RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : III / 1
Alokasi Waktu :
6 jam pelajaran ( 2 pertemuan)
I.
Standar Kompeten
1. Mengenal dan meneladani sifat-sifat luhur
Pangeran Siddharta
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan sifat-sifat Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak
III.
Tujuan Pembelajaran
1.1.1. Peserta didik
dapat menyebutkan sifat-sifat luhur Pangeran Sidharta pada masa kanak-kanak
1.1.2. Peserta didik
dapat menyebutkan contoh-contoh perbuatan belas kasih Pangeran Siddharta.
1.1.3.
Peserta didik dapat mendefisikan sifat belas kasih yang dilakukan Pangeran Siddharta
dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.4.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh perbuatan
cinta kasih Pangeran Siddharta.
1.1.5.
Peserta didik dapat mendefinisikan sifat cinta
kasih yang di lakukan Pangeran Siddharta.
1.1.6.
Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah-kisah Pangeran Sidharta
menolong burung belibis yang dipanah Devadatta.
1.1.7.
Peserta didik dapat menyebutkan perbuatan-perbuatan Dewadata yang tidak pantas di teladani.
1.1.8. Peserta didik
dapat menyebutkan hasil keputusan sidang pengadilan dalam kisah burung belibis.
IV.
Materi Pembelajaran
1.
Pangeran
Siddharta yang sederhana
V.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Metode:
1. Ceramah bervariasi
2. Bermain peran
3. Curah pendapat
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
(20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang sifat-sifat yang
baik yang pernah dilakukan oleh siswa.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi sikap baik Pangeran
Siddarhta .
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·
|
· Penjelasan tentang sifat-sifat luhur
· Siswa mencurahkan pendapatnya
tentang sifat-sifat yang baik
· Siswa memaparkan pendapatnya
dengan cara bergantian
·
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang sifat-sifat luhur
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
·
|
C Kegiatan Penutup (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Buatlah 5 contoh sikap baik Pangeran Siddharta.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan (20
Menit)
1.
Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2.
Guru
bertanya tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu
3.
Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang
akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Kecakapan
Pangeran Siddharta
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa
|
· Penjelasan tentang kecakapan Pangeran Siddharta
· Siswa bermain peran dengan tema
Kecapanan Pangeran Siddharta.
· Siswa memaparkan pendapatnya
tetang cara mencapai cita-cita
|
· Guru dan siswa bersama-sama cerita
Kecakapan Pangeran Siddharta
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutupan (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Ceritakan
kembali kisah kecakapan Pangeran
Siddharta
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber
A. Alat/Media:
-
Gambar
2 dimensi tentang orang kecelakaan,
burung tertembak.
B. Sumber Pembelajaran:
1. Buku Pelajaran Pendidikan Agama Buddha
Kelas 3 hal 1-9 (ehipasiko)
2. Buku Riwayat Buddha Gotama Hal (Yanwreko)
VII.
Penilaian :
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes tertulis
b. Tes perbuatan
B. Bentuk Penilaian
a.Tes tertulis
b.Tes lisan
C. Alat Penilaian:
Soal Terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………….
SOAL
PERTEMUAN
KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Sebutkan 3 sifat luhur!
2. Mengapa Pangeran Siddharta disukai
oleh teman-temannya?
3. Jika Pangeran Siddharta kurang
mengerti tentang pelajaran apa yang dilakukannyaa?
4. Apa yang dilakukan oleh Pangeran Siddharta
terhadap guru dan teman-temannya?
5. Siapa saja yang menyukai Pangeran
Siddharta?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan Soal Berikut dengan benar!
1. Apakah yang harus kamu lakukan untuk mencapai cita-cita?
2. Mengapa kita harus disiplin dalam segala
hal?
3. Apakah cita-cita dapat diraih hanya dengan
cukup pergi ke vihara saja?
4. Mengapa seorang siswa harus rajin
mengulang kembali pelajaran yang telah di dapat di sekolah?
5. Mengapa seorang siswa harus dapat
membagi antara bermain dan belajar?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 9 jam
pelajaran (9 pertemuan)
I. Standar Kompetensi
1.
Mengenal dan meneladani sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta
II. Kompetensi Dasar
1.2 Meneladani sifat-sifat luhur Pangeran
Siddharta pada masa anak-anak
III. Tujuan Pembelajaran
1.2.1.
Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat luhur pangeran Sidharta yang pantas diteladani dalam kehidupan sehari- terhadap orang
tuanya.
1.2.2.
Peserta didik dapat meneladani sikap Pangeran Siddharta kepada orang tuanya
dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.3.
Peserta didik dapat menjelaskan sikap Pangeran Siddharta kepada sesama teman .
1.2.4.
Meneladani sikap Pangeran Siddharta kepada sesama teman dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.5.
Peserta didik dapat menjelaskan sikap Pangeran Siddharta kepada makhluk lain.
1.2.6.
Peserta didik dapat meneladani sikap Pangeran Siddharta kepada makhluk lain
dalam kehidupan sehari-hari.
1.2.7.
Peserta didik dapat menjelaskan sikap Pangeran Siddharta kepada gurunya.
1.2.8.
Peserta didik dapat meneladani sikap Pangeran Siddharta kepada gurunya dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Materi Pembelajaran
1. Masa Pendidikan Pangeran Siddharta
2. Empat sifat luhur Paqngeran Siddharta
yaitu:
a. Cinta kasih
b. Belas kasih
c. Bijaksana
d. selalu menghormati orang yang patut
dihormati dan berbakti kepada orangtua.
V. Kegiatan Pembelajaran
A.Metode:
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Bermain peran
B.Langkah-langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru
bertanya tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu
3. Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Sifat-sifat luhur yang dimiliki Pangeran Siddharta.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta
· Siswa berdiskudi tentang cara
menconyoh sifat baik Pangeran Siddharta
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang sifat-sifat luhur dan menyanyi empat sifat luhur bersama,
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi : Pangeran Siddharta yang dapat diteladani dalam kehidupan
sehari-hari..
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan
Pendahuluan (20 Menit)
1.
Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.
Guru
bertanya tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu
3.
Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran .
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Pangeran Siddharta menolong burung belibis
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cerita Pangeran Siddharta menolong burung
belibis yang dipanah Dewadata.
· Siswa bermanin peran tantang
pangeran Siddharta menolong belibis.
· Siswa memaparkan pendapatnya
tentang cara menokong hewan yang terluka.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang cerita burung belibis yang terluka.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Geritakan
kembali tentang burung belibis yang terluka kena anak panah.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
VI. Alat/ Media. Sumber Pembelajaran
A. Alat/ Media :
1.
VCD Masa kanak-kanak Pangeran Siddharta
2.
Gambar Pangeran Siddharta yang sedang menolong belibis
B. Sumber :
1.
Buku PAB kelas 3 Hal 10- 16 ( Ehipasiko
)
2. Buku Riwayat Hidup Buddha Gotama
VII. Penilaian Pembelajaran
A. Prosedur Penilaian :
1. Penilaian Proses :
2. Penilaian Hasil Pembelajaran :
B. Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
1.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………….
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1. Sebutkan 3
sifat Luhur Pangeran Siddharta!
2. Apa yang dimaksud dengan Maha karuna?
3. Mengapa Pangeran Siddharta dikatakan
bijaksana?
4. Apa Yang dimaksud dengan metta?
5. Sebutkan 3 perbuatan salah yang harus
dihindari !
Pertemuan
2
1.
Siapa yang memanah burung belibis ?
2. Siapa yang menolong burung belibis
yang terluka?
3. Apa yang dilakukan Pangeran
Siddharta saat melihat burung belibis yang terluka?
4. Dimana sidang untuk merbutkan burung
belibis dilaksanakan?
5. Siapa yang berhak meiliki burung
belibis? Apa alasaanya?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : III / 1
Alokasi Waktu :
9 jam pelajaran ( 3 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi :
1.
Mengungkapkan
cerita jataka dan lainya yang bertemakan pengorbanan
II.
Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan
Pengorbanan Bodhisatva
III.
Tujuan Pembelajaran :
2.1.1. Peserta
didik dapat menjelaskan pengorbanan Bodhisatwa mengorbankan tubuhnya.
2.1.2. Peserta
didik dapat menjelaskan pengorbanan
Bodhisatwa mengorbankan nyawa/hidup
2.1.3. Peserta
didik dapat menjelaskan pengorbanan
Bodhisatwa meninggalkan istana
2.1.4. Peserta
didik dapat menjelaskan pengorbanan
Bodhisatwa meninggalkan keluarga
2.1.5. Peserta
didik dapat menjelaskan pengorbanan
Bodhisatwa meninggalkan harta kekayaan
2.1.6. Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan lima
pengorbanan Bodhisatwa.
IV.
Materi Pembelajaran :
1.
Pengertian Bodhisatwa
Bodhisatwa
adalahmkhluk yang bercita-cita menjadi Buddha ( Calon Buddha)
2. Cerita
Kura-kura Raksasa Yang Menolong Orang-orang yang tenggelam.
V.
Kegiatan Pembelajaran :
A
Metode:
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
B
Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1.
Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2.
Guru
bertanya tentang pengertian Bodhisatva
3.
Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian
Bodhisatva
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian
Bodhisatva
· Siswa berdiskusi tentang
Pengertian Bodhisatva
· Siswa memaparkan hasil diskusinya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Sebutkan
3 nama bodhisatva yang kamu ketahui
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
relegius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
1.
Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.
Guru
bertanya tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu
3.
Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran .
B. Kegiatan
Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang macam-macam Bodhisatva
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa
|
· Penjelasan tentang macam-macam Bodhisatva
· Siswa mencurahkan pendapatnya
tentang macam-macam Bodhisatva
· Siswa memaparkan pendapatnya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang macam-macam Bodhisatva
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi:
Buatlah daftar nama Bodhisatva dan tugasnya
yang kamu ketahui !
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya tentang pelajaran pada
pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran .
B. Kegiatan
Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cerita tentang kura-kura raksasa
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Cerita Kura-kura Raksasa.
· Siswa mencurahkan pendapatnya
tentang tokoh dalam cerita Kura-kura Raksasa.
· Siswa memaparkan pendapatnya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi: Jodohkan pernyataan berikut dengan jawaban yang
ada di sebelahnya dengan cara menakik garis lurus! ( Soal terlampir)
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh relegius
VI.
Alat/ Media.
Sumber Pembelajaran :
A.
Alat/ Media :
1.
Gambar Bodhisatva Avalokitesvara
B.
Sumber :
1. Buku PAB kelas 3 Ehipassiko Hal 19-22
2.
Buku PAB Kelas 2 Yayasan Bodhi Prasada
Jakarta hal 19-20
VII. Penilaian Pembelajaran
a. Prosedur Penilaian :
1.Penilaian
Proses :
a. Penilaian Hasil Pembelajaran :
B. Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Teslisan
C. Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan
pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
…………………………………
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
………………………………….
Lampiran
( Refleksi PERTEMUAN KE 3)
Jodohkan pernyataan berikut dengan jawaban yang
berada di lajur sebelah dengan cara menaik garis lurus!
Kura
–kura raksasa bukan sembarang kura-kura namun ia adalah.
|
Orang-orang
yang tenggelam
|
|
Yang
ditolong kura-kura raksasa adalah
|
Bodhisatva
|
|
Para
Bodhisatva mengorbankan dirinya untuk
|
Menuruh
orang-orang memakan dagingnya
|
|
Sesampai
di darat penumpang kapal mengucapkan
|
Kebahagiaan
banyak orang
|
|
Kura-kura
Raksasa menolong orang yang sudah sampai di darat dengan cara
|
Terima
kasih
|
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Jelaskan pengertian Bodhisatva!
2. Sebutkan Syarat untuk menjadi
Bodhisatwa!
3. Siapa saja yang dapat menjadi
Bodhisatva?
4.
Dimana Para Bodhisatva tingga?
5. Sebutkan nama-nama Bodhisatva yang kamu ketahui!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.
Sebutkan tiga tingkat Bodhisatva!
2.
Jelaskan pengertian Bodhisatva Sadhadika!
3.
Jelaskan perbedaan antara bodhisattva Viyadika dengan bodhistava
Saddhadika!
4.
Berilah contoh Bodhidatva Saddhadika!
5.
Sebutkan 3 sifat yang dimiliki oleh Boddhisatva!
PERTEMUAN KE 3
Isilah titik-titik pada soal berikut
dengan jawaban yang benar!
1. Penyu Raksasa tinggal di ……
2. Penyu raksasa menolong penumpang kapal
yang ….
3. Penyu raksasa menolong orang yang
tenggelam dengan cara ….
4. Penyu raksasa bukan sembarang pnyu
namun ial adalah ….
5. Para Bodhisatva rela mengorbankan
tubuhnya untuk menolong ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran (3 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
2.
Mengungkapkan cerita Jataka dan lainnya yang bertemakan pengorbanan
II. Kompetensi Dasar :
2.2
Meneladani tokoh yang berkaitan dengan pengorbanan.
III. Tujuan Pembelajaran :
1.2.1. Peserta
didik dapat menceritakan kembali cerita jataka pengoraban gajah yang welas
asih.
1.2.2. Peserta
didik dapat meneladani pengorbanan gajah yang welas asih dalam kehidupan sehari-hari
1.2.3. Peserta
didik dapat menceritakan kembali cerita raja kera yang berkorban untuk
anak buahnya.
1.2.4. Peserta
didik dapat meneladani sikap raja kera yang berusaha menolong anak
buahnya agar selamat dari bahaya.
1.2.5. Peserta
didik dapat menceritakan kembali
kisah Penyu Raksasa.
1.2.6. Peserta
didik dapat meneladani pengorbanan penyu raksasa dalam kehidupan
sehari-hari.
1.2.7. Peserta
didik dapat menceritakan kembali kisah pengorbana kelinci.
1.2.8. Peserta
didik dapat meneladani pengorbanan kelinci yang tulus kepada seorang pertapa.
IV.
Materi Pembelajaran :
1. Cerita Kisah Gajah Yang Welas Asih
2. Cerita seekor Kelinci dan Sahabatnya
3. Cerita Kisah Sutasoma
V.
Kegiatan Pembelajaran :
A
Metode:
1. Ceramah
2. Tanya
Jawab
3.
Penugasan
4. Bermain peran
B
Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1.
Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2.
Guru
bertanya tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu.
3.
Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cerita Gajah yang Welas Asih.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa
|
· Penjelasan tentang Cerita Gajah yang Welas Asih
· Siswa berdiskusi tentang Gajah
yang welas asih
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
·
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cerita Gajah yang Welas Asih
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Ceritakaan
Kembali kisah Gajah Yang Welas Asih.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 2
, A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius
2. Guru dan siswa membahas tugas rumah
siswa.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Cerita Seekor Kelinci dan taman-temannya.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Kisah Kelinci yang Mendakanan tubuhnya
Kepada Brahmana tua.
· b. Siswa berdiskusi tentang Silap kelinci
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Cerita Kelinci dalam
Sasa Jataka.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi: Sebutkan tokoh-tokoh
dalam kisah Kelinci dalam Sasa Jataka.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan (20
Menit)
1.
Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2.
Guru
bertanya tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu.
3.
Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Cerita tentang Sotasoma
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Cerita Sutasoma Menolong Rusa dan
Anak-anaknya
· Siswa mengerjakan tugas tentang
Cerita Sutasoma
· Siswa memaparkan hasil tugasnya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Cerita Sutasoma
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi:
Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Sutasoma.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius.
VI.
Alat/ Media.
Sumber Pembelajaran :
A.
Alat/ Media :
1. Gambar Gajah Yang sedang meolong orang yang
tersesat.
2. Gambar Rusa yang sedang menolong orang yang
memburunya.
B. Sumber :
1.
Buku PAB kelas 3 Ehipasiko . hal26-29
2.
Buku PAB Kelas 3 Deparetmen Agama RI hal
2. Buku Jataka Hal
VII.Penilaian Pembelajaran
A.
Prosedur Penilaian :
1.
Penilaian Proses :
2.Penilaian Hasil Pembelajaran :
B. Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada
: ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
: ………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada
: ...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
2.
Dimana
Gajah yang welas asih tinggal?
3.
Siapa
sebenarnya gajah itu?
4.
Siapa
yang ditolong gajah?
5.
Bagimana
cara gajah menolong orang-orang yang tersesat?
6.
Apakah
orang-orang yang ditolong melupakan jasa Sang Gajah? Berikan alasannya!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Dimana Kelinci dan sahabatnya tinggal?
2.
Dengan
siapa saja kelinci tinggal?
3.
Sebutkan
ikrar yang diutarakan Sang Kelinci!
4.
Siapa
yang menyamar sebagai brahmin tua?
5.
Mengapa
Si kelinci tidak terbakar tubuhnya/
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1.
Siapa
tohoh utama dalam kisah Sutasoma?
2.
Siapa
yang ditolong oleh Sutasoma?
3.
Mengapa
Sutasoma rela mengorbankan jiwanya untuk menolong makhluk lain?
4.
Manfaat
apa yang dapat kita ambildari kisah Sutasoma?
5.
Beri
contoh cara teladan yang dapat kamu ambil dari kisah sutasoma!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran (3 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
3. Mengonstruksikan sikap umat Buddha untuk
menjasi manusia susila
II.
Kompetensi Dasar :
3.1.Mengenali sila-sila Pancasila Buddhis.
III. Tujuan Pembelajaran :
3.1.1. Peserta
didik dapat menjelaskan
pengertian Pancasila Buddhis
3.1.2. Peserta
didik dapat menyebutkan
sila-sila dalam Pancasila Buddhis
3.1.3. Peserta
didik dapat menjelaskan arti
sila pertama dari Pancasila Buddhis
3.1.4. Peserta
didik dapat menjelaskan arti sila
kedua dari Pancasila Buddhis
3.1.5. Peserta
didik dapat menjelaskan arti sila
ketiga dari Pancasila Buddhis
3.1.6. Peserta
didik dapat menjelaskan arti sila ke
empat dari Pancasila Buddhis
3.1.7. Peserta
didik dapat menjelaskan arti sila ke lima dari
Pancasila Buddhis
3.1.8. Peserta
didik dapat melafalkan Pancasila
Buddhis.
3.1.9. Peserta
didik dapat menghafalkan Pancasila
Buddhis .
3.1.10. Peserta
didik dapat menyebutkan contoh
perbuatan yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila Buddhis dalam kehidupan
sehari-hari
IV. Materi Pembelajaran
Pancasila
Pancasila adalah 5 aturan moral, yang harus
dilatih dalam kehidupan sehari-hari, Isi pancasila Buddhis yaitu ;
1. Pantang membunuh
2. Pantang mencuri
3. Pantang berbuat asusila
4. Pantang berbohong
5.
Pantang
makan dan mimun yang memabukkan
V. Kegiatan Pembelajaran :
1. Metode:
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
2. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentangpengertian pancasila
Buddhis.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pancasila Buddhis.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian Pancasila Buddhis
· Siswa berdiskusi tentang Pancasila
Buddhis
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
·
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Pengertian Pancasila
Buddhis
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Tuliskan Pancasila
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
relegius
PERTEMUAN KE 2
, A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
a.
Siswa dan guru melakukan doa pembukaan
b.
Guru mengulang kembali isi pancasila Buddhis.
c. Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian Panca Dhamma
· Siswa berdiskusi tentang
Pengertian Pancadhamma
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Pengertian Pancadhamma.
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan isi Panca Dhamma
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan (20
Menit)
a. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
b. Guru
bertanya tentang hubungan pancadhamma dengan pancasila
c. Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Hubungan antara Pancasila dengan Panca Dhamma.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang hubungan Pancasila dengan Pancadhamma
· Siswa berdiskusi tentang hubungan Pancasila dengan Panca Dhamma
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang hubungan Pancasila
dengan Panca Dhamma
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi: Apa hubungan
Pancasila dengan Panca Dhamma
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
VI. Alat/ Media. Sumber Pembelajaran :
A.
Alat/ Media :
1.
Gambar orang sedang berdoa
B.
Sumber :
1. Buku PAB kelas 3 Ehipasiko halaman 37-47
2. Buku Paritta suci
VII.Penilaian Pembelajaran
4. Prosedur Penilaian :
1.Penilaian Proses :
2.Penilaian Hasil Pembelajaran :
B.
Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes ….
C.
Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
..................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar1
- Jelaskan pengertian pancasila!
- Apa yang dimaksud dengan menjalani aturan moral?
- Sebutkan isi dari limasila!
- Panatipata veramani sikkhapadam sammadiyami artinya ...
- Mengapa kita tidak boleh membunuh?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soalberikut dengan benar!
- Jelaskan pengertian Pancadhmma!
- Sebutkan 5 Dhamma!
- Apa artinya metta dan karuna?
- Apa yang dimaksud dengan kejujuran?
- Apa yang dimaksud dengan pusa hati?
PERTEMUAN KE 3
I.
Isilah
titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Adinadana veramani sikkhapadam sammadiyami
bunyi pancasila Buddhis sila ....
2. Tidak berbohong merupakan isi Pancasila
Buddhis sila ....
3. Lima aturan moral disebut ....
4. Lima aturan moral dilaksanakan oleh ....
5. Menyakiti makhluk lain berarti melanggar
pancasila Buddhis sila ...
6. Pantang minuman dan makanan yang membukkan
adalah isi pancasila Buddhis sila ....
7. Lima kebajikan yang harus ikembangkan disbebut
....
8. Kita harus berbagi terutama pada orang
yang ....
9. Pelaksanaan sila pertama pancasilaBuddhis
yaitu dengan melaksanakan ....
10. Berbagi kepada orang lain adalah pengamalan pancasila Buddhis sila ...
II.
Kerjakan
soalberikut dengan benar!
1. Sebutkan isi pancasila Buddhis!
2. Sebutkan isi lima Dhamma!
3. Jelaskan hubungan pancasila dengan
pancadhamma!
4. Apa yang dimaksud dengan puashati?
5. Apa yang dimaksud dengan berbohong?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 4 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
3. Mengonstruksikan sikap umat Buddha untuk
menjadi manusia susila
II. Kompetensi Dasar
:
3.2
Menjalaskan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar lima sila.
III. Tujuan Pembelajaran :
3.2.1. Menjelaskan
manfaat dari melaksanakan Pancasila Buddhis
3.2.2. Menyebutkan
akibat melanggar Pancasila Buddhis
3.2.3. Menjelaskan
hubungan pelaksanaan sila dalam kehidupan sehari-hari
3.2.4. Menyanyikan
Viharagitha Pancasila
IV. Materi Pembelajaran :
1
Akibat dari melanggar Pancasila Buddhis yaitu:
Sila
Pertama : Pendek umur dan berpenyakit
Sila
Kedua : Hidup misnkin dll
Sila
ketiga : Mempunyai suami atau iastri
yang tidak dicintai dll
Sila
keempat : Pembicaraannya tidak
dipercara orang lain dll
Sila
kelima : Menurunnya kesadaran dll
2.
Pahala dari melakukan pancasila Buddhis yaitu hidupnya selalu bahagia.
V. Kegiatan Pembelajaran :
A Metode:
1. Ceramah
2. Penugasan
3. Demonstrasi
4. Tanya jawab
B
Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1.
Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2.
Guru
bertanya tentang palajaran yang lalu.
3.
Guru
menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang akibat dari melanggar Pancasila Buddhis.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang
· Siswa berdiskusi tentang
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Buatlah daftar perbuatanmu yang melanggar pancasila Buddhis!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius.
2. Guru bertanya tentang palajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang akaibat dari berdusta dan minum minuman keras.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang akibat dari melanggar pancasila Buddhis
sila 4 dan sila 5
· Siswa berdiskusi tentang kriterian perkataan tidak benar
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang akibat melanggar pancasila Buddhis sila keempat dan kelima.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan daftar minuman yang boleh diminum dan yang tidak benarkan
untuk diminum.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1.
Peserta didik dan guru melakukan
do’a pembukaan dengan religius
2.
Guru dan siswa membahas tugas
pejerjaan rumah.
3.
Guru menyampaikan Kompetensi Dasar
dan tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang manfaat dari melaksanakan Pancasila Buddhis
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Manfaat melaksanakan Pancasila Buddhis
· Siswa berdiskusi tentang
contoh perbuatan-perbuatan yang
sesuai dengan Pancasila Buddhis
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Manfaat dari melaksanakan Pancasila Buddhis.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa
yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan daftar perbuatan baikmu yang sudah kamu lakukan dalam satu hari ini.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
PERTEMUAN KE 4
A.
Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius.
2. Guru bertanya tentang palajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pahala dari berkata jujur dan waspada
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pahala dari melaksanakan Pancasila Buddhis
sila keempat dan kelima.
· Siswa berdiskusi tentang kejujuran
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang manfaat dari berkata jujur.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan kriterian perkataan jujur!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
VI. Alat/ Media. Sumber Pembelajaran :
A.
Alat/ Media :
1.
Gambar orang yang sedang berdana, gambar anak yang menolong temannya.
B.
Sumber :
1. Buku PAB kelas 3Ehipasiko hal 42-44
2. Buku
PAB Pegangan guru Departemen Agama RI hal
VII.Penilaian Pembelajaran
A Prosedur Penilaian :
1.Penilaian Proses :
2.Penilaian Hasil Pembelajaran :
B. Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes praktik
C. Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlamir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
......................................................
4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada :
.....................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.
Apa
yang dimaksud dengan membunuh?
2.
Jelaskan
pengertian memcuri !
3.
Apa
akibat dari melakukan penganiayaan terhadap makhlukmhidup?
4.
Apakah
akibat dari mencuri!
5.
Sebutkan
2 perbuatan yang tergolong dalam pencurian!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Sebutkan 3 contoh perbuatan asusila!
- Apa akibat dari perbuatan asusila?
- Sebutkan 3 contoh perkataan yang tergolong perkataan yang tidak benar!
- Apa akibat dari berbohong?
- Sebutkan 3 jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi!
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Cinta kasih dan kasih sayang merupakan pengalaman pancasila Buddhisa sila keberapa?
- Apa pahala dari melakukan cinta kasih?
- Apakah pahala yang akan diperoleh jika kita suka berdana?
- Orang yang memiliki keluarga yang harmonis karena pada kehidupan yang lampau selalu melakukan ....
- Belas kasih kita berikan kepada orang yang ....
PERTEMUAN KE 4
I. Isilah titik-titik pada soal berikut berikut dengan jawaban yang benar!
- Seseorang yang meliki usia panjang karena suka melakukan ....
- Seseorang yang berumur pendek karena pada kehidupan yang lampau suka melakukan ....
- Akibat dari suka menganiaya binatang adalah ....
- Akibat dari suka mencuri yaitu ....
- Akibat jika suka berbuat asusila misalnya ....
- Pahala dari melalukan perkataan yang jujur adalah ....
- Berkata bohong akiatnya yaitu ....
- Orang yang suka mengkosumsi minuman keras akibatnya adalah ....
- Minuman yang boleh dikonsumsi misalnya ....
- Memiliki istri atau suami yang tidak dicintai merupakan akibat dari ....
II.Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Sebutkan 3 syarat perbuatan yang tergolong pembunuhan!
- Jelaskan pengertian mencuri !
- Sebutkan 3 perbuatan yang tergolong pencurian!
- Sebutkan 3 makanan atau minuman yang dilarang untuk dikonsumsi!
- Sebutkan 4 jenis perkataan yang tergolong perkataan salah!
No comments:
Post a Comment