RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 2
Alokasi
Waktu : 9 jam pelajaran ( 3
pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan riwayat kelahiran
Pangeran Siddharta
II.
Kompetensi
Dasar
1.1. Mendeskripsikan
peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta
III.
Tujuan
Pembelajaran
3.1.1 Peserta
didik dapat menceritakan kembali
mimpi Dewi Mahamaya sebelum mengandung.
3.1.2 Peserta
didik dapat menjelaskan makna mimpi
Dewi Mahamaya.
3.1.3 Peserta
didik dapat menceritakan perjalanan
rombongan Dewi Mahamaya dari Kapilawastu ke Dewadaha
3.1.4 Peserta
didik dapat menjelaskan keajaiban
yang terjadi saat kelahiran Pangeran
Sidharta.
3.1.5 Peserta
didik dapat menyebut nama tempat kelahiran Pangeran Sidharta.
3.1.6 Peserta
didik dapat menyebut tahun kelahiran
Pangeran Sidharta.
3.1.7
Peserta didik dapat menyebutkan delapan hal yang terjadi bersamaan dengan lahirnya Pangeran Sidharta.
IV.
Materi
Pembelajaran
1.
Riwayat kelahiran Pangeran Sidharta.
2.
Pangeran Sidharta adalah putra Raja Sudhodana dengan
permaisuri Dewi Mahamaya.
3.
Sebelum mengandung Dewi Mahamaya bermimpi bertemu gajah
putih.
4.
Pangeran Sidharta lahir di Taman Lumbini.
V.
Kegiatan
Pembelajaran
A.
Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. Diskusi
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang nama orang tua Pangeran Sidharta.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta didik difasilitasi
oleh guru menemukan materi tentang asal usul keluarga Pangeran Siddharta.
·
Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
·
Penjelasan tentang Asal usul keluarga Pangeran Siddharta.
·
Peserta didik berdiskusi tentang asal usul keluarga Pangeran Siddharta.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
·
Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang sal Usul Keluraga Pangeran Siddharta.
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Jodohkan kolom lajur kanan dengan kolom
lajur kiri yang merupapak jawaban yang tepat dengan cara menarik garis lurus!
1.
|
Nama Raja yang memimpin kerajaan Sakya
|
A
|
Mahamaya
|
|
2.
|
Nama istri raja Suddhodana
|
B
|
Kapilavatthu
|
|
3.
|
Nama Kerajaan asal Ratu Mahamaya
|
C
|
Sakya
|
|
4.
|
Nama Suku tempat Raja Suddhodana memimpin
|
D
|
Suddhodana
|
|
5.
|
Nama Ibu kota kerajaan Sakya.
|
E
|
Devadaha
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang mimpi
Ratu Mahamaya.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta
didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang mimpi ratu Mahamaya.
· Peserta didik makna mimpi Ratu
Mahamaya.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.
Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2.
Refleksi : apa nama Binatang yang ada dalam mimpi Ratu Mahamaya?
3.
Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan
penuh religious
PERTEMUAN KE
3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang kelahiran pangeran
Sidharta.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi
tentang kelahiran Pangeran Siddharta.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang kelahiran pangeran Siddharta.
· Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama
mengulang tentang kelahiran pangeran Siddharta.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Dimana Pangeran Siddharta lahir?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/
Sumber
A.
Alat/Media
- Gambar
tradisional yaitu 2 dimensi
B. Sumber
- Buku riwayat
Buddha Gotama
- Buku PAB
kelas 1 Ehipasiko.
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian
Soal Terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada :
..................................................
3. PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada :
..................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Darimana asal moyang pangeran Sidharta?
- Siapa yang mendirikan Negara Kapilavastu?
- Siapa nama kakek pangeran Sidharta?
- Dimana Pangeran Sidharta dan Keluarganya tinggal?
- Apa nama kerajaan yang dipimpin Raja Sudhodana?
PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
- Dewi Mahamaya sebelum mengandung bermimpi melihat....
- Gajah putih dalam mimpi ratu Mahamaya mesuk ke perutnya yang sebelah ....
- Mkana mimpi Ratu Mahamaya adalah ....
- Nama permaisuri kerajaan Sakya adalah ....
- Setelah mendengar cerita Ratu tentang mimpinya itu, Raja segera ....
PERTEMUAN KE 3
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar!
- Pangeran Sidharta lahir di ....
- Pangeran Sidharta lahir pada bulan ... tahun 623 SM.
- Setiap bekas kaki langkah pangeran Sidharta ditumbuhi bunga ....
- Pangeran Sidharta setelah lahir langsung berjalan ... langkah.
- Taman Lumbini berada diantara wilayah kerajaan .. dan ....
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 2
Alokasi
Waktu : 9 jam pelajaran ( 3
pertemuaan)
I.
Standar Kompetensi
3. Mengungkapkan
riwayat kelahiran Pangeran Siddharta
II. Kompetensi Dasar
3.2 Menjalaskan ramalan pertapa Asita tentang
Pangeran Siddharta.
III. Tujuan Pembelajaran
3.2.1
Peserta didik dapat menjelaskan tempat pertapaan Petapa Asita
3.2.2
Peserta didik dapat menjelaskan alasan Petapa Asita datang ke istana Kapilawastu
3.2.3
Peserta didik dapat menyebutkan tanda manusia agung yang dilihat Petapa Asita
3.2.4
Peserta didik dapat menjelaskan sikap petapa Asita setelah melihat 32 tanda manusia agung
3.2.5
Peserta didik dapat menjelaskan alasan pertapa Asita tertawa
3.2.6
Peserta didik dapat menjelaskan alasan pertapa menangis
3.2.7
Peserta didik dapat menjelaskan isi ramalan pertapa Asita tentang masa depan Pangeran Siddharta
3.2.8
Peserta didik dapat menyebutkan 4 peristiwa yang tidak boleh dilihat Pangeran Siddharta.
IV. Materi Pembelajaran
1.
Pertapa yang diundang dalam upacara pemberian nama ada
108 orang, namun ada 8 orang yang meramalkan pangeran Sidharta kelak menjadi
Buddha.
2.
Pertapa Asita atau pertapa Kaladewala setelah melihat
bayi itu tertawa lalu menangis. Tertawa karena calon Buddha telah lahir ke
dunia, dan menangis karena usianya telah tua.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Tugas
4. Bermain peran
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta
didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab
tentang pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi tentang kunjungan pertapa Asita ke Kapilavastu
· Peserta didik menyiapkan
alat tulis untuk segala
catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang Kunjungan pertapa Asita ke Kapilavastu
· Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang nama lain pertapa Asita.
· Peserta didik mrngrtjakan tugas yang diberikan guru
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang kunjungan pertapa Asita.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Ceritakan asal usul pertapa Asita!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik
melakukan doa pembukaan
2. Guru dan peserta didik menbahas tugas PR
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru
menemukan materi
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan tujuan pertapa Asita datang ke kapilavastu.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh
peserta didik.
|
· Penjelasan tentang tujuan pertapa Asita datang ke Kapilavastu.
· Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang tujuan pertapa Asita berkunjung ke Kapilavastu.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi : Apa tujuan pertapa Asita datang ke Kapilavastu?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan
penuh religious
PERTEMUAN KE
3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik
melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajaran
yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi tentang hal yang terjadi pada pertapa Asita saat
melihat Pangeran.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang hal yang terjadi pada pertapa Asita saat melihat Pangernan.
· Peserta didik mengerjakan tugas yang diberika guru.
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya didepan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang hal yang terjadi pada petapa Asita saat
meilihat Pangeran.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Apa yang dilihat oleh pertpa Asita pada tubuh Pangeran?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik
melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Gambar 2
dimensi
- Memutar VCD
riwayat singkat Sakyamuni.
B. Sumber
- Buku
pelajaran Agama Buddha Kelas 1 Ehipasiko hal
53-58
- Buku Riwayat
hidup Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan
lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................
3.
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ..................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar!
- Soerang pertapa yang berkunjung ke Kapilavastu untuk melihat kelahiran putra raja adalah ....
- Pertapa Asita nama lainnya adalah ....
- Pertapa Asita tinggal di daerah pegunungan ....
- Yang lahir pada waktu yang bersamaan dengan kelahiran Pangeran Siddharta yaitu … yang kelak akan menjadi istri Pangeran.
- Orang bijak selain pertapa Asita yang meramalkan bahwa kelak putra raja akan menjadi Buddha bernama ....
PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik pada soal dibawah ini dengan benar!
- Pertapa asita menangis karena ....
- Mengapa pertapa Asita tertawa?
- Pangeran Sidharta adalah calion ....
- Calon Buddha disebut ....
- tanda yag terdapat pada telapak kaki Pageran Sidharta berupa ....
PERTEMUAN KE 3
Isilah titik-titik pada soal dibawah ini dengan benar!
- Dimana kamu dilahirkan?
- Siapa yang menolong ibu waktu kamu lahir?
- Untuk meraih cita-cita selain berdoa, harus disertai dengan belajar yang ....
- Kita sayang kepada ibu karena ibu telah ....
- Membalas budi merupakan perbuatan yang ....
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 2
Alokasi
Waktu : 6 jam pertemuan ( 2
pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4. Memahami Ketuhanan dalam agama
Buddha
II.
Kompetensi Dasar
4.1 Menumbuhkan Keyakinan (saddha) terhadap Tuhan Yang maha Esa.
III.
Tujuan Pembelajaran
4.1.1
Peserta didik dapat menjelaskan sebutan Tuhan dalam agama
Buddha
4.1.2
Peserta didik dapat menjelaskan hakekat Tuhan dalam agama
Buddha.
4.1.3
Peserta didik dapat menjelaskan sifat Tuhan dalam agama
Buddha.
4.1.4
Peserta didik dapat menjelaskan cara meyakini Tuhan dalam
agama Buddha.
4.1.5
Peserta didik dapat menjelaskan manfaat meyakini Tuhan
dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.6
Peserta didik dapat mempraktekkan cara meyakini Tuhan
dalam kehidupan sehari-hari.
IV.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian saddha. Saddha
adalah keyakinan yang didasari dengan kebenaran.
2. Cara mewujudkan keyakinan
kita yaitu dengan melakukan puja bhakti, meditasi dan berperilaku yang baik
dalam kehidupan sehari-hari.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Tugas
B.
Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.
Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2.
Tanya jawab tentang Pengertian Saddha
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik
difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengetian saddha
· Peserta didik
menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran
yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan
tentang pengertian saddha
· Peserta
didik berdiskusi tentang keyakinan
· Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan peserta
didik bersama-sama mengulang tentang pengertian saddha
· Guru meluruskan
hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Sebutkan yang wajib kita yakini dengan setulus hati?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru
dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru
dan peserta didik membahas tugas pekerjaan rumah.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara
memparkatikan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cara mempraktikan keyakinan.
· Peserta didik mengerjakan tugas dari guru.
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Panjatkan vandana!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Gambar orang yang sedang meditasi 2 dimensi
B. Sumber
- Buku
pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal
- Buku bhavana
- Buku Paritta
Suci
VII.
Penilaian
A.
Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B.
Teknik Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Tes lisan
C.
Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang
benar!
1. Keyakinan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa disebut ....
2. Untuk mewujudkan keyakinan
kita melakukan ....
3. Meditasi meriupakan suatu
wujud pelaksanaan ....
4. Sebutan Tuhan dalam Agama Buddha yaitu
....
5. Tuhan menyatakan kekuasaan
melaui ....
PERTEMUAN KE 2
I. Isilah titik-titik pada soal berikut
dengan jawaban yang benar!
1. Namo Sanghyang Adi Buddhaya adalah
pujian untuk ….
2. Namo Tassa Bhagavato Arahato
Sammasambudhassa adalah pujian untuk ….
3. Namo Sabbe Boddhisatta Mahasattanya
adalah pujian untuk para …
4. Untuk memuji Tuhan kita panjatkan ….
5. Untuk mengamalkan keyakinan kita
terhadap Tuhan Yang Maha Esa kita melaksanakan meditasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 2
Alokasi
Waktu : 6 jam pertemuan ( 2
pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4. Memahamai ketuhanan dalam Agama Buddha
II. Kompetensi Dasar :
4.2 Mengenal sebutan Tuhan dalam Agama Buddha
III. Tujuan Pembelajaran
4.2.1
Peserta didik dapat menyebutkan empat sifat ketuhanan
dalam agama Buddha
4.2.2
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian cinta kasih
dalam agama Buddha
4.2.3
Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan cinta kasih
4.2.4
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian belas kasih
dalam agama Buddha
4.2.5
Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan belas kasih
4.2.6
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian simpati
dalam agama Buddha
4.2.7
Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan simpati
4.2.8
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian keseimbangan
batin dalam agama Buddha
4.2.9
Peserta didik dapat menyebutkan contoh memiliki
keseimbangan batin
IV. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian saddha. Saddha adalah keyakinan yang
didasari dengan kebenaran.
2.
Cara mewujudkan keyakinan kita yaitu dengan melakukan
puja bhakti, meditasi dan berptilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
V. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a. Ceramah bervariasi
b. Curah
pendapat
c. Tugas
2.
Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya
jawab tentang Pengertian Brahma vihara
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
pengertian Brahma vihara.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang pengertian
Brhma Vihara.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
·
c.. Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang
pengertian Brahma Vihara.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.
Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi :
- Sebutkan 4 Sifat baik!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru dan
peserta didik membahas tugas pekerjaan rumah.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi
tentang isi Brahma Vihara.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang isi Brahma Vihara.
· Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang isi Brahma Vihara
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.
Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi : Sebutkan isi Brahma Vihara!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan
penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber
1. Alat/Media
- pohon ayat Brahma Vihara
2.
Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1
Ehipassiko hal59-64
- Buku kebahagiaan Dalam Dhamm
VII. Penilaian
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses Pengamatan
b. Penilaian
Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
2.
Teknik Penilaian
a. Tes
Tertulis
b. Tes lisan
3.
Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar !
1. Brahma
vihara adalah sifat luhur ....
2. Umat Buddha melatih sifat-sifat Ketuhanan yang berjumlah
....
3. Sifat
baik yang sesuai dengan Brahma Vihara misalnya ....
4. Tuhan
akan melindungi kita jika kita melakukan
....
5. Tuhan bukan makhluk dan Tuhan tidak dilahirkan, maka
Tuhan tidak akan ...
PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang
benar !
1. Sifat
Ketuhanan yang pertama berbunyi .....
2. Orang yang memiliki batin seimbang
berarti memiliki ….
3. Belas
kasih tampa pilih kasih disebut
....
4. Ikut senang jika teman kita senang disebut ….
5. Memberikan bantuan kepada orang yang menderita
disebut ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : I/ 2
Alokasi Waktu :
9 jam pelajaran ( 3 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
4. Memahami ketuhanan
dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
4.3. Mengenali Sifat-sifat luhur Ketuhanan dalam diri
Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia.
III.
Tujuan Pembelajaran
4.2.10 Peserta didik dapat memberi contoh
pengamalan cinta kasih terhadap semua makhluk.
4.2.11 Peserta didik dapat memberi contoh
prngasmalan belas kasih
4.2.12 Peserta didik dapat membedakan antara cinta kasih dengan kasih sayang
IV.
Materi Pembelajaran
1. Sayang semuanya ( cinta kasih) adalah
mengasihi semua makhluk tanpa pilih-pilih.
2. Belas kasih adalah mengasihi makhluk
terutama kepada makhluk yang menderita.
V.
Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a. Ceramah bervariasi
b. Penugasan
c. Tanya jawab.
2. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru
Bertanya tentang pengertian
cinta kasih.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
cara mengamalkan cinta kasih.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cara mengamalkan cinta kasih.
· Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang cinta kasih
· Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
·
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang cara
mengamalkan cinta kasih.
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Tuliskan doa cinta kasih!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru
dan peserta didik membahas tugas peserta
didik yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian belas kasih
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian belas kasih.
·
Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang pengertian belas kasih.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik
yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Siapa yang perlu kita beri belas kasih?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan guru pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang perbedaan
antara cinta kasih dengan belas kasih.
· Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
· Peserta didik memaparkan hasil kerjanya
di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang perbedaan antara
cinta kasih dengan belas kasih.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Tuliskan daftar pengamalan belas kasih yang sudah kamu
lakukan!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- VCD
Titi-Tata ( berbuat baik jangan ditunda)
- Gambar
anak yang sedang menolong seekor kucing.
B. Sumber
- Buku PAB
kelas I Ehipasiko hal. 65-69.
-
Buku cerita Jataka
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses
- Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
a. Tes Kognitif
b. Tes psikomotorik
c. tes Kognitif
B. Teknik Penilaian
1. Tes
tertulis
C. Alat Penilaian
Soal
terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………….
Soal
Soal PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian cinta kasih!
2. Siapa saja yang kita beri cinta
kasih?
3. Beri contoh cara mengamalkan
cinta kasih!
4. Siapa yang kita doakan agar hidup
bahagia?
5. Dimana saja kita harus
mengamalkan cinta kasih?
Soal PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Apa yang dimaksud dengan belas kasih?
- Kepada siapa saja kita memancarkan belas kasih?
- Berilah contoh pengamalan belas kasih dalam kehidupan sehari-hari!
- Jika melihat teman yang jatuh, apa yang harus kita lakukan?
- Jika teman kita sedang sedih apa yang harus kita lakukan ?
Soal PERTEMUAN KE 3
I.
Kerjakan
soal berikut dengan benar!
- Jelaskan perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih!
- Kapan saat yang tepat untuk memancarkan belas kasih?
- Meditasi dengan obyek apa yang paling tepat untuk memancarkan cinta kasih?
- Tuliskan salah satu judul cerita jataka dengan tema ”Cinta Kasih” atau ” Belas Kasih ”
- Siapa nama Bodhisatva yang selalu memancarkan cinta kasih yang tanpa batas?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : I/ 2
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran
( 3 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
4. Memahami ketuhanan dalam agama Buddha
II. Kompetensi Dasar
4.4Mengenali
Sifat-sifat Ketuhanan dalam diri Buddha dan Cara
Buddha menyelamatkan manusia.
III. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian mudita ( simpati)
2. Peserta didik dapat memberi contoh simpati dalam kehidupan
sehati-hari
3. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian upekkha
4. Peserta didik dapat memberi
contoh cara mengamalkan uphekkha.
5. Peserta didik dapat membuat
cerita yang bertemakan Simpati.
IV. Materi Pembelajaran
1.
Simpati
2.
Ketenangan Batin
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. tanya jawab
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan.
2. Guru bertanya
tentang pengertian mudita dan menyanyikan githa catur paramita.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
Pengertian mudita dan cara pengamalannya.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian
mudita.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian mudiata
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Buatlah kartu ucapan ulang
tahun untuk temanmua!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang pengertian upekkha.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan
materi tentang pengertian upekkha
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang
pengertian upekkha
· Peserta didik mengerjakan tugas dari guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian
upekkha.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Tuliskan perbuatan yang sudah
kamu lakukan yang mencerminkan upekkha!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru mengulas
kembali tentang pelajaran yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan
materi tentang bertemakan Mudita.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cerita
tetang teman yang pandai melukis.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang dibrikan guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang cerita teman
yang pandai melukis.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Buatlah cerita tentang
temanmu yang sedang ulang tahun!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Gambar anak yang memperoleh hadiah karena
prestasinya.
- VCD vihara githa.
B. Sumber
- Buku PAB
kelas I Ehipasikko hal 72-83.
- Buku PAB
Kelas 1 Departemen Agama RI hal 23-25
VII.Penilaian
A.
Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses
- Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
a.
Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes
Kognitif
B. Teknik Penilaian
1. Tes
tertulis
C. Alat Penilaian
Soal
terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Jelaskan pengertian mudita!
2.
Berilah contoh pengamalan mudita!
3.
Apa yang kamu lakukan jika temanmu meraih juara kelas?
4.
Buatlah ucapan kepada temanmu yang sedang ulang tahun!
5.
Kepada siapa mudita kita pancarkan ?
PERTEMUAN KE 2
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Jelaskan pengertian upekkha!
2.
Jika kamu diejek teman, apa yang kamu lakukan ?
3.
Apa akibatnya jika kita suka mengejek teman ?
4.
Apa pahalanya jika kita tidak pernah marah atau membenci teman?
5.
Kapan kita harus melaksanakan upekkha?
PERTEMUAN KE 3
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan
jawaban yang benar !
1.
Mengasihi sesama makhluk tanpa pilih-pilih merupakan pengamalan dari
....
2.
Kita menyayangi semua dengan ...
3.
Belas kasih kepada makhluk yang menderita disebut ....
4.
Menolong teman adalah perbuatan yang ....
5.
Teman yang sedih harus kita ....
6.
Ikut bahagia jika orang lain bahagia disebut ....
7.
Jika teman menjadi juara, yang kita lakukan adalah ...
8.
Tidak suka jika teman meraih juara dinamakan ....
9.
Jika ada taman yang bahagia kita sebaiknya mengucapkan ....
10. lawan dari cinta kasih adalah ....
ijin mengambil rrp pak.. sy sedang mengembangkan elearning hari raya agama buddha ni link sy www.moodleku.com/moodle
ReplyDeletesilahkan gratis, ini saya juga mau posting media
DeleteSIIIIIP, KREATIF. SEMOGA TEMAN2 BS MENCONTOH KANG LASINO....YES....I LIKE THISSSS
ReplyDeleteMAKASIH, SAYA HARAP SARANNYA DEMI KEMAJUAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA YANG KITA CINTAIO BERSAMA
ReplyDeletePK LASINO.... SEMOAGA RPP YANG SUDAH DI POSTING DAPAT BERMANFAAT UNTUK KEMAJUAN AGAMA BUDDHA DI INDONESIA
ReplyDelete