RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan
I.
Standar Kompetensi
1. Mengungkapkan peristiwa perayaan membajak
sawah.
II.
Kompetensi Dasar:
1.1 Menceritakan peristiwa membajak sawah
III.
Tujuan Pembelajaran
1.1.1 Peserta didik dapat menceritakan tradisi perayaan membajak sawah di
Kapilavastu
1.1.2 Peserta didik dapat menceritakan suasana perayaan
membajak sawah
1.1.3 Peserta didik dapat menyebutkan usia pangeran saat
mengikuti perayaan membajak sawah
1.1.4 Peserta didik dapat menjelaskan Kejadian yang dilihat Pangeran Sidharta ketika
upacara membajak sawah berlangsung.
1.1.5 Peserta didik dapat menjelaskan tindakan Pangeran Siddharta terhadap makhluk
yang menderita
1.1.6 Peserta didik dapat menyebutkan keajaiban
yang terjadi pada diri Pangeran Sidharta ketika upacara membajak sawah
1.1.7 Peserta didik dapat menyebutkan sikap pangeran Sidharta
saat peristiwa perayaan membajak sawah
1.1.8 Peserta didik dapat meneladani sikap pangeran Sidharta
dalam kehidupan sehari-hari
IV.
Materi Pembelajaran
- Perayaan membajak sawah berlangsung setiap tahun di Kerajaan Kapilavatthu. Perayaan membajak sawah dilaksanakan dengan tujuan untuk memajukan pertanian di wilayah Kerajaan Kapilavatthu.
- Pada saat perayaan membajak sawah Pangeran Sidharta yang ketika itu berusia 6 tahun melakukan meditasi. Meditasi adalah memusatkan pikiran pada apa yang sedang dilakukan.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceranah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Penugasan
B. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang pengertian membajak sawah.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi Upacara perayaan membajak sawah.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang upacara perayaan membajak sawah yang
dilaksanakan di Kapilavatthu.
· Siswa mencurahkan pendapatnya tentang peristiwa
perayaan membajak sawah.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang Perayaan membajak sawah di Kapilavatthu.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1.
Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Siapa
saja yang mengikuti perayaan membajak sawah?
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
b.Mengulas kembali pelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang semangat pangeran Suddharta
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Semangat Pangeran Siddharta
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang semangat pangeran Siddharta.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: - Apakah kamu sudah melakukan meditasi?
- Apa
hasil yang diperoleh setelah melakukan meditasi?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A.
Alat/Media :
1.
Gambar dua dimensi yaitu gambar Pangeran
Siddharta sedang bermeditasi
2. VCD
Riwayat Hidup Buddha Gotama
B. Sumber:
1. Buku
Pelajaran Agama Buddha Kelas 4 hal 1-4
2. Buku
Sang Buddha dan Ajarannya 1
3. Buku Riwayat Hidup
Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
-
Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
-Tes affektif
-Tes
Psikomotorik
- Tes
Konitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
C. Alat
Penilaian:
Soal terlsampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1 PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2 PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
:………………………………….
SOAL
PERTEMUAN KE 1
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar !
1.Siapa yang mempelopori
perayaan membajak sawah di Kapilavatthu?
2.siapa saja yang mengikuti
perayaan mmembajak sawah ?
3. Apa tujuan dilaksanakan perayaan membajak
sawah?
4. Bajak dari bahan apa yang
dipakai raja Suddhodana?
5. Apakah Pangeran Siddharta
ikut membajak ?
PERTEMUAN KE 2
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar !
1. Apa yang dilakukan Pangeran Siddharta saat
perauyaan membajak sawah berlangsung?
2. Keajaiban apa yang
terjadi pada Pangeran Siddharta saat meditasi di bawah pohon jambu?
3. Dimana Pangeran
Siddhartaa bermeditasi?
4. Apa yang dilakukan oleh
Raja siddhodana ketika melihat Putranya bermeditasi?
5. Apa yang dicapai Pangeran
Siddharta sewaktu meditasi ?
Kunci Jawaban
PERTEMUAN KE 1
- Raja Soddhodana
- Para bangsawan, para keluarga Istana dan paea petani di wilayah kerajaan Sakya (Kapilavatthu.)
- Untuk memajukan pertanian di wilayah kerajaan Sakya ( Kapilavatthu)
- Bajak yang trebuat dari emas
- Tidak ikut.
PERTEMUAN KE 2
- Bermeditasi di bawah pohon jambu.
- Bayangan pohon jambu tetap tidak berubah posisi, tetapmemayungi pangeran Siddharta.
- Di bawah pohon jambu
- Bersujud dengan mengucapkan “ Anakku inilah pernghormatanku yang kedua kalinya”
- Pangeran Siddharta mencapai jhana tingkat pertama.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 2 jam pertemuan ( 6 jam Pelajaran )
I.
Standar Kompetensi
1.
Mengungkapkan
peristiwa perayaan membajak sawah.
II.
Kompetensi Dasar
1.2.Menjelaskan makna peristiwa membajak sawah
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
makna dari mperayaan membajak sawah.
2. Siswa dapat menjelaskan
cara bermeditasi
3. Siswa dapat menjelaskan
pengertian jhana
4. Siswa dapat
mencontoh semangat Pangeran Siddharta dalam meraih cita-cita.
IV. Materi Pembelajaran
- Meditasi adalah memusatkan pikiranpada obyek meditasi, segala hal yang sedang dilakukan.
- Jhana adalah pikiran yang terpusat kuat pada obyek meditasi
- Jhana menurut Sutta pitaka ada 4 tingkatan yaitu:
1) Jhana pertama ( Pathama Jhana)
2) Jhana kedua ( Dutiya Jhana)
3) jhana ketiga (Tatiya Jhana)
4) Jhana keekmpat ( Cattuta Jhana)
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceranah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Diskusi
4. Demonstrasi
B. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
b. Guru bertanya tentang meditasi
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang makna dari perayaan membajak sawah.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang makna yang terkandung dalam peristiwa
membajak sawah.
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang makna perayaan membajak sawah.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Warnailah Gambar berikut supaya
indah!
Gambar terlampir.
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan
doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang cara meditasi / konsentrasi
3. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara berkonsentrasi.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara berkonsentrasi dalam melakukan segala
aktivitas termasuk belajar.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara berkonsentrasi.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Lakukan meditasi dengan mengasmbil obyek pernafasan!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber :
A.
Alat/Media :
1. Gambar dua dimensi yaitu gambar Pangeran Siddharta sedang
bermeditasi
2. VCD
Riwayat Hidup Buddha Gotama
B. Sumber:
1. Buku
Pelajaran Agama Buddha Kelas 4 hal
2. Buku
Sang Buddha dan Ajarannya 1
3. Buku Riwayat Hidup
Buddha Gotama
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
-
Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
-Tes affektif
-Tes
Psikomotorik
- Tes
Konitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
C. Alat Penilaian:
Soal
terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan
pada :………………………………….
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Isilan titik-titimk pada soal
berikut dengan jawaban yang benar !
- Meditasi benar dapat membuat kita ….
- Sewaktu diberi pelajaran kita harus … supatya pintar.
- Meditasi dapat dilakukan di ….
- Seorang yang suka melakukan meditasi pikirannya menjadi …
- Meditasi berarti memuatkan pikiran pada ….
PERTEMUAN KE 2
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang benar !
- Pangeran Sidharta bermeditasi dengan konsentrasi pada ….
- cara melakukan meditasi yang benar yaitu ….
- Memperhatikan saat guru menjelaskan pelajaran merupakan contoh cara berkonsentrasi pada ….
- Manfaat dari meditasi antara lain ….
- Pikiran terpusar kuat pada obyek meditasi disebut ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 3 jam pertemuan ( 9 jam Pelajaran )
I.
Standar Kompetensi:
2. Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam
kehidupan sehari-hari
II.
Kompetensi Dasar:
2.1
Menerapakan Dharma yang membuat seseroang lemah lembut dan baik hati.
III.
Tujuan Pembelajaran :
2.1.1
Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah
Khantivadi Jataka
2.1.2
Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh
dalam kisah Khantivadi Jataka
2.1.3
Peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh yang
memiliki sifat baik hati
2.1.4
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat
lemah lembut
2.1.5
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang
yang memiliki sifat lemah lembut
2.1.6
Peserta didik dapat menyebutkan cara
mengembangkan sifat lemah lembut
2.1.7
Peserta didik dapat membiasakan diri
mempraktikkan sifat lemah lembut
2.1.8
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat
mempraktikkan sifat lemah lembut
2.1.9
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian baik
hati
2.1.10
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang
yang memiliki sifat baik hati
2.1.11
Peserta didik dapat menyebutkan cara
mengembangkan sifat baik hati
2.1.12
Peserta didik dapat membiasakan diri
mempraktikkan sifat baik hati
2.1.13
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat
mempraktikkan sifat baik hati
IV. Materi Pembelajaran :
1. Cerita Buddha dengan Raksasa Alawaka
- Kesabaran adalah sikap yang tetap tenang dalam menghadapi segala hal.
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceranah bervariasi
2. Bermain peran
3. Diskusi
B. Langkah-langkah
Pembelajaran :
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya tentang kesabaran
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pengertian kesabaran.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian kesabaran.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian kesabaran.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: sebutkan 2 macam kesabaran !
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN
KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1.
Guru
dan siswa berdoa bersama
2.
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cerita Buddha dengan Alavaka.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Cerita Buddha dengan Alavaka.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Cerita Buddha dengan Alavaka.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Siapa saja tokoh yang terdapat dalam cerita Buddha
dengan Alavaka?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.
Guru
dan siswa berdoa bersama
2.
Taya
jawab tentang pelajaran yang lalu
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang manfaat dari kesabaran.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang manfaat dari kesabaran.
· Siswa mengerjakan tuga dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang manfaat dari kesabaran.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Kapan
kita harus bersabar !
Beri contoh 2 tindakan bersabar!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A.
Alat/Media :
Gambar Buddha
B. Sumber
:
Buku PAB kelas IV hal. 8-15
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran: Tes
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes praktik/ lisan
C. Alat Penilaian:
- Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
SOAL
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian kesabaran!
2. Ada berapa macam kedabaran?sebutkan!
3. Dimana tempat kesabaran?
4.
Bagaimana cara mengembangkan kesabaran?
5.
Apa manfaat dari kesabaran?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Siapa nama raksasa yang sangat
kejam dalam kisah Buddha dengan Alawaka?
2. Apa senjata yang dipakai Buddha
untuk mengalahkan Awalaka?
3. Kebencian akan berakhir jika
dibalas dengan ….
4. Senjata apa yang ampuh menurut
Buddha Dharma?
5. Apa yag dapat merubah sifat
Awalaka?
PERTEMUAN KE 3
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar!
1.
Menahan
diri dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan disebut ….
2.
jika
mengalami kesulitan harus bersabar dan ….
3.
jika
teman mengejek kita yang hari kita lakukan adalah ….
4.
Contoh
dari sikap sabar adalah ….
5.
Manfaat
dari bersabar adalah …
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajara (2x pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2,
Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari.
II.
Kompetensi Dasar
2.1. Menerapkan Dharma yang membuat
seseorang menjadi lemah lembut dan baik
hati.
III.
Tujuan Pembelajaran
2.1.1. Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah
Khantivadi Jataka
2.1.2. Peserta didik dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam
kisah Khantivadi Jataka
2.1.3. Peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh yang
memiliki sifat baik hati
2.1.4. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat
lemah lembut
2.1.5. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang
yang memiliki sifat lemah lembut
2.1.6. Peserta didik dapat menyebutkan cara
mengembangkan sifat lemah lembut
2.1.7. Peserta didik dapat membiasakan diri
mempraktikkan sifat lemah lembut
2.1.8. Peserta didik dapat menyebutkan manfaat
mempraktikkan sifat lemah lembut
2.1.9. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian baik
hati
2.1.10. Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri orang
yang memiliki sifat baik hati
2.1.11. Peserta didik dapat menyebutkan cara
mengembangkan sifat baik hati
2.1.12. Peserta didik dapat membiasakan diri
mempraktikkan sifat baik hati
2.1.13. Peserta didik dapat menyebutkan manfaat mempraktikkan
sifat baik hati
IV.
Materi Pembelajaran
- Khantivadi Jataka
- Biksuni yang lemah lembut dan baik hati
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Diskusi
4. Demontrasi
B. Langkah-langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya tentang lemah lembut
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian lemah lembut.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian lemah lembut.
· Siswa mengerjaskan tugas dari guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian lemah lembut.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan sikap lemah lembut !
Tuliskan sikap baik hati !
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious.
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan
siswa berdoa bersama
2. Mengulas
kembali pelajara pada pertemuan yang lalu
3. Menampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang kisah yang bertemakan lemah lembut.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang kisah anak yang bersikap lemah lembut.
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang kisah anak yang lemah lembut.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi:
- Tuliskan sikapmua jika kamu
dihina oleh temasnmu!
- Tulis sikapmu jika kamu
dipuji oleh temasnmu!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media:
- Gambar bhiksuni yang merawat orang sakit
B. Sumber :
-
Buku PAB Kelas IV hal, 18-21
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
B. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
SOAL
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. jelaskan penegrtian lemah lembut!
2.
Sebutkan 3 saluran untuk melakukan sifat lemah lembut!
3. apa yang menyebabkan kita disayang dan
meiliki banyak teman?
4.
apa yang dimaksud dengan pikiran yan glemah lembut?
5.
Apakah yang kamilakukan jika temamu berkata kasar?
PERTEMUAN KE 2
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Berilah contoh cara menolak
ajakan teman, dengan cara yang halus!
2. Siapa nama Bhiksuni dalam kisah
Bhiksuni yang lemahlemnut dan baik hati?
3. Pikiran yan glemah lembut akan mengarahkan
ucapan kita menjadi….
4, menolong orang miskin dan kesusahan adalah
tugas ….
5. Beri
contoh tindakan lemah lembut
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 15 Jam Pelajaran (5 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi:
2. Mengermbangkan sifat-sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari.
II.
Kompetensi Dasar
2.2 Memberikan pertolongan
sejati dasn wujud rasa terima kasih kepada orang yang telah memberikan pertolongan
sejati.
III.
Tujuan Pembelajaran
1.1.1. Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian memberikan pertolongan sejati (pubbakari)
1.1.2. Peserta didik dapat menyebutkan
contoh orang yang memberikan pertolongan sejati (pubbakari)
1.1.3.
Peserta didik dapat menjelaskan mengapa pubbakari sukar di
temukan dalam kehidupan
ini
1.1.4.
Peserta didik dapat menjelaskan mengapa kataññukatavedi sukar di temukan dalam
kehidupan ini
1.1.5.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh orang yang memiliki pubbakari
1.1.6.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh orang yang memiliki kataññukatavedi
1.1.7.
Peserta didik dapat menyebutkan
empat cara membalas jasa orang tua sesuai Dhamma
1.1.8.
Peserta didik dapat menjelaskan empat cara membalas jasa orang
tua sesuai Dhamma
1.1.9. Peserta didik dapat mempraktikkan
sifat memberi pertolongan sejati dalam kehidupan sehari-hari
1.1.10. Peserta didik dapat membiasakan
diri menyampaikan rasa terima kasih atas pertolongan serta membalas budi yang
telah diterima
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pubbakari adalah memberikan
pertolongan sejati
Orangtua kita telah melakukan
pertolongan sejati mkepada anak-anaknya.
Pertolongan sejati dilakukan tanpa
mengahapkan balasan apapun.
2. Katannukatavedi adalah
wujud rasa terima kasih kepada orang yang telah memberikan pertolongan sejati.
V.
Kegiatan Pemblajaran
A. Metode
:
1. Ceranah bervariasi
2. Tanya jawab
3. curah pendapat
4. Tugas
B.
Langkah-langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang pengertian pertolongan sejati
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pengertian pertolongan sejati.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian pertolongan sejati.
· Siswa tugas yang diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Tuliskan pengalamanmu dalam
memberikan pertolongan kepda orang yang membutuhkan pertolonganmu!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru dan siswa
membahas pekerjaan rumah
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cerita yang bertemakan pertolongan sejati.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang certia tentang sutasoma.
· Siswa siswa mencurahkan perdapatnya tentang
pertolongan sejati.
· Siswa mengertjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cerita sutasoma
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Buatlah certia lain yang bertemakan pertolongan
sejati!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru dan siswa
membahas pekerjaan rumah
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara mengungkapkan rasa terima kasih setelah
ditolong orang lain.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang mengungkapkan mengungkapkan rasa terima
kasih setelah ditolong.
· Siswa berdiskusi tentang pertolongan yang sudah
mereka terima.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara mengungkapkan terima kasih setelah ditolong.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi
Tuliskan cara berterima kasih
kepada orang-orang yang telah menolong kita!
1. Orang tua
|
|
2. Guru
|
|
3. Teman
|
|
4. Saudara
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru dan siswa
membahas pekerjaan rumah
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
|
·
|
·
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 5
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru dan siswa
membahas pekerjaan rumah
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
|
·
|
·
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media:
- Gambar dua dimensi , gambar orang tua
yang mengasihi anaknya
B. Sumber:
- Buku PAB Kelas 4 Ehipasiko
- Buku PAB dari Departemen Agama
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
- Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
- Tes tertulis
- Tes lisan
B. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes praktik / lisan
C. Alat Penilaian:
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1 PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2 PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
:………………………………….
3 PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
…………………………………
SOAL
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian
pertolongan sejati !
2. Sebutkan orang yang telah
melakukan pertolongan sejati!
3. Berilah contoh cara
memberikan pertolongan sejati!
4. Kepada siapa saja
pertolongan sejati kita berikan ?
5. Tuliskan contoh sikap mau
berkorban untuk orang lain!
PERTEMUAN KE 2
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Siapa tokoh utama dalam kisah Sutasoma ?
2. Apa yang dilakukan oleh Sutasoma?
3. Siapa Yang ditolong Sutasoma?
4. Siapa Sutasoma sebenarnya?
5. Apa makna dapat dipetik dari kisah Sutasoma?
PERTEMUAN KE 3
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Mengapa kita harus berterima kasih kepada orantua?
2. Mengapa kita wajib berterima kasih kepada guru?
3. Bagaimana cara mewujudkan ucapan
terima kasih kepada orang yang menolong kita?
4. Kepada siapa saja kita wajib berterima
kasih ?
5. Mengapa kita berterima kasih kepada
pembantu ?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : IV / 1
Alokasi Waktu : 4 pertemuan ( 12 Jam Pelajaran)
I.
Standar Kompetensi
2. Mengembangkan sifat-sifat luhur dalam
kehidupan sehari-hari
II.
Kompetensi Dasar
2.3 Mengakui kesalahan,
memperbaiki diri/bertobat, meminta maaf dan memberi maaf
III.
Tujuan Pembelajaran
2.3.1
Peserta didik dapat
menjelaskan
sikap yang baik bila melakukan kesalahan.
2.3.2
Peserta didik dapat menjelaskan akibat dari melakukan kesalahan.
2.3.3
Peserta didik dapat mempraktikkan cara mengakui kesalahan yang telah diperbuat.
2.3.4
Peserta didik dapat menjelaskan cara memperbaiki diri.
2.3.5
Peserta didik dapat membiasakan diri mencegah perbuatan buruk yang akan
muncul.
2.3.6
Peserta didik dapat membiasakan diri menghilangkan perbuatan buruk yang
telah timbul.
2.3.7
Peserta didik dapat membiasakan diri melakukan perbuatan baik.
2.3.8
Peserta didik dapat membiasakan diri mengembangkan perbuatan baik yang
telah dilakukan.
2.3.9
Peserta didik dapat mempraktikkan cara meminta maaf bila melakukan kesalahan.
2.3.10 Peserta didik dapat mempraktikkan cara memberi maaf bila ada yang berbuat salah
kepada diri kita.
IV.
Materi Pembelajaran
1. Memperbaiki diri adalah menyesali
kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki diri
2. Memberi maaf berarti membebaskan
orang yang bersalah dari penyesalan, bahaya dan penderitaan.
3. Abhaya dana adalah berderma dengan
cara memberi maaf kepada orang yang bersalah.
4. Meminta maaf berarti menyesali
perbuatan salahnya kepada orang yang disalahi.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode:
1. Ceranah bervariasi
2. curah perndapat
3. Tugas
4. Diskusi
B.
Langkah-langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
2. Guru bertanya
tentang pengertian betobat
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pengertian bertobat
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian bertobat.
· Siswa berdiskusi tentang cara bertobat.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian bertobat.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi
Tuliskan kesalahan yang pernah kamu perbuat kepada!
1. Orang tua
|
|
2. Guru
|
|
3. Teman
|
|
4. Saudara
|
|
5. Orang lain
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru
bertanya tentang membahas tugas pada pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara memperbaiki diri .
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara
memperbaiki diri
· Siswa berdiskusi tentan cara memperbaiki diri.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara memperbaiki diri.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Buatlah
diskripsi singkat tentang cerita Angulimasla.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru membahas
tugas rumah
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara member dan menerima maaf.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara saling memaafkan.
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara saling memaafkan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan deskripsi singkat tentang cerita
kaesalahan Channa!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa
melakukan doa pembukaan
2. Guru mengulas
tentang pelajaran pada pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara menerima maaf.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara menerima maaf
· Siswa mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara menerima maaf.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir
(Waktu 25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan doa maaf.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan
yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media:
1. Gambar orang sedang
meminta maaf
2. Gambar Bhukkhu
Angulimala dengan Buddha
B. Sumber :
1.
Buku PAB kelas 4 Ehipasiko hal 39-53
2. Buku PAB kelas 4 hal 29-30
3.
Kamus Buddha Dhamma
VII.
Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses:
Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran:
- Test tertulis
- Portopolio
B. Teknik Penilaian:
1. Tes terulis
2. Tes lisan
C. Alat Penilaian:
Soal telampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
- PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan tanggal : ……………………………….
SOAL
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Jeaskan
pengertian bertobat atau memperbaiki diri!
2. Apa yang kamu lakukan jika
bersalah kepada orang lain?
3. Berilah contoh cara kamu memperbaiki
kesalahanmu!
4.
Sebutkan 2 kesalahanmu yang harus segera kamu perbaiki !
5. Apa
yang kamu lakukan jika kamu dinasehati orangtua ?
PERTEMUAN KE 2
I. Kerjakan soal berikut dengan
benar !
1. Sebutkan judul certia yang bertema memperbaiki diri!
2. Siapa nama kecil Anguuliama?
3. Mengapa Angulimala disayang oleh gurunya?
4. Kesalahan apa yang dilakukan Angulimala?
5. Bagaimana sikap Angulimala menyadari kesalahannya?
PERTEMUAN KE 3
I. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan benar !
1. Orang yang bersakah harus kita beri …
2. Jelaskan kesalahan Bhikkhu Channa!
3. Memberi maaf berate membebaskan orang yang bersalah dari ..,,
4. Memberi maaf bererti kita talah berdana. Jenis dana tersebut adalah …
5. Buddha memancarkan … kepada orang yang bersalah kepada beliau.
PERTEMUAN KE 4
I. Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Apa yang harus kita lakukan jika kita bersalah ?
2. Berilah 2 contoh sikap cinta kasih tanpa pilih kasih !
3. Apa manfaat dari saling memaafkan?
4. Tuliskan syair 5 Dhammapada!
5. Mengapa kita harus memafkan orang yang bersalah kepada kita?
No comments:
Post a Comment