RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : I/ 2
Alokasi Waktu :
9 jam pelajaran ( 3 Pertemuan)
I. I Standar Kompetensi
4. Memahami ketuhanan
dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
4.3. Mengenali Sifat-sifat luhur Ketuhanan dalam diri
Buddha dan cara Buddha menyelamatkan manusia.
IIII. Tujuan Pembelajaran
4.2.1 Peserta didik dapat memberi contoh
pengamalan cinta kasih terhadap semua makhluk.
4.2.2 Peserta didik dapat memberi contoh
prngasmalan belas kasih
4.2.3 Peserta didik dapat membedakan antara cinta kasih dengan kasih sayang
IV.
Materi Pembelajaran
1. Sayang semuanya ( cinta kasih) adalah
mengasihi semua makhluk tanpa pilih-pilih.
2. Belas kasih adalah mengasihi makhluk
terutama kepada makhluk yang menderita.
V.
Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a. Ceramah bervariasi
b. Penugasan
c. Tanya jawab.
2. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru
Bertanya tentang pengertian
cinta kasih.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
cara mengamalkan cinta kasih.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cara mengamalkan cinta kasih.
· Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang cinta kasih
· Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
·
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang cara
mengamalkan cinta kasih.
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Tuliskan doa cinta kasih!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru
dan peserta didik membahas tugas peserta
didik yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian belas kasih
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian belas kasih.
·
Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang tentang pengertian belas kasih.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik
yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Siapa yang perlu kita beri belas kasih?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan guru pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
perbedaan antara cinta kasih dengan belas kasih
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang perbedaan
antara cinta kasih dengan belas kasih.
· Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
· Peserta didik memaparkan hasil kerjanya
di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang perbedaan antara
cinta kasih dengan belas kasih.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Tuliskan daftar pengamalan belas kasih yang sudah kamu
lakukan!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- VCD
Titi-Tata ( berbuat baik jangan ditunda)
- Gambar
anak yang sedang menolong seekor kucing.
B. Sumber
- Buku PAB
kelas I Ehipasiko hal. 65-69.
-
Buku cerita Jataka
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses
- Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
a. Tes Kognitif
b. Tes psikomotorik
c. tes Kognitif
B. Teknik Penilaian
1. Tes
tertulis
C. Alat Penilaian
Soal
terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada :
………………………………...
- PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
- PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………….
Soal
Soal PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian cinta kasih!
2. Siapa saja yang kita beri cinta
kasih?
3. Beri contoh cara mengamalkan
cinta kasih!
4. Siapa yang kita doakan agar hidup
bahagia?
5. Dimana saja kita harus
mengamalkan cinta kasih?
Soal PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Apa yang dimaksud dengan belas kasih?
- Kepada siapa saja kita memancarkan
belas kasih?
- Berilah contoh pengamalan belas kasih
dalam kehidupan sehari-hari!
- Jika melihat teman yang jatuh, apa
yang harus kita lakukan?
- Jika teman kita sedang sedih apa yang
harus kita lakukan ?
Soal PERTEMUAN KE 3
I.
Kerjakan
soal berikut dengan benar!
- Jelaskan perbedaan antara cinta kasih
dengan belas kasih!
- Kapan saat yang tepat untuk memancarkan belas kasih?
- Meditasi dengan obyek apa yang paling
tepat untuk memancarkan cinta kasih?
- Tuliskan salah satu judul cerita
jataka dengan tema ”Cinta Kasih” atau ” Belas Kasih ”
- Siapa nama Bodhisatva yang selalu
memancarkan cinta kasih yang tanpa batas?
No comments:
Post a Comment