RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran ( 2
pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sikap menghormat, member
salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
1.3. Menjelaskan arti tujuan dan
manfaat berdo’a
III.
Tujuan
Pembelajaran
1.3.1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian berdoa
1.3.2. Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan berdoa
1.3.3. Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat berdoa
1.3.4. Peserta
didik dapat menjelaskan cara melafalkan doa yang benar
1.3.5. Peserta
didik dapat menjelaskan sikap yang benar
saat berdoa
1.3.6. Peserta
didik dapat menunjukkan waktu yang tepat
untuk berdoa
1.3.7. Peserta
didik dapat memberi contoh orang yang patut didoakan
1.3.8. Peserta
didik dapat menunjukkan sikap saat didoakan orang lain
1.3.9. Peserta
didik dapat menyebutkan doa-doa dalam agama Buddha.
IV.
Materi
Pembelajaran
1.
Doa
untuk pembukaan pendidikan agama Buddha
2.
Doa
sebelum belajar
3.
Doa
setelah belajar
V.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
Ceramah dalam hal ini adalah menceritakan
tentang doa, cara berdoa yang benar, manfaat berdoa, karater yang akan dibangun adalah religious. Anak terbiasa untuk berdoa.
2. Curah pendapat
Curah pendapat disini adalah guru memotivasi
siswa untuk mengetahui tentang doa doa, cara berdoa yang benar, manfaat berdoa,
kemudian mendorong siswa untuk bertanya.
3. Unjuk kerja
Unjuk kerja adalah siswa di minta untuk
mempraktekkan membaca doa dalam bahasa pali, bersikap anjali saat membaca doa,
dan namakkara.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A.
Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Tanya jawab tentang arti berdoa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan
Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang pengertian berdoa
· Peserta didik menyiapan alat tulis untuk berbagai
catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pengertian berdoa
|
· Guru memberikan informasi tentang pengertian berdoa.
·
Peserta didik mencurahkan
pendapatnya tentang pengertian berdoa.
·
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang
pengertian berdoa.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan fefleksi bersama.
|
C.
Kegiatan
Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dan guru membuat kesimpulan mengerti
pelajaran
2. Refleksi:
- Lafalkan doa sebelum
belajar.
3. Peserta didik mencatat tugas untuk dikerjakan di rumah
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang manfaat dari berdoa
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru mencari dan menemukan materi doa sebelum dan sesudah belajar
· Pembelajaran tentang
manfaat dan tujuan dari berdoa sebelum dan sesudah belajar
· Peserta
didik menyiapkan alat tulis
untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum
dan sesudah belajar
|
· Guru memberikan informasi tentang
manfaat dan tujuan dari
berdoa doa sebelum dan sesudah belajar
·
Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang manfaat dari doa sebelum
dan sesudah belajar.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang manfaat
dari berdoa sebelum
dan sesudah belajar.
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
tentang doa sebelum dan sesudah belajar
·
Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu oleh guru membuat
kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi:
- apa tujuan dari berdoa sebelum pelajaran
- apa tujuan dari
berdoa setelah belajar.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan penuh
religius.
VI.
Alat/ Media/
Sumber
A. Alat/Media
- Gambar 2
dimensi
- VCD
B. Sumber
- Buku
pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal 8
- Buku Parita
Suci
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui
Sumogawe,........................................
Kepala
Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP.
19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Ceritakan dengan singkat sikap saat kamu berdoa!
2. Apa kamu sudah berdoa saat melakukan kegiatan?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
2.
Apa yang kamu rasakan setelah melaksanakan doa?
3.
Manfaat apa yang kamu rasakan setelah melaksanakan doa?
No comments:
Post a Comment