RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu :
3 pertemuan ( 9 JP)
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan peristiwa upacara pemberian
nama dan asal usul Pangeran Siddharta
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan peristiwa upacara pemberian
nama Pangeran Sidharta.
III.
Tujuan Pembelajaran
1.1.1
Peserta didik dapat menjelaskan alasan Raja Suddhodana mengundang para
brahmana
1.1.2
Peserta didik dapat menyebutkan jumlah brahmana yang hadir dalam upacara
pemberian nama putra raja Suddhodana.
1.1.3
Peserta didik dapat menyebutkan jumlah brahmana yang pandai meramal
1.1.4
Peserta didik dapat menjelaskan isi ramalan brahmana Kondañña
1.1.5
Peserta didik dapat menjelaskan arti nama “Sidharta”
1.1.6
Peserta didik dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi setelah tujuh hari
kelahiran Pangeran Sidharta
1.1.7
Peserta didik dapat menyebutkan nama ibu asuh pangeran Sidharta
1.1.8
Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang ibu asuh pangeran
Sidharta
1.1.9
Peserta didik dapat mendeskripsikan sikap pangeran Sidharta terhadap ibu
asuhnya
1.1.10
Peserta didik dapat meneladani sikap pangeran Sidharta terhadap orang tua
dalam kehidupan sehari-hari
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pemberian nama pangeran Sidharta
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Penugasan
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
1.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang tujuan pemberian nama kepada anak.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta
didik difasilitasi oleh guru menemukanmateri
tentang arti dari nama seseorang, tujuan orang tua memberi nama kepada
anaknya.
· Peserta
didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan
tentang arti dari nama dan tujuan
orangtua member nama kepada anaknya.
· Peserta
didik berdiskusi dengan temannya tentang arti dari namanya dan arti dari nama
teman-temannya.
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
|
· Guru
dan peserta didik bersama-sama mengulang arti nama seseorang.
· Guru
meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Buatlah 5
daftar nama temanmu dan arti dari namanya.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Membahas tugas pertemuan lalu.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru menemukan
materi pembelajaran tentang upacara
pemberian nama putra raja Suddhodana.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
·
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang arti nama dari Sidharta
|
· Penjelasan tentang upacara pemberian nama
putra raja Suddhodana.
· Peserta didik dapat menyebutkan nama 8 orang
bijak yang datang pada upacara pemberian nama
·
Peserta
didik bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dimengerti dengan
jelas
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
·
Peserta
didik dan guru melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Sebutkan
8 pertapa yang meramal kelahiran putra raja Suddhodana.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Membahas
tugas pertemuan yang lalu
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta
didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang ramalan pertapa
Kondanna.
· Peserta
didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang
bagaimana ramalan pertapa kondanna tentang pangeran Siddharta?
|
· Penjelasan
tentng ramalan pertapa Konddan tentang
masa depan Pangeran Siddharta.
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang
pelajaran yang belum dimengerti dengan jelas
|
· Guru
dan peserta didik mengulang kembali bersama-sama tentang ramalan pertapa
kondanna dan pertapa lainnya.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan fefleksi
bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Apa
yang diramalkan oleh 8 pertapa tentang kelahiran Pangeran Siddharta?
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Audio Visual
B. Sumber :
- Buku PAB kelas II ehipassiko hal 1-3
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Sebutkan 2 nama brahmana yang meramal Pangeran kelak akan menjadi seorang Buddha
B. Teknik Penilian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
c. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
:………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
…………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1.
Tuliskan namamu dan artinya!
2. Tanyakan / diskusikan dengan temanmu
arti nama teman-temanmu!
II. Tugas
Tanyakan kepada orangtuamu apa arti
namamu!
PERTEMUAN KE 2
I.
Jawablah
Soal berikut dengan benar!
- Apa tujuan orang tua memberi nama kepada anaknya?
- Berapa jumlah orang bijak yang datag dalam upacara pemberian nama Pangeran Sidharta?
- Sebutkan nama orang-orang bijak yang dating pada upacara pemberian nama!
- Tunjukkan apa yang diutarakan oleh Kondana tentang bayi yang baru lahir!
- Apa Arti Sidharta?
PERTEMUAN KE 3
I.
Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
- Pertapa yang diundang oleh raja Suddhodana pada saat upacara pemberian nama putraya sejumlah ….
- 8 c. 108
- 18
- Orang bijak yang mengatakan kelak pangera akan menjadi Buddha bernama ….
- Asitta c. Kondana
- Kaladevala
- Putra raja Suddhodana diberi nama ….
- Yassa c. Badhiya
- Sidharta
- Upacara pemberian nama pangeran dilaksanakan di kerajaan ….
- Kapilavastu c. Kosala
- Kolia
- Nama Sidharta memiliki arti ….
- Menjadi kaya raya c. Laki-laki yang penuh simpati
- Terpenuhi harapannya
- Nama keluarga dari pangeran Sidharta adalah ….
- Yassa c. Gotama
- Badhiya
- Kelak pangera Sidharta akan pergi bertapa apabila melihat ….
- Tiga peristiwa c. Lima Peristiwa
- Empat peristiwa
- Setiap orang tua memberi nama kepada anaknya dengan harapan menjadi orang yang ….
- Kaya c. Jahat
- Baik
- Anak raja Sudhodana kemudian dikenal dengan nama ….
- Sidharta Gotama c. Supra Buddha
- Anattha pindika
- Apapu arti nama kita, kita harus menjadi anak yang ... bagi orang tua
- Durhaka c. Berbhakti
- Jahat
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II/ 1
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9 JP )
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan
peristiwa upacara pemberian nama dan
asal usul Pangeran Siddharta.
II.
Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi asal usul pangeran Sidharta
III.
Tujuan Pembelajaran
1.2.1 Peserta didik dapat menceritakan sejarah kerajaan
Kapilawastu
1.2.2 Peserta didik dapat menyebutkan nama suku pangeran
Sidharta
1.2.3 Peserta didik dapat menjelaskan silsilah keluarga
pangeran Sidharta
1.2.4 Peserta didik dapat menyebutkan nama orangtua pangeran
Sidharta
1.2.5 Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama saudara
pangeran Sidharta
IV.
Materi Pembelajaran
1. Silsilah Kerajaan Kapilavastu.
2. Raja Suddhodana
Mengharapkan Pangeran menjadi Raja Dunia
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceranah
bervariasi
2. Curah
pendapat
3. Pemberian
tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru memotivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Tanya jawab tentang asal-usul pangera Sidharta.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta
didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang asal usul
pangeran Siddharta.
· Peserta
didik menyiapkan alat tulis untuk berbagi catatan.
·
Guru menyiapkan untuk pemutaran VCD Riwayat
hidup Buddha Gotama
|
· Penjelasan tentang asal usul Pangeran Siddharta.
·
Peserta didik mampu membuat bagan sederhana
silsilah keluarga Pangeran Siddharta
|
· Guru
dan peserta didik bersama-sama membetulkan bagan yang dibuat peserta didik
yang masih belum sesuai.
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi
bersama
|
C. Kegiatan (Akhir
25 Menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan materi
pembelajaran
2. Refleksi : Buatlah bagan asal usul Pangeran Siddharta .
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik
untuk pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Apersepsi
(pre tes)
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4. Penguatan
Materi Pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi pembelajaran tentang
kelahiran Pangeran Siddharta hingga usia tujuh hari.
· Peserta didik menyiapkan pelatan tulis untuk
berbagai catatan.
·
Guru bertanya
kepada peserta didik kapan Ratu maya meninggal dunia
|
· Penjelasan tentang cerita kelahiran Pangeran Siddharta
·
Peserta
didik bertanya kepada guru tentang pelajaran yang belum dimengerti dengan
jelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
kembali cerita kelahiran Pangeran Siddharta.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
·
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (25
Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
3.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Apersepsi (pre tes)
3. Penguatan materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu.
4. Motivasi dan penyampaian tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi
oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang keadaan pangeran Siddharta setelah ibunya
wafat.
· Peserta
didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang
pengasuh Pangeran Siddharta setelah
ibunya wafat.
|
· Penjelasan
tentang keadaan Pangeran Siddharta
seletah ibunya wafat.
· Peserta
didik bertanya kepada guru tentang Dewi Prajapati Gotami
|
· Guru
menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi
bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
3.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
- Audio
Visual
B. Sumber:
- Buku PAB kelas II hal.3
- VCD riwayat hidup Buddha Gotama.
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
- Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Siapa
Dewi Prajapati Gotami?
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Buatlah bagan silsilah keluarga
Pangeran Sidharta!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan bear!
3. Siapa nama ayah pangeran Sidharta?
4. Di mana pangeran Sidharta dilahirkan?
5. Nama ibu pangeran sidharta yaitu ….
6. Pada usia berapa Pangeran Sidharta Di
tinggal Ibunya?
7. Setelah meninggal, Dewi Maya terlahir
kembali di Surga ….
PERTEMUAN KE 3
Ulangan Akhir KD (1.2)
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Pangeran Sidharta tinggal di kerajaan ….
2. Nama keluarga pangeran Sidharta adalah ….
3. Setelah Ratu Mahamaya wafat, pangeran
Sidharta diasuh oleh ….
4. Sidharta mengandung arti ….
5. Apapun arti nama kita, kita harus menjadi
anak yang ….
6. Orang tua kita memberi nama kepada kita
dengan maksud ….
7. Pangeran Sidharta kelak akan menjadi Buddha
apabila melihat … peristiwa.
8. Putra Raja Suddhodana diberi nama ….
9. Empat peristiwa yang tidak boleh dolihat
pangeran Sidharta antara lain ….
10. Raja Sudhodana menghendaki putranya menjadi ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu :4 Pertemuan ( 12 JP)
I.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan kisah jataka dan kisah-kisah
yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang
II.
Kompetensi Dasar
2.1 Menceritakan Kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan Persahabatan.
III.
Tujuan Pembelajaran
2.1.1 Peserta
didik dapat menceritakan kisah tiga sahabat dalam cerita Jataka
2.1.2 Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah tiga sahabat
2.1.3 Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah tiga sahabat
2.1.4 Peserta
didik dapat menceritakan kisah persahabatan Si Buta dan Si Buntung
2.1.5 Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan Si Buta dan Si
Buntung
2.1.6 Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan Si
Buta dan Si Buntung
2.1.7 Peserta
didik dapat menceritakan kisah persahabatan raja Angsa Emas dan Panglima Sumoka
2.1.8 Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan raja Angsa Emas
dan Panglima Sumoka
2.1.9 Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan raja
Angsa Emas dan Panglima Sumoka.
2.1.10
Peserta
didik dapat menceritakan kisah persahabatan rusa Banyan
2.1.11
Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah rusa Banyan
2.1.12
Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah rusa Banyan
2.1.13 Peserta didik dapat menceritakan
kisah persahabatan Sariputra dan Moggalana
2.1.14 Peserta
didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam kisah persahabatan Sariputra dan
Moggalana
2.1.15 Peserta
didik dapat meneladani sifat persahabatan seperti dalam kisah persahabatan
Sariputra dan Moggalana
IV.
Materi Pembelajaran
1.
Sahabat
sejati
2.
Cerita tentang “Si Buta dan Si Buntung”
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Problem Solving
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang pengertian Sahabat Sejati.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru
menemukan materi pembelajaran tentang
pengertian sahabat sejati
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk
berbagai catatan.
·
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang
sahabat
|
· Penjelasan tentang pengertian sahabat sejati
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang sahabat
|
·
Guru menjawab pertanyaan peserta
didik.
·
Guru meluruskan jawaban peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Apa artinya sahabat?
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang pelajara yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi
oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang certita
“Si Buta dan Si Buntung”
· Peserta
didik menyiapkan
peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik
tentang kerjasama
|
· Penjelasan
tentang cerita “Si Buta dan Si Buntung”
·
Peserta didik bertanya
kepada guru tentang cara bekerjasama yang baik
|
· Guru
menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Apa yang dapat kamu contoh
dari kerjasama Si Buntung dan Si Buta?
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang cara berteman
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta
didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang cara berteman di lingkuangan rumah dan di
sekolah.
· Peserta
didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik
tentang kerjasama
|
· Penjelasan
tentang cara berteman di lingkungan
rumah dan di sekolah
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang
cara bekerjasama yang baik.
|
· Guru
menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi
bersama
|
B.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2
Refleksi
:
- Siapa saja nama temanmu di rumah
- Siapa saja nama temanmu di
sekolah
3
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Membahas pelajaran pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi
oleh guru menemukan materi pembelajaran tentang manfaat dari persahabatan dan sikap
terhadap sahabat.
· Peserta
didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik
tentang kerjasama
|
· Penjelasan
tentang manfaat dari bersahabat.
·
Peserta didik bertanya kepada guru tentang
cara bekerjasama yang baik
|
· Guru
menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
· Guru
dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Sebutkan
3 manfaat dari berteman!
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
- Gambar 2 dimensi
B. Sumber:
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas II Hal 15-19
- Buku Riwayat Hidup Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Ceritakan
tetnatng sahabat baikmu!
- Bagaimana cara bersahabat yang baik ?
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non Tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :………………………………….
4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :………………………………….
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Sahabat
sejati selalu siap ….
a.
pergi
kemanapun c. meminta
b.
menolong
2.
Menolong
seorang sahabat harus ….
a.
tulus c. balas
budi
b.
pamrih
3.
Jika
sahabat sedang sedih, yang kita lakukan adalah ….
a.
meninggalkannya c. menghiburnya
b.
membiarkannya
4.
Jika
sahabat kita sedang membutuhkan pertolongan, kita harus segera ….
a.
menolongnya c. melerainya
b.
menjauhinya
5.
Ririn
kehiangan pensil. Linda mempunyai dua buah pensil,yang harus Linda lakukan
adalah ….
a.
Menyimpannya c. meminjaminya
b.
mendiamkannya
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- Carilah tokoh utama dalam cerita “Si Buta dan Si Buntung”!
- Ceritakan kembali dengan bahasamu cerita “Si Buta dan Si Buntung”
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1.
Sahabat
yang baik tidak pernah ….
2.
kita harus
… kepada teman yang bersalah.
3.
Dalam
berteman tidak boleh ….
4.
Apabila
bersalah kepada teman, sebaiknya segera ….
5.
Sahabat
yang baik tidak saling ....
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
1.
Buatlah
suatu cerita tentang persahabatanmu dengan temanmu !
2.
Salinlah
kalimat berikut dengan tulisan yang bagus!
”Aku akan memaafkan teman yang bersalah”
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 21 Jam Pelajaran (7 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan kisah-kisah jataka dan lain-lain yang bertemakan
persahabatan dan kasih sayang.
II.
Kompetensi Dasar
2.2 Menceritakan kiasah
jataka dan lain-lain yang bertemakan kasih saying.
III.
Tujuan Pembelajaran
2.2.1 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Buddha dengan Sunita
2.2.2 Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang Buddha kepada Sunita
2.2.3 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang seperti Buddha kepada Sunita.
2.2.4 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah keluarga burung pipit yang berbahagia yang berbahagia
2.2.5 Peserta didik dapat menjelaskan sifat kasih sayang keluarga burung pipit
2.2.6 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang keluarga burung pipit.
2.2.7 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Tzu Chan yang sangat pandai dan suka membantu orang miskin
2.2.8 Peserta didik dapat menjelaskan bentuk kasih sayang Tzu Chan
2.2.9 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang seperti tokoh Tzu Chan
2.2.10 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah burung nuri
2.2.11 Peserta didik dapat menjelaskan kasih sayang burung nuri kepada orang tuanya
2.2.12 Peserta didik dapat meneladani sifat kasih sayang seperti dalam kisah burung nuri
2.2.13 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah Buddha menolong anak domba
2.2.14 Peserta didik dapat mendeskripsikan bentuk kasih sayang Buddha terhadap anak domba
2.2.15 Peserta didik dapat meneladani kasih sayang Buddha terhadap makluk
hidup
2.2.16 Peserta didik dapat menjelaskan manfaat memiliki kasih sayang
2.2.17 Peserta didik dapat menyebutkan cara mengembangkan sifat kasih sayang
2.2.18 Peserta didik dapat mempraktekkan sifat kasih sayang
IV.
Materi Pembelajaran
1. Keluarga pipit yang bahagia
2. Keluarga Cullatundila dan Mahatundila.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Diskusi
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang keluarga.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi
pembelajaran tentang pengertian
keluarga.
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk
berbagai
catatan.
·
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang
keluarga
|
· Penjelasan tentang keluarga.
·
Peserta
didik bertanya kepada guru tentang keluarga
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
·
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan
Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi : Tuliskan daftar keluargamu sesuai dengan
kartu keluarga !
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik
untuk pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang pelajaran pertemuan yang lalu.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran
tentang cerita keluarga burung pipit.
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk
berbagai catatan.
·
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang
kasih sayang
|
· Penjelasan tentang cerita keluarga burung pipit.
· Peserta didik bertanya kepada guru tentang
materi.
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
·
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi bersama .ri pembelajaran yang belum
dimengerti dengan jelas
|
C. Kegiatan
Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Sebutkan siapa saja tokoh dalam cerita Keluarga
Burung Pipit!
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang cinta kasih dan kasih sayang.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan
Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi pembelajaran
tentang Certia Dua Ekor Babi dan Nenek
Tua.
· Peserta didik menyiapkan peralatan tulis untk berbagai catatan.
·
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang
cinta kasih
|
· Penjelasan tentang cerita Dua Ekor Babi dan Nenek Tua.
·
Peserta
didik bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti dengan jelas
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan
Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.
Refleksi
: Sebutkan 3 tokoh dala cerita Dua Ekor Babi dan
Nenek Tua!
3.
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab tentang keluarga.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik dibantu guru
menemukan materi pembelajaran tentang silsilah keluarga .
· Peserta
didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang
nama nenek dan kakek peserta didik
|
· Penjelasan
tentang silsilah keluarga
·
Peserta didik bertanya tentang kakek nenek
buyut
|
· Guru
menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi
bersama
|
C. Kegiatan
Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi:
Tuliskan silsilah keluarga dari buyutmu!
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan dating
4. Guru
dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 5
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawah cara menyayangi semua orang
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang
cerita kisan pemulung bernama Sunita .
· Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis
untuk segala catatan
·
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang cara menyayangi orang lain
|
· Penjelasan tentang silsilah keluarga
·
Peserta
didik bertanya tentang masalah silsilah keluarga
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum
benar
·
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan
Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
materi pembelajaran
2.
Refleksi: Bagaimana cara menyayangi teman ?
3.
Guru memberikan tugas kepada peserta
didik untuk pertemuan yang akan datang
4.
Guru dan peserta didik melakukan do’a
penutup dengan penuh religius.
Pertemuan 6
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Tanya jawab pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta
didik dibantu guru menemukan materi pembelajaran tentang kasih
sayang sesama .
· Peserta
didik Menyiapkan peralatan tulis untuk segala catatan
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang
cara menyayangi makhluk lain
|
· Penjelasan
tentang kasih sayang kepada sesame dalam bentuk cerita Kisah Tzu Chan.
·
Peserta didik bertanya
tentang cara menyayangi semua makhluk
|
· Guru
menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru
meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
· Guru
dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi:
Sebutkan siapa saja tokoh yang ada dalam
certia sunita?
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang
4. Guru
dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
Pertemuan 7
A. Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Mengulas
pelajara yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik dibantu guru menemukan materi
pembelajaran tentang kasih sayang sesama .
· Peserta didik Menyiapkan peralatan tulis
untuk segala catatan
· Guru bertanya kepada peserta didik tentang
cara menyayangi makhluk lain
|
· Penjelasan tentang kasih sayang kepada sesame
dalam bentuk cerita Kisah Tzu Chan.
· Peserta didik bertanya tentang cara
menyayangi semua makhluk
|
· Guru menjawab pertanyaan peserta didik.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang
belum benar
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi
bersama
|
C. Kegiatan
Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi:
Siapa saja tokoh daslam cerita Tzu Chan?
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan dating
4. Guru
dan peserta didik melakukan do’a penutup dengan penuh religius.
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- gambar dua dimensi (gambar keluarga burung
Pipit)
B. Sumber:
- Buku PAB kelas II Ehipasiko halaman ........
- Buku cerita Jataka halaman ............
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP. 19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :…………………………………..
5. PERTEMUAN KE 5 dilaksanakan pada : ………………………………...
6. Pertemuan 6 dilaksanakan pada :………………………………….
7. Pertemuan 7 dilaksanakan pada : …………………………………
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Suatu keluarga terdiri dari
....
2.
Ayah bekerja keras mencari ....
3.
Ibu dirumah bekerja keras
mengurus ....
4.
Anak yang baik harus berbhakti
kepada ....
5.
Kita harus rukun dan ....
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Keluarga burung Pipit terdiri dari ....
- Ayah Pipit bekerja untuk menghidupi ....
- Ibu Pipit setiap hari menjaga anak-anaknya dari ...
- Ibu Pipit melindungi anak-anaknya dengan ....
- Ibu Pipit melakukan karena Ia sangat ... anak-anaknya.
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Tokoh dalam cerita dua ekor babi dan nenek Tua?
- Mengapa kita harus menghirmati orang tua?
- Kata-kata yang penuh cinta kasih membuat orang lain merasa ....
- Apa yang dimaksud dengan kolam ....
- Kebencian akan berakhir bila dibalas dengan ....
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Mengapa orang tua wajib kita hormati?
- Sebutkan siapa saja yang termasuk anggota keluarga!
- Siapa yang menjadi kepala keluarga di rumahmu?
- mengapa kita harus saling menghrmati antara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya?
- Apa saja yang harus kita lakukan untuk menunjukkan bhakti kita pada orang tua?
PERTEMUAN KE 5
Kerjakan soal berikut dengan benar !
- Buddha menyayangi orang yang ....
- Kita harus menyayangi ... orang.
- Kita tidak boleh ... dalam menyayangi teman.
- Saling menyayangi dapat membuat orang....
- Menyayangi semua orang adalah perbuatan yang ....
Pertemuan 6
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- kita harus mencontoh Buddha, dengan memperlakukan semua makhluk dengan ....
- Apa yang kamu lakukan apabila meluhan kucing kelaparan ....
- Jika kita memelihara hewan harus dirawat dengan ....
- Kita harus memperlakukan manusia dan hewan dengan ....
- Semua makhluk ingin hidup ....
Pertemuan 7
Kerjakan Soal berikut dengan benar!
- Sunita adalah seorang pemulung yang sangat ....
- Sunita sangat senang karena Budha tidak ....
- Saling menyayangi membuat semua ....
- orang yang penuh kasih sayang akan sisayangi oleh sesama manusia dan para ...
- Tzu Chan sangat pandai, juga suka ... orang miskin.
- Buddha tidak pernah menyakiti ....
- Hewan piaraan harus kita rawat dengan penuh ....
- Semua hewan adalah ... Budha.
- Contoh menyayangi semua makhluk adalah ....
- Apabila melihat ayam yang terjerat, apa yang akan kalian lakukan?
No comments:
Post a Comment