RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2
Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sikap menghormat, memberi
salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II. Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal
sikap menghormat dan memberi salam
III. Tujuan Pembelajaran
1.1.1 Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian menghormat
1.1.2 Peserta
didik dapat menyebutkan macam-macam sikap menghormat
1.1.3 Peserta
didik dapat menunjukkan orang yang patut dihormati
1.1.4 Peserta
didik dapat menunjukkan orang yang
selayaknya diberi salam buddhis
1.1.5 Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat menghormati orang lain
IV.
Materi
Pembelajaran
1. Anak
yang baik menghormati orang yang patut dihormati.
2. Macam-macam
cara penghormatan.
V.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Metode
a.
Ceramah bervariasi
Ceramah bervariasi yang dimaksud disini
adalah ceramah yang tidak hanya berbicara menyampaikan materi tanpa
memperhatikan sikap dan motivasi peserta didik dalam menerima informasi dari
guru. Peserta didik diharapkan termotivasi untuk memahami isi materi tentang
pengertian hormat, macam-macam jenis hormat, cara menghormat, mengetahui,
memahami siapa saja yang layak mendapat penghormatan.
Peserta didik diharapkan juga mengetahui,
memahami cara memberikan hormat secara benar, baik kepada sesama umat Buddha
maupun umat agama lain sesuai normat, adat istiadat yang berlaku di desa
Sumogawe, kemudian mengetahui manfaat menghormat, tahu akibat jika tidak
menghormati orang lain, bahkan mencela dan melecehkan pihak lain.
Karakter peserta didik diharapkan menjadi
manusia susila, sopan dan layak disebut menjadi berbudi pekerti luhur. Terbiasa
memberikan salam dengan beranjali atau berjabat tangan, melepas topi, sandal
atau sepatu pada tempat yang wajib dilepaskan adalah tujuan dari sikap hormat yang
hendak dicapai.
b.
Curah pendapat
Curah pendapat dalam pembelajaran ini
adalah Guru menyampaikan materi berupa perumpamaan, andai suatu hal terjadi
atau akan terjadi jika peserta didik tidak sopan kepada orang tua, guru,
bhikkhu Sangha atau orang yang patut mendapat penghormatan. Peserta didik
diminta menyampaikan pendapat, gagasan sendiri mengenai perilaku yang
disampaikan guru, apakah layak, tidak layak, boleh dilakukan atau tidak boleh
dilakukan, kemudian guru memberikan feedback dan masukan akan argumentasi
peserta didik.
c.
Demonstrasi.
Demontrasi dalam pembelajaran ini peserta
didik diminta untuk mendemontrasikan praktik sikap anjali dengan benar,
berjabat tangan, dan namakkara didepan altar Cetiya Dhammasippa yang menjadi
tempat laboratorium pendidikan agama Buddha.
2.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A.
Kegiatan
Awal (waktu 20 menit)
1. Guru
dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan religius.
2.
Tanya jawab tentang penghormatan.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti
(60 Menit)
Ekplorasi
(Pencarian/
Penemuan)
|
Elaborasi
(Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru mencari/ menemukan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang menghormat dan memberi salam.
· Menyiapkan peralatan tulis untuk berbagai catatan.
· Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa LCD dan laptop yang akan
menampilkan peragaan anjali atau cerita tentang penghormatan yang diambil dari situs http://lasino-stupa.blogspot.com
· Peserta didik dibantu oleh guru membuat kelompok untuk mengerjakan
tugas.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
|
· Guru memutar media
pembelajaran melalui blog http://lasino-stupa.blogspot.com tentang cerita anak yang
menghormati kepada yang patut dihormati.
· Peserta didik diminta
menirukan ucapan dan sikap yang benar dalam memberikan penghormatan kepada
yang patut dihormati.
· Peserta didik saling mencurahkan pendapatnya tentang pengertian
menghormat secara bergantian.
·
|
· Cara memberi salam yang
benar kepada bhikkhu Sangha; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai kemudian diangkat kedepan hidung dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau
“namaste bhante”
· Cara memberi salam yang
benar kepada orang tua atau guru; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup
bunga teratai kemudian diangkat kedepan janggut mengucapkan “Namo Buddhaya”
atau “selamat..”
· Cara memberi salam yang
benar kepada teman sebaya; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai kemudian diatuh didepan dada dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau
“selamat...”
· Cara memberi salam yang
benar kepada orang yang tidak seagama adalah dengan berjabat tangan kemudian
mengucapkan “selamat...”
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar.
· Melakukan refleksi bersama antara guru dan peserta didik.
|
C.
Kegiatan
Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu oleh guru membuat kesimpulan materi
pembelajaran
2. Refleksi
- Membuat urutan cara menghormat
3. Pemberian tugas.untuk pertemuan yang akan datang
4. Guru dan peserta didik
melakukan doa penutup dengan
religius.
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan religius.
2. Guru Tanya jawab tentang cara memberi salam.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi
(Pencarian/
Penemuan)
|
Elaborasi
(Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru mencari/ menemukan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang menghormat dan memberi salam.
· Menyiapkan peralatan tulis untuk berbagai catatan.
· Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa LCD dan laptop yang akan
menampilkan peragaan anjali atau cerita tentang penghormatan yang diambil dari situs http://lasino-stupa.blogspot.com
· Peserta didik dibantu oleh guru membuat kelompok untuk mengerjakan
tugas.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
|
· Cara menghormat dalam tradisi buddhis adalah
dengan anjali, namakkara, pradaksina dan lain-lain. Dalam pembelajaran ini
peserta didik dilatih untuk dapat bersikap anjali dengan merangkapkan kedua
tangan membentuk kuncup bunga teratai.
· Memberi salam secara
buddhis adalah mengucapkan “Namo Buddhaya ” atau “namaste bhante” atau
“omitofo”
· Memberi salam secara umum
adalah sesuai dengan situasi dan
kondisi saat peserta didik bertemu guru, orang yang lebih tua atau
teman baik disekolah atau ditempat umum.
· Peserta didik saling mencurahkan pendapatnya tentang pengertian
menghormat secara bergantian.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama melakukan cara memberi salam yang
benar.
· Cara memberi salam yang
benar kepada bhikkhu Sangha; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai kemudian diangkat kedepan hidung dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau
“namaste bhante”
· Cara memberi salam yang
benar kepada orang tua atau guru; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup
bunga teratai kemudian diangkat kedepan janggut mengucapkan “Namo Buddhaya”
atau “selamat..”
· Cara memberi salam yang
benar kepada teman sebaya; merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai kemudian diatuh didepan dada dan mengucapkan “Namo Buddhaya” atau
“selamat...”
· Cara memberi salam yang
benar kepada orang yang tidak seagama adalah dengan berjabat tangan kemudian
mengucapkan “selamat...”
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar.
· Melakukan refleksi bersama antara guru dan peserta didik.
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu oleh guru
membuat kesimpulan materi pembelajaran.
2. Refleksi
- Peserta
didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
- Peserta didik mempresentasikan
hasilkkerjanya di depan teman-tamannya secara bergantian.
3. Guru memberikan tugas ruamh untuk
pertemuan yang akan dating
4. Guru dan peserta didik melakukan doa
penutupan pendidikan agama Buddha dengan religius.
VI.
Alat/ Media/
Sumber
A. Alat/Media
-
Visual
B. Sumber
- Buku PAB kelas I hal 1-4
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b. Tes
psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes
Tertulis dan lisan
2. Non tes
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe, ……………………
Kepala Sekolah Guru Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP. 19700712 200003 1
001
Catatan :
1.
Pertemuan Ke 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
Pertemuan Ke 2 silaksanakan pada : ....................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
I.
Isian
singkat
Kerjakan soal berikut dengan
benar!
1.
Jika berangkat sekolah harus pamit kapada orang tua
dengan cara ....
2.
Saat bertemu Bapak/Ibu guru di jalan kita sebaiknya
....
3.
Sewaktu memberi salam kepada bapak/Ibu guru dengan cara
....
4.
Memberi salam merupakan contoh dari cara untuk ....
5.
Menghormati dan memberi salam adalah-ciri-ciri anak
yang ....
PERTEMUAN KE 2
II. Uraian jawaban
Jawablah pertenyaan berikut
dengan benar!
1.
Jika bertemu teman di jalan harus memberi ....
2.
Memberi salam kepada teman sesama Buddhis dengan sikap
....
3.
Orang-orang yang wajib kita hormati misalnya ....
4.
Di sekolah kita wajib menghormati ... dan ....
5.
Di rumah kita harus hormat kepada ... dan ....
III.
Praktik
anjali
1.
Lakukan cara menghormat kepada Bhikkhu Sangha!
2.
Lakukan cara menghormat kepada gurumu!
3.
Lakukan cara menghormat kepada orang tuamu!
4.
Lakukan cara menghormat kepada teman-teman yang
beragama Buddha!
Kunci Jawaban
PERTEMUAN KE 1
1.
Salam dengan anjali dengan mengucapkan salam Namo
Buddhaya atau sambil beranjali pamit akan berangkat sekolah.
2.
Memberi salam dengan sikap anjali dan mengucapkan Namo
Buddhaya atau berjabat tangan dengan mengucapkan selamat pagi/selamat siang/
selamat....
3.
Merangkapkan kedua tangan didepan dada
4.
Menghormat
5.
Anak yang baik
PERTEMUAN KE 2
Isian
1.
Salam dengan sikap anjali dengan mengucapkan salam Namo
Buddhaya
2.
Anjali
3.
Orang tua, guru, orang yang lebih tua
4.
Guru dan teman-teman
5.
Orang tua dan saudara-saudara
Praktik
1.
Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai, diangkat didepan kening kemudian mengucapkan Namo Buddhaya
2.
Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai, diangkat didepan hidup kemudian mengucapkan Namo Buddhaya
3.
Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai, diangkat didepan janggut kemudian mengucapkan Namo Buddhaya
4.
Merangkapkan kedua tangan membentuk kuncup bunga
teratai, diangkat didepan dada kemudianmengucapkan Namo Buddhaya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I/ 1
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sikap menghormat, member
salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan
sikap-sikap menghormat dan memberi salam.
III. Tujuan Pembelajaran
1.2.1. Peserta
didik dapat mempraktekkan sikap anjali
1.2.2. Peserta
didik dapat mempraktekkan sikap
namakkara
1.2.3. Peserta
didik dapat mempraktekkan sikap lain untuk menunjukkan rasa hormat
1.2.4. Peserta
didik dapat membiasakan diri mengucapkan salam buddhis
1.2.5. Peserta
didik dapat membiasakan diri membalas salam buddhis
1.2.6. Peserta
didik dapat membiasakan diri mengucapkan salam dengan sikap yang benar
IV. Materi Pembelajaran
1. Contoh-contoh
penghormatan.
2. Ucapan
saat memberi hormat.
V. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
a.
Ceramah bervariasi
b.
Curah pedapat
c.
Diskusi
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan penuh religius.
2. Tanya jawab cara/sikap sewaktu memberi hormat.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi
(Pencarian/
Penemuan)
|
Elaborasi
(Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru mencari/ menemukan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang menghormat dan memberi salam.
· Menyiapkan peralatan tulis untuk berbagai catatan.
· Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa LCD dan laptop yang akan
menampilkan peragaan anjali atau cerita tentang penghormatan yang diambil dari situs http://lasino-stupa.blogspot.com
· Peserta didik dibantu oleh guru membuat kelompok untuk mengerjakan
tugas.
· Peserta didik mengerjakan tugas
yang diberikan guru.
|
· Cara menghormat dalam tradisi buddhis adalah
dengan anjali, namakkara, pradaksina dan lain-lain. Dalam pembelajaran ini
peserta didik dilatih untuk dapat bersikap anjali dengan merangkapkan kedua
tangan membentuk kuncup bunga teratai.
· Cara melakukan sujud/
namakkara yang benar adalah dengan lima titik tumpu menyentuh lantai yaitu:
1. Kedua tangan sampai siku
2. Kedua kaki
3. Satu dahi
Semuanya menyentuh lantai.
Namakkara dilaksanakan
didepan altar cetiya Dhamma Sippa atau dialtar yang terdapat divihara atau
cetiya lain.
· Peserta didik saling mencurahkan pendapatnya tentang pengertian
menghormat secara bergantian.
|
· Guru menugaskan satu
persatu peserta didik untuk melakukan namakkara di depan altar
· Guru memberi penilaian
pelaksanaan namakkara yang dilakukan oleh peserta didik
· Guru menanyakan tujuan
bernamakkara
· Guru menanyakan manfaat
bernamakkara.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar.
· Melakukan refleksi bersama antara guru dan peserta didik.
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.
Peserta
didik dibantu oleh guru membuat
rangkuaman materi pembelajaran.
2.
Refleksi:
- Paparkan cara bernamaskara yang
benar.
3.
Guru
memberikan tugas rumah untuk pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutupan pendidikan agama secara religius.
PERTEMUAN KE
2
A.
Kegiatan (Awal
20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan religius.
2. Membahas
Tugas pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti
(60 Menit)
Ekplorasi
(Pencarian/ Penemuan)
|
Elaborasi
(Pemahaman/Pendalama)
|
Konfirmasi
(Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru mencari materi pembelajaran ttentang ucapan-ucapan
dalam memberikan penghormatan.
· Peserta didik mempersiapkan peralatan untuk berbagai catatan.
· Peserta didik dibantu oleh guru membuat kelompok kerja.
|
· Guru memberikan penjelasan tentang ucapan-ucapan aewaktu memberikan
penghormatan/salam.
· Peserta didik setelah mendengar
ucapan-ucapan sewkatu member hormat, lalu menirukan, dengan bermain peran.
· Guru mengamati peserta didik yang saling bermain peran cara
menghormati Bhikkhu.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mempraktikan cara mengucapkan namo
Buddhaya.
· Guru meluruskan peserta didik yang belum dapat memeragakan cara
menghormat dengan baik.
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1.
Peserta
didik dibantu oleh guru membuat kesimpulan materi pembelajaran.
2.
Refleksi:
-
Tuliskan
3 ucapan yang digunakan untuk memberi salam,
3.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutupan pendidikan agama Buddha serara
religius.
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Audio visual (VCD)
- Gambar 2
dimensi
B. Sumber
- Buku PAB
kelas I hal.
- VCD
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses
- Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b. Tes
psikomotorik
c. tes Kognitif
B. Teknik Penilaian
1. Tes
tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui
Sumogawe,........................................
Kepala
Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP.
19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
Pertemuan Ke 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
Pertemuan Ke 2 dilaksanakan pada :
………………………………...
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1. Kedua
tangan dirangkapkan didepan dada disebut ....
a. Anjali
b. Namaskara
c. Pradaksina
2. Memberi
salam kepada bikkhu dengan sikap ....
a. Pradksina
b. Namaskara
c. Membungkukkan
badan.
3. Setiap
pagi sebelum berangkat sekolah, pamit kepada orang tua dengan sikap ....
a. acuh
b. biasa
saja
c. anjali
4. Memberi
salam pada guru dengan sikap ....
a. anjali
b. namaskara
c. pradaksina
5. Apabila
bertemu dengan teman Buddhis bersikap ....
a. Anjali
b. Namaskara
c. Utana.
PERTEMUAN KE 2
I.
Laksanakan cara menghormat kepada Bhikkhu!
Soal Evaluasi akhir
KD
II.
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.
Apabila bertemu Ibu guru kita harus memberikan salam
dengan megucapkan ....
2.
Memberi salam kepada teman dengan sikap ....
3.
Saat bertemu Bhikkhu di dalam Vihara memberi hormat
dengan cara ....
4.
Menghormat dengan mengelilingi objek denamakan ....
5.
Menghormat berdiri dan bersikap anjali dengan
membugkukkan badan disebut ....
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 6 jam pelajaran ( 2
pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sikap menghormat, member
salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
1.3. Menjelaskan arti tujuan dan
manfaat berdo’a
III.
Tujuan
Pembelajaran
1.3.1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian berdoa
1.3.2. Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan berdoa
1.3.3. Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat berdoa
1.3.4. Peserta
didik dapat menjelaskan cara melafalkan doa yang benar
1.3.5. Peserta
didik dapat menjelaskan sikap yang benar
saat berdoa
1.3.6. Peserta
didik dapat menunjukkan waktu yang tepat
untuk berdoa
1.3.7. Peserta
didik dapat memberi contoh orang yang patut didoakan
1.3.8. Peserta
didik dapat menunjukkan sikap saat didoakan orang lain
1.3.9. Peserta
didik dapat menyebutkan doa-doa dalam agama Buddha.
IV.
Materi
Pembelajaran
1.
Doa
untuk pembukaan pendidikan agama Buddha
2.
Doa
sebelum belajar
3.
Doa
setelah belajar
V.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
Ceramah dalam hal ini adalah menceritakan
tentang doa, cara berdoa yang benar, manfaat berdoa, karater yang akan dibangun adalah religious. Anak terbiasa untuk berdoa.
2. Curah pendapat
Curah pendapat disini adalah guru memotivasi
siswa untuk mengetahui tentang doa doa, cara berdoa yang benar, manfaat berdoa,
kemudian mendorong siswa untuk bertanya.
3. Unjuk kerja
Unjuk kerja adalah siswa di minta untuk
mempraktekkan membaca doa dalam bahasa pali, bersikap anjali saat membaca doa,
dan namakkara.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A.
Kegiatan
Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Tanya jawab tentang arti berdoa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan
Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi guru menemukan materi yang akan dipelajari
yaitu tentang pengertian berdoa
· Peserta didik menyiapan alat tulis untuk berbagai
catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pengertian berdoa
|
· Guru memberikan informasi tentang pengertian berdoa.
·
Peserta didik mencurahkan
pendapatnya tentang pengertian berdoa.
·
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang
pengertian berdoa.
· Guru meluruskan jawaban peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan fefleksi bersama.
|
C.
Kegiatan
Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dan guru membuat kesimpulan mengerti
pelajaran
2. Refleksi:
- Lafalkan doa sebelum
belajar.
3. Peserta didik mencatat tugas untuk dikerjakan di rumah
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang manfaat dari berdoa
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru mencari dan menemukan materi doa sebelum dan sesudah belajar
· Pembelajaran tentang
manfaat dan tujuan dari berdoa sebelum dan sesudah belajar
· Peserta
didik menyiapkan alat tulis
untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum
dan sesudah belajar
|
· Guru memberikan informasi tentang
manfaat dan tujuan dari
berdoa doa sebelum dan sesudah belajar
·
Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang manfaat dari doa sebelum
dan sesudah belajar.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang kembali tentang manfaat
dari berdoa sebelum
dan sesudah belajar.
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
tentang doa sebelum dan sesudah belajar
·
Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu oleh guru membuat
kesimpulan materi pembelajaran
2. Refleksi:
- apa tujuan dari berdoa sebelum pelajaran
- apa tujuan dari
berdoa setelah belajar.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan penuh
religius.
VI.
Alat/ Media/
Sumber
A. Alat/Media
- Gambar 2
dimensi
- VCD
B. Sumber
- Buku
pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal 8
- Buku Parita
Suci
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui
Sumogawe,........................................
Kepala
Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino, S.Ag., M.Pd
NIP.
19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Ceritakan dengan singkat sikap saat kamu berdoa!
2. Apa kamu sudah berdoa saat melakukan kegiatan?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
2.
Apa yang kamu rasakan setelah melaksanakan doa?
3.
Manfaat apa yang kamu rasakan setelah melaksanakan doa?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 12 Jam pelajaran ( 4 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami sikap
mengormat, memberi salam serta mengenal dan menerapkan doa dalam agama Buddha
II.
Kompetensi Dasar
1.4 Menerapkan
cara-cara berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas
III. Tujuan Pembelajaran
1.4.1 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
1.4.2 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa penutupan pendidikan agama Buddha
1.4.3 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa sebelum dan sesudah makan
1.4.4 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa sebelum tidur dan bangun tidur.
1.4.5 Peserta
didik dapat mempraktekkan doa sebelum dan sesudah belajar.
IV. Materi Pembelajaran
1.
Doa sebelum belajar.
2.
Doa sebelum makan.
3.
Doa sebelum tidur.
4.
Doa setelah belajar, makan, tidur.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah
pendapat
3. Unjuk kerja
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang macam-macam Doa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti
(60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan
menemukan materi pembelajaran tentang macam-macam doa
·
Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai
catatan.
· Guru bertanya
kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa
|
·
Guru memberikan informasi tentang macam-macam doa
·
Peserta didik mencurahkan pendapatnya tentang macam-macam doa.
|
·
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
kembali tentang macam-macam doa.
·
Guru meluruskan pendapat peserta
didik yang belum benar
· Guru dan peserta
didik melakukan refleksi bersama
|
C.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi
- Urutkan petikan doa
berikut dengan benar !
Terpujilah Sangha
Terpujilah Buddha
Terpujilah Dhamma
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik
melakukan doa penutup dengan
penuh religius.
PERTEMUAN KE
2
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Mengulang doa sebelum belajar.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
Kegiatan Inti
(60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang doa
sesudah belajar.
·
Peserta didik menyiapkan
alat tulis untuk berbagai catatan.
|
· Guru memberikan informasi tentang doa sebelum belajar
·
Peserta didik menirukan
doa sebelum belajar.
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
kembali tentang doa sebelum belajar.
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan reflksi bersama
|
C.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Ulang kembali doa
sebelum belajar
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE
3
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Mengulang kembali doa sebelum dan sesudah belajar.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta didik difasilitasi
oleh guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang doa
sebelum dan sesudah makan.
·
Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum dan sesudah makan
|
·
Guru memberikan informasi tentang doa sebelum dan sesudah makan
·
Peserta didik menirukan
doa sesudah belajar yang diucapkan guru.
|
·
Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang kembali tentang doa sebelum dan sesudah makan.
·
Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan reflksi bersama
|
B.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Ulang kembali doa
sebelum makan
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup.
PERTEMUAN KE
4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang kegiatan yang dilakukan sebelum
tidur.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang doa sebelum
dan sesudah tidur.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang tujuan dari berdoa sebelum
tidur
|
· Guru memberikan informasi tentang
doa sebelum dan
sesudah tidur.
·
Peserta didik menirukan doa sesudah dan sebelum tidur yang diucapkan
guru
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang doa sebelum dan sesudah tidur,
· Guru meluruskan pendapat peserta
didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
|
A.
Kegiatan Akhir
(waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Ulang kembali doa sebelum tidur
3. Peserta didik mengerjakan tugas dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media
- Gambar orang berdoa 2 dimensi
- tape recorder
B. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal
9-11
- Buku paritta.
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes
tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1.
Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
..................................................
3.
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
..................................................
4.
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :
..................................................
Soal
Pertemuan1
1.
Praktikan doa sebelum belajar!
PERTEMUAN KE 2
1.
Praktikkan doa sesudah belajar!
PERTEMUAN KE 3
1.
Praktikkan doa sebelum makan!
2.
Praktikkan doa sesudah makan!
PERTEMUAN KE 4
I. Kerjakan soal berikut dengan
benar!
1. Sebelum dan sesudah melakukan aktifitas kita harus ....
2. Saat berdoa kita bersikap ....
3. Kita berdoa sobelum blajar agar kita lebih ... belajar
4. Setelah slesai berdoa kita mengucapkan ....
5. Selain berdoa, kita juga harus ... supaya pintar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Buddha
Kelas /
Semester : I / 1
Alokasi
Waktu : 12 jam pelajaran (4
pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan kisah-kisah dan
lain-lain yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang
II. Kompetensi Dasar
2.1. Mengidentifikasi tempat ibadah, Rohaniwan, Kitab suci, hari
raya, dan Guru Agung Agama Buddha
III.
Tujuan Pembelajaran
2.1.1 Peserta
didik dapat menyebutkan tempat
ibadah agama Buddha.
2.1.2 Peserta
didik dapat menyebutkan
identitas tempat ibadah agama Budha.
2.1.3 Peserta
didik dapat menyebutkan rohaniawan agama Buddha.
2.1.4 Peserta
didik dapat menunjukkan
perbedaan kehidupan rohaniawan dengan perumah-tangga
2.1.5 Peserta
didik dapat menyebutkan nama kitab suci agama Buddha.
2.1.6 Peserta
didik dapat menjelaskan cara
yang benar penggunaan kitab suci agama Budha.
2.1.7 Peserta
didik dapat menyebutkan hari-hari besar agama Buddha.
2.1.8 Peserta
didik dapat menjelaskan makna
hari-hari besar agama Buddha
2.1.9 Peserta
didik dapat menyebut nama
guru agung agama Buddha.
2.1.10 Peserta
didik dapat menjelaskan cara
menumbuhkan keyakinan kepada Buddha.
IV.
Materi Pembelajaran
1.
Tempat ibadah agama Buddha.
2.
Rohaniawan Buddhis.
3.
Hari raya agama Buddha.
4.
Kitab suci agama Buddha.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah
bervariasi
2. Curah
pendapat
3. Diskusi.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pengertian Vihara.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru mencari dan menemukan materi pembelajaran tentang tempat ibadah..
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang tempat ibadah umat Buddha
|
· Guru memberikan informasi tentang tempat ibadah agama Buddha.
·
Peserta didik menyebutkan tempat ibadah agama Buddha yang sudah mereka
ketahui
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulangnama-nama tempat ibadah agama Buddha.
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Sebutkan nama vihara
di lingkunganmu.
3. Peserta didik mengerjakan tugas
dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE
2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru mencari dan menemukan materi tentang Rohaniwan Agama Buddha dan Kitab suci.agama Buddha.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang Rohaniwan umat Buddha
|
· Guru memberikan informasi tentang tempat ibadah agama Buddha.
·
Peserta didik menyebutkan tempat rohaniwan agama Buddha yang sudah
mereka ketahui
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama menyebutkan rohaniwan agama Buddha dan nama Kitab suci agama Buddha..
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik melakukan reflksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Sebutkan anggota
sangha.
- Apa nama kitab suci
agama Buddha.
3. Peserta didik mengerjakan tugas
dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE
3
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang
hari raya agaa Buddha.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik
difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi tentang hari raya agama Buddha.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang hari raya agama Buddha
|
· Guru memberikan informasi tentang hari raya agama Buddha.
·
Peserta didik menyebutkan
hari raya agama Buddha yang sudah mereka ketahui
|
· Guru dan peserta
didik bersama-sama menyebutkan 4 hari raya agama Buddha .
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan reflksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Sebutkan hari raya
yang sering diperingati di vihara
lingkunganmu.
3. Peserta didik mengerjakan tugas
dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
PERTEMUAN KE
4
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang guru agung.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru mencari dan menemukan materi
tentang Guru agung
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk berbagai catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta
didik tentang Guru Agung agama Buddha
|
· Guru memberikan informasi tentang Guru Agung agama Buddha.
·
Peserta didik menjelaskan pengertian guru agung agama Buddha yang sudah mereka ketahui dari sumber lain
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama menyebutkan nama guru Agung agama Buddha .
· Guru meluruskan pendapat peserta didik yang belum benar
·
Guru dan peserta didik
melakukan reflksi bersama
|
C. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan
2. Refleksi:
- Sebutkan Guru Agung
Umat Buddha
- Mengapa Buddha di
sebut Guru Agung
3. Peserta didik mengerjakan tugas
dari guru
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup.
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media:
- Gambar
Vihara, Bikkhu 2 dimensi
- Gambar
Buddha 2 dimensi
- Kitab suci
B. Sumber :
- Buku
pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal 17-35
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian
Proses Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
..................................................
3.
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
..................................................
4.
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : ...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar
!
1.
Umat buddha melaksanaka puja bhakti di ....
2.
Tempat ibadah umat Buddha yang lebih kecil dari Vihara
disebut ....
3.
Di dalam vihara terdapat ....
4.
Tempat tinggal Bhikkhu disebut ....
5.
Selain Vihara dan cetiya tempat ibadah umat Buddha
adalah ....
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Rohaniawan Buddha yang laki-laki disebut ....
- Calon Bhikkhu disebut ....
- Bhiksu, Bhiksuni tinggal di ....
- Kita memanggil Bhiksu dengan sebutan ....
- Pakaian Bhiksu disebut ....
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Kitab suci agama Buddha adalah ....
- Tipitaka artinya ....
- Hari waisak disebut juga hari ....
- Selain Waisak, hari raya agama Buddha adalah ....
- Pada hari Katina umat Buddha berdana kepada ....
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Guru agung umat Buddha adalah ....
- Ajaran Buddha disebut ....
- Buddha menyayangi semua ....
- Buddha adalah guru para ... dan ....
- Untuk megamalkan ajaran Buddha kita harus berbuat ... dalam kehidupan sehari-hari.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 2 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
2.
Mengungkapkana indentitas
agama Buddha
II. Kompetensi Dasar
2.2. Mengenali Buddha
rupang, panji Buddha, Stupa, Cakra dan Swastika
III.
Tujuan Pembelajaran
2.2.1
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam rupang.
2.2.2
Peserta didik dapat menelaskan pengertian Buddharupam/ Bodhisatva
rupang.
2.2.3
Peserta didik dapat menjelaskan makna Buddharupam.
2.2.4
Peserta didik dapat menyebutkan warna panji buddhis.
2.2.5
Peserta didik dapat menjelaskan makna warna panji buddhis.
2.2.6
Peserta didik dapat menyebutkan simbol-simbol agama
Buddha
2.2.7
Peserta didik dapat menunjukkan simbol stupa,
2.2.8
Peserta didik dapat menunjukkan simbol cakra.
2.2.9
Peserta didik dapat menunjukan simbol swastika.
2.2.10
Peserta didik dapat menunjukkan simbol daun Bodhi,
2.2.11
Peserta didik dapat menunjukkan
simbol bunga teratai.
IV.
Materi Pembelajaran
Simbol-simbol Buddhis.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Unjuk kerja
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE
1
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang
simbol-simbol Buddhis.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta
didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang simbul-simbul Buddhis
·
Peserta didik menyiapkan
alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada
peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
·
Penjelasan tentang Simbul-simbul Buddhis
·
Peserta didik nama-nama simbul Buddhis
·
Peserta didik memaparkan
hasil kerjanya di depan kelas
|
·
Guru
dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang Simbul-simbul Buddhis.
·
Guru meluruskan hasil
jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi bersama-sama
|
B. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
- Sebutkan 4 simbul Buddhis!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE
2
A.
Kegiatan Awal
(20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang makna simbul Buddhis.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh
peserta didik
|
· Penjelasan tentang makna simbul
Buddhis
· Peserta didik membuat tugas yang diberikan oleh guru
·
Peserta
didik memaparkan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang tentang makna simbul
Buddhis
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang
belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
B. Kegiatan Akhir (waktu 25 menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi :
- Warnailah Gambar berikut
dan sebutkan namanya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan
datang.
4. Guru dan peserta
didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/
Sumber
A. Alat/Media
- Gambar simbol 3 dimensi.
- Gambar simbol 2 dimensi.
B. Sumber
- Buku pelajaran Agama Buddha Kelas 1 hal 40-41
- Buku kebahagiaan dalam Dhamma.
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran tes tertulis dan lisan
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
.................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
- Sebutkan 3 lambang Buddhis!
- Buddha rupang melambangkan ... Buddha.
- Jumlah warna bendera Buddhis ada ... warna
- Warna biru melambangkan ....
- Warna putih dalam bendera Buddhis melambangkan ....
PERTEMUAN KE 2
2.1. Isilah titik-titik pada soal berikut
dengan jawaban yang benar!
1. Swastika sebagai ….
2. Stupa digunakan sebagai tempat penyimpanan ….
3.
Siripada
berupa … Buddha
4.
Cakra
memiliki makna pemutaran ….Dhamma
5.
Nama
daun yang digunakan sebagai simbul Buddhais adalah ….
II, Buatlah gambar lambang Buddhis!
No comments:
Post a Comment