RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 12 Jam pelajaran ( 4 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sikap
mengormat, memberi salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan
cara-cara berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas
III. Tujuan Pembelajaran
1.4.1 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
1.4.2 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa penutupan pendidikan agama Buddha
1.4.3 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa sebelum dan sesudah makan
1.4.4 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa sebelum tidur dan bangun tidur.
1.4.5 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa sebelum dan sesudah belajar.
IV. Materi Pembelajaran
1.
Doa sebelum belajar.
2.
Doa sebelum makan.
3.
Doa sebelum tidur.
4.
Doa setelah belajar, makan, tidur.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah
pendapat
3. Unjuk kerja
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang macam-macam Doa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti
(60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan
menemukan materi pembelajaran tentang macam-macam doa
·
Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai
catatan.
· Guru bertanya
kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa
|
·
Guru memberikan informasi tentang macam-macam doa
·
Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang macam-macam doa.
|
·
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
kembali tentang macam-macam doa.
·
Guru meluruskan pendapat peserta
didik yang belum benar
· Guru dan peserta
didik melakukan refleksi bersama
|
C.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi
- Urutkan petikan doa
berikut dengan benar !
Terpujilah Sangha
Terpujilah Buddha
Terpujilah Dhamma
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik
melakukan doa penutup dengan
penuh religius.
PERTEMUAN KE
2
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Mengulang doa sebelum belajar.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti
(60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang doa
sesudah belajar.
·
Peserta didik menyiapkan
alat tulis untuk berbagai catatan.
|
· Guru memberikan informasi tentang doa sebelum belajar
·
Peserta didik menirukan
doa sebelum belajar.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
kembali tentang doa sebelum belajar.
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan reflksi bersama
|
C.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Ulang kembali doa
sebelum belajar
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE
3
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Mengulang kembali doa sebelum dan sesudah belajar.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta didik difasilitasi
oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang doa
sebelum dan sesudah makan.
·
Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum dan sesudah makan
|
·
Guru memberikan informasi tentang doa sebelum dan sesudah makan
·
Peserta didik menirukan
doa sesudah belajar yang diucapkan guru.
|
·
Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang kembali tentang doa sebelum dan sesudah makan.
·
Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan reflksi bersama
|
B.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Ulang kembali doa
sebelum makan
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup.
PERTEMUAN KE
4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan sebelum
tidur.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang doa sebelum
dan sesudah tidur.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum
tidur
|
· Guru memberikan informasi tentang
doa sebelum dan
sesudah tidur.
·
Peserta didik menirukan doa sesudah dan sebelum tidur yang diucapkan
guru
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang doa sebelum dan sesudah tidur,
· Guru meluruskan pendapat peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
|
A.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Ulang kembali doa sebelum tidur
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Gambar orang berdoa 2 dimensi
- tape recorder
B. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal
9-11
- Buku paritta.
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes
tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1.
Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
..................................................
3.
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
..................................................
4.
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :
..................................................
Soal
Pertemuan1
1.
Praktikan doa sebelum belajar!
PERTEMUAN KE 2
1.
Praktikkan doa sesudah belajar!
PERTEMUAN KE 3
1.
Praktikkan doa sebelum makan!
2.
Praktikkan doa sesudah makan!
PERTEMUAN KE 4
I. Kerjakan soal berikut dengan
benar!
1. Sebelum dan sesudah melakukan aktifitas kita harus ....
2. Saat berdoa kita bersikap ....
3. Kita berdoa sobelum blajar agar kita lebih ... belajar
4. Setelah slesai berdoa kita mengucapkan ....
5. Selain berdoa, kita juga harus ... supaya pintar.
No comments:
Post a Comment