informasi cari disini

Saturday, 22 August 2020

CARA MEMBERI SALAM

 

Pembelajaran 2.3 Cara Memberi salam

Tugas Belajar di Rumah

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Kelas 1 Semester Ganjil 2020/2021

😎 Mengamati

 

Memberiu salam dilakukan dapat dilakaukan dengan cara Utthana atau anjali seperti contoh gamabar di bawah ini

 

😎 Menanya
     Setelah amati video yang sudah dijelaskan dan baca cerita tentang cara memberi salam dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)
 
😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
    Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.
😎 Menalar
     Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan cara memberi salam yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?
😎 Penutup

  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas

    Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


Tugas Penilaian Harian Klik

🔼DISINI


JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

Daftar Hadir Siswa Klik
🔼DISINI

 

 

Tuesday, 18 August 2020

GODAAN MARA

 

Pembelajaran 2.3 Godaan Mara

Tugas Belajar di Rumah

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Kelas 5 Semester Ganjil 2020/2021

 

😎 Mengamati

 

    Mara Terus Menggoda Petapa Siddharta Masih ingatkah kalian, kapan Mara pertama kali menghalangi Pangeran Siddharta dalam upayanya mencapai kebuddhaan? Ya, saat Pangeran hendak meninggalkan istana Mara muncul menggodanya untuk tidak pergi. Sejak saat itu, Màra mengikuti selama enam tahun mencari kesempatan untuk menyingkirkan Pangeran Siddharta. Mara menungggu pikiran pangeran Siddharta lengah. Mara Berkata, “Jika dalam pikiranMu muncul kebencian, keserakahan dan kebodohan, saat itu aku akan membunuh-Mu.” Namun sampai saat ini, selama enam tahun, Màra tidak berhasil menemukan pikiranpikiran seperti ini dalam diri Petapa Siddharta. 
    Setelah enam tahun berlalu, Màra berpikir, “Petapa Siddharta memiliki semangat yang sangat tinggi. Penyiksaan diri (Dukkaracariya) yang Beliau praktikkan juga sangat keras. Setiap saat Beliau dapat menjadi Buddha. Bagaimana jika aku mendekati-Nya dan memberikan nasihat, supaya Beliau berhenti latihan.” Kemudian Màra mendekati dan menasihati-Nya. Màra berkata: 
    “O Sahabatku Pangeran Siddharta, seluruh tubuh-Mu begitu kurus karena kehilangan daging dan darah. Kecantikan dan warna kulitnya telah memudar. Kematian-Mu telah mendekat; kesempatan untuk tetap hidup sangatlah kecil, hanya satu dibandingkan seribu. O Pangeran Siddharta, mohon Engkau menjaga diri-Mu sehingga Engkau dapat berumur panjang. Umur yang panjang adalah hal yang paling berharga. Jika Engkau berumur panjang. Engkau dapat banyak melakukan kebajikan. Engkau dapat mengembangkan kebajikan dengan menjalani sila atau melakukan upacara-upacara pengorbanan. Apalah gunanya menjalani hidup seperti ini di dalam hutan dan mempraktikkan penyiksaan diri dengan begitu menderita dan begitu lemah tanpa mengetahui apakah Engkau dapat bertahan hidup atau mati.

 

    Petapa Siddharta mengusir Mara yang bermaksud jahat dengan berkata,“Wahai Màra, Engkau yang mengikat para makhluk dewa, brahmà dan manusia agar mereka  tidak dapat terbebaskan dari derita (samsàra)! Engkau datang demi keuntunganmu pribadi dan dengan maksud-maksud tersembunyi bertujuan untuk mengganggu dan mencelakakan makhluk-makhluk lain.”
    Petapa Siddharta menjawab rayuan Mara tentang umur panjang dengan berkata“Aku tidak berkeinginan sedikit pun untuk melakukan kebajikan-kebajikan yang mengarah kepada lingkaran penderitaan”. 
    Meskipun Petapa Siddharta diancam dengan kematian dengan berkata,“O Pangeran Siddharta, kematian-Mu sudah mendekat, kesempatan-Mu untuk tetap hidup sangatlah kecil, hanya seperseribu”. Beliau melawan Mara, dengan berkata,”Wahai Mara, Aku memiliki lima kualitas, yaitu Keyakinan (Saddha), Semangat (Viriya), Kebijaksanaan (Panna), Perhatian (Sati), dan Konsentrasi (Samadhi). Kelima kualitas inilah yang akan mengantarku mencapai Nibbana. 
    Selanjutnya Petapa Siddharta dengan lantang menguraikan 10 bala tentara Māra yang mampu menjerat manusia biasa tetapi tidak bagi mereka yang memiliki 5 kualitas yang besar. Sepuluh jerat Mara yaitu: (1) Nafsu-nafsu indria (kāma),( 2) kebencian (arati) dan ketidakpuasan (ukkanthita), (3) selalu merasa dahaga dan lapar (khuppipāsa), (4) kelelahan (tandi), (5) malas dan lembam (thina-middha), (6) rasa takut (bhiru), (7) keraguan (vicikicchā), (8) sombong dan angkuh (makkha-thamba),(9) kemelekatan dan keangkuhan (tanha-mana), serta (10) mencela dan merendahkan orang lain (att’uukkamsa-paravambhana). 
    “Wahai Màra, Aku ingin engkau mengenal-Ku sebagai berikut: ‘Pangeran Siddharta ini, sebagai manusia mulia, pahlawan sejati, setelah tiba di medan pertempuran, tidak akan mundur selangkahpun; Oleh karena itu, kenalilah Aku sebagai seseorang yang meyakini: ‘Lebih baik mati di medan pertempuran daripada menyerah di depan bala tentaramu.’ Mendengar kata-kata berani yang diucapkan oleh Petapa Siddharta, Màra pergi dari tempat itu tanpa bisa memberikan jawaban apa-apa. 
😎 Menanya
     Setelah amati video yang sudah dijelaskan dan baca cerita tentang godaan mara dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)
 
😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
    Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.
😎 Menalar
     Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan godaan mara yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan?4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?
😎 Penutup

  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas

    Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


Tugas Penilaian Harian Klik

🔼DISINI


JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

Daftar Hadir Siswa Klik
🔼DISINI

 

PERTEMUAN DENGAN KISSA GOTAMI

Pembelajaran II.5 Pertemuan Dengan Kissa Gotami, Si Putri Sakya

Tugas Belajar di Rumah

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

Kelas 4 Semester Ganjil 2020/2021

😎 Mengamati

 

    Pertemuan dengan Kissä Gotami, Si Putri Sakya Pangeran Siddharta memasuki Kota Kapilavatthu dengan mengendarai kereta diiringi oleh banyak pengikut. Saat memasuki kota, seorang putri Sakya bernama Kissä Gotami melihat Pangeran. Kissä Gotami merasa berbahagia. Kissä Gotami mengungkapkan perasaan gembiranya sebagai berikut.
    Tenanglah ibunya (Nibbută nūna sä mäta)
    Tenanglah ayahnya (Nibbută nüna so pitā)
    Tenanglah istrinya (Nibbutā nüna să nāri)
    Yang memiliki suami seperti Anda (Yassä'yam idiso pati)

    Mendengar ungkapan kegembiraan Kissä Gotami, Pangeran merenung. "Saudara sepupu-Ku, Putri Sakya, Kissä Gotami telah mengucapkan kata-kata gembira karena melihat pribadi yang membawa kegembiraan dan kedamaian kepada ibu, ayah, danistri. Tetapi,jikatelah padam, apakah yang akan membawa kedamaian sejati bagi batin?"

    Kemudian, Pangeran Siddharta menyadari bahwa "Kedamaian sejati akan muncul hanya jika keserakahan (lobha) dipadamkan. Kedamaian sejati akan muncul hanya jika kebencian (dosa) dipadamkan. Kedamaian sejati akan muncul hanya jika kebodohan (moha) dipadamkan, kedamaian sejati akan muncul hanya jika keangkuhan (māna), pandangan salah (dithi), dan lain-lain
disingkirkan.

    Kissä Gotami telah mengucapkan kata-kata indah tentang kedamaian. Aku yang akan mencari Nibbäna, kebenaran tertinggi, pemadaman yang sebenarnya dari segala penderitaan. Bahkan, hari ini juga, Aku harus melepaskan keduniawian dengan menjadi petapa di dalam hutan untuk mencari Nibbāna, kebenaran sejati"

    Pikiran untuk melepaskan keduniawian terus muncul dalam diri Pangeran Siddharta. Pangeran berkata, "Kalung mutiara ini akan menjadi imbalan bagi Kissä Gotami yang mengingatkan-Ku untuk mencari unsur pemadaman (Nibbuti)" Akhirnya, Pangeran Siddharta melepas kalung mutiara-Nya yang bernilai sangatmahal dari leher-Nya dan memberikannya kepada Kissä Gotami. Kissä Gotami sangat gembira menerimanya. 

😎 Menanya
     Setelah amati video yang sudah dijelaskan dan baca cerita tentang pertemuan dengan kissa gotami, si putri sakya dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu hubungan kedua cerita diatas! 
Pendapatku:    
1. ......................................
2. ......................................
3. ......................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 
Pertanyaanku:    
1. ...................................... ?
2. ...................................... ?
3. ...................................... ?  
(silahkan tambah pertanyaanmu)
 
😎 Mengumpulkan Data
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar/video dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
😎 Mengolah Data
    Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.
😎 Menalar
     Ayo, kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya di bawah ini dengan kalimat yang jelas.

😎 Mengkomunikasikan
 Ayo, ceritakan pertemuan dengan kissa gotami yang pernah terjadi di lingkungan sekitarmu!
Sampaikan pendapatmu:
1. Apa yang menarik perhatianmu?
2. Apa yang kamu lihat?
3. Apa yang bisa kamu lakukan? 
4. Keteladanan apa yang perlu ditiru?
5. Apa pesan moral yang kamu dapat?
😎 Penutup

  ⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪ silahkan mengerjakan tugas

    Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar


Tugas Penilaian Harian Klik

🔼DISINI


JANGAN LUPA TULIS NAMA DI KOMENTAR UNTUK DAFTAR HADIR DALAM PELAJARAN INI DAN KLIK JUGA DAFTAR HADIR DI GOOGLE FORM

Daftar Hadir Siswa Klik
🔼DISINI

 

Chat

CHATT