seorang jenderal.”
 
Guru Zen : “Ha... ha... ha....! Siapa yang begitu bodoh menjadikanmu seorang jenderal? Kamu seperti tukang jagal?
 
Dengan marah pejabat militer berkata: “Kupenggal kepalamu, Guru!
 
Guru Zen : “Di sinilah terbuka pintu neraka untukmu, Jenderal
 
Pejabat Militer : “Saya minta maaf atas kekasaran saya... guru!
 
Guru Zen : ”Di sinilah terbuka pintu surga bagimu
 
Guru menasehati : “Surga dan neraka bukanlah tempat sesudah mati, melainkan di sini dan sekarang. Baik dan buruk semuanya ada pada pikiran; kapan pun pintu surga dan neraka akan terbuka untuk kita.” Pejabat militer menyetujuinya.

(Tsai Chih Chung; 2012, 23) 
πŸ”½ Menanya
Amati video dan baca cerita tentang kisah surga dan neraka dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu! 

Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................  

(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?   

(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
 
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:

  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.

πŸ”½ Menalar  Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 

πŸ”½ Mengkomunikasikan 

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Kamis pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. 
Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.




Selamat beristirahat, jangan lupa belajar



⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪

silahkan mengerjakan tugas

Thursday 9 April 2020

Kelas II Pelajaran 8 Macam-macam Peraturan 3. Peraturan dalam Masyarakat

Tugas Belajar di Rumah Kelas 2 SDN Sumogawe 03


πŸ”½ Mengamati
Peraturan di Masyarakat
Masyarakat terdiri dari warga, aparatur dan pemerintah. Peraturan dibuat pemerintah dan dilaksanakan oleh semua anggota masyarakat. Peraturan dipatuhi oleh semua warga. Peraturan dibuat agar kehidupan teratur. Peraturan di masyarakat ada yang tertulis dan tidak tertulis.
Peraturan berbentuk tulisan contohnya seperti peraturan lalu lintas. Peraturan berbentuk tidak tertulis contohnya seperti aturan sopan santun. Aparatur sebagai pengawas peraturan. Aparatur sebagai pemberi sanksi kepada pelanggar. Peraturan memiliki hukuman jika dilanggar. Warga yang baik mematuhi peraturan. Peraturan dilaksanakan demi ketertiban umum. Contoh peraturan dalam masyarakat yang harus dipatuhi:
1. Membuang sampah pada tempatnya.
2. Menjaga kelestarian lingkungan dan menanam pohon.
3. Menggunakan air bersih secukupnya.
 
Perhatikan budaya antri di Indonesia berikan tanggapanmu;
 


 
Perhatikan budaya antri di negara lain seperti negara Jepang pada tampilan dibawah ini berikan tanggapanmu;
Budaya antri sangat baik dan berguna dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan tampilan berikut ini, kemudian berikan tanggapanmu: 
Jika melanggar peraturan maka akan diingatkan pak RT atau tetangga. Contoh peraturan yang harus dipatuhi:
1. Menyeberang di zebra cross atau jembatan penyeberangan.
2. Menggunakan helm ketika mengendarai sepeda motor.
3. Memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) jika mengendarai sepeda motor.
4. Jika melanggar akan ditegur pak polisi.
5. Jika melanggar akan ditilang pak polisi.
6. Antri di ruang publik.

πŸ”½ Menanya
Amati video dan baca cerita tentang p
eraturan dalam masyarakat dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu! 


Pendapatku:  
1. ...................................................................................... 
2. ......................................................................................  
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)

Pertanyaanku:  
1. ......................................................................................?
2. ......................................................................................?
3. ......................................................................................?
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
 

Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
πŸ”½ Menalar 
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 

πŸ”½ Mengkomunikasikan 
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Kamis pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. 

Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.



Selamat beristirahat, jangan lupa belajar

⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪
silahkan mengerjakan tugas

Wednesday 8 April 2020

Kelas IV Pelajaran VII Candi-candi Buddhis di Indonesia Kegiatan Belajar 28 Candi-Candi di Jawa Barat dan Sumatra

Tugas Belajar di Rumah Kelas IV SDN Sumogawe 03


πŸ”½ Mengamati












πŸ”½ Menanya
Amati dan baca cerita tentang Kegiatan Belajar 28 Candi-Candi di Jawa Barat dan Sumatera dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu!  
 
Pendapatku:     
1. ...................................................................................... 
2. ......................................................................................   
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
 
Pertanyaanku:   
1. ......................................................................................?  
2. ......................................................................................?  
3. ......................................................................................?
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
   
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.



πŸ”½ Menalar  

Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 


πŸ”½ Mengkomunikasikan

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Sabtu pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. 
 
Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.







Selamat beristirahat, jangan lupa belajar







⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪



 Tugas silahkan


  

Tuesday 7 April 2020

Kelas IV Pelajaran VII Candi-candi Buddhis di Indonesia Kegiatan Belajar 27 Candi-Candi di Jawa Timur

Tugas Belajar di Rumah Kelas IV SDN Sumogawe 03 



πŸ”½ Mengamati
 


 





πŸ”½ Menanya
Amati dan baca cerita tentang
Kegiatan Belajar 27 Candi-Candi di Jawa Timur dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu!  
Pendapatku:    
1. ...................................................................................... 
2. ......................................................................................  
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 

Pertanyaanku:  
1. ......................................................................................?  
2. ......................................................................................? 
3. ......................................................................................?
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
 
 
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.

πŸ”½ Menalar  
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 

πŸ”½ Mengkomunikasikan

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Sabtu pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. 
Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.




Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪

 Tugas silahkan

  

Chat

CHATT