informasi cari disini

Friday, 11 May 2012

RPP SK 1 KD 1.4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 1
            Alokasi Waktu            :  12 Jam pelajaran ( 4 pertemuan )

I.         Standar Kompetensi
1. Memahami sikap mengormat, memberi salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.      Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan cara-cara berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas
III.   Tujuan Pembelajaran
1.4.1   Peserta didik dapat mempraktekkan doa pembukaan pendidikan agama Buddha 
1.4.2   Peserta didik dapat mempraktekkan doa penutupan pendidikan agama Buddha
1.4.3   Peserta didik dapat mempraktekkan doa sebelum dan sesudah makan
1.4.4   Peserta didik dapat mempraktekkan doa sebelum tidur dan bangun tidur.
1.4.5   Peserta didik dapat mempraktekkan doa sebelum dan sesudah belajar.
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Doa sebelum belajar.
2.    Doa sebelum makan.
3.    Doa sebelum tidur.
4.    Doa setelah belajar, makan, tidur.
V.      Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Unjuk kerja
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang macam-macam Doa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.     Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi      pembelajaran  tentang macam-macam doa
·       Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·       Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa
·       Guru memberikan informasi tentang macam-macam doa
·       Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang macam-macam doa.

·        Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang macam-macam doa.
·       Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·       Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama


C.     Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi
    - Urutkan petikan doa berikut dengan benar !
Terpujilah Sangha
Terpujilah Buddha
Terpujilah Dhamma
3 Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4.  Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
PERTEMUAN KE 2
A.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Mengulang doa sebelum belajar.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.     Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi      pembelajaran  tentang doa sesudah belajar.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru memberikan informasi tentang doa sebelum  belajar
·      Peserta didik menirukan doa sebelum belajar.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang doa sebelum  belajar.
·      Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
C.     Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Ulang kembali doa sebelum belajar
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE 3
A.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Mengulang kembali doa sebelum dan sesudah belajar.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·       Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran  tentang doa sebelum dan sesudah makan.
·       Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·       Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum dan sesudah makan
·       Guru memberikan informasi tentang doa sebelum dan sesudah makan
·       Peserta didik menirukan doa sesudah belajar yang diucapkan guru.
·       Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang doa sebelum dan sesudah makan.
·       Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·       Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
B.     Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Ulang kembali doa sebelum makan
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup.
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan sebelum tidur.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B. Kegiatan Inti (60 Menit)

Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran  tentang doa sebelum dan sesudah tidur.
·      Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum tidur
·      Guru memberikan informasi tentang doa sebelum dan sesudah tidur.
·      Peserta didik menirukan doa sesudah dan sebelum tidur yang diucapkan guru
·      Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang doa sebelum dan sesudah tidur,
·      Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·      Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama

A.    Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
2. Refleksi:
    - Ulang kembali  doa sebelum tidur
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A.  Alat/Media
      - Gambar orang berdoa 2 dimensi
      - tape recorder
B. Sumber
     - Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal 9-11
     - Buku paritta.
     
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
     1. Penilaian Proses Pengamatan
     2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
     1. Tes Tertulis
      2. Non tes
C. Alat Penilaian:
     Soal terlampir


Mengetahui                                               Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah                                         Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                       Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                 NIP. 19700712 200003 1 001




Catatan :
1.        PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.        PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada  : ..................................................
3.        PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada  : ..................................................
4.        PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada  : ..................................................























Soal

Pertemuan1

1. Praktikan doa sebelum belajar!

PERTEMUAN KE 2
1. Praktikkan doa sesudah belajar!

PERTEMUAN KE 3
1.  Praktikkan doa sebelum makan!
2.  Praktikkan doa sesudah makan!

PERTEMUAN KE 4
I. Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Sebelum dan sesudah melakukan aktifitas kita harus ....
2. Saat berdoa kita bersikap ....
3. Kita berdoa sobelum blajar agar kita lebih ... belajar
4. Setelah slesai berdoa kita mengucapkan ....
5. Selain berdoa, kita juga harus ... supaya pintar.

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT