informasi cari disini

Saturday, 25 July 2020

Memaknai Kisah Rumah Terbakar

Pembelajaran 1 Kisah Rumah Terbakar
Tugas Belajar di Rumah
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas 6 Semester Ganjil 2020/2021


πŸ‘‰Mengamati

Memaknai Kisah Rumah Terbakar

Diceritakan dalam cerita perumpamaan bahwa Buddha dilahirkan dalam Triloka, yaitu rumah tua yang terbakar untuk menyelamatkan segenap makhluk hidup dari “kebakaran” lahir, umur tua, sakit, mati, cemas, derita, kedunguan, kegelapan, kekotoran batin (kilesa) dan mengajarkan kita cara memperoleh Penerangan Sejati. Beliau melihat bagaimana segenap makhluk hidup terbelenggu “nyala api” kelahiran, umur tua, sakit, cemas, dan susah, serta derita bermacam-macam penyesalan yang disebabkan lima macam keinginan dan ketamakan. Beliau juga melihat bagaimana akibat kemelekatan pada keinginan serta kemelekatannya. Beliau melihat bahwa setiap makhluk hidup yang terbelenggu “nyala api” tersebut sekarang akan mengalami derita, kemudian akan menderita pula dalam neraka, ataupun hidup sebagai binatang dan makhluk halus.

Sekalipun dilahirkan di surga atau di antara manusia, mereka akan mengalami bermacam-macam penderitaan. Penderitaan itu seperti kemiskinan, kecemasan, terpisah dari yang dicintai, ataupun berkumpul dengan yang dibenci. Seluruh makhluk hidup tenggelam dalam penderitaan, dengan bergembira dan bersenang-senang. Mereka tidak sadar, tidak mengerti, tidak ingat, tidak takut, tidak bosan dan tidak ada pikiran untuk mencari kebebasan. Mereka hanya berlarian kian kemari dalam rumah yang terbakar.

Sang Buddha yang melihat hal itu kemudian berpikir, “Aku telah menemukan Dhamma, sebagai pelindung dari segenap makhluk dan haruslah kuselamatkan mereka dari derita dan memberikan mereka berkah kebijaksanaan Buddha yang kekal dan tanpa batas, sebagai barang permainan.”

Kemudian, Sang Tathagata merenung demi menyelamatkan setiap makhluk. Jika hanya dipergunakan kekuatan batin dan kebijaksanaan, dan tidak menyampaikannya dengan tepat, maka mereka tidak akan tertolong. Selama setiap makhluk belum terlepas dari lahir, umur tua, sakit, cemas, dan derita, berarti mereka masih berada dalam rumah terbakar dalam Triloka. Hanya dengan kebijaksanaan yang tepat, Sang Tathagata memindahkan segenap makhluk hidup dari rumah terbakar Triloka.

Beliau berkata kepada mereka, “kalian semua: janganlah bersenang-senang berdiam dalam rumah terbakar Triloka, jangan mengejar-ngejar bentuk, suara, bau, ataupun cita rasa. Dengan mengejarnya, kalian akan terikat kepadanya dan kalian akan terbakar olehnya. Bebaskan dirimu dari Triloka dan dapatkan ketiga kendaraan: Kereta Sravaka, Kereta Pratyekabuddha atau Kereta Buddha. Sekarang kalian yang terbukti tidak akan keliru. Hanya saja, agar rajin dan bersungguh-sungguh.”

“Ketahuilah, bahwa ketiga kendaraan itu dipuji para Bijaksana. Dengan kendaraan kendaraan
itu, kalian akan terbebas, tanpa memerlukan tumpuan lain, dapat mengendarai tiga kereta itu, serta bernaung pada kemampuan sempurna, kekuatan, tanggapan, jalan, pemusatan, pembebasan dan samadhi, sehingga lambat laun akan berbahagia, memperoleh ketentraman dan kegembiraan tak terbatas”.

Jika makhluk hidup memiliki jiwa kebijaksanaan yang sangat baik, mengikuti ajaran Buddha, mendengarkan dan rajin menjalankan Dhamma dan menerimanya sebagai kepercayaan, dan berkeinginan cepat terbebas dari Triloka, maka mereka mempergunakan kendaraan yang disebut kereta Sravaka. Hal ini diumpamakan seperti anak-anak yang keluar dari rumah terbakar menghendaki kereta domba. Jika makhluk hidup mengikuti ajaran Sang Buddha yang Dipuja di dunia, dengan mendengarkan Dhamma, dan menerimanya sebagai kepercayaan serta rajin menjalankan Dhamma, dan berkeinginan mendapatkan kebijaksanaan seorang diri, menikmati keseimbangan dari kebaikan-kebaikan pribadi, serta mahir dalam hukum sebab-musabab, maka mereka mempergunakan kendaraan yang disebut kereta Pratyekabuddha. Hal ini diumpamakan seperti anak-anak yang keluar dari rumah terbakar menghendaki kereta rusa.

Apabila ada makhluk hidup yang mengikuti Sang Buddha yang Dipuja di dunia, dengan mendengarkan Dhamma, dan menerimanya sebagai kepercayaan serta rajin melaksanakannya, maju dengan penuh semangat, mencari kebijaksanaan murni tanpa guru, menaruh welas asih kepada makhluk-makhluk yang tak terhitung jumlahnya untuk meringankan penderitaan mereka dan bermanfaat bagi para dewa dan manusia, maka mereka mempergunakan kendaraan yang disebut kereta Mahayana. Hal ini diumpamakan seperti anak-anak yang keluar dari rumah terbakar menghendaki kereta lembu. Semua makhluk hidup yang terlepas dari Triloka diberikan “benda mainan” dari para Buddha, yakni: pemusatan, kebebasan, dan lain-lainnya. “Benda mainan” tersebut bentuk dan jenisnya sama, serta mendapat pujian para Bijaksana, serta menghasilkan kesenangan murni dan agung.

Kemuliaan Buddha adalah sebagai pembabar Dharma yang Agung. Dharma sebagai kata ganti dari yang memiliki rumah yaitu ayah. Buddha memahami bagaimana makhluk hidup yang selalu berputar-putar atau berlarian di tempat, tetapi sesungguhnya penuh dengan penderitaan. Mereka harus mawas, karena belum memahami dan menyadari terhadap bahaya besar, dan penderitaan.

Buddha dengan Dhamma yang dibabarkannya sebagai bagian penyelamat bagi semua makhluk. Buddha dengan kemampuannya dapat memahami karakter atau sifat dari semua makhluk. Dalam pembabaran Dhamma, untuk mengajak anak-anak tersebut mau keluar rumah, Buddha menawarkan permainan. Permainan yang diinginkannya ada pada-Nya dan harus mereka perebutkan di luar rumah. Hal ini menunjukkan upaya Buddha dalam menyelamatkan makhluk dari alam samsara, roda penderitaan, yang mereka tidak sadari.

Kebijaksanaan Buddha dengan kemampuannya, memberikan arti kemampuan agung yang dimiliki Buddha dalam memandang semua makhluk. Kebanyakan makhluk diliputi upaya untuk mendapatkan pemuasan nafsu belaka. Mereka kebanyakan masih dalam tataran mencari kesukaan, namun tidak memahami bahaya atas kemelekatan dari nafsu tersebut. Buddha berusaha menunjukkan bagaimana berupaya menyelamatkan seluruh makhluk hidup dengan Dhamma nan sempurna, yang telah ia capai, dalam upaya menuju Nibbana nan abadi. Jelaslah agar kita dapat memaknai jalan cerita tersebut. Kita sebagai umat Buddha haruslah memahami, dengan berperilaku baik, selalu perhatian, dan mengendalikan keinginan, bukan hanya berupaya memenuhi keinginan semata.

πŸ‘‰Menanya
Setelah amati video dan baca cerita tentang makna rumah terbakar dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas!
Pendapatku:   
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................
(silahkan tambah pendapatmu)

 
Pertanyaanku:  
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?
(silahkan tambah pertanyaanmu)

😎 Mengumpulkan Data

Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:

  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data

Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

😎 Menalar

 Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan

 Ayo, ceritakan setia pada janji yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!

Sampaikan pendapatmu:

1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?
4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?

😎 Penutup

  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok ada perubahan jadwal, untuk pembelajaran pendidikan agama Buddha dan Budi Pekerti kelas 6 hari sabtu mundur menjadi hari kamis, 30 Juli 2020, setelah pembelajaran praktikkan namakkara dengan benar kemudian minta orang tuamu untuk mengirim gambar atau video saat kamu mempraktikkannya.

Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar

Tugas klik

πŸ”ΌDISINI

JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

Tugas klik

πŸ”ΌDISINI


Friday, 24 July 2020

Namakkara

Pembelajaran 1 Ayo Mengenal Cara Menghormat
Tugas Belajar di Rumah
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas 1 Semester Ganjil 2020/2021

Namakkara



😎 Mengamati

Gambar 01 Cara namakkara Laki-laki


Gambar 02 Cara namakkara perempuan


Inilah cara namaskhara. Namakkara adalah sujud dengan lima titik menyentuh lantai.
Lima titik itu adalah dahi, siku, lutut, ujung jari kaki, dan telapak tangan.


😎 Menanya
 Setelah amati video namakkara dan baca cerita tentang namakkara dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)

😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

😎 Menalar
 Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan setia pada janji yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?

😎 Penutup

  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok ada perubahan jadwal, untuk pembelajaran pendidikan agama Buddha dan Budi Pekerti kelas 1 hari jumat mundur menjadi hari Sabtu, 1 Agustus 2020, setelah pembelajaran praktikkan namakkara dengan benar kemudian minta orang tuamu untuk mengirim gambar atau video saat kamu mempraktikkannya.
Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


Tugas klik
πŸ”ΌDISINI


JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM
Tugas klik
πŸ”ΌDISINI




Thursday, 23 July 2020

Ratu Mahamaya Melahirkan

Pembelajaran 1.2 Ratu Mahamaya Melahirkan
Tugas Belajar di Rumah
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas 2 Semester Ganjil 2020/2021



😎 Mengamati
Setelah memperhatikan video cerita diatas kemudian perhatikan  materi pelajaran tentang ratu mahamaya melahirkan  dibawah ini.
    Sepuluh bulan kemudian, di Bulan Waisaka Ratu Mahamaya memohon ijin kepada raja untuk dapat melahirkan di rumah orang tuanya di Devadaha. Raja Suddhodana mengijinkan dan memerintahkan menterinya untuk mempersiapkan pengawalan demi keamanan dan kelancaran di perjalanan. Pagi harinya Ratu Mahamaya ditemani Mahapajapati Gotami, para dayang, dan para prajurit berangkat menuju Devadaha.

    Di tengah perjalanan, saat sampai di Taman Lumbini Ratu Mahamaya merasa bahwa ia akan segera melahirkan. Ia memerintahkan agar rombongan berhenti dan beristirahat dulu sambil menikmati keindahan Taman Lumbini. Ratu Mahamaya berjalan menuju ke sebatang pohon sala yang batangnya besar dan daunnya rimbun. Dahan dan rantingnya menjulur kebawah.

Dengan berpegang pada ranting pohon sala Ratu Mahamaya melahirkan seorang bayi laki-laki.Saat itu tepat pada purnama sidhi di bulan Waisaka tahun 623 sebelum masehi (SM). Bayi itu langsung berdiri tegak dan berjalan tujuh

langkah ke arah utara dan sebelum kakinya menyentuh tanah, di atas tanah muncul bunga teratai tempat kaki berpijak. Pada langkah ketujuh bayi bayi berhenti dan mengucapkan:
Akulah teragung dalam dunia ini,
Akulah pemimpin dunia ini,
Akulah tertua dalam dunia ini,
Inilah kelahiranku yang terakhir,
Aku tidak akan lahir lagi.

😎 Menanya
 Setelah amati video tpenjelasan pelajar tahun 2020 dan baca cerita tentang mahamaya melahirkan dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ...................................... 
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)

😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

😎 Menalar
 Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan setia pada janji yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?
4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?


😎 Penutup
  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari kamis, 30Juli 2020, pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini. sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar

Tugas klik
πŸ”ΌDISINI

JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM
Tugas klik
πŸ”ΌDISINI

Wednesday, 22 July 2020

PERNIKAHAN PANGERAN SIDHARTA



Pelajaran 1 Masa Berumah Tangga Pangeran Sidhata

Tugas Belajar di Rumah
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas 4 Semester Ganjil 2020/2021


😎 Mengamati
Setelah memperhatikan video cerita diatas kemudian perhatikan  materi pelajaran tentang Pernikahan Pangeran Sidharta  dibawah ini.

1. PERJUMPAAN PANGERAN SIDHARTA DENGAN PUTRI YASODHARA
  

    Pangeran Siddharta berhasil menaklukkan rasa tidak percaya atas diri-Nya oleh para kerabat kerajaan. Semua kerabat kerajaan bergembira dan berseru, "Belum pernah dalam Dinasti Sakya menyaksikan suatu keahlian seperti yang kita saksikan sekarang." Mereka sangat gembira melihat keberanian dan kekuatan Pangeran yang tiada bandingnya. Akhirnya, para kerabat kerajaan kagum dan tambah percaya terhadap kemampuan Pangeran. Para putri kerajaan pun dikirim untuk mengikuti pesta pemilihan calon permaisuri bagi Pangeran Siddharta.
    Di antara putri-putri yang hadir, putri yang paling terkemuka adalah Putri YasodharΓ₯. Putri YasodharΔƒ memiliki nama gadis BhaddakaccΓ’nΔƒ. Dia adalah putri Raja Suppabuddha cucu Raja Anjana dari Kerajaan Devadaha. Ibunya bernama Putri Amitta. YasodharΔƒ artinya memiliki reputasi baik dan banyak pengikut. Putri YasodharΔƒ memiliki tubuh yang indah tanpa cacat, kulit keemasan tampak bagaikan patung yang dibalut dengan emas murni. Dia juga pesona yang tidak tertandingi dalam hal kecantikan dan tingkah laku. Putri Yasodharā digambarkan seperti bidadari surga (DevaccharΓ€), cahaya tubuhnya dapat menerangi seluruh kamarnya. Dia juga memiliki lima daya tarik kecantikan seorang wanita, yaitu kecantikan tulang, kulit, rambut, daging, dan awet muda. Dia bebas dari enam cacat, yaitu: terlalu hitam atau terlalu putih, terlalu gemuk atau terlalu kurus, terlalu pendek atau terlalu tinggi. Bau harum bagaikan cendana pilihan yang terpancar dari tubuhnya memenuhi udara sekelilingnya, dan mulutnya yang berwarna koral juga memiliki keharuman teratai biru.
    Putri YasodharΔƒ adalah perempuan yang unik dan mengalahkan dewi-dewi. Dia menikmati buah kebajikan yang telah dilakukannya di kehidupan lampau yang tidak terhitung banyaknya. Kekuatan karma baik inilah yang membawa Putri Yasodharā memiliki semua jenis kecantikan yang diinginkan para kaum wanita. Putri YasodharΔƒ menjadi seorang perempuan paling sempurna yang memiliki kecantikan tiada bandingnya.

2. Pernikahan Pangeran Siddharta

Pilihan Pangeran jatuh pada Putri Yasodharā. Pesta pernikahan pun diselenggarakan dengan sangat meriah. Delapan puluh kerabat kerajaan yang dipimpin oleh Raja Suddhodana berkumpul di ruang pertemuan yang besar dan megah untuk merayakan pernikahan Pangeran Siddharta. Perayaan ini dilengkapi dengan dinaikkannya payung putih kerajaan di atas kepalanya ribu yang menandakan secara resmi telah menjadi suami isteri.
    Dalam pesta itu, Pangeran Siddharta dikelilingi oleh para wanita cantik dari suku Sakya. Pangeran Siddharta terlihat seperti dewa muda yang dilayani oleh putri-putri dewa bagaikan Sakka, raja para dewa. Para undangan pesta pernikahan dihibur dengan musik-musik indah. Musik dimainkan oleh sekelompok pemain musik perempuan. Pangeran Siddharta hidup berbahagia bersama Putri Yasodharā. Mereka hidup di tengah-tengah kemewahan dan kemuliaan istana yang sebanding dengan seorang raja dan ratu dunia. 

😎 Menanya
 Setelah amati video tpenjelasan pelajar tahun 2020 dan baca cerita tentang kisah setia pada janji dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ...................................... 
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)

😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

😎 Menalar
 Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan setia pada janji yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?
4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?


😎 Penutup
  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Rabu, 29 Juli 2020, pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini. sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar

Tugas klik
πŸ”ΌDISINI

JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM
Tugas klik
πŸ”ΌDISINI

Chat

CHATT