informasi cari disini

Friday, 11 May 2012

RPP SK 2 KD 2.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 1
            Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran (4 pertemuan )

I.         Standar Kompetensi
1.    Mengungkapkan kisah-kisah dan lain-lain yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang
II.      Kompetensi Dasar
1.1.  Mengidentifikasi  tempat ibadah, Rohaniwan, Kitab suci, hari raya, dan Guru Agung Agama Buddha
III.   Tujuan Pembelajaran
2.1.1   Peserta didik dapat menyebutkan tempat ibadah agama Buddha.
2.1.2   Peserta didik dapat menyebutkan identitas tempat ibadah agama Budha.
2.1.3   Peserta didik dapat menyebutkan rohaniawan agama Buddha.
2.1.4   Peserta didik dapat menunjukkan perbedaan kehidupan rohaniawan dengan perumah-tangga
2.1.5   Peserta didik dapat menyebutkan nama kitab suci agama Buddha.
2.1.6   Peserta didik dapat menjelaskan cara yang benar penggunaan kitab suci agama Budha.
2.1.7   Peserta didik dapat menyebutkan hari-hari besar agama Buddha.
2.1.8   Peserta didik dapat menjelaskan makna hari-hari besar agama Buddha
2.1.9   Peserta didik dapat menyebut nama guru agung agama Buddha.
2.1.10    Peserta didik dapat menjelaskan cara menumbuhkan keyakinan kepada Buddha.
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Tempat ibadah agama Buddha.
2.    Rohaniawan Buddhis.
3.    Hari raya agama Buddha.
4.    Kitab suci agama Buddha.
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Diskusi.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pengertian Vihara.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai



B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran  tentang tempat ibadah..
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang  tempat ibadah umat Buddha
·       Guru memberikan informasi tentang tempat ibadah agama Buddha.
·      Peserta didik menyebutkan tempat ibadah agama Buddha yang sudah mereka ketahui
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulangnama-nama tempat ibadah agama Buddha.
·      Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama

C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Sebutkan nama vihara di lingkunganmu.
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi tentang Rohaniwan Agama Buddha dan Kitab suci.agama Buddha.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang Rohaniwan umat Buddha
·       Guru memberikan informasi tentang tempat ibadah agama Buddha.
·      Peserta didik menyebutkan tempat rohaniwan agama Buddha yang sudah mereka ketahui
·      Guru dan peserta didik bersama-sama menyebutkan rohaniwan agama Buddha dan nama Kitab suci agama Buddha..
·      Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama

C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Sebutkan anggota sangha.
    - Apa nama kitab suci agama Buddha.
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE 3
A.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang  hari raya agaa Buddha.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi tentang hari raya  agama Buddha.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang hari raya agama Buddha
·       Guru memberikan informasi tentang hari raya agama Buddha.
·      Peserta didik menyebutkan hari raya agama Buddha yang sudah mereka ketahui
·       Guru dan peserta didik bersama-sama menyebutkan 4 hari raya agama Buddha .
·      Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Sebutkan hari raya yang sering diperingati di vihara  lingkunganmu.
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE 4
A.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang guru agung.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi tentang Guru agung
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang Guru Agung  agama Buddha
·      Guru memberikan informasi tentang Guru Agung agama Buddha.
·      Peserta didik menjelaskan pengertian guru agung  agama Buddha yang sudah mereka ketahui dari sumber lain
·      Guru dan peserta didik bersama-sama menyebutkan nama guru Agung agama Buddha .
·      Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama



C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Sebutkan Guru Agung Umat Buddha
    - Mengapa Buddha di sebut Guru Agung
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup.
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media:
- Gambar Vihara, Bikkhu 2 dimensi
- Gambar Buddha 2 dimensi
- Kitab suci
B. Sumber :
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal 17-35
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir


Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001


Catatan :
1.        PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.        PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada  : ..................................................
3.        PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada  : ..................................................
4.        PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada  : ...................................................




Soal


PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.      Umat buddha melaksanaka puja bhakti di ....
2.      Tempat ibadah umat Buddha yang lebih kecil dari Vihara disebut ....
3.      Di dalam vihara terdapat ....
4.      Tempat tinggal Bhikkhu disebut ....
5.      Selain Vihara dan cetiya tempat ibadah umat Buddha adalah ....

PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Rohaniawan Buddha yang laki-laki disebut ....
  2. Calon Bhikkhu disebut ....
  3. Bhiksu, Bhiksuni tinggal di ....
  4. Kita memanggil Bhiksu dengan sebutan ....
  5. Pakaian Bhiksu disebut ....

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Kitab suci agama Buddha adalah ....
  2. Tipitaka artinya ....
  3. Hari waisak disebut juga hari ....
  4. Selain Waisak, hari raya agama Buddha adalah ....
  5. Pada hari Katina umat Buddha berdana kepada ....

PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
  1. Guru agung umat Buddha adalah ....
  2. Ajaran Buddha disebut ....
  3. Buddha menyayangi semua ....
  4. Buddha adalah guru para ... dan ....
  5. Untuk megamalkan ajaran Buddha kita harus berbuat ... dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT