informasi cari disini

Friday, 11 May 2012

RPP SK 1 KD 1.1.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : I / 1
            Alokasi Waktu            : 6 Jam Pelajaran ( 2 Pertemuan)

I.         Standar Kompetensi
1.    Memahami sikap menghormat, memberi salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.      Kompetensi Dasar
1.1    Mengenal sikap menghormat dan memberi salam
III.   Tujuan Pembelajaran
1.1.1   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  menghormat
1.1.2   Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam sikap menghormat
1.1.3   Peserta didik dapat menunjukkan orang yang patut dihormati
1.1.4   Peserta didik dapat menunjukkan  orang yang selayaknya diberi salam buddhis
1.1.5   Peserta didik dapat menjelaskan manfaat menghormati orang lain
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Anak yang baik menghormati orang yang patut dihormati.
2.    Macam-macam cara penghormatan.
V.      Kegiatan Pembelajaran
1.    Metode
a.    Ceramah bervariasi
Ceramah bervariasi yang dimaksud disini adalah ceramah yang tidak hanya berbicara menyampaikan materi tanpa memperhatikan sikap dan motivasi peserta didik dalam menerima informasi dari guru. Peserta didik diharapkan termotivasi untuk memahami isi materi tentang pengertian hormat, macam-macam jenis hormat, cara menghormat, mengetahui, memahami siapa saja yang layak mendapat penghormatan.
Peserta didik diharapkan juga mengetahui, memahami cara memberikan hormat secara benar, baik kepada sesama umat Buddha maupun umat agama lain sesuai normat, adat istiadat yang berlaku di desa Sumogawe, kemudian mengetahui manfaat menghormat, tahu akibat jika tidak menghormati orang lain, bahkan mencela dan melecehkan pihak lain.
Karakter peserta didik diharapkan menjadi manusia susila, sopan dan layak disebut menjadi berbudi pekerti luhur. Terbiasa memberikan salam dengan beranjali atau berjabat tangan, melepas topi, sandal atau sepatu pada tempat yang wajib dilepaskan adalah tujuan dari sikap hormat yang hendak dicapai.
b.    Curah pendapat
Curah pendapat dalam pembelajaran ini adalah Guru menyampaikan materi berupa perumpamaan, andai suatu hal terjadi atau akan terjadi jika peserta didik tidak sopan kepada orang tua, guru, bhikkhu Sangha atau orang yang patut mendapat penghormatan. Peserta didik diminta menyampaikan pendapat, gagasan sendiri mengenai perilaku yang disampaikan guru, apakah layak, tidak layak, boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan, kemudian guru memberikan feedback dan masukan akan argumentasi peserta didik.


c.    Demonstrasi.
Demontrasi dalam pembelajaran ini peserta didik diminta untuk mendemontrasikan praktik sikap anjali dengan benar, berjabat tangan, dan namakkara didepan altar Cetiya Dhammasippa yang menjadi tempat laboratorium pendidikan agama Buddha.  
2.    Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.  Kegiatan Awal (waktu 20 menit)
1.    Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan religius.
2.    Tanya jawab tentang penghormatan.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.  Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi
(Pencarian/ Penemuan)
Elaborasi
(Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi
(Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi guru mencari/ menemukan materi yang akan dipelajari yaitu  tentang  menghormat dan memberi salam.
·      Menyiapkan peralatan tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa LCD dan laptop yang akan menampilkan peragaan anjali atau cerita tentang  penghormatan yang diambil dari situs http://lasino-stupa.blogspot.com
·      Peserta didik dibantu oleh guru membuat kelompok untuk mengerjakan tugas.
·       Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      Guru memutar media pembelajaran melalui blog http://lasino-stupa.blogspot.com tentang cerita anak yang menghormati kepada yang patut dihormati.
·      Peserta didik diminta menirukan ucapan dan sikap yang benar dalam memberikan penghormatan kepada yang patut dihormati.
·      Peserta didik saling mencurahkan pendapatnya tentang pengertian menghormat secara bergantian.
·       
·      Cara memberi salam yang benar kepada bhikkhu Sangha; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai kemudian diangkat kedepan hidung dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau “namaste bhante”
·      Cara memberi salam yang benar kepada orang tua atau guru; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai kemudian diangkat kedepan janggut mengucapkan “Namo Buddhaya” atau “selamat..”
·      Cara memberi salam yang benar kepada teman sebaya; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai kemudian diatuh didepan dada dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau “selamat...”
·      Cara memberi salam yang benar kepada orang yang tidak seagama adalah dengan berjabat tangan kemudian mengucapkan “selamat...”
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar.
·      Melakukan refleksi bersama antara guru dan peserta didik.
C.  Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.    Peserta didik dibantu oleh guru membuat kesimpulan materi pembelajaran
2.    Refleksi
-       Membuat urutan cara menghormat
3.    Pemberian tugas.untuk pertemuan yang akan datang
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan religius.


PERTEMUAN KE 2
A.    Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan religius.
2. Guru Tanya jawab tentang cara memberi salam.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.     Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi
(Pencarian/ Penemuan)
Elaborasi
(Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi
(Pengontrolan)
·      Peserta didik difasilitasi guru mencari/ menemukan materi yang akan dipelajari yaitu  tentang  menghormat dan memberi salam.
·      Menyiapkan peralatan tulis untuk berbagai catatan.
·      Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa LCD dan laptop yang akan menampilkan peragaan anjali atau cerita tentang  penghormatan yang diambil dari situs http://lasino-stupa.blogspot.com  
·      Peserta didik dibantu oleh guru membuat kelompok untuk mengerjakan tugas.
·       Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru.
·      Cara menghormat dalam tradisi buddhis adalah dengan anjali, namakkara, pradaksina dan lain-lain. Dalam pembelajaran ini peserta didik dilatih untuk dapat bersikap anjali dengan merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai.
·      Memberi salam secara buddhis adalah mengucapkan “Namo Buddhaya ” atau “namaste bhante” atau “omitofo”
·      Memberi salam secara umum adalah sesuai dengan situasi dan  kondisi saat peserta didik bertemu guru, orang yang lebih tua atau teman baik disekolah atau ditempat umum.
·      Peserta didik saling mencurahkan pendapatnya tentang pengertian menghormat secara bergantian.
·      Guru dan peserta didik bersama-sama melakukan cara memberi salam yang benar.
·      Cara memberi salam yang benar kepada bhikkhu Sangha; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai kemudian diangkat kedepan hidung dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau “namaste bhante”
·      Cara memberi salam yang benar kepada orang tua atau guru; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai kemudian diangkat kedepan janggut mengucapkan “Namo Buddhaya” atau “selamat..”
·      Cara memberi salam yang benar kepada teman sebaya; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai kemudian diatuh didepan dada dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau “selamat...”
·      Cara memberi salam yang benar kepada orang yang tidak seagama adalah dengan berjabat tangan kemudian mengucapkan “selamat...”
·      Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar.
·      Melakukan refleksi bersama antara guru dan peserta didik.
C.     Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.    Peserta didik dibantu oleh guru membuat kesimpulan materi pembelajaran.
2.    Refleksi
-       Peserta didik  mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
-       Peserta didik mempresentasikan hasilkkerjanya di depan teman-tamannya secara bergantian.
3.    Guru memberikan tugas ruamh untuk pertemuan yang akan dating
4.    Guru dan peserta didik melakukan doa penutupan pendidikan agama Buddha dengan religius.
VI.   Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
-       Visual
B. Sumber
      - Buku PAB kelas I hal 1-4
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b. Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis dan lisan
2. Non tes

C. Alat Penilaian:
Soal terlampir


Mengetahui                                                       Sumogawe, ……………………
Kepala Sekolah                                                 Guru Pendidikan Agama Buddha




Budiyanto,S.Pd                                                Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001`                         NIP. 19700712 200003 1 001


Catatan :
1.    Pertemuan Ke 1 dilaksanakan pada           : ………………………………...
2.    Pertemuan Ke 2 silaksanakan pada            : ....................................................


Soal

PERTEMUAN KE 1
I.         Isian singkat
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.         Jika berangkat sekolah harus pamit kapada orang tua dengan cara ....
2.         Saat bertemu Bapak/Ibu guru di jalan kita sebaiknya ....
3.         Sewaktu memberi salam kepada bapak/Ibu guru dengan cara ....
4.         Memberi salam merupakan contoh dari cara untuk ....
5.         Menghormati dan memberi salam adalah-ciri-ciri anak yang ....
PERTEMUAN KE 2
II.      Uraian jawaban
Jawablah pertenyaan berikut dengan benar!
1.         Jika bertemu teman di jalan harus memberi ....
2.         Memberi salam kepada teman sesama Buddhis dengan sikap ....
3.         Orang-orang yang wajib kita hormati misalnya ....
4.         Di sekolah kita wajib menghormati ... dan ....
5.         Di rumah kita harus hormat kepada ... dan ....

III.   Praktik anjali
1.         Lakukan cara menghormat kepada Bhikkhu Sangha!
2.         Lakukan cara menghormat kepada gurumu!
3.         Lakukan cara menghormat kepada orang tuamu!
4.         Lakukan cara menghormat kepada teman-teman yang beragama Buddha!
Kunci Jawaban
PERTEMUAN KE 1
1.        Salam dengan anjali dengan mengucapkan salam Namo Buddhaya atau sambil beranjali pamit akan berangkat sekolah.
2.        Memberi salam dengan sikap anjali dan mengucapkan Namo Buddhaya atau berjabat tangan dengan mengucapkan selamat pagi/selamat siang/ selamat....
3.        Merangkapkan kedua tangan didepan dada
4.        Menghormat
5.        Anak yang baik 
PERTEMUAN KE 2
Isian
1.        Salam dengan sikap anjali dengan mengucapkan salam Namo Buddhaya
2.        Anjali
3.        Orang tua, guru, orang yang lebih tua
4.        Guru dan teman-teman
5.        Orang tua dan saudara-saudara
Praktik
1.        Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai, diangkat didepan kening kemudian mengucapkan Namo Buddhaya
2.        Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai, diangkat didepan hidup kemudian mengucapkan Namo Buddhaya
3.        Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai, diangkat didepan janggut kemudian mengucapkan Namo Buddhaya
4.        Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga teratai, diangkat didepan dada kemudianmengucapkan Namo Buddhaya.

No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT