RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : I/ 2
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran
( 3 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
4. Memahami ketuhanan dalam agama Buddha
II. Kompetensi Dasar
4.4.
Mengenali
Sifat-sifat Ketuhanan dalam diri Buddha dan Cara Buddha menyelamatkan manusia.
III. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian mudita ( simpati)
2. Peserta didik dapat memberi contoh simpati dalam kehidupan
sehati-hari
3. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian upekkha
4. Peserta didik dapat memberi
contoh cara mengamalkan uphekkha.
5. Peserta didik dapat membuat
cerita yang bertemakan Simpati.
IV. Materi Pembelajaran
1. Simpati
2. Ketenangan
Batin
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. tanya jawab
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan.
2. Guru bertanya
tentang pengertian mudita dan menyanyikan githa catur paramita.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
Pengertian mudita dan cara pengamalannya.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian mudita.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian mudiata
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Buatlah kartu ucapan ulang
tahun untuk temanmua!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang pengertian upekkha.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan
materi tentang pengertian upekkha
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang
pengertian upekkha
· Peserta didik mengerjakan tugas dari guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian
upekkha.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Tuliskan perbuatan yang sudah
kamu lakukan yang mencerminkan upekkha!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Guru mengulas
kembali tentang pelajaran yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan
materi tentang bertemakan Mudita.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cerita
tetang teman yang pandai melukis.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang dibrikan guru.
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang cerita teman
yang pandai melukis.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Buatlah cerita tentang
temanmu yang sedang ulang tahun!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Gambar anak yang memperoleh hadiah karena
prestasinya.
- VCD vihara githa.
B. Sumber
- Buku PAB
kelas I Ehipasikko hal 72-83.
- Buku PAB
Kelas 1 Departemen Agama RI hal 23-25
VII.Penilaian
A.
Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses
- Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
a.
Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes
Kognitif
B. Teknik Penilaian
1. Tes
tertulis
C. Alat Penilaian
Soal
terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada :
………………………………...
- PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
- PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Jelaskan pengertian mudita!
2.
Berilah contoh pengamalan mudita!
3.
Apa yang kamu lakukan jika temanmu meraih juara kelas?
4.
Buatlah ucapan kepada temanmu yang sedang ulang tahun!
5.
Kepada siapa mudita kita pancarkan ?
PERTEMUAN KE 2
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Jelaskan pengertian upekkha!
2.
Jika kamu diejek teman, apa yang kamu lakukan ?
3.
Apa akibatnya jika kita suka mengejek teman ?
4.
Apa pahalanya jika kita tidak pernah marah atau membenci teman?
5.
Kapan kita harus melaksanakan upekkha?
PERTEMUAN KE 3
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan
jawaban yang benar !
1.
Mengasihi sesama makhluk tanpa pilih-pilih merupakan pengamalan dari
....
2.
Kita menyayangi semua dengan ...
3.
Belas kasih kepada makhluk yang menderita disebut ....
4.
Menolong teman adalah perbuatan yang ....
5.
Teman yang sedih harus kita ....
6.
Ikut bahagia jika orang lain bahagia disebut ....
7.
Jika teman menjadi juara, yang kita lakukan adalah ...
8.
Tidak suka jika teman meraih juara dinamakan ....
9.
Jika ada taman yang bahagia kita sebaiknya mengucapkan ....
10. lawan dari cinta kasih adalah ....
No comments:
Post a Comment