informasi cari disini

Friday, 11 May 2012

SEMESTER 2 RPP SK 4 KD 4.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 2
            Alokasi Waktu            : 6 jam pertemuan ( 2 pertemuan )

I.          Standar Kompetensi
4.  Memahami Ketuhanan dalam agama Buddha
II.          Kompetensi Dasar
4.1 Menumbuhkan Keyakinan (saddha) terhadap Tuhan Yang maha Esa.
III.          Tujuan Pembelajaran
4.1.1   Peserta didik dapat menjelaskan sebutan Tuhan dalam agama Buddha
4.1.2   Peserta didik dapat menjelaskan hakekat Tuhan dalam agama Buddha.
4.1.3   Peserta didik dapat menjelaskan sifat Tuhan dalam agama Buddha.
4.1.4   Peserta didik dapat menjelaskan cara meyakini Tuhan dalam agama Buddha.
4.1.5   Peserta didik dapat menjelaskan manfaat meyakini Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.6   Peserta didik dapat mempraktekkan cara meyakini Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.
IV.          Materi Pembelajaran
1.    Pengertian saddha. Saddha adalah keyakinan yang didasari dengan kebenaran.
2.    Cara mewujudkan keyakinan kita yaitu dengan melakukan puja bhakti, meditasi dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
V.          Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang Pengertian Saddha
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengetian saddha
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
·       Penjelasan tentang  pengertian saddha
·      Peserta didik  berdiskusi tentang keyakinan
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.

·       Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang pengertian saddha
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Sebutkan yang wajib kita yakini dengan setulus hati?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
      PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2.    Guru dan peserta didik membahas tugas pekerjaan rumah.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara memparkatikan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
·       Penjelasan tentang  cara mempraktikan keyakinan.
·      Peserta didik  mengerjakan tugas dari guru.
·      Peserta didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·      Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.    Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi: Panjatkan vandana!
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.          Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media
- Gambar  orang yang sedang meditasi 2 dimensi    
B. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal
- Buku bhavana
- Buku Paritta Suci
VII.          Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan

C. Alat Penilaian
Soal  terlampir






Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001




Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ...................................................


Soal

PERTEMUAN KE 1
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa disebut ....
2. Untuk mewujudkan keyakinan kita melakukan ....
3. Meditasi meriupakan suatu wujud pelaksanaan ....
4. Sebutan Tuhan dalam Agama Buddha yaitu ....
5. Tuhan menyatakan kekuasaan melaui ....

PERTEMUAN KE 2
I.     Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Namo Sanghyang Adi Buddhaya adalah pujian untuk ….
2.      Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambudhassa adalah pujian untuk ….
3.      Namo Sabbe Boddhisatta Mahasattanya adalah pujian untuk para …
4.      Untuk memuji Tuhan kita panjatkan ….
5.      Untuk mengamalkan keyakinan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa kita melaksanakan meditasi ….

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT