RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 21 Jam Pelajaran (7 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan kisah-kisah jataka dan lain-lain yang bertemakan
persahabatan dan kasih sayang.
II.
Kompetensi Dasar
2.2 Menceritakan kiasah
jataka dan lain-lain yang bertemakan kasih saying.
III.
Tujuan Pembelajaran
2.2.1 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Buddha dengan Sunita
2.2.2 Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang Buddha kepada Sunita
2.2.3 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih
sayang seperti Buddha kepada Sunita.
2.2.4 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah keluarga burung pipit yang berbahagia yang berbahagia
2.2.5 Peserta didik dapat menjelaskan sifat kasih sayang keluarga burung pipit
2.2.6 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih
sayang keluarga burung pipit.
2.2.7 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Tzu Chan yang sangat pandai dan suka membantu orang miskin
2.2.8 Peserta didik dapat menjelaskan bentuk kasih sayang Tzu Chan
2.2.9 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih
sayang seperti tokoh Tzu Chan
2.2.10 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah burung nuri
2.2.11 Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang burung nuri kepada orang tuanya
2.2.12 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih
sayang seperti dalam kisah burung nuri
2.2.13 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Buddha menolong anak domba
2.2.14 Peserta didik dapat mendeskripsikan bentuk kasih sayang Buddha terhadap anak domba
2.2.15 Peserta didik dapat meneladani kasih
sayang Buddha terhadap makluk hidup
2.2.16 Peserta didik dapat menjelaskan manfaat memiliki kasih sayang
2.2.17 Peserta didik dapat menyebutkan cara mengembangkan sifat kasih sayang
2.2.18 Peserta didik dapat mempraktekkan sifat kasih sayang
IV.
Materi Pembelajaran
1. Keluarga pipit yang bahagia
2. Keluarga Cullatundila dan Mahatundila.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Diskusi
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya
jawab tentang keluarga.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi
pembelajaran tentang pengertian
keluarga.
· Peserta didik menyiapkan peralatan
tulis untk berbagai
catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang keluarga
|
· Penjelasan tentang keluarga.
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang keluarga
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta
didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi : Tuliskan daftar keluargamu sesuai dengan kartu keluarga !
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik
untuk pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab
tentang pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran
tentang cerita keluarga burung pipit.
· Peserta didik menyiapkan peralatan
tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang kasih sayang
|
· Penjelasan tentang cerita keluarga burung pipit.
· Peserta didik bertanya kepada guru
tentang materi.
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta
didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama .ri pembelajaran
yang belum dimengerti dengan jelas
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Sebutkan siapa saja tokoh dalam cerita Keluarga
Burung Pipit!
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang
cinta kasih dan kasih sayang.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran
tentang Certia Dua Ekor Babi dan Nenek
Tua.
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai
catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang cinta kasih
|
· Penjelasan tentang cerita Dua Ekor Babi dan Nenek Tua.
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti dengan jelas
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Sebutkan 3 tokoh dala cerita Dua Ekor Babi dan
Nenek Tua!
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 4
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya
jawab tentang keluarga.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik
dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang silsilah keluarga .
· Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang nama nenek dan kakek peserta didik
|
· Penjelasan tentang silsilah keluarga
·
Peserta didik bertanya
tentang kakek nenek buyut
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Tuliskan
silsilah keluarga dari buyutmu!
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan dating
4. Guru dan
peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 5
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawah
cara menyayangi semua orang
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang
cerita kisan pemulung bernama Sunita .
· Peserta didik Menyiapkan peralatan
tulis untuk segala catatan
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang cara menyayangi orang lain
|
· Penjelasan tentang silsilah
keluarga
·
Peserta didik bertanya tentang masalah silsilah keluarga
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta
didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Bagaimana
cara menyayangi teman ?
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang
4. Guru dan
peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
Pertemuan 6
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab
pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang kasih sayang sesama .
· Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang cara menyayangi makhluk lain
|
· Penjelasan tentang kasih sayang kepada sesame dalam bentuk cerita
Kisah Tzu Chan.
·
Peserta didik bertanya tentang cara menyayangi semua
makhluk
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Sebutkan
siapa saja tokoh yang ada dalam certia sunita?
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang
4. Guru dan
peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
Pertemuan 7
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Mengulas
pelajara yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik dibantu guru
menemukan materi pembelajaran tentang kasih sayang sesama .
· Peserta didik Menyiapkan peralatan
tulis untuk segala catatan
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang cara menyayangi makhluk lain
|
· Penjelasan tentang kasih sayang
kepada sesame dalam bentuk cerita Kisah Tzu Chan.
· Peserta didik bertanya tentang
cara menyayangi semua makhluk
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta
didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
· Guru dan peserta didik melakukan
refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi: Siapa saja
tokoh daslam cerita Tzu Chan?
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan dating
4. Guru dan
peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- gambar dua dimensi (gambar keluarga burung
Pipit)
B. Sumber:
- Buku PAB kelas II Ehipasiko halaman ........
- Buku cerita Jataka halaman ............
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan
pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :…………………………………..
5. PERTEMUAN KE 5 dilaksanakan pada : ………………………………...
6. Pertemuan 6 dilaksanakan pada :………………………………….
7. Pertemuan 7 dilaksanakan pada : …………………………………
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Suatu keluarga terdiri dari
....
2.
Ayah bekerja keras mencari ....
3.
Ibu dirumah bekerja keras
mengurus ....
4.
Anak yang baik harus berbhakti
kepada ....
5.
Kita harus rukun dan ....
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Keluarga burung Pipit terdiri dari ....
- Ayah Pipit bekerja untuk menghidupi ....
- Ibu Pipit setiap hari menjaga anak-anaknya dari ...
- Ibu Pipit melindungi anak-anaknya dengan ....
- Ibu Pipit melakukan karena Ia sangat ... anak-anaknya.
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Tokoh dalam cerita dua ekor babi dan nenek Tua?
- Mengapa kita harus menghirmati orang tua?
- Kata-kata yang penuh cinta kasih membuat orang lain merasa ....
- Apa yang dimaksud dengan kolam ....
- Kebencian akan berakhir bila dibalas dengan ....
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Mengapa orang tua wajib kita hormati?
- Sebutkan siapa saja yang termasuk anggota keluarga!
- Siapa yang menjadi kepala keluarga di rumahmu?
- mengapa kita harus saling menghrmati antara anggota keluarga yang satu
dengan yang lainnya?
- Apa saja yang harus kita lakukan untuk menunjukkan bhakti kita pada
orang tua?
PERTEMUAN KE 5
Kerjakan soal berikut dengan benar !
- Buddha menyayangi orang yang ....
- Kita harus menyayangi ... orang.
- Kita tidak boleh ... dalam menyayangi teman.
- Saling menyayangi dapat membuat orang....
- Menyayangi semua orang adalah perbuatan yang ....
Pertemuan 6
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- kita harus mencontoh Buddha, dengan memperlakukan semua makhluk dengan
....
- Apa yang kamu lakukan apabila meluhan kucing kelaparan ....
- Jika kita memelihara hewan harus dirawat dengan ....
- Kita harus memperlakukan manusia dan hewan dengan ....
- Semua makhluk ingin hidup ....
Pertemuan 7
Kerjakan Soal berikut dengan benar!
- Sunita adalah seorang pemulung yang sangat ....
- Sunita sangat senang karena Budha tidak ....
- Saling menyayangi membuat semua ....
- orang yang penuh kasih sayang akan sisayangi oleh sesama manusia dan
para ...
- Tzu Chan sangat pandai, juga suka ... orang miskin.
- Buddha tidak pernah menyakiti ....
- Hewan piaraan harus kita rawat dengan penuh ....
- Semua hewan adalah ... Budha.
- Contoh menyayangi semua makhluk adalah ....
- Apabila melihat ayam yang terjerat, apa yang akan kalian lakukan?
No comments:
Post a Comment