RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 4 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami puja bhakti
II.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan makna,
tujuan dan manfaat melaksanakan puja bhakti
III.
Tujuan Pembelajaran
3.1.1. Peserta
didik dapat menjelaskan makna puja
bakti
3.1.2. Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan
melaksanakan puja bhakti
3.1.3. Peserta
didik dapat menjelaskan berbagai
macam cara melaksanakan puja bhakti
3.1.4. Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat
melaksanakan puja bhakti
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Puja Bhakti.
Puja Bhakti adalah penghormatan yang
dilakukan dengan sepenuh hati.
2. Makna dari Puja Bhakti.
a. Menghormati dan merenungkan sifat-sifat
luhur Buddha.
b. Memperkuat keyakinan terhadap Tri
Ratna
c. Membina 4 sifat luhur
d. Mengulang dan merenungkan kotbah-kotbah
Buddha.
e. Melakukan Anumodana.
3. Macam-macam Puja Bhakti
a. Puja Bhakti umum
b. Puja Bhakti pembukaan dan penutupan
pelajaran Agama Buddha.
4. Manfaat Puja Bhakti.
a. Meningkatkan keyakinan terhadap
Tuhan Yang Mahaesa, Tiratana, Bodhisatva
b. Memiliki kepuasan
c. Memupuk kerendahan hati
d. Pikiran menjadi tenang
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah
bervariasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi.
4. Penugasan
B. Langkah-langkah
Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang Puja Bhakti.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian puja bhakti
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian puja bhakti
· Siswa mengertjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian puja bhakti
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan dimana saja kita dapat melaksanakan puja
bhakti!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang makna pelaksanaan puja bhakti
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang makna dibalik puja bhakti
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang makna dibalik puja bhakti
· Siswa mengertjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang makna dibalik puja bhakti
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan makna yang terkandung dalam pelaksanaan
puja bhkati.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru
bertanya tentang macam-macam Puja
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang macam-macam puja bhakti
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang macam-macam puja bhakti
· Siswa mengertjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang macam-macam puja bhakti
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 4 Macam puja bhakti!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan
penuh religius
b. Guru bertanya tentang manfaat puja bhakti
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang manfaat puja bhakti
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang manfat puja bhakti
· Siswa mengertjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang manfaat puja bhakti
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 4 manfaat dari melakukan puja bhakti!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media :
1. Gambar orang sedang melakukan puja
bhkati
2. VCD Paritta suci
B. Sumber :
1. Buku PAB Kelas IV Ehipassiko hal 56-61
2. Buku pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Kelas 4 Departemen Agama RI Hal
3. Buku PAB Kelas 4 Paramita hal 33-35
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
Tes tertulis dan praktik
B. Teknik Penilaian:
1. Tes
tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian:
Soal
terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Keterangan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ..........................................................................
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :
.........................................................................
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan Soal berikut dngan jawaban yang benar!
- Jelaskan pengertian puja bhakti!
- Sebutkan 2 jenis puja!
- Jelaskan pengertian amisapuja!
- Jelaskan pengertian patipattipuja!
- Berilah 3 contoh amisa puja!
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan Soal berikut dngan jawaban yang benar!
- Apa 3 makna yang terkandung dibalik puja bhakti?
- Bagimana cara memanjatkan paritta yang benar?
- Apa makna yang terkandung dalam paritta Buddhanussati?
- Metta sutta merupakan paritta untuk memancarkan ....
- Apa makna yang terkandung dalam pembacaan saccakiriya gatha?
PERTEMUAN
KE 3
Kerjakan Soal berikut dngan jawaban yang benar!
- Sebutkan 4 macam puja bhakti!
- Jelaskan pengetian puja bhakti umum!
- Jelaskan perbudaan puja bhakti umum yang dihadiri bhikkhu dengan yang tidak dihadiri oleh Bhikkhu!
- Tuliskan urutan paritta yang dibacakan pada puja bhakti yang dihadiri oleh Bhikkhu!
- Apa tujuan puja bhakti sebelum pendidikan agama dimulai!
PERTEMUAN
KE 4
Kerjakan Soal berikut dngan jawaban yang benar!
- Sebutkan 4 manfaat dari melakukan puja bhakti!
- Berapa kali dalam sehari umat Buddha melakukan puja bhakti?
- Dimana saja umat buddha melakukan puja bhakti umum?
- Apakah hanya dengan melakukan puja bhakti kita dapat mencapai pembebasan?
- Mengapa kalau kita melakukan puja bhakti pikiran kita mnejadi lebih tenang?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 4 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
3.Memahami puja Bhakti
II.
Kompetensi Dasar
3.2. Membiasakan diri untuk
selalu melaksanakan puja bhakti
III.
Tujuan Pembelajaran :
3.2.1. Peserta didik dapat menyebutkan sikap dalam puja bakti
3.2.2. Peserta didik dapat menjelaskan cara membaca Paritta
3.2.3. Peserta didik dapat menjelaskan macam- macam
puja bakti
3.2.4. Peserta didik dapat melakukan kebaktian pembukaan dan penutupan pelajaran
agama Buddha
3.2.5. Peserta didik dapat menjelaskan ciri puja bakti yang dihadiri Bhiku tidak di hadiri Bhikkhu
3.2.6. Peserta didik dapat membacakan paritta permohonan tuntunan Pancasila dan
tisarana pada Bhikkhu
3.2.7. Peserta didik dapat membaca parita Aradana Dhammadesana
3.2.8. Peserta didik dapat menyebutkan sarana Puja bakti
3.2.9. Peserta didik dapat menjelaskan makna persembahan
3.2.10. Peserta didik dapat memanjatkan paritta untuk puja bakti
IV.
Materi Pembelajaran :
Sarana Puja Bhakti
Sarana Puja Bhakti adalah alat dan
benda persembahan yang digunakan untuk melakukan puja bakti.
1. Buddha Rupang
2. Benda-benda persembahan
3. Alat-alat puja lainnya.
4. Paritta-paritta suci
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode:
1. Ceramah
bervariasi
2. diskusi / curah
pendapat.
3. Demonstrasi.
4. Penugasan
B. Langkah-langkah
Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang Sarana Puja bhakti
3. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang sarana Puja Bhakti
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang sarana Puja Bhakti
· Siswa mengertjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sarana Puja Bhakti
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 5 sarana Puja Bhakti!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang Paritta untuk Puja bhakti
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara membaca paritta, gatha.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang membaca paritta atau gatha.
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara membaca paritta dan gatha.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Isilah kolom berikut dengan jawaban yang benar!
No
|
Soal
|
Jawaban
|
1.
|
Dibaca ng ditulis dengan ....
|
|
2.
|
e.o dibaca ...
|
|
3.
|
Jika dibaca Buddhang ditulis ....
|
|
4.
|
Araham dibaca ....
|
|
5.
|
Saranam dibaca ....
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang arti paritta Puja bhakti
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara melafalkan paritta.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara melafalkan paritta
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Lafalkan Vancana dan Tisarana dengan benar!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan dengan penuh religius
2. Guru bertanya
tentang cara melakukan puja bhakti
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara melaksanakan puja bhakti.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara melaksanakan puja bhakti.
· Siswa mendemontrasikan cara melaksanakan puja
bhakti.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara melaksanakan puja bhakti.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Lakukan puja bhakti singkat!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber:
A.
Alat/Media :
1. Gambar orang sedang melakukan puja bhkati
2. VCD Paritta suci
B. Sumber:
1. Buku PAB Kelas IV Ehipassiko hal
2. Buku pegangan Guru
Pendidikan Agama Buddha Kelas 4 Departemen Agama RI Hal
3. Buku PAB Kelas 4 Paramita hal
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
Pengamatan
2. Penilaian Hasil
Pembelajaran:
Tes tertulis dan praktik
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Keterangan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
.........................................................................
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :
........................................................................
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Sebutkan 5 sarana puja bhakti!
- Sebutkan 4 benda persembahan!
- Dimana sarana dan benda bersembahan di letakkan?
- Keharuman Dhamma dilamabangkan dengan wujud persembahan apa?
- Apa manfaat dari rupam Buddha?
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Vokal apa saja yang dibaca panjang!
- m. n dibaca apa?
- Mengapa paritta harus dibaca dengan hikmat?
- nn yang diberi centang diatasnya dibaca apa?
- Apa makna yang terkandung dalam paritta etavata?
PERTEMUAN
KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Araham sammasambuddho bhagava, Buddham bhagavantam abhivademi petikan dari paritta apa?
- Tuliskan paritta vandana !
- Tuliskan paritta tisarana bait pertama!
- Bagaimana bunyi paritta tisarana bait ketiga?
- Bagimana bunyi paritta pancasila sila kedua?
PERTEMUAN
KE 4
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Siapa yang mengatur jalannya puja bhakti?
- Siapa yang memberikan ceramah Dhamma jika puja bhakti dihadiri oleh Bhikkhu?
- Paritta apa yang dibacakan saat umat mohon tutunan tisarana, pancasila?
- Paritta apa yang dibacakan untuk memohon ceramah kepada bhikkhu?
- Tuliskan susunan acara puja bhakti umum yang tiak dihadiri Bhikkhu!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 2 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
4.mengungkapkan sejarah candi-candi Buddha di
Indonesia
II.
II. Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan candi-candi Buddhis di
Indonesia
III.
III. Tujuan
Pembelajaran :
1. Siswa dapat Menjelaskan
pengertian Candi
2. Siswa dapat Menyebutkan nama-nama
candi Buddhis di Indonesia
3. Siswa dapat Menjelaskan Fungsi Candi
IV.
IV. Materi Pembelajaran :
- Pengertian Candi
Candi pada dasarnya merupakan bentuk
besar dari stupa.
- Nama-nama Candi Buddhis di Indonesia
Candi-candi Buddhis di Indonesia
yaitu : candi Borobudur, Canci Mendut, Canci Pawon, Candi Kalasan, Candi
Sojiwan, Candi Plaosan, Candi Sewu, Candi Sari, Candi Ngawean, Candi Jago,
Candi Kidal, Candi Muaro (Muara Takus), Candi Biaro ( Gunung tua ).
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
B. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
a. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
b. Guru bertanya tentang pengertian Candi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian candi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian candi
· Siswa mencurahkan pendapatnya tentang pengerian
candi
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian candi
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Jelaskan ciri-ciri candi Buddhis !
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang Manfaat Candi Buddhis
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang manfaat candi Buddhis
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Mnafaat candi Buddhis
· Siswa berdiskusi tentang perbedaan candi Buddhis
dengan candi Hindu.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang manfaat candi Buddhis
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 2 perbedaan yang mendasar antara canci
Buddhis dengan candi Hindu!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious.
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A.
Alat/Media:
1. Gambar
Candi Buddhis
B.
Sumber:
1. Buku PAB Kelas IV Ehipassiko hal 56-61
2. Buku pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Kelas 4 Departemen Agama RI
Hal....
3. Buku PAB Kelas 4 Paramita hal 33-35
VII. Penilaian
A.
Prosedur Penilaian:
1.
Penilaian Proses:
Pengamatan
2.
Penilaian Hasil Pembelajaran:
Tes tertulis dan praktik
B. Teknik
Penilaian:
1.
Tes tertulis
2. Non tes
C. Alat
Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino, S.Ag.,
M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Keterangan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Jelaskan pengertian candi!
- Apa fungsi candi pada jaman nenek moyang dulu?
- Apa yang harus dilakukan sewaktu kita datang ke candi?
- Siapa yang wajib menjaga kelestarian candi?
- Sebutkan 7 nama candi yang berada di Indonesia!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Sebutkasn 6 nama candi Buddha yang berada di daerah Jawa Tengan!
- Sebutkan nama candi Buddha yang berada di Jawa Timur!
- Sebutkan 2 nama candi Buddha yang berada di luar pulau Jawa!
- Jelaskan perbedaan candi Buddha dengan Candi Hindu!
- Jelaskan manfaat candi Buddha pada jaman sekarang!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 12 Jam Pelajaran (4 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
4.Mengungkapkan
Candi-candi Buddha di Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
4.1
Menjelaskan makna, tujuan dan manfaat melaksanakan puja
bhakti
III.
Tujuan Pembelajaran
4.1.1. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi candi
4.1.2. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri candi Buddhis
4.1.3. Peserta didik dapat menggambar setupa sebagai ciri candi agama Buddha
4.1.4. Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam candi peninggalan agama Buddha
4.1.5. Peserta didik dapat menjelaskan candi Borobudur
4.1.6. Peserta didik dapat menjelaskan candi Mendut
4.1.7. Peserta didik dapat menjelaskan candi Pawon
4.1.8. Peserta didik dapat menjelaskan candi Kalasan
4.1.9. Peserta didik dapat menjelaskan candi Sambi sari
4.1.10. Peserta didik dapat menjelaskan candi Sewu
4.1.11. Peserta didik dapat menjelaskan candi Plaosan
4.1.12. Peserta didik dapat menjelaskan candi Jago
4.1.13. Peserta didik dapat menjelaskan candi Kidal
4.1.14.
Peserta
didik dapat menjelaskan
candi Muara Takus
IV.
Materi Pembelajaran
Sejarah
Singkat Berdirinya candi-candi Buddhis di Indonesia
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode:
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
B.
Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
2. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya tentang Sejarah singkat Candi Borobudur
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang swejarah singkat berdirinya candi Borobudur.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang sejarah singkat berdirinya candi Borobudur.
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sejarah singkat berdirinya Candi Borobudur.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 3 ciri candi Borobudur !
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru dan siswa
membahas PR
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang sejarash singkat berdirinya candi Mendut.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang sejarah singkat beerdirinya candi Mendut
dan candi Pawon..
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sejarah singkat berdirinya candi Mendut dan candi Pawon.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi:
-
Siapa yang membangun candi Mendut?,
-
Sebutkan tiga pratima yang terdapat
di dalam candi Mendut!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang Candi Kalasan
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang ssejarah singkat berdirinya candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Sewu dll.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang ssejarah singkat berdirinya candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Sewu dan
lain-lain .
· Siswa mrngerjakan tugas yang dibeikan guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang ssejarah singkat berdirinya candi Kalasan, Candi Plaosan, Candi Sewu dll.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Isilah kolom berikut dengan jawaban yang benar!
No
|
Nama candi
|
Nama orang yang membangun.
|
1.
|
Kalasan
|
|
2.
|
Plaosan
|
|
3.
|
Sewu
|
|
4.
|
Sojiwan
|
|
5.
|
Bubrah
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang Candi Yang ada di Luar Jawa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang sejarah singkat candi Jago, Candi Kidal, Candi Muaro
dan Candi Gunungtua.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang sejarah singkat candi Jago, Candi Kidal,
Candi Muaro dan Candi Gunungtua.
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sejarah singkat candi Jago, Candi Kidal, Candi Muaro dan
Candi Gunungtua.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Isilah kolom berikut dengan jawaban yang benar!
No
|
Nama candi
|
Nama tempat letaknya
|
1.
|
Candi Jago
|
|
2.
|
Candi Kidal
|
|
3.
|
Candi Muaro
|
|
4..
|
Candi Gunungtua
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A.
Alat/Media:
Gambar Candi Budhis
B.
Sumber:
1. Buku
PAB Kelas IV Ehipassiko hal 56-61
2. Buku
pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Kelas 4 Departemen Agama RI Hal
3.
Buku PAB Kelas 4 Paramita hal ...
4.
Buku Candi-candi Kuno
VII. Penilaian
A. Prosedur
Penilaian:
1.
Penilaian Proses:
Pengamatan
2.
Penilaian Hasil Pembelajaran:
Tes tertulis dan praktik
B. Teknik
Penilaian:
1.
Tes tertulis
2. Non tes
C. Alat
Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Keterangan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
.........................................................................
PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : .........................................................................
Soal
Peretmuan 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Siapa yang membangun candi Borobudur?
- Pada tahun berapa candi Borobudur di bangun?
- Terdiri dari berapa tingkat candi Borobudur?
- Berapa jumlah patung yang ada di candi Borobudur?
- Menceritakankan apa relief yang ada di candi Borobudur?
Peretmuan 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Siapa yang mendirikan candi Mendut?
- Sebutkan 3 pratima( patung) yang ada di candi Mendut!
- Apa nama asli candi mendut?
- Dimana letak candi Pawon?
- Apa fungsi candi pawon bagi yang akan mengunjungi candi Borobudur?
Peretmuan 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Siapa yang mendirikan candi Kalasan?
- Candi Sewu dibangun pada tahun berapa?
- Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Panangkaran, untuk dipersembahkan kepada siapa?
- Candi Sari disebut juga dengan nama....
- Candi Sojiwan merupakan pendermaan Rakriyan Sanjiwana. Rakyan Sanjiwana adalah nama lain dari ratu ....
Peretmuan 4
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Diamana letak Candi Muaro?
- Terdapat bangunan apa saja di komplek candi Muara Takus?
- Candi kelompok Gunung tua berapa dimana?
- Keberadaan Candi Gunungtua menandakan bahwa pada saat itu berkembang agama Buddha aliran ....
- Di Candi Muaro banyak terdapat peninggalan pada masa abat ... dan abat ...
- Dimana letak candi jago dan candi Kidal?
- Siapa yang membangun candi Jago?
- Candi Kidal merupakan tempat untuk meyimpan abu jenasah Raja Anusapati dari kerajaan ....
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran ( 6 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4.
Mengungkapkan sejarah Candi-candi Buddha di Indonesia
II.
Kompetensi Dasar
4.2
Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam rangkaian upacara waisak.
III.
Tujuan Pembelajaran
1.2.1. Menyebutkan tahun ditetapkannya hari Waisak sebagai hari libur nasional
1.2.2. Menyebutkan Tahun
upacara Waisak Nasional di
Borobudur yang pertama
1.2.3. Menyebutkan nama candi-candi sebagai rangkaian upacara Waisak nasional
1.2.4. Menyebutkan contoh kegiatan-kegiatan dalam rangka
memeringati hari waisak Nasional
IV.
Materi Pembelajaran
Nama-nama
candi yang digunakan untuk uapcara Waisak Nasional.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Metode:
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi.
4. Penugasan
B.
Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang Candi yang digunakan untuk upacara Waisak Nasional
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan
materi tentang tentang Candi yang digunakan untuk upacara melaksanakan waisak
nasional
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang Candi yang digunakan untuk upacara
melaksanakan waisak nasional
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan olh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang tentang Candi yang digunakan untuk upacara melaksanakan
waisak nasional
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 2 nama candi yang digunakan untuk
melaksanakan upacara Waisak Nasional.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan
doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang Pelajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Cara Menggamabar Candi atau stupa.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Cara Menggamabar Candi atau stupa.
· Siswa menggambar candi/stupa.
· Siswa memperliharkan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Cara Menggamabar Candi atau stupa.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan susunan acara upacara Waisak Nasional
yang pernah kamu ikuti!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A.
Alat/Media:
1. Gambar
Candi Budhis
B. Sumber:
1. Buku
PAB Kelas IV Ehipassiko hal 56-61
2. Buku
pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Kelas 4 Departemen Agama RI Hal
3.
Buku PAB Kelas 4 Paramita hal 33-35
VII. Penilaian
A. Prosedur
Penilaian:
1.
Penilaian Proses:
Pengamatan
2.
Penilaian Hasil Pembelajaran:
Tes tertulis dan praktik
B. Teknik Penilaian:
1.
Tes tertulis
2. Non tes
C. Alat
Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Keterangan :
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………………………..
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan Soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Candi Yang digunakan untuk melaksanakan upacara Waisak Nasional adalah ....
- Prosesi waisak nasional dimualai dari candi ... dan berakhir di candi ...
- Selain candi Borobudur candi yang digunakan untuk merayakan upacara waisaka adalah candi ...
- Bagi umat Buddha yang taidak merayakan upacara waisak di candi dapat melakukan di ....
- Mulai kapan Hari raya waisak dinyatakan sebagi hari libur Nasional?
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan Soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Gambarkan sebuah stupa atau salah satu candi Buddha yang berada di Indonesia!
- Berilah warna atau diarsir sehingga menjadi indah!
No comments:
Post a Comment