RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi Waktu :
3 Pertemuan ( 9 jam Pelajaran )
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelakan masa pendidikan pangeran
Sidharta.
I.
Standar
Kompetensi
1. Mengungkapkan cerita pada masa pendidikan
Pangeran Siddharta.
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Menjelakan masa pendidikan pangeran Sidharta.
III.
Tujuan Pembelajaran
1.1.1 Peserta didik dapat menjelaskan masa pendidikan Pangeran Siddharta.
1.1.2 Peserta didik dapat menyebutkan nama guru yang mengajar Pangeran Sidharta
Gotama
1.1.3 Peserta didik dapat menjelaskan kelebihan Pangeran Siddharta pada masa
pendidikan
1.1.4 Peserta didik dapat menyebutkan cara belajar Pangeran Siddharta
1.1.5
Peserta
didik dapat menjelaskan
jenis-jenis pendidikan yang diberikan kepada Pangeran Sidharta Gotama.
IV.
Materi Pembelajaran
1. Masa Pedidikan Pangeran Sidharta.
V. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode :
a. Ceramah bervariasi
b. Curah pendapat
c. Diskusi
2. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan
penuh relerius
2. Tanya jawab tentang masa pendidikan pangeran
Sidharta.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi informasi tentang masa pendidikan Pangeran Sidharta.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang informasi tentang masa pendidikan Pangeran
Sidharta.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya
didepan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang masa pendidikan Pangeran Siddharta
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :Buatlah cerita saat kamu masuk
sekolah di SD!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 1I
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan
2. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan yang
lalu
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi kecerdasan, perilaku pangeran Sidharta.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang kecerdasan, perilaku pangeran Sidharta.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru
· Siswa mepresentasikan hasil kerjanya di depan
kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang kecerdasan pangeran Siddharta.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: bagaimana cara berprilaku yang baik di masyarakat, di
rumah, di sekolah.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 1II
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan
2. Tanya jawab tentang pelajara yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi cara berkonsentrasi dalam belajar
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara berkonsentrasi dalam belajar
· Siswa berdiskusi tentang cara
membagi waktu belajar
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan
kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang cara berkonsentrasi dalam belajar.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Apa saja manfaat yang
diperoleh dari melakukan konsentrasi dalam belajar!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
- gambar pangeran Sidharta sedanh belajar.
B. Sumber:
- Buku
PAB kelas VI hal 4-5
- Buku
Riwayat Hidup Buddha Gotama.
- Buku
Sang Buddha dan Ajarannya.
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : …………………………………
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………;
SOAL
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Pangeran Sidharta bersekolah pada usia ….
2. Apa saja yang diajarkan oleh
gurunya kepada Pangeran Sidharta?
3. Berapa jumlah guru Pageran
Sidharta?Sebutkan 1 nama gurunya!
4. Bagaimana kesimpulan belajar
pangeran Sidharta?
5. Selain pandai dalam pelajaran, Pangeran
Sidharta sika melakukan ….
PERTEMUAN KE 1I
I.
Kejakan
Soal berikut dengan benar!
- Pangeran Sidharta menjadi murid kesayangan gurunya karena ….
- selain memperoleh pelajaran tentang berhitung dan ilmu pengetahuan yang lain, pangeran Sidharta jiga diberi pelajaran tentang ….
- Apakah Pangeran Sidharta sering menyalahgunakan keahliannya?
- Apa kegemaran pangeran Sidharta?
- Mengapa pangeran Sidharta berbeda dengan teman-temannya?
II. Buatlah gambar Pangeran Sidharta yang
sedang belajar!
PERTEMUAN KE 1II
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Pada usia berapa Pangeran Sidharta bersekolah?
- Apakah pangeran Sidharta sekolah di sekolah umum?
- Bgaimana kemam[uan [angeran Sidharta saat belajar?
- Apa yang dilakukan Pangeran Sidharta setelah belajar denan gurunya?
- Apa saja yang dipelajari pangeran Sidharta dari guru-gurunya?
- Apa kegemaran pangeran Sidharta?
- Apa yang membedakan Pangeran Sidharta dengan anak lain seusianya?
- Apa pangeran Sidharta pernah menggunakan keahliannya untuk menyakiti makhluk lain?
- Apa teman pangeran Sidharta mau diajak latihan bermeditasi?Apa alasannya?
- Bagaimana sikap pangeran Sidharta terhadap teman-temannya?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI/ 1
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran
(3 pertemuan)
Kompetensi Dasar : 1.2 meneladani semangat belajar Pangera
Sidharta.
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan cerita pada masa pendidikan
Pangeran Siddharta
II.
Kompetensi Dasar
1.2 Meneladani semangat belajar Pangeran Siddharta
III. Tujuan Pembelajaran
1.2.1 Menjelaskan cara-cara belajar P Siddharta
1.2.2 Mempraktekkan cara menjadi anak pandai
1.2.3 Menjelaskan semangat belajar tinggi.
IV. Materi Pembelajaran
1. Teladan pageran Sidharta.
2. Kita bisa kalau berusaha.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceranah bervariasi
2. Curah pedapat
3. Diskusi
4. Tugas
B. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan
penuh religius
2. Tanya jawab semangat belajar pangeran Sidharta.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara belajar dengan semangat
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala
catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara belajar dengan semangat
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara belajar dengan semangat
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Susunlah jadwal kegiatanmu di rumah sejal bangun
tidur hingga mau tidur lagi!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
d. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
3. Tanya jawab tentang
pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara membagi waktu belajar
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara membagi waktu antara bermain dan
belajar/
· Siswa berdiskusi tentang cara
membagi waktu belajar
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu
guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi;
Bagaimana cara membagi waktu bermain dengan belajar supaya
prestasimu lebih baik ?
3. Guru memberikan
tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
d.
Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Tanya jawab
tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang contoh cara belajar yang baik
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Menjelasan tentang cara belajar yang baik dan efisien
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang cara belajar yang baik dan efisien.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Buatlah 4 contoh cara belajar yang baikdan efisien!
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/
Sumber :
A. Alat/Media:
- gambar 2 dimensi pangeran Sidharta yang
sedang belajar.
-
gambar siswa yang menerima hadiah karena juara kelas.
B. Sumber:
- Buku
PAB kelas VI hal.1-2
- Buku
riwayat Buddha Gotama.
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
- Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : ……………………………….
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- Sebutkan lima hal yang bisa kamu contoh dari pangeran Sidharta!
- Apa manfaat dari semangat belajar?
- Apa yang harus kita lakukan jika ada hal yang tidak kita mengerti?
- Apa akibatnya jika kita tidak semangat belajar?
- Apa yang dimiliki oleh anak yang semangat belajar?
PERTEMUAN KE 2
a.
Buatlah
daftar kegiatanmu dalam seminggu!
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- Alasan apa yang harus kita renungkan untuk menumbuhkan semangt belajar?
- Apa yang diperoleh dari semangat belajar?
- Apa yang harus kamu lakukan jika tidak mengerti dalam belajar?
- Sebutkan 3 manfaat dari semangat belajar!
- Apa yang harus kita lakukan agar menjadi orang berguna bagi orang lain?
- Sebutkan 3 contoh yang bisa kamu contoh dari Pangeran Sidharta!
- Siapa aja teman pangeran Sidharta?
- Bagaimana kamu harus memperlakukan tamanmu yang kurang pintar?
- Apa yang kamu lakukan apabila kamu menjadi juara kelas?
- Bagaimana cara menghormati guru?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi
Waktu : 3x3x35 menit
I.
Standar Kompetensi
2. Memahami perumpamaan-perumpamaan cerita agama
Buddha yang populer
II.
Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan tentang perumpamaan rumah terbakar
III.
Tujuan Pembelajaran
2.1.1 Menceritakan
perumpamaan rumah Besar yang terbakar
2.1.2 Mejelaskan arti perumpamaan rumah besar yang terbakar
2.1.3 Menjelaskan sumber penderitaan makhluk hidup
2.1.4 Menjelaskan cara /jalan untuk membebaskan penderitaan
IV. Materi Pembelajaran
Rumah yang terbakar
Makna dari kisah rumah terbakar.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
B. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Tanya
jawab tentang rumah terbakar
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang perumpamaan rumah yang terbakar
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang perumpamaan rumah yang terbakar
· Siswa mediberikan gurungerjakan
tugas yang
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang perumpamaan rumah yang terbakar
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan
Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Siapa saja tokoh yang terdapat dalam
cerita rumah yang terbakar?
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan
3. Tanya
jawab tentang pelajaran yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang makna
dari kisah rumah yang terbakar
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang
makna dari kisah rumah yang terbakar
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan guru dengan seksama.
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang makna yang terkandung dalam kisah rumah
yang terbakar.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Apa makna yang terkandung dalam cerita rumah yang terbakar?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religious.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh siswa.
|
·
Penjelasan tentang
· Siswa
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
3. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Isilah kolom berikut dengan jawaban yang benar dengan cara menodohkan dengan jawaban
yang ada di kolom lajur kanan dengan menar!ik garis lurus.
Sadharma Pundarika Sutra
|
Ayah
|
|
Mainan diibaratkan sebagai
|
Sutra bunga teratai
|
|
Para siswa dalam kisah rumah terbakar
|
Dharma / Dhamma
|
|
Buddha dalam kisah rumah terbakar
|
Umat manusia yang masih diliputi nafsu
|
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-
Gambar rumah terbakar
B. Sumber:
- Buku
pelajaran Agama Buddha Ehipasiko Kelas V ha. 12-17
- Buku
pegangan Guru
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran: tes tertulis dan
lisan
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- Pertwmuan 2 dilaksanakan pada : ..................................................
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ...................................................
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan Soal berikut dengan benar!
- Siapa saja tokoh yang terdapat pada kisah rumah terbakar?
- dalam perumpamaan kisah rumah terbakar merupakan upaya piawai Buddha untuk menyelamatkan siapa?
- Apa yang dikatakan oleh ayah dalam kisah rumah terbakar?
- Ketika rumah mereka terbakar dimana anak-anak bermain?
- Upaya apa yang dilakukan ayah untuk menyelamatkan anak-anaknya?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- mengapa Buddha mengajar pada siswanya dengan perumpamaan?
- Dalam kisah rumah terbakar ayah diibaratkan sebagai siapa?
- Apa yang mengancam kehidupan kita?
- Para siswa Buddha diibaratkan sebagai apa dalam kisah rumah terbakar?
- Anak-anak yang berusaha keluar dengan susah payah diibaratkan oramg-orang yang mempraktikkan ….
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- Kisah rumah terbakar dimuat dalam kitab ….
- Ayah dalam kisah rumah terbakar melambangkan ….
- Rumah terbakar dalam cerita “Rumah yang terbakar” melambangkan ….
- Anak-anak dalam cerita rumah terbakar melambangkan ….
- Buddha mengajarkan Dhamma dengan perumpamaan karena ….
- Buddha memberikan . . . kepada kita untuk membebaskan diri dari penderitaan.
- Pesan yang disampaikan dalam kisah rumah yang terbakar adalah ….
- Sebutkan 5 yang bisa kamu lakukan agar hidup kamu sesuai dengan ajaran Buddha!
- Buddha mengajarkan Dharma kepada kita. Yang harus kita lakukan adalah ….
- Sadharma Pundarika sutra disebut juga sutra ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi Waktu :
9 Jam pelajaran ( 3 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2.
Memahami perumpamaan-paerumpamaan cerita agama Buddha yang populer
II. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan perumpamaan tentang orang yang
terkena naka panah.
III. Tujuan Pembelajaran
2.3.1 Menceritakan perumpamaan perumpamaan orang terluka kena
panah beracun.
2.3.2 Menjelaskan makna perumpamaan orang yang terluka kena
panah beracun
2.3.3 Menjelaskan sikap kita pada hal-hal yang tidak membawa
kemajuan batin
2.3.4 Menyebutkan satu
hal yang disesali anak yang tidak mau minum obat.
IV. Materi Pembelajaran
Perumpamaan orang yang
terkena anak panah. Dalam perumpamaan orang yang terkena anak panah mengandung makna bahwa kita
harus lebih mendahulukan hal-hal yang lebih bermanfaat.
V. Kegiatan Pembelajaran
1.
Metode
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
d. Demontrasi
2.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa dan Guru melakukan doa pembukaan
pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya tentang orang yang terkena panah beracun
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cerita orang yang terkena anak panah
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang certia orang yang terkena anak panah
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang caritas orang yang terkena anak panah
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Siapa saja tokoh yang ada di dalam cerita orang yang terkena anak panah?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa
dan Guru melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya tentang orang yang terkena panah beracun
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang makna yang terkandung dalam cerita orang yang
terkena anak panah.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang
· Siswa
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Apa makna yang terkandung dalam cerita orang yang terkena anak panah.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa
dan Guru melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya tentang perkataan yang tidak bermanfaat
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentasng cerita kura-kura yang cerewet.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cerita kura-kura yang cerewet
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Apa makna yang terkandung dalam cerita kura-kura yang cerewet.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Gambar orang yang terkena anak panah
B. Sumber
1. Buku PAB Kelas 6 Ehipassiko hal 28-35 dan hal38-43
2. Buku Ikhtisar Tipitaka hal
VII.Alat Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Penilaian
Proses
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
B. Bentuk
Penilaian
1. Tes tertulis dan tes praktik
C. Alat
penilaian
Soal
terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
a.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
b.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
c.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : ……………………………….
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Apa makna yang terkandung dalam kisah
orang yang terkena anak panah?
2. Apa yang seharusnya dilakukan oleh orang
yang terkena anak panah?
3. Apa yang harus kita lakukan dengan
ajaran Buddha?
4. Beri 3 contoh sikap mempraktikkan ajaran
Buddha!
5. Mengapa kita harus mendahulukan hal yang
bermanfaat?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Sutta apa yang memuat tentang kisah orang
terkena anak panah?
2. Siapa nama pemuda yang bertanya tentang
hal yang tidak bermanfaat kepada Buddha?
3. Mengapa Buddha tidak menjawab pertanyaan
Malunkya?
4. Mengapa kita harus mendahulukan hal yang
bermanfaat?
5. Kapan kita harus mulai menjalani ajaram
Buddha?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Pesan apa yang dapat kita ambil dari
cerita kura-kura yang cerewet?
2. Apa manfaat dari mengendalikan ucapan kita/
3. Sebutkan 3 contoh ucapan yang
bermanfaat!
4. Ucapan yang bagaimana yang harus
kita kembangkan?
5. Apa alkibatnya jika tidak dapat
mengendalikan ucapan kita?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V I/ 1
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran ( 3 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2.
Memahami perumpamaan-perumpamaan cerita agama Buddha yang populer
II.
Kompetensi Dasar
2.3
Menjelaskan tentang perumpamaan kembalinya anak yang hilang.
III.
Tujuan Pembelajaran
2.3.1. Menceritakan tentang perumpamaan kembalinya anak yang
hilang.
2.3.2. Menjelaskan makna perumpamaan tentang kembalinya anak
yang hilang.
2.3.3. Menjelaskan sikap anak terhadap warisan yang diberikan
orang tua
2.3.4. Menjelaskan warisan yang diberikan Buddha kepada umatnya.
IV.
Materi Pembelajaran
Cerita
Kembalinya anak yang hilang dan orang kaya yang
egois
V.
Kegiatan Pembelajaran
1. Metode
:
a.
Cersamah
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
2. Langkah-langkah
pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Siswa
dan Guru melakukan doa pembukaan pendidikan agama
Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya tentang kembalinya anak yang hilang
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi cerita anak yang meninggalkan orangtuanya.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cerita anak yang meninggalkan orang tuanya
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang kisah anak yang meninggalkan orangtuanya.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
bagaimana cara menjadi anak yang
berbakti kepada orangtua?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa dan Guru melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya tentang
pelajaran pada pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang orang kaya yang egois
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cerita orang kaya yang egois
· Siswa mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang serita orang kaya yang egois
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: paparkan apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi orang kaya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Siswa
dan Guru melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang cara menumbuhkan perbuatan baik dalam diri sindiri dan orang lain.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tetang cara membagi kebahagian kepada orang lain.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tetang cara membagi
kebahagian kepada orang lain.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tetang cara membagi kebahagian kepada orang lain.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan daftar orang yang akan kamu bantu jika kamu menjadi orang kaya!
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber
A. Alat/Media
1. Gambar
orang yang egois dan kejam
2. Gambar
orang yang sedang berdana
B. Sumber
1. Buku
PAB kelas 6 Ehipasiko hal 28-33 dan49-56
VII.
Alat Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Penilaian
Proses
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran
B. Bentuk
Penilaian
1. Tes tertulis dan Non tes
C. Alat
penilaian
Soal
terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Apa makna yang dapat kita ambil dari kisah
kembalinya anak yang hilang?
2. Anak yang hilang dalam kisah “ Kembalinya
anak yang hilang” melambangkan apa?
3. Apa yang dimaksud dengan harta warisan
dalam kisah kembalinya anak yang hilang?
4. Bagaiman cara Buddha mengajarkan
ajarannya?
5. Ayan dalam kisah “ Kembalinya anak yang
hilang” melambangkan apa?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Siapa nama tokoh dalam kisah “Orang kaya
yang egois”?
2. Mengapa Bhikkhu Kassapa mencari dana di
Daerah yang miskin?
3. Siapa saja yang diuntungkan jika kita
mengajak orang lain berbuat baik?
4. Apa manfaat mengajak orang berbuat baik?
5. Apa yang akan kita lakukan jika kita
berkesempatan untuk melakukan kebajikan?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Berilah 2 contoh perbuatan mulia!
2. Ayah dalam kiash “ Anak Yang hilang” melambangkan apa?
3. Mengapa Buddhadharam merupakan harta
warisan yang tidak ternilai harganya?
4. Berilah contoh sikap yang sesuai dengan
ajaran Buddha!
5. Kepada siapa saja Buddha memberikan
ajarannya?
mohon ijin donwload, terimakasih
ReplyDelete