RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu :4 Pertemuan ( 12 JP)
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan kisah jataka dan kisah-kisah
yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang
II.
Kompetensi Dasar
2.1 Menceritakan Kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan Persahabatan.
III.
Tujuan Pembelajaran
2.1.1
Peserta
didik dapat menceritakan kisah tiga sahabat dalam cerita Jataka
2.1.2
Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah tiga sahabat
2.1.3
Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah tiga sahabat
2.1.4
Peserta
didik dapat menceritakan kisah persahabatan Si Buta dan Si Buntung
2.1.5
Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan Si Buta dan Si
Buntung
2.1.6
Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan Si
Buta dan Si Buntung
2.1.7
Peserta
didik dapat menceritakan kisah persahabatan raja Angsa Emas dan Panglima Sumoka
2.1.8
Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan raja Angsa Emas
dan Panglima Sumoka
2.1.9
Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan raja
Angsa Emas dan Panglima Sumoka.
2.1.10
Peserta
didik dapat menceritakan kisah persahabatan rusa Banyan
2.1.11
Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah rusa Banyan
2.1.12
Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah rusa Banyan
2.1.13 Peserta didik dapat menceritakan kisah
persahabatan Sariputra dan Moggalana
2.1.14
Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan Sariputra dan
Moggalana
2.1.15
Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan
Sariputra dan Moggalana
IV.
Materi Pembelajaran
1.
Sahabat
sejati
2.
Cerita tentang “Si Buta dan Si Buntung”
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Problem Solving
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab
tentang pengertian Sahabat Sejati.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi pembelajaran tentang pengertian sahabat
sejati
· Peserta didik menyiapkan peralatan
tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang sahabat
|
· Penjelasan tentang pengertian sahabat sejati
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang sahabat
|
·
Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
·
Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi
bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Apa artinya sahabat?
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab
tentang pelajara yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik
difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang certita
“Si Buta dan Si Buntung”
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang kerjasama
|
· Penjelasan tentang cerita “Si Buta dan Si Buntung”
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Apa yang dapat kamu contoh
dari kerjasama Si Buntung dan Si Buta?
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab
tentang cara berteman
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran
tentang cara berteman di lingkuangan
rumah dan di sekolah.
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang kerjasama
|
· Penjelasan tentang cara
berteman di lingkungan rumah dan di sekolah
·
Peserta didik bertanya
kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik.
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan refleksi bersama
|
B. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2
Refleksi
:
- Siapa saja nama temanmu di rumah
- Siapa saja nama temanmu di sekolah
3
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Membahas
pelajaran pertemuan yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik
difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang manfaat dari persahabatan dan sikap
terhadap sahabat.
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta
didik tentang kerjasama
|
· Penjelasan tentang manfaat dari
bersahabat.
·
Peserta didik bertanya
kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Sebutkan
3 manfaat dari berteman!
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
- Gambar 2 dimensi
B. Sumber:
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas II Hal 15-19
- Buku Riwayat Hidup Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Ceritakan
tetnatng sahabat baikmu!
- Bagaimana cara bersahabat yang baik ?
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non Tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :………………………………….
4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :………………………………….
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Sahabat
sejati selalu siap ….
a.
pergi
kemanapun c. meminta
b.
menolong
2.
Menolong
seorang sahabat harus ….
a.
tulus c. balas
budi
b.
pamrih
3.
Jika
sahabat sedang sedih, yang kita lakukan adalah ….
a.
meninggalkannya c. menghiburnya
b.
membiarkannya
4.
Jika
sahabat kita sedang membutuhkan pertolongan, kita harus segera ….
a.
menolongnya c. melerainya
b.
menjauhinya
5.
Ririn
kehiangan pensil. Linda mempunyai dua buah pensil,yang harus Linda lakukan
adalah ….
a.
Menyimpannya c. meminjaminya
b.
mendiamkannya
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- Carilah tokoh utama dalam cerita “Si
Buta dan Si Buntung”!
- Ceritakan kembali dengan bahasamu
cerita “Si Buta dan Si Buntung”
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1.
Sahabat
yang baik tidak pernah ….
2.
kita
harus … kepada teman yang bersalah.
3.
Dalam
berteman tidak boleh ….
4.
Apabila
bersalah kepada teman, sebaiknya segera ….
5.
Sahabat
yang baik tidak saling ....
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
1.
Buatlah
suatu cerita tentang persahabatanmu dengan temanmu !
2.
Salinlah
kalimat berikut dengan tulisan yang bagus!
”Aku akan memaafkan teman yang bersalah”
No comments:
Post a Comment