informasi cari disini

Thursday, 17 May 2012

SEMESTER 2 RPP SK 4 KD 4.2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 2
            Alokasi Waktu            : 6 jam pertemuan (2 pertemuan)


I.     Standar Kompetensi
4. Memahamai ketuhanan dalam Agama Buddha
II.     Kompetensi Dasar :
4.2 Mengenal sebutan Tuhan dalam Agama Buddha
III.     Tujuan Pembelajaran
4.2.1   Peserta didik dapat menyebutkan empat sifat ketuhanan dalam agama Buddha
4.2.2   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian cinta kasih dalam agama Buddha
4.2.3   Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan  cinta kasih
4.2.4   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian belas kasih dalam agama Buddha
4.2.5   Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan  belas kasih
4.2.6   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian simpati dalam agama Buddha
4.2.7   Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan  simpati
4.2.8   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian keseimbangan batin dalam agama Buddha
4.2.9   Peserta didik dapat menyebutkan contoh memiliki keseimbangan batin

IV.     Materi Pembelajaran
1.    Pengertian saddha. Saddha adalah keyakinan yang didasari dengan kebenaran.
2.    Cara mewujudkan keyakinan kita yaitu dengan melakukan puja bhakti, meditasi dan berptilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
V.     Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a. Ceramah bervariasi
b. Curah pendapat
c. Tugas
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.  Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang Pengertian Brahma vihara
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang pengertian Brahma vihara.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  pengertian Brhma Vihara.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      c.. Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian Brahma Vihara.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.  Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.  Refleksi :
     - Sebutkan 4 Sifat baik!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
      PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru dan peserta didik membahas tugas pekerjaan rumah.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang isi Brahma Vihara.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·      Penjelasan tentang  isi Brahma Vihara.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas dari guru
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang isi Brahma Vihara
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.  Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.  Refleksi : Sebutkan isi Brahma Vihara!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.     Alat/ Media/ Sumber
1Alat/Media
- pohon ayat Brahma Vihara    
2. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 Ehipassiko  hal59-64
- Buku kebahagiaan Dalam Dhamm


VII.     Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses Pengamatan
b. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
2. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tes lisan
3. Alat Penilaian
Soal terlampir


Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001




Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT