🔽Memperhatikan
Guru berjasa membimbing dan mendidik anak didiknya dengan baik. Karena cinta kasih kepada peserta didiknya guru telah:
• melatihnya sedemikian rupa sehingga ia selalu baik,
• membuatnya menguasai apa yang telah diajarkan,
• mengajarnya secara menyeluruh dalam berbagai ilmu dan seni,
• berbicara baik tentang dirinya di antara sahabat-sahabatnya dan kawan-kawannya,
• menjaga keselamatannya di semua tempat.
Peserta didik adalah anak-anak di sekolah yang wajib diperhatikan dan kasihi agar mudah diberi pengertian hal-hal yang bermanfaat di masa depan. Seorang peserta didik wajib hormat, patuh, setia, welas asih kepada guru, karena gurulah yang membuat mereka pandai membaca, menulis, dan berhitung.
Guru melatih dan membimbing peserta didiknya untuk menjadi anak yang berbudi pekerti luhur. Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan kebajikan, mengembangkan ilmunya agar bermanfat dikehidupannya kelak. Melarang perbuatan yang tidak baik dan mengarahkan perbuatan yang baik demi kebahagiaan para peserta didik. Perhatikan cerita di bawah ini untuk mengetahui bagaimana jasa seorang guru dalam mendidik siswanya dalam sebuah cerita.
{disadur dengan perubahan “Tiga Guru, Satu Ajaran” oleh Sutradharma Tj. Sudarman, MBA sumansutra.wordpress.com/cerita-cerita-pencerahan/ senin, 4 agustus 2014:10.15)
Guru berjasa membimbing dan mendidik anak didiknya dengan baik. Karena cinta kasih kepada peserta didiknya guru telah:
• melatihnya sedemikian rupa sehingga ia selalu baik,
• membuatnya menguasai apa yang telah diajarkan,
• mengajarnya secara menyeluruh dalam berbagai ilmu dan seni,
• berbicara baik tentang dirinya di antara sahabat-sahabatnya dan kawan-kawannya,
• menjaga keselamatannya di semua tempat.
Peserta didik adalah anak-anak di sekolah yang wajib diperhatikan dan kasihi agar mudah diberi pengertian hal-hal yang bermanfaat di masa depan. Seorang peserta didik wajib hormat, patuh, setia, welas asih kepada guru, karena gurulah yang membuat mereka pandai membaca, menulis, dan berhitung.
Guru melatih dan membimbing peserta didiknya untuk menjadi anak yang berbudi pekerti luhur. Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan kebajikan, mengembangkan ilmunya agar bermanfat dikehidupannya kelak. Melarang perbuatan yang tidak baik dan mengarahkan perbuatan yang baik demi kebahagiaan para peserta didik. Perhatikan cerita di bawah ini untuk mengetahui bagaimana jasa seorang guru dalam mendidik siswanya dalam sebuah cerita.
Murid yang Menolong Semut
Guru Lukman yang memiliki kemampuan mata batin merasa sedih karena mengetahui kondisi muridnya bernama Ali. Ali berusia 19 tahun, akan meninggal dunia satu bulan lagi karena karma buruk masa lalu yang dibuatnya. Beliau tidak menceritakan hasil penglihatannya agar tidak membuat Ali bersedih. Ia menasehati muridnya untuk pulang ke rumahorang tuanya. Berkumpul selama 40 hari dengan alasan sudah lama sekali tidak menjenguk orang tuanya. Dengan demikian diharapkan, Ali dapat menghabiskan hari terakhirnya bersama orang tuanya. Ali mematuhi dan melakukan perjalanan menembus hutan yang memakan waktu cukup lama. Di tengah perjalanan, Ali menemukan satu koloni (berjumlah jutaan) semut. Terperangkap dalam genangan air dan berada di tengah bebatuan yang dikelilingi oleh air banjir. Ali dengan sigap dan spontan mencari dahan kayu yang banyak dan dibuatkan sebagai jembatan. Sehingga seluruh semut beserta telur-telur semut yang belum menetas dapat diseberangkan ke tempat yang kering oleh para semut pekerja. Sesudahnya, dia melanjutkan perjalanan lagi pulang ke rumah orang tuanya.
Setelah melewati masa 40 hari. Sebagaimana ijin yang diperolehnya dari gurunya. Ali kemudian muncul dihadapan gurunya. Gurunya terkejut melihat kedatangan Ali tanpa kekurangan apapun. Guru Lukman mencoba melihat kembali dengan mata batinnya. Mendapatkan bahwa muridnya akan hidup sampai umur 91 tahun. Guru Lukman menanyakan apa yang telah dilakukannya selama perjalanan. Juga menjelaskan hasil waskitanya. Ali hanya dapat menjawab bahwa dia tidak melakukan apa-apa. Guru Lukman mencoba melihat perjalananmuridnya ini. Kemudian menjadi maklum bahwa muridnya telah menolong jutaan makhluk hidup dengan tulus dan penuh kasih. Sehingga menggetarkan para Bodhisattva yang diliputi Kasih Sayang. Di mana secara tidak langsung telah memperpanjang usianya. Karena perbuatan yang baik dan tulus menolong koloni yang jumlahnya sangat banyak. Berarti ia telah menolong banyak makhluk. Akibatnya ia diberkahi karma baik diperpanjang usianya. Hal ini diketahui oleh guru Lukman dengan mata batinnya. Guru Lukman berucap terima kasih kepada Bodhisattva.
{disadur dengan perubahan “Tiga Guru, Satu Ajaran” oleh Sutradharma Tj. Sudarman, MBA sumansutra.wordpress.com/cerita-cerita-pencerahan/ senin, 4 agustus 2014:10.15)
🔽 Menanya
Ayo tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui tentang teks bacaan di atas. Kamu dapat menggunakan kata tanya ; Apa, Mengapa, Bagaimana, dan lain-lain!
Ayo tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang belum kamu ketahui tentang teks bacaan di atas. Kamu dapat menggunakan kata tanya ; Apa, Mengapa, Bagaimana, dan lain-lain!
Pendapatku:
1. ......................................................................................
2. ......................................................................................
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
Berdasarkan pertanyaan yang sudah kamu buat, ayo cari informasi
jawabannya kepada teman, buku, dan sumber lainnya. Catat jawabannya di
bawah ini(silahkan tambah pendapatmu)
Pertanyaanku:
1. ......................................................................................?
2. ......................................................................................?
3. ......................................................................................?
(silahkan tambah pertanyaanmu)
🔽 Ayo Diskusikan
🔽 Ayo Diskusikan
Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu untuk:
- Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
- Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
- Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
- Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
- Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.
🔽 Menalar
Ayo
kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati
apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu
atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.
🔽 Mengkomunikasikan
Pada
pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Senin pada pertemuan berikutnya
serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil
kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan
kreativitas.
Demikian
materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun,
jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari
kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan
dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari
virus corona atau covid19.
Selamat beristirahat, jangan lupa belajar
⏩⏩⏩⏩ TUGAS ⏪⏪⏪⏪
silahkan mengerjakan tugas
No comments:
Post a Comment