RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu :
3 pertemuan ( 9 JP)
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan peristiwa upacara pemberian
nama dan asal usul Pangeran Siddharta
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan peristiwa upacara pemberian
nama Pangeran Sidharta.
III.
Tujuan Pembelajaran
1.1.1
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan Raja Suddhodana mengundang para brahmana
1.1.2
Peserta
didik dapat menyebutkan jumlah brahmana yang hadir dalam upacara pemberian nama
putra raja Suddhodana.
1.1.3
Peserta
didik dapat menyebutkan jumlah brahmana yang pandai meramal
1.1.4
Peserta
didik dapat menjelaskan isi ramalan brahmana Kondañña
1.1.5
Peserta
didik dapat menjelaskan arti nama “Sidharta”
1.1.6
Peserta
didik dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi setelah tujuh hari kelahiran
Pangeran Sidharta
1.1.7
Peserta
didik dapat menyebutkan nama ibu asuh pangeran Sidharta
1.1.8
Peserta
didik dapat menjelaskan kasih sayang ibu asuh pangeran Sidharta
1.1.9
Peserta
didik dapat mendeskripsikan sikap pangeran Sidharta terhadap ibu asuhnya
1.1.10
Peserta
didik dapat meneladani sikap pangeran Sidharta terhadap orang tua dalam
kehidupan sehari-hari
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pemberian nama pangeran Sidharta
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Penugasan
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
1.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab
tentang tujuan pemberian nama kepada anak.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukanmateri tentang arti dari nama seseorang, tujuan
orang tua memberi nama kepada anaknya.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta
didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang arti dari
nama dan tujuan orangtua member nama kepada anaknya.
· Peserta didik berdiskusi dengan temannya tentang arti dari namanya dan
arti dari nama teman-temannya.
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang arti nama seseorang.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Buatlah 5
daftar nama temanmu dan arti dari namanya.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Membahas tugas
pertemuan lalu.
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru
menemukan materi pembelajaran tentang
upacara pemberian nama putra raja Suddhodana.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang arti nama dari Sidharta
|
· Penjelasan tentang upacara
pemberian nama putra raja Suddhodana.
· Peserta didik dapat menyebutkan
nama 8 orang bijak yang datang pada upacara pemberian nama
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum
dimengerti dengan jelas
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta
didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Sebutkan
8 pertapa yang meramal kelahiran putra raja Suddhodana.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Membahas
tugas pertemuan yang lalu
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang
ramalan pertapa Kondanna.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang bagaimana ramalan pertapa kondanna tentang pangeran
Siddharta?
|
· Penjelasan tentng ramalan
pertapa Konddan tentang masa depan Pangeran Siddharta.
·
Peserta didik bertanya kepada
guru tentang pelajaran yang belum dimengerti dengan jelas
|
· Guru dan peserta didik mengulang kembali bersama-sama tentang ramalan
pertapa kondanna dan pertapa lainnya.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan fefleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Apa
yang diramalkan oleh 8 pertapa tentang kelahiran Pangeran Siddharta?
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Audio Visual
B. Sumber :
- Buku PAB kelas II ehipassiko hal
1-3
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Sebutkan 2 nama brahmana yang meramal Pangeran kelak akan menjadi seorang Buddha
B. Teknik Penilian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
c. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan
pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
:………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
…………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1. Tuliskan
namamu dan artinya!
2. Tanyakan / diskusikan dengan temanmu arti nama
teman-temanmu!
II. Tugas
Tanyakan kepada orangtuamu apa arti
namamu!
PERTEMUAN KE 2
I.
Jawablah
Soal berikut dengan benar!
- Apa tujuan orang tua memberi
nama kepada anaknya?
- Berapa jumlah orang bijak yang datag
dalam upacara pemberian nama Pangeran Sidharta?
- Sebutkan nama orang-orang bijak yang
dating pada upacara pemberian nama!
- Tunjukkan apa yang diutarakan oleh
Kondana tentang bayi yang baru lahir!
- Apa Arti Sidharta?
PERTEMUAN KE 3
I.
Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
- Pertapa yang diundang oleh raja
Suddhodana pada saat upacara pemberian nama putraya sejumlah ….
- 8 c. 108
- 18
- Orang bijak yang mengatakan kelak pangera akan menjadi Buddha bernama
….
- Asitta c. Kondana
- Kaladevala
- Putra raja Suddhodana diberi nama ….
- Yassa c. Badhiya
- Sidharta
- Upacara pemberian nama pangeran
dilaksanakan di kerajaan ….
- Kapilavastu c. Kosala
- Kolia
- Nama Sidharta memiliki arti ….
- Menjadi kaya raya c. Laki-laki yang penuh
simpati
- Terpenuhi harapannya
- Nama keluarga dari pangeran
Sidharta adalah ….
- Yassa c. Gotama
- Badhiya
- Kelak pangera Sidharta akan pergi
bertapa apabila melihat ….
- Tiga peristiwa c. Lima
Peristiwa
- Empat peristiwa
- Setiap orang tua memberi nama kepada
anaknya dengan harapan menjadi orang yang ….
- Kaya c. Jahat
- Baik
- Anak raja Sudhodana kemudian
dikenal dengan nama ….
- Sidharta Gotama c. Supra Buddha
- Anattha pindika
- Apapu arti nama kita, kita harus menjadi
anak yang ... bagi orang tua
- Durhaka c. Berbhakti
- Jahat