informasi cari disini

Wednesday, 6 May 2020

Kelas IV Pelajaran VIII Melestarikan Candi dan Hari Waisak. Kegiatan Belajar 29 Melestarikan Candi-Candi Buddha

Tugas Belajar di Rumah Kelas IV SDN Sumogawe 03

Perawatan Candi Borobudur dari Ulah Manusia

πŸ”½ Mengamati
Perawatan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh manusia dengan cara melakukan pencegahan dari pengambilan dan perusakan batu candi dengan memberikan peringatan kepada setiap pengunjung candi Borobudur agar tidak merusak. Jika setiap pengunjung sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya menjaga warisan leluhur, tentunya tidak akan terjadi masalah. Namun, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dilakukkan pemeriksaan barang-barang yang dibawa oleh setiap pengunjung, baik pada pintu masuk maupun pintu keluar kompleks candi. Bila ada pengunjung yang melanggar peringatan tersebut, tentunya akan dikenakan sangsi yang setimpal.
 



πŸ”½ Menanya
Amati dan baca cerita tentang Kegiatan Belajar 28 Candi-Candi di Jawa Barat dan Sumatera dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu!  
 
Pendapatku:     
1. ...................................................................................... 
2. ......................................................................................   
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
 
Pertanyaanku:   
1. ......................................................................................?  
2. ......................................................................................?  
3. ......................................................................................?
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
   
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.



πŸ”½ Menalar 
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 


πŸ”½ Mengkomunikasikan
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Sabtu pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. 
 
Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.

Selamat beristirahat, jangan lupa belajar







⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪



 Tugas silahkan

 
 
 

Tuesday, 5 May 2020

Kelas V Pelajaran 8 Teman yang Baik Kegiatan Belajar 29 Teman yang Senang Membantu dan Memiliki Rasa Simpati

Tugas Belajar di Rumah SDN Sumogawe 03 

 
Sumber: www.prrey.wordpress.com
Gambar 8.3 Teman yang suka membantu dan memiliki rasa simpati

πŸ”½Mengamati
Amati gambar diatas, kemudian bacalah dan simak dengan baik teks berikut ini.  Lebih lanjut Buddha menjelaskan dalam Dighanikaya III 186 dan 187 tentang ciri-ciri teman yang tidak baik dan teman yang baik. Teman yang tidak baik, dapat dikenali ciri-cirinya demikian juga teman yang baik dapat diketahui dari perbuatannya. Pertama akan dibahas ciri-ciri dua jenis teman yang tidak baik, kedua akan dibahas ciri-ciri dua jenis teman yang baik.
Jenis teman yang tidak baik yang pertama adalah teman yang bertujuan untuk menipu. Teman seperti ini memiliki empat ciri yaitu: (1) hanya memikirkan keinginan sendiri, (2) memberi sedikit tetapi meminta banyak, (3) pergi di saat temannya membutuhkan, (4) mau berteman hanya jika menguntungkan.
Jenis teman yang tidak baik yang kedua adalah teman yang hanya manis di mulut saja. Teman semacam ini dapat dikenali ciri-cirinya yaitu: (1) selalu membicarakan hal-hal yang telah lampau, (2) senang membicarakan hal-hal yang belum dilakukan, (3) membantu mengerjakan hal-hal yang tak berguna, serta (4) bermacam-macam alasan ketika diminta bantuannya. Teman yang baik juga dapat dikenali melalui perilakunya. Dua dari empat jenis teman yang baik adalah:
  1. Senang membantu teman dengan berbagai cara. Teman yang senang membantu memiliki ciri-ciri: (a) melindungi temannya di saat lengah, (b) melindungi harta milik temannya di saat lengah, (c) melindungi temandari ancaman bahaya, (d) menawarkan diri untuk meringankan pekerjaan temannya. 
  2. Selalu simpati terhadap teman walau suka maupun duka. Teman yang simpati memiliki ciri-ciri: (a) mau menceritakan rahasia dirinya untuk temannya, (b) menjaga nama baik dan rahasia temannya, (c) tetap bersama temannya meskipun dalam keadaan susah, serta (d) rela berkorban demi temannya. Demikianlah, kita dapat mengenali ciri-ciri teman yang tidak baik dan teman yang baik. Setelah mengenali, mengetahui perbedaan antara keduanya, selanjutnya diharapkan dapat memilih. Apakah mau menjadi teman yang baik ataukah menjadi teman yang tidak baik. Selanjutnya berikut ini disajikan kisah yang diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk dapat membina diri menjadi teman yang baik bagi orang lain.

 Mementingkan Diri Sendiri 

Dikisahkan, ada seekor pasangan rubah yang ingin makan ikan segar. Si rubah jantan berusaha mencarikan ikan di sekitar sungai. Dilihatnya ada dua ekor berangberang yang sedang menyeret seekor ikan besar. Keduanya bertengkar, merebutkan bagian ikan yang enak. Si rubah sejenak mengamati, lalu ia menghampiri mereka dan menawarkan bantuan untuk membagi ikan tersebut. Kedua berang-berang setuju. Si rubah membaginya menjadi tiga bagian. Ia memberikan bagian kepala ikan kepada berang-berang pertama, dan bagian ekor kepada yang kedua. Sementara kedua berang-berang berpikir, Bagaimana si rubah akan membagi bagian terbaik dari ikan itu? Sementara itu, rubah dengan segera menggondol bagian ikan yang penuh daging dan berlari. Kedua berang-berang hanya melongo dan saling menyalahkan satu sama lain. Mereka terus bertengkar atas kebodohan mereka sendiri.



πŸ”½ Menanya
Ayo tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui tentang teks bacaan di atas. Kamu dapat menggunakan kata tanya Apa, Mengapa, Bagaimana, dan lain-lain! 
 
 
Pendapatku:  
1. ......................................................................................  
2. ......................................................................................   
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Berdasarkan pertanyaan yang sudah kamu buat, ayo cari informasi jawabannya kepada teman, buku, dan sumber lainnya. Catat jawabannya di bawah ini

Pertanyaanku:  
1. ......................................................................................?
2. ......................................................................................? 
3. ......................................................................................? 
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
  
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.


πŸ”½ Menalar   


Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 


πŸ”½ Mengkomunikasikan
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Senin pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas.  Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.

Selamat beristirahat, jangan lupa belajar
 


⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪
Silahkan mengerjakan tugas Belajar 
 

 



Monday, 4 May 2020

Kelas III Pelajaran 12 Kewajiban Peserta Didik; Murid yang Menolong Semut

 πŸ”½Memperhatikan
Guru berjasa membimbing dan mendidik anak didiknya dengan baik. Karena cinta kasih kepada peserta didiknya guru telah:
• melatihnya sedemikian rupa sehingga ia selalu baik,
• membuatnya menguasai apa yang telah diajarkan,
• mengajarnya secara menyeluruh dalam berbagai ilmu dan seni,
• berbicara baik tentang dirinya di antara sahabat-sahabatnya dan kawan-kawannya,
• menjaga keselamatannya di semua tempat.

Peserta didik adalah anak-anak di sekolah yang wajib diperhatikan dan kasihi agar mudah diberi pengertian hal-hal yang bermanfaat di masa depan. Seorang peserta didik wajib hormat, patuh, setia, welas asih kepada guru, karena gurulah yang membuat mereka pandai membaca, menulis, dan berhitung.
Guru melatih dan membimbing peserta didiknya untuk menjadi anak yang berbudi pekerti luhur. Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan kebajikan, mengembangkan ilmunya agar bermanfat dikehidupannya kelak. Melarang perbuatan yang tidak baik dan mengarahkan perbuatan yang baik demi kebahagiaan para peserta didik. Perhatikan cerita di bawah ini untuk mengetahui bagaimana jasa seorang guru dalam mendidik siswanya dalam sebuah cerita.



Murid yang Menolong Semut 
Guru Lukman yang memiliki kemampuan mata batin merasa sedih karena mengetahui kondisi muridnya bernama Ali. Ali berusia 19 tahun, akan meninggal dunia satu bulan lagi karena karma buruk masa lalu yang dibuatnya. Beliau tidak menceritakan hasil penglihatannya agar tidak membuat Ali bersedih. Ia menasehati muridnya untuk pulang ke rumahorang tuanya. Berkumpul selama 40 hari dengan alasan sudah lama sekali tidak menjenguk orang tuanya. Dengan demikian diharapkan, Ali dapat menghabiskan hari terakhirnya bersama orang tuanya. Ali mematuhi dan melakukan perjalanan menembus hutan yang memakan waktu cukup lama. Di tengah perjalanan, Ali menemukan satu koloni (berjumlah jutaan) semut. Terperangkap dalam genangan air dan berada di tengah bebatuan yang dikelilingi oleh air banjir. Ali dengan sigap dan spontan mencari dahan kayu yang banyak dan dibuatkan sebagai jembatan. Sehingga seluruh semut beserta telur-telur semut yang belum menetas dapat diseberangkan ke tempat yang kering oleh para semut pekerja. Sesudahnya, dia melanjutkan perjalanan lagi pulang ke rumah orang tuanya.

Setelah melewati masa 40 hari. Sebagaimana ijin yang diperolehnya dari gurunya. Ali kemudian muncul dihadapan gurunya. Gurunya terkejut melihat kedatangan Ali tanpa kekurangan apapun. Guru Lukman mencoba melihat kembali dengan mata batinnya. Mendapatkan bahwa muridnya akan hidup sampai umur 91 tahun. Guru Lukman menanyakan apa yang telah dilakukannya selama perjalanan. Juga menjelaskan hasil waskitanya. Ali hanya dapat menjawab bahwa dia tidak melakukan apa-apa. Guru Lukman mencoba melihat perjalananmuridnya ini. Kemudian menjadi maklum bahwa muridnya telah menolong jutaan makhluk hidup dengan tulus dan penuh kasih. Sehingga menggetarkan para Bodhisattva yang diliputi Kasih Sayang. Di mana secara tidak langsung telah memperpanjang usianya. Karena perbuatan yang baik dan tulus menolong koloni yang jumlahnya sangat banyak. Berarti ia telah menolong banyak makhluk. Akibatnya ia diberkahi karma baik diperpanjang usianya. Hal ini diketahui oleh guru Lukman dengan mata batinnya. Guru Lukman berucap terima kasih kepada Bodhisattva.

{disadur dengan perubahan “Tiga Guru, Satu Ajaran” oleh Sutradharma Tj. Sudarman, MBA sumansutra.wordpress.com/cerita-cerita-pencerahan/ senin, 4 agustus 2014:10.15)
 

πŸ”½ Menanya
Ayo tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui tentang teks bacaan di atas. Kamu dapat menggunakan kata tanya ; Apa, Mengapa, Bagaimana, dan lain-lain! 
 
Pendapatku:  
1. ......................................................................................  
2. ......................................................................................   
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Berdasarkan pertanyaan yang sudah kamu buat, ayo cari informasi jawabannya kepada teman, buku, dan sumber lainnya. Catat jawabannya di bawah ini
 
Pertanyaanku:  
1. ......................................................................................?
2. ......................................................................................? 
3. ......................................................................................?  

(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
πŸ”½ Ayo Diskusikan 
  
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.

πŸ”½ Menalar   
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 

πŸ”½ Mengkomunikasikan
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Senin pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas.  Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.



Selamat beristirahat, jangan lupa belajar
 



⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪

silahkan mengerjakan tugas


Chat

CHATT