RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 01
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 3
Pertemuan ( 9 JP)
I.
Standar Kompetensi
1.
Mengungkapkan
berbagai cara Raja Suddhodana membesarkan Pangeran Siddharta
II. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan cara
Pangeran Siddharta dibesarkan dan sarana yang diberikan Raja Sudhodana.
III. Tujuan Pembelajaran
1.1.1. Menjelaskan kasih sayang dan sarana untuk Pangeran
Siddharta
1.1.2.
Menyebutkan tiga kolam dan tiga istana untuk Pangeran Sidharta Gotama.
1.1.3.
Menjelaskan syarat usia menjadi pembantu Pangeran Sidharta Gotama.
IV. Materi Pembelajaran
1. Pangeran
yang Sederhana (Pelajaran 1 Buku Ehipassiko Hal 1-5)
2. Cara Hidup Sederhana (Pelajaran 1 Buku Ehipassiko Hal 6-7)
V. Kegiatan Pembelajaran
1.
Metode:
a.
Ceramah bervariasi
Kegiatan pembelajaran ini guru
menjelaskan secara mendalam tentang kesederhanaan Pangeran Sidharta dan
memotivasi peserta didik untuk hidup secara sederhana, hemat dan membelajakan
uang dengan tepat, tidak boros, menghargai jerih payah orang tua dalam
mencukupi kebutuhannya.
b.
Curah pendapat
Setelah mernguraikan secara mendalam
tentang kesederhaan dan memotivasi peserta didik hidup sederhana dan menghargai
jerih payah orang tua, guru meminta pendapat peserta didik untuk menyampaikan
pendapat tentang kebiasaan hidup diri sendiri mengenai kebiasaan membelanjakan
uang pemberian orang tua.
c.
Bermain peran
Tema: Raja
Suddhodana Sangat Menyayangi Pangeran Sidharta.
Tokoh I : Raja Suddhodana
Tokoh II : Pangeran Sidharta
Tokoh III : Pelayan
2.
Langkah-langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (25
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
dengan penuh religius
2. Tanya jawab tentang cara orangtua kita
membesarkan kita
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (pencarian/penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/pendalaman)
|
Konfirmasi (pengontrolan)
|
·
Siswa difasilitasi oleh
guru menemukan materi cara orangtua membesarkan anak-anaknya.
·
Guru menjelaskan kasih sayang dan sarana untuk Pangeran Siddharta
·
Peserta didik menyebutkan tiga kolam dan tiga istana untuk Pangeran Sidharta Gotama.
·
Peserta didik menjelaskan syarat usia
menjadi pembantu Pangeran Sidharta Gotama.
·
Guru bertanya kepada
siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
·
Penjelasan tentang cara orang tua merawat anaknya.
·
Guru mempersiapkan skenario cerita “Raja Suddhodana sangat
menyayangi Pengeran Sidharta.”
·
Guru mempersiapkan alat dan bahan peragaan sosioperan yang terdiri:
- Kertas
koran/ kertas BC untuk topi raja, pangeran dan pelayan, dibuat sesuai peran.
- Alat-alat
untuk masing-masing tokoh.
·
Siswa memerankan tokoh-tokoh dalam permainan peran Raja Suddhodana sangat
menyayangi Pengeran Sidharta.
·
Siswa berdiskusi
tentang cara Raja Suddhodana sangat menyayangi Pengeran Sidharta.
|
·
Guru dan siswa
bersama-sama mengulang cerita tentang Raja Suddhodana sangat menyayangi Pengeran Sidharta.
·
Guru menanyakan cara orangtua menyayangi mereka.
·
Guru meluruskan hasil
jawaban dari siswa yang belum tepat.
·
Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan apa saja yang telah dilakukan
orangtuamu jika kamu meminta sesuatu.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang tentang hidup sederhana.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religious.
Keterangan:
Pertemuan 1 dilaksanakan Pada: .....................................................................................
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (25
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
dengan penuh religius
2. Guru
menanyakan tentang cerita Suddhodana sangat menyayangi Pengeran Sidharta dan
menanyakan apakah mereka juga disayango oleh orangtua mereka.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai yaitu tentang cara hidup sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (pencarian/penemuan)
|
Elaborasi
(Pemahaman/
pendalaman)
|
Konfirmasi
(pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi cara Raja Suddhodana membesarkan Pangeran Sidharta.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru menyebutkan 3 jenis kolam
untuk Pangeran Sidharta.
- Uppala à teratai biru
- Paduma à teratai merah
- Pundarika à teratai putih
· Guru menyebutkan 3 jenis Istana
untuk Pangeran Sidharta:
- Ramma à istana musim dingin
· Suramma à istana musim panas
- Subba à istana musim hujan
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang jenis bunga teratai
· Penjelasan tentang jenis-jenis
rumah
· Penjelasan tentang musim
· Siswa membedakan antara musim
kemarau dan mudim hujan.
· Siswa menjelaskan senangnya mereka
saat musim hujan.
· Siswa menjelaskan senangnya mereka
saat musim kemarau.
· Siswa menjelaskan kolam yang ada
di daerahnya.
· Guru menunjukkan gambar danau
· Gambar sungai
· Gambar laut
· Gambar hujan
· Gambar padang pasir
· Guru menanyakan hubungan gambar
dengan cerita tentang istana dan kolam yang dibangun raja Suddhodana.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang materi tentang musim, bangunan/gedung dan bunga.
· guru menanyakan hubungan musim dan
cara Raja Suddhodana merawat Pangeran Sidharta.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan apa saja yang telah dilakukan
orangtuamu jika kamu meminta sesuatu.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
Keterangan:
Keterangan:
Pertemuan 2 dilaksanakan Pada: .....................................................................................
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (25
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
dengan penuh religius.
2. Tanya jawab tentang cara orangtua kita
membesarkan kita.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (pencarian/penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/pendalaman)
|
Konfirmasi (pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi cara orangtua membesarkan anak-anaknya.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
·
Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh
siswa.
|
· Penjelasan tentang cara orang tua merawat anaknya
· Siswa berdiskusi tentang cara
orang tua merawat anaknya
· Siswa memaparkan hasil diskusinya.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang cara orang tua merawat anaknya
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa
dan guru melakukan
refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan apa saja yang telah dilakukan
orangtuamu jika kamu meminta sesuatu.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religious.
Pertemuan 3 dilaksanakan Pada: .....................................................................................
VI. Alat/ Media/ Sumber
1. Alat/Media :
-
gambar orang tua yang sedang bekerja
2. Sumber :
- Buku
PAB Ehipassiko kelas V
pelajaran 1 hal. 1-6
- Buku Riwayat Hidup Buddha Gotama
VII.Penilaian
1.
Prosedur Penilaian:
a. Penilaian Proses:
1) Pengamatan
2) Post Test
b. Penilaian Hasil Pembelajaran:
1). Tes Afektif
2). Tes Psikomotorik
3). Tes Kognitif
2.
Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
3.
Alat Penilaian:
Soal Terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
GAMBAR PERAGA
ORANG TUA YANG SEDANG
BEKERJA
Soal RPP 01
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Apa
yang kamu lakukan jika ayah dan ibumu menuruti
segala kebutuhanmu?
2.
Bagaimana
sikapmu terhadap teman-temanmu yang tidak mampu?
3.
Apa yang akan kamu lakukan jika kemauanmu tidak bisa
dituruti oleh orang tua?
4.
Jika
kita berbuat baik, apa yang akan kamu peroleh?
5.
Coba
beri contoh cara membalas kabaikan orang
tua kita?
6.
Apa
saja sarana yang diberikan Raja untuk pangeran
Sidharta?
7.
Bagaimana
sikap Pangeran Sidharta terhadap orag tua?
8.
Siapa
nama ayah Pangeran Sidharta?
Kunci
Jawaban:
- Berlaku hidup sederhana dan tidak berlebihan biarpun orang tua mampu memenuhi segala yang diinginkan.
- Membantu kepada teman-teman yang kurang mampu terutama pada teman yang hidup menderita.’
- Terima apa adanya karena jika memang orangtua belum menuruti permintaan kita dan menengok kembali apakah permintaan kita sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemapuan orang tua.
- Jika kita melakukan perbuatan baik yang akan kita peroleh yaitu ketenangan, kebahagian dan disukai oleh banyak orang.
- .cara membalas kebaikan orang tua misalnya dengan membantu pekerjaan orang tua di rumah, belajar dengan rajin dsb.
- Sarana yang diberikan Raja Suddodana kepada pangeran Siddharta di antaranya 3 kolam teratai dan 3 isntana,
- Pangeran Siddharta selalu menghormati orang tua, berbakti kepada orang tua dan selalu mengikuti apa yang dinasehatkan orangtuanya.
- Nama ayah Pangeran Siddharta yaitu Raja Suddhidana.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan ( 6 JP )
I.
Standar Kompetensi:
1. Mengungkapkan berbagai cara Raja
Suddhodana membesarkan Pangeran Siddharta
II. Kompetensi Daar:
1.2
Tujuan Raja Sudhodana memanjakan Pangeran Siddharta
III. Tujuan Pembelajaran:
1.2.1.
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan raja
memanjakan Siddharta
1.2.2.
Peserta
didik dapat menjelaskan dibangunnya tiga
istana dan tiga kolam untuk Pangeran Sidharta Gotama.
1.2.3.
Peserta
didik dapat menjelaskan dipilih pembantu
yang masih muda dan memulangkan yang sudah tua untuk Pangeran Sidharta Gotama.
IV. Materi Pembelajaran:
- Tiga kolam pangeran Sidharta.
- Tiga Istana Pangeran Sidharta.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pedapat
3. Diskusi
B. Langkah-langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius .
2. Guru bertanya
tentang 3 kolam milik pangeran Sidharta
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (pencarian/penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/pendalama)
|
Konfirmasi (pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi informasi
tentang raja Sudhodana memanjalan Pangeran Sidharta
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang informasi tentang raja Sudhodana memanjalan Pangeran
Sidharta
· Siswa berdiskusi tentang informasi tentang raja Sudhodana memanjalan Pangeran Sidharta
Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas..
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang informasi tentang raja Sudhodana memanjalan
Pangeran Sidharta
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Apa tujuan raja Suddhodana memanjakan Pangeran
Siddharta?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius .
2. Guru bertanya
tentang 3 kolam milik pangeran Sidharta
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (pencarian/penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/pendalama)
|
Konfirmasi (pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi informasi
tentang raja Sudhodana memanjalan Pangeran Sidharta
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang informasi tentang raja Sudhodana memanjalan Pangeran
Sidharta
· Siswa berdiskusi tentang informasi tentang raja Sudhodana memanjalan Pangeran Sidharta
Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas..
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang informasi tentang raja Sudhodana memanjalan
Pangeran Sidharta
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Apa tujuan raja Suddhodana memanjakan Pangeran
Siddharta?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-
Gambar 3 kolam dan 3 istana.
B. Sumber:
- Buku
PAB kelas V hal. 3-5
- Buku
riwayat Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
- Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada
: ………………………………...
PERTEMUAN KE 2
dilaksanakan pada : ………………………………...
SOAL
. Kerjakan soal berikut dengan benar !
- Para pengasuh yang merawat dan melayani pangeran sidharta yang dipilih oleh raja adalah orang yang masih ….
- Pangeran Sidharta diberi pakaian yang bagus dan dihibur oleh ….
- Raja Sudhodana membuatkan pangeran Sidharta kolam sebanyak … buah
- Kolam Uppala ditumbuhi bunga teratai berwarna ….
- Kolam Paduma ditumbuhi bunga teratai berwarna ….
- Kolam Pundarika ditumbuhi bunga teratai berwarna ….
- Selain dibuatkan 3 kolam, pangeran Sidharta juga dibuatkan ….
- Istana untuk musim dingin di beri nama ….
- Istana untuk musim Panas di beri nama ….]
- Istana untuk musim hujan di beri nama ….
Kunci
jawaban:
- Muda dan gagah perkasa, cantik dan tampan
- Para penari yang cantik-cantik
- Tiga
- Biru
- Merah
- Putih
- 3 istana
- Ramma
- Suramma
- Subha
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi
Waktu : 2 X Pertemuan ( 6 Jam
Pembelajaran)
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan berbagai cara Raja Suddhodanamembesarkan
Pangeran Siddharta
II.
Kompetensi Dasar:
1.3 Menjelaskan sikap Pangeran Siddharta
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan
sikap pangeran sidharta dalam menghadapi kemewahan
2. Siswa dapat meneladani
sikap sederhana pangeran Sidharta
3. Siswa dapat mengambil
makna dari sikap sederahana Pangeran Sidharata dan meneladaninya
IV. Materi Pembelajaran :
1. Cerita anak orang kaya yang sederhana.
2. Sikap pangeran Sidharta saat menghadapi
kemewahan
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
B. Langkah-langkah Pembelajaran:
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang sikap pangeran Sidharta dalam menghadapi kemewahan
di istana.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang sikap pangeran Sidharta dalam
menghadapi kemewahan di istana.
· Siswa berdiskusi tentang tentang
sikap pangeran Sidharta dalam menghadapi kemewahan di istana.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas..
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sikap pangeran Sidharta dalam menghadapi kemewahan di
istana.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan jika kamu difasilitasi segala
keperluanmu!
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang sikap pangeran Sidharta dalam menghadapi kemewahan
di istana.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang sikap pangeran Sidharta dalam
menghadapi kemewahan di istana.
· Siswa berdiskusi tentang tentang
sikap pangeran Sidharta dalam menghadapi kemewahan di istana.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas..
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sikap pangeran Sidharta dalam menghadapi kemewahan di
istana.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan jika kamu difasilitasi segala
keperluanmu!
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
VI. Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-
Gambar Pangeran Sidharta 2 dimensi
B. Sumber:
- Buku
pelajaran Agama Buddha Kelas V ha. 6-7
- Buku
Riwayat Hidup Buddha Gotama
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran: tes tertulis dan
lisan
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian:
Soal Terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada
: ………………………………...
PERTEMUAN KE 2
dilaksanakan pada : ………………………………...
SOAL
I. Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1. Pangeran Sidharta diberi fasilitas yang
labih dan mewah. Bagaimana sikap
pangeran Sidharta menghadapinya?
2. Apakan pangeran Sidharta merasa senang
dan puas dengan perlakuan orang tuanya yang sangat memperhatikannya?
3. Bagaimana sikapmu jika kamu diberi
fasilitas yang lebih baik dari orang tua?apa yang akan kamu lakukan?
4. Apakah pangeran Sidharta
sombong?mengapa?
5. Bagaimana sikap pangeran Sidharta terhadap
teman-teman dan orang-orang disekitarnya?
Kunci Jawaban:
- Pangeran Siddharta Biarpun memiliki fasilitas yang mewah, ia selalu hidup sederhana, tidak menyombongkan kekayaan dan kemewahannya.
- Pangera siddharta menerima apa adanya tidak terlalu senang.
- Tarima dengan apa adanya dan merawatnya dengan baik.
- Tidak, Pangeran Sidharta baik kepada siapa saja, tidak pernah pilih-pilih.
- Pangeran Siddharta menghormati semua orang dan tidak pilih-pilih dalam mencari teman bermain.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 12 Jam Pelajaran ( 4 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2. Menjelaskan Hukum-hukum kebenaran
II.
Kompetensi
Dasar
2,1. Mendeskripsikan Hukum Kebenaran
III.
Tujuan
Pembelajaran
2.1.1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian hukum
kebenaran/kesunyataan
2.1.2. Peserta didik dapat menjelaskan tentang
hukum niyama
2.1.3. Peserta didik dapat membedakan hukum
kesunyataan dengan hukum manusia.
2.1.4. Peserta didik dapat menyebutkan
macam-macam hukum kebenaran
IV.
Materi
Pembelajaran
Hukum Kesunyataan/Kebenaran adalah hukum abadi
yang berlaku dimana saja, kapan saja, mengatasi waktu, tempat dan keadaan. Empat Hukum
Kebenaran meliputi :
1. Empat Kebenaran Mulia ( Cattari Ariya
Saccani)
2. Kamma (Perbuatan) dan Punnabbhava ( Kelahiran Kembali)
3. Tiga ciri kehidupan (Tilakkhana)
4. Sebab Musabab yang saling bergantungan (
Paticcasamuppada)
Empat Kebenaran Mulia (Cattari Ariya Saccani)
merupakan kotbah pertama Buddha kepada lima pertapa yang dibabarkan di Taman
Rusa isipatana pada Bulan Asadha 2 bulan setelah penerangan sempurna. Empat Kebenaran
Mulia meliputi:
1. Kebenaran mulia tentang dukkha
2. Kebenaran mulia tentang sebab dukkha
3. Kebenaran mulia tentang lenyapnya dukkha
4. Kebenaran mulia tentang jalan untuk
melenyapkan dukkh
Pengertian dukkha.
Dukkha adalah penderitaan yang disebabkan oleh sesuatu yang tidak memuaskan. Ada 3 macam
dukkha yaitu :
1. Dukha-dukkha yaitu penderitaan
sebagai derita biasa seperti lahir, tua, sakit dan mati: berpisah dengan orang
yang dicintai,; berkumpul dengan orang yang tidak disukai; tidak tercapai
cita-cita dsb.
2. Viparinama dukkha yaitu derita
sebagai akibat dari adanya perubahan-perubahan, seperti kebahagiaan lambat laut
akan berubah dan perubahan ini akan
menimbulkan penderitaan
3. Sankara dukkha yaitu drita sebagai
akibat dari keadaan yang berkondisi, menurut agama Buddha manusia atau “aku”
hanya merupakan kombinasi dari jasmani dan batin yang selalu berubah yang
disertai dengan kemelekatan.
Sebab dukkha yang menyebabkan dukkha
adlah keinginan yang tidak terkendali, atau tidak sesuai dengan keampuan. Lenyapnya dukkha berarti tercapainya Nibbana. Jalan untuk melenyapkan dukkha yaitu
Jalan Mulia Berfaktor Delapan
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah bervariasi
2. Pemberian tugas
3. Eksperimen
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
a.
Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
b.
Tanya jawab tentang hukum Kesunyataan
c.
Guru menyampaikan tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian Hukum Kesunyataan
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian Hukum Kesunyataan
· Siswa berdiskusi tentang
macam-macam hukum Kesunyataan
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang
pengertian hukum Kesunyataan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25
Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan empat sifat hukum Kebenaran!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru dan siswa membahas tugas yang dikerjakan
siswa di rumah
3. Guru menyampaikan tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Empat Hukum Kebenaran.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Empat Hukum Kebenaran
· Siswa berdiskusi tentang Empet Hukum Kebenaran
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang Empt Hukum Kebenaran
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
.C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan emapt Hukum Kebenaran!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Empat Kebenaran Mulia
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Menjelasan tentang Empat Kebenaran Mulia
· Siswa berdiskusi tentang Empat Kebenaran Mulia
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang Empat Kebenaran Mulia
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan isi
Empat Kebenaran Mulia!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan dengan penuh religius.
2. Tanya jawab tantang perbedaan antara
hukum Kebenaran dengan hukum yang dibuat
oelh manusia.
3. Guru menyampaikan tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa berdiskusi tentang Jalan
Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan Isi Jalan Mulia Berfaktor Delapan.!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 5
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
dengan penuh religius
2. Tanya jawab tantang perbedaan antara
hukum Kebenaran dengan hukum yang dibuat
oelh manusia,
3. Guru menyampaikan tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa berdiskusi tentang Jalan
Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang
Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
.C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan Isi Jalan Mulia Berfaktor Delapan.!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber
A. Alat/Media
1. Alam Semesta
2. Pohon Hukum Kesunyataan
B. Sumber
1. Buku PAB Kelas 5
hal 10-18 Ehipassiko Fundation
2. Buku PAB Pegangan
Guru untuk Kelas 5 hal 9-10, Departemen Agama
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian proses : Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Prkatik
3. Tes Portopolio
C. Alat Penilaian
- Soal tes Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada
: ………………………………...
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : ………………………………….
PERTEMUAN KE 5
dilaksanakan pada : ………………………………….
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Jelaskan
Pengertian Hukum Kebenaran!
2.
Dimana
Hukum Kebenaran berlaku ?
3.
Dimana
Hukum Kebenaran tidak berlaku?
4.
Siapa
saja yang masih terkena Hukum Kebenaran?
5.
Bagaimana
sifat Hukum Kebenaran?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Sebutkan
Empat Hukum Kebenaran !
2.
Jekaskan
pengertian kamma dan punnabbhava!
3.
Apa
isi Hukum Tilakkhana?
4.
Jelaskan
pengertian Paticcasamuppada!
5.
Sebutkan
isi Hukum Kebenaran yang pertama!
6.
Sebutkan
Empat Kebenaran Mulia!
7.
Dimana
Empat Kebenaran Mulia dibabarkan?
8.
Kepada
siapa Buddha membabarkan Empat Kebenaran Mulia?
9.
Sebutkan
nama lima pertapa!
10.
Siapa
yang pertama mencapai tingkat kesucian setalah Buddha membabarkan Empat
Kebenaran Mulia?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Jelaskan Pengertian dukkha!
2. Sebutkan tiga macam dukkha!
3. Apa yang menjadi penyebab dukkha?
4. Apa yang dimaksud dengan lenyapnya dukkha?
5. Apakah dukkha dapat dilenyapkan?
PERTEMUAN KE 4
I. Isilah titik-titk pada soal berikut dengan benar!
1.
Hukum
Kebenaran berlaku di ....
2.
Hukum
Kebenaran bersifat ....
3.
Hukum
Kebenaran tidak berlaku bagi mereka yang talah mencapai tingkat kesucian ....
4.
Hukum
yang dibuat oleh manusia sifatnya ....
5.
Buddha
membabarkan Empat Kebenaran Mulia diperingati sebagai hari raya ....
6.
Setalah
Buddha membabarkan Empat Kebenaran Mulia lima pertapa, kemudian lima pertapa
diupasampada menjadi ....
7.
Selalu
waspada akan apa yang kita pikirkan, ucapkan dan lakukan penertian dari ....
8.
Lima
pertapa yang pertama mencapai tingkat kesucian setelah mendengarkan kotbah
pertama Buddha bernama ....
9.
Lenyapnya
dukkha berarti tercapainya ....
10. Hukum kesunyataan yang membahas tentang tiga ciri kehidupan adalah ....
II. Kerjakan soal berikut dengan benar !
- Sebutkan 3 macam dukkha!
- Jelaskan perbedaan anta hukum kebenaran dengan hukum yang dibuat oleh manusia!
- Sebutkan 4 kebenaran mulia!
- Sebutkan 5 faktor dari jalan mulia berfaktor delapan! !
- Mengapa Buddha membabarkan Empat Kebenaran Mulia kepada lima pertapa?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2 pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
2.
Menjelaskan
Hukum-Hukum Kebenaran
I.
Kompetensi Dasar
2.2. Menjelaskan hakekat kehidupan menurut
ajaran Buddha
II.
Tujuan Pembelajaran
2.2.1. Menjelaskan hakekat dukkha.
2.2.2. Memberi contoh-contoh dukkha.
2.2.3. Menjelaskan cara untuk melenyapkan dukkha.
III.
Materi
Pembelajaran
Tiga Ciri kehidupan meliputi :
1.
Selalu
berubah ( Anicca)
2.
Tidak
memuaskan ( Dukkha)
3.
Tiada
Diri ( Anatta)
Lima Hukum alam yang mengatur tentang kehidupan ini yaitu:
1.
Utu
Niyama yaitu hukum alam yang mengatur pergantian musim, cuaca, suhu, hujan,
pelapukan bebatuan, gravitasi
dsb.
2.
Bija
Niyama yaitu hukum alam yang mengatur pertumbuhan biji menjadi tumbuhan,
pembentukan janin, pertumbuhan sel.
3.
Kamma Niyama yaitu hukum alam yang mengatur
tentang perbuatan dan hasil perbuatan.
4.
Citta
Niyama yaitu hukum alam yang mengatur tentang
bekerjanya pikiran dan kesadaran mkhluk.
5.
Dhamma
Niyama yaitu hukum yang mengatur kejadian alam khusus, seperti kejadianalam
saat kelahiran Bodhistwa, Bodhisatwa menjadi Buddha dsb.
IV.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
4. Curah pendapat
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya
kepada siswa tentang pengertian Tilakhana
3. Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Tiga Ciri Kehidupan
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Tiga Ciri Kehidupan
· Siswa berdiskusi tentang dukkha
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang Tiga Ciri Kehidupan
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 3 macam dukkha!
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan Pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru dan siswa membahas tugas
pekerjaan rumah siswa
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Lima Hukum Alam
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Lima Hukum Alam
· Siswa berdiskusi tentang
bekerjanya Hukum Alam
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang Lima Hukum Alam
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 5 macam Hukum Alam!
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
V.
Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Bunga mawar.
2. Gambar orang tua, skit dan mati
B. Sumber
1.
Buku PAB kelas 5, Ehipassiko hal 10 - 18
2.
Buku pegangan Guru Kelas 5, Departemen Agama hal 10-14
3.
Buku
VI.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian proses : Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes
tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Prakatik
3. Tes Portopolio
C. Alat
Penilaian :
- Soal tes Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada
: ………………………………...
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan Soal berikut dengan bena!
1. Yang termasuk tiga cirri kehidupan yaitu
….
2. Bunga-bunga yang cantik akan berubah
menjadi layu lambing dari …..
3. Sesuatu yang selalu berubah akan
menimbulkan ….
4. Jika kita kaya tidak boleh sombong, karena
….
5. Yang dimaksud dengan tiada diri adalah ….
PERTEMUAN
KE 2
1. Yang termasuk lima hukum alam yaitu ….
2. Hukum alam yang mengatur tentang
musim, suhu dsb yaitu ….
3. Hulum alam yang mengatur tentang tumbuhan
yaitu ….
4. Hukum alam yang mengatur tentang
bekerjanya pikiran dan kesadaran makhluk yaitu ….
5. Hukum alam yang mengatur tentang perbuatan
dan akibatnya adalah …
Kunci jawaban.
PERTEMUAN
KE 1
1. Selalu berubah ( Anicca); tidak memuaskan
( dukkha) : tiada diri ( anatta)
2. Selalu berubah (Anicca)
3. Penderitaan
4. Sesuatu tidak kekal dan selalu
berubah
5. Badan dan jasmani kita tidak kekal dan
tidak bisa berdiri sendiri.
PERTEMUAN KE 2
Utu Niyama, Bija Niyama, Kamma Niyama, Citta Niyama dan Dhamma Niyama
Utu Niyama
Bija Niyama
Citta Niyama
Kamma Niyama
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu :
12 Jam pelajaran (4 pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
2. Menjelaskan Hukum-Hukum Kebenaran
II.
Kompetensi Dasar
2.3. Mendeskripsikan Hukum Karma
III.
Tujuan Pembelajaran
1.3.1. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian hukum karma.
1.3.2. Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan sehari-hari
1.3.3. Peserta didik dapat menyebutkan mempelajari hukum kamma
1.3.4. Peserta didik dapat menyebutkan 10 macam perbuatan baik dan buruk
1.3.5. Peserta didik dapat menjelaskan akibat pebuatan
IV.
Materi
Pembelajaran
Kamma( karma) adalah segala tindakan
yang dilakukan oleh pikiran, ucapan dan jasmani yang disertai dengan kehendak (
niat) atau cetana. Pembagian kamma menurut sifatnya ada 2 yaitu:
1. Kusaka-kamma artinya perbuatan baik
2. Akusala-kamma yaitu perbuatan buruk/jahat
Pembagian kamma menurut kejadiaannya ada 3 yaitu :
1. Mano-kamma yaitu perbuatan yang dilakukan melaui pikiran
2. Vaci-kamma yaitu perbuatan yang dilakukan melaui ucapan
3. Kaya-kamma yaitu perbuatan yang dilakukan
melakui badan jasmani
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode Pembelajaran:
1.
ceramah
2.
pemberian tugas
3, tanya
jawab
B. Langkah-Langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa dan Guru melakukan doa pembukaan
pendidikan agama Buddha dengan penuh relegius.
2. ` Guru bertanya tentang kamma
3. Guru
menyampaikan tujuam Pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian tentang Kamma.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian Kamma
· Siswa berdiskusi tentang Syarat
perbuatan yang disebut kamma
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang pengertian Kamma
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Berilah 1
contoh perbuatan yang disebut kamma dan yang bukan kamma.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan
agama
2. Siswa mempresentasikan hasil tugas portopolio
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Pembasgian Kamma menurut sifatnya
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pembagian kamma menurut sifatnya
· Siswa berdiskusi tentang contoh
kamma baik dan buruk
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
·
Guru dan siswa bersama-sama mengulang pembagian kamma menurut sifatnya
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan 5 perbuatan buruk dan 5 perbuatan baik!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama
2. Guru mengulas kembali tentang pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pembagian kamma menurut salurananya.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pembagian kamma memurut salurannya
· Siswa berdiskusi tentang contoh kamma menurut salurannya.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang pembagian kamma menurut salurannya.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan perbuatan
menurut salurannya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan
agama
2. Guru mengulas kembali tentang pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pembagian kamma menurut waktu masaknya
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pembagian kamma memurut waktu masaknya
· Siswa berdiskusi tentang contoh kamma menurut waktu masaknya
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang pembagian kamma menurut waktu masaknya
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
.C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan perbuatan menurut waktu
masaknya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber
A. Alat/Media
1. VCD tetang perbuatan baik.
2. skema
pembagian kamma
B. Sumber
1. Buku
pab kelas 5, Ehipassiko hal
2. Buku
PAB pegangan Guru, Departemen Agama RI hal26-29
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
proses : Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Prkatik
3. Tes Portopolio
C. Alat Penilaian :
- Soal tes
Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada
: ………………………………..
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada ………………………………..
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada ………………………………….
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertiasn kamma!
2. Apa syarat suatu perbuatan dapat
disebut kamma?
3. Bagaimana bunyi hukum kamma?
4. Berilah contoh perbuatan yang
disebut kamma!
5. Berilah contoh perbuatan yang bukan
tergolong kamma!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Sebutkan 2 pembagian kamma menurut
sifatnya!
2. Jelaskan pengertian Kusalakamma!
3. Jelaskan pengertian akusalakamma!
4. Berilah 4 contoh kusala kamma!
5. Berilah contoh akusala kamma!
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Sebutkan 3 pembagian kamma menurut
salurannya!
2. Jelaskan pengertian akusala
vaccikamma!
3. Jelaskan pengertian kusala vacci
kamma!
4. Jelaskan perngertian kusala
manokamma!
5. Jelaskan pengertian akusala kaya
kamma!
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Menurut waktu masaknya kamma dibagi
menjadi …
2. Kamma yang tidak menimbulkan akibat
disebut …
3. Hasil dari perbuatan disebut ….
4. Hasil perbuatan dapat diterima pada
kehidupan sekarang atau pada kehidupan ….
5. Akibat dari perbuatan disebut ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 1
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan)
I. Standar Kompetensi
2. Menjelaskan Hukum Kebenaran
II. Kompetensi Dasar
1.4. Menjalaskan hukum kelahiran kembali
III.
Tujuan Pembelajaran
2.4.1. Mendefinisikan hukum kelahiran kembali.
2.4.2. Memberi contoh adanya kelahiran kembali.
2.4.3. Menjelaskan proses dan cara kelahiran suatu makhluk
2.4.4. Menyebutkan tempat kelahiran kembali suatu makhuk
2.4.5. Menjelaskan hubungan kamma dengan kelahiran kembali.
IV.
Materi Pembelajaran
Hukum yang membahas tentang kelahiran
kembali adalah hukum punabbhava. Punnarbhava berarti kelahiran
kembali. Kelahiran suatu makhluk ada 4 cara yaitu:
1. Jalabuja yoni yaitu kelahiran makhluk
melaui kandungan
2. Andaja yoni yaitu kelahiran makhluk
melalui telur
3. Sansedaja yoni yaitu kelahiran makhluk
melalui kelembabab
4. Opapatika yoni yaitu kelahiran makhluk
secara spontan
Proses kelahiran kembali. Saat tubuh mengalami kematian kesadaran tidak mati
bersamanya, tetapi tetap berlangsung untuk mengambil bentuk lain yang disebut
kehidupan baru.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Penugasan
B. Langkah-langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melaukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius 2.
2. Guru bertanya kepada siswa
tentang Punnabbhava
3. Guru
Menyampaikan tujuan Pembelajaran yang aka dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Pengertian kelahiran kembali
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian kelahiran kembali
· Siswa berdiskusi tentang kelahiran
kembali
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Sebutkan empat cara kelahiran suatu
makhluk!
3. Guru memberikan tugas
untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melaukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Meminta siswa
mengumpulkan tugas.
3. Guru
Menyampaikan tujuan Pembelajaran yang aka dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang empat cara makhluk tumimbal lahir.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang empat cara kelahiran makhluk
· Siswa berdiskusi tentang empat cara kelahiran makhluk
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang empat cara kelahiran makhluk
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
.C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Isilah kolom berikut dengan benar!
No
|
Nama makhluk
|
Llahir melalui
|
1.
|
Nyamuk
|
Keleban
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
3. Guru memberikan tugas
untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa dan guru
melakukan doa pembukaan pendidikan agam Buddha dengan penuh religius
2. Guru mengulang
kembali materi pembelajaran yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi hubungan kamma dengan kelahiran kembali
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang hubungan kamma dengan kelahiran kembali
· Siswa berdiskusi tentang hubungan
kamma dengan kelahiran kembali
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang hubungan kamma dengan kelahiran kembali
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Isilah kolom berikut dengan jawaban yang benar!
No
|
Nama Subyek
|
Perbuatan yang dilakukan
|
1.
|
Terlahir dengan wajah buruk
|
Suka marah-marah
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Bagan
Punnabbhava
2. Alam
sekitar
B. Sumber
1. Buku
Pab kelas 5 Ehipassiko, hal.52-58
2. Buku
PAB pegangan guru Kelas 5, Departemen Agama RI hal. 26-27
3.
Buku Abhidhammatthasangaha jilid 2,
Pandit J. Kaharudin hal 2-15
VII. Alat Penilaian
A. Prosedur Penilaian
Penilaian proses : Pengamatan
Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Prkatik
3. Tes Portopolio
C. Alat Penilaian :
- Soal tes
Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ……………………………….........
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………….
3.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : ……………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian Punnabhava!
2. Jelaskan hubungan kamma dengan
punabhava!
3. Jelaskan pengertian cuti citta!
4. Apa artinya na ca so, na ca anno ?
5. Bagaimana cara memutuskan mata
rantai kehidupan?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.
Ada
berapa cara kelahiran makhluk hidup? Sebutkan !
2.
Beri
5contoh makhluk yang lahir melalui kandungan!
3.
Berilah
5 contoh makhluk yang lahir melalui telur!
4.
Jelaskan
pengertian oapatika-yoni!
5.
Berilah
3 conotoh makhluk yang lahir melaui kelembaban!
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.
Dimana
makhluk-makhluk yang belum mencapai nibbhana dilahirkan kembali?
2.
Apa
pahala dari memiliki belas kasih dan kasih saying?
3.
Apa
akibat dari memiliki iri hati?
4.
Jika
memiliki lobha apa akibatnya dalam kelahiran yang akan datang?
5.
Apa
akibatnya jika sering melakukan kejahatan?
Keren banget tuh RPP nya, begitu juga Drop down nya, boleh tuh diajarin caranya bikin drop down
ReplyDeleteini jg hasil belajar kok sobat,kalau drop downnya gampang, aq ag jg diajari sobatku Putu di blogbego
Delete