RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester :
III / 2
Alokasi Waktu :
9 jam pelajaran ( 3 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
4. Mengenal kewajiban anak terhadap orang
tua dan kewajiban terhadap guru
II.
Kompetensi Dasar
4.1
Melaksanakan kewajiban anak terhadap orang tua.
III.
Tujuan Pembelajaran
:
1.1.1. Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian kewajiban.
1.1.2. Peserta didik
dapat menceritakan kembali kisah Sigalovada Sutta secara singkat.
1.1.3. Peserta didik
dapat menyebutkan arti enam arah
penghormatan menurut Sigalovada Sutta
1.1.4. Peserta didik
dapat menjelaskan kewajiban anak terhadap orang tua
1.1.5. Peserta didik
dapat menyebutkan lima kewajiban anak terhadap orang tua
1.1.6. Peserta didik
dapat menyebutkan contoh perbuatan yang mencerminkan kewajiban anak terhadap
orang tua.
1.1.7.
Peserta didik dapat mempraktekkan kewajiban anak terhadap orang tua dalam kehidupan
sehari-hari
1.1.8. Peserta didik
dapat melafalkan syair ke 5 pada
Manggala Sutta
1.1.9. Peserta didik
dapat menjelaskan arti syair ke lima pada Manggala Sutta.
IV.
Materi Pembelajaran
:
1. Pengertian Kewajiban
Kewajiban adalahsesuatu yang harus
dilakukan
1. Kewajiban anak terhadap orang tua terdapat
di dalam kitab Sigalovada sutta
Buddha membabarkan Sigalovada Sutta kepada
seorang pemuda yang bernama Sigala tentang kewajiban yang harus dilakukan oleh
perumah tangga dintaranya adalah kewajiban anak terhadap orangtua.
Kewajiban anak terhadap orang tua antara
lain :
1. Aku akan merawat mereka
2. Aku akan memikul beban kewajiban-kewajiban
mereka
3. Aku akan menjaga kehormatan keluarga
4. Aku akan menjaga dengan baik warisan
keluarga
5. Aku akan memperhatikan sanak keluarga yang
sudah meninggal dengan mengadakan upacara keagamaan.
V.
Kegiatan Pembelajaran
:
A
Metode:
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
4. Dmosntrasi
B
Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius.
2. Guru bertanya tentang pengeritan kewajiban.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pengertian kewajiban
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian kewajiban
· Siswa berdiskusi tentang kewajiban
yang sudah dilaksanakan
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian kewajiban
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan kewajibanmu yang sudah dipehuni pada hari
ini!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pendahuluan (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan
pendidikan agama Buddha
2. Guru dan siswa membahas pekerjaan rumah yang
telah dikerjakan oleh siswa
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran .
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Kewajiban anak terhadap orang tua.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang 5 kewajiban anak terhadap orangtua.
· Siswa berdiskusi tentang hak dan kewajiban
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang kewajinban anak terhadap orang tua
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: buatlah daftar kewajiban sebagai anak yang sudah
kamu lakukan!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pendahuluan (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya tentang pelajaran
yang lalu kepada siswa
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar
dan tujuan pembelajaran .
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara menerapkan kewajiban anak terhadap orang tua
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Cara menerapkan kewajiban sebagai anak
terhadap orangtua.
· Siswa berdiskusi tentang cara
berbakti kepada orangtua.
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara melaksanakan kewajiban anak terhadap orangtua.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: buatlah daftar hak yang sudah kamu terima dari
orang tua!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
VI.
Alat/ Media. Sumber Pembelajaran
:
A.
Alat/ Media :
1. Gambar Anak yang memberi hormat kepada
orangtua
B.
Sumber :
1.
Buku PAB kelas 3 Ehipassiko Hal
50-59
2. Buku PAB Kelas 3 Yanwreko Wahana Karya, hal
52-53
3.
Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Departemen Agama, Hal. 40
VII.Penilaian Pembelajaran
A. Prosedur Penilaian :
1.Penilaian Proses :
2.Penilaian Hasil Pembelajaran :
B.
Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Tes ….
C.
Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
………………………………….
3. Pertamuan 3 dilaksanakan pada :
....................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.
Jelaskan
pengertian kewajiban!
2.
Buddha
membabarkan kewajiban anak terhadap orang tua dimuat dalam ...
3.
Sigalovada
Sutta dibabarkan Buddha kepada pemuda bernama ....
4.
Sigalovada
Sutta memuat tentang kewajiban seorang ....
5.
Ada
berapa kewajiban anak terhadap orang tua?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. Mengapa kita harus berbakti kepada
orangtua?
2. Sebutkan 5 kewajiban anak terhadap orang
tua!
3. Apa yang dimaksud merawat orang tua?
4. Apa yang dimaksud menjaga warisan
keluarga?
5. Apa yang dilakukan seorang anak jika
orangtuanya meninggal dunia?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal beikut dengan benar!
Pertenyaan.
1. Kitab yang memuat kewajiban anak terhadap
orangtua
2. Nama pemuda yang di wejang oleh Buddha
tentang 6 arah
3. Arah timur lambang bakti kepada ...
4. Kewajiban anak kepada orangtuanya
5. Jumlah kewajibna anak terhadap orang tua
yang terdapat dalam Sigalovada Sutta
Kolom Jawaban;
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester :
III / 2
Alokasi Waktu :
9 jam pelajaran ( 3 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi :
4. Mengenal Kewajiban .anak terhadap orangtua dan kewajiban terhadap guru
II.
Kompetensi Dasar :
4.2 Menerapkan peserta didik terhadap guru.
III.
Tujuan Pembelajaran
:
4.2.1. Peserta didik
dapat menjelaskan kewajiban guru terhadap siswa
4.2.2. Peserta didik
dapat menyebutkan lima kewajiban guru terhadap siswa.
4.2.3. Peserta didik
dapat menjelaskan kewajiban siswa
terhadap guru
4.2.4. Peserta didik
dapat menyebutkan lima kewajiban siswa terhadap guru.
4.2.5. Peserta didik
dapat menjelaskan peran guru terhadap
siswa
4.2.6. Peserta didik
dapat menyebutkan contoh perbuatan peran guru terhadap siswa.
4.2.7. Peserta didik
dapat menjelaskan peran siswa terhadap
guru.
4.2.8. Peserta didik
dapat menyebutkan contoh perbuatan peran siswa terhadap guru.
4.2.9. Peserta didik
dapat melaksanakan lima kewajiban siswa dengan guru dilingkungan sekolah .
IV.
Materi Pembelajaran
:
1.
Kewajiban siswa terhadap guru
Guru
merupakan orangtua ke dua setelah orangtua di rumah.
Guru telah berjasa kepada
siswa, karena guru telah memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga
kita dapat membaca dan menulis juga terampil.
Ada lima kewajiban siswa
kepada guru yang terdapat dalam Sigalovada sutta yaitu :
1. Bangkit dari tempat duduk sebagai
penghormatan
2. Melayani guru
3. Bersemangat untuk belajar
4. Memberikan jasa-jasa kepada mereka
5. Memberikan perhatian sewaktu belajar.
V.
Kegiatan Pembelajaran
:
A. Metode:
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
B. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan
(20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang Pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Kewajiban siswa terhadap guru.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala
catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran
yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang kewajiban siswa terhadap guru
· Siswa berdiskusi tentang macam-macam
kewajiban siswa
· Siswa memaparkan hasil diskusinya di depan
kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Kewajiban siswa terhadap guru.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa
yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan Kewajiban yng sudah kamu laksanakan.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a pembukaan
dengan religius
2. Guru bertanya tentang Pelajaran yang lalu
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara melaksanakan kewajiban siswa terhadap guru.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara melaksanakan kewajiban siswa terhadap
guru.
· Siswa berdiskusi tentang contoh pelaksanaan kewajian seorang siswa.
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan Hak yang sudah kamu terima
dari gurumu!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru dan siswa membahas tugas
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Tugas utama siswa
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Tugas utama siswa
· Siswa mengerjakan trugas yang
diberikan guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan 4 cara menghormati guru!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
VI.
Alat/ Media. Sumber Pembelajaran
A.
Alat/ Media :
1. Gambar siswa menghormati guru
B.
Sumber :
1.
Buku PAB kelas 3 Ehipassiko Hal 60-66
2. Buku PAB Kelas 3 Yanwreko Wahana Karya hal 53-55
3.Buku
pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Departemen Agama Hal 41
VII.Penilaian Pembelajaran
A Prosedur Penilaian :
1.Penilaian Proses :
2.Penilaian Hasil Pembelajaran :
B. Bentuk Penilaian:
1.
Tes tertulis
2.
Non tes
C. Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
………………………………….
3.
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
.....................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Guru merupakan orangtua kita di ....
- Kewajiban siswa terhadap guru dimuat dalam ....
- Kewajiban siswa terhadap guru menurut Sigalovada sutta jumlahnya ...
- Kewajiban siswa terhadap guru meliputi ....
- Kewajiban siswa terhadap guru dilambangkn dengan arah ....
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Kita harus ... terhadap guru
- Setiap bertemu guru kita sebaiknya memberi ...
- Saat guru memberikan pelajaran sebagi siswa yang baik sebaiknya ....
- Belajar yang rajin dan giat merupakan kewajiban seorang ....
- Mengerjakan PR merupakan tugas dari ....
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan Soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Jika mengalami kesulitan dalam belajar apa yang harus kamu lakukan?
- Mengapa kita wajib menghormati guru?
- Sebutkan lima kewajiban siswa terhadap guru!
- Berilah 2 contoh cara menghormati guru!
- Sebutkan 3 tugas siwa di sekolah!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester :
III / 2
Alokasi Waktu : 15 jam pelajaran ( 5 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
5.Memahami Hari Raya Agama Buddha.
II.
Kompetensi Dasar
5.1.Menjelaskan
hari-hari raya agama Buddha dan latar belakangnya.
III.
Tujuan Pembelajaran
5.1.1. Peserta
didik dapat menyebutkan hari-hari
besar dalam Agama Buddha
5.1.2. Peserta
didik dapat mengidentifikasikan
hari raya Waisak
5.1.3. Peserta
didik dapat menyebutkan waktu
pelaksanaan hari waisak
5.1.4. Peserta
didik dapat menceritakan
sejarah Waisak
5.1.5. Peserta
didik dapat mengidentifikasikan
hari raya Asadha
5.1.6. Peserta
didik dapat menceritakan
sejarah Asadha
5.1.7. Peserta
didik dapat menyebutkan waktu pelaksanaan hari raya Asadha
5.1.8. Peserta
didik dapat mengidentifikasikan
hari raya kathina
5.1.9. Peserta
didik dapat menceritakan sejarah Kathina
5.1.10. Peserta
didik dapat menyebutkan waktu pelaksanaan hari raya kathina
IV.
Materi Pembelajaran
1.
Hari Raya
Hari raya agama adalah hari
yang bersejarah bagi pendiri agama. Hari raya agama Buddha adalah suatu hari yang
bersejarah bagi Buddha Gotama.
Hari raya agama Buddha meliputi:
1. Hari Maghapuja
2. Hari Waisak
3. Hari Asadha
4. Hari Kathina
V.
Kegiatan Pembelajaran
A
Metode:
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Penugagan
B
Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a
pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang hari raya.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan
tujuan pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian hari raya
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian hari raya
· Siswa mengerjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Pengertian hari raya.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Jelaskan
pengertian hari raya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang hari raya Maghapuja
4. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengetian hari Raya Magha Puja
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian hari Raya Magha Puja.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan guru
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian Magha puja.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan peristiwa yang terjadi pada bulan Magha di
Veluvanarama!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang hari raya Waisak
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian hari raya Waisak.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian Waisak
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Pengertian Waisak.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan 3 peristiwa yang terjadi pada Buddha pada bulan
Waisak.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a pembukaan
dengan religius
2. Guru bertanya tentang hari raya Asadha
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian hari Asadha.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian Hari Raya Asadha
· Siswa berdiskusi tentang hari raya Asadha
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Pengeritan Hari raya Asadha.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: nyanyikan lagu Lima Pertapa!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 5
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang hari raya Kathina
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian Hari Raya Kathina
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang Pengertian Hari Raya Kathina
· Siswa mengerjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang Pengertian Hari Raya
Kathina
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan sejarah singkkat tentang hari raya
Kathina!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
VI.
Alat/ Media. Sumber Pembelajaran
A.
Alat/ Media :
1. Pohon ayan hari Raya.
B.
Sumber :
1.
Buku PAB kelas 3 Ehipassiko Hal
67-93
2. Buku PAB Kelas 3 YanwrekoWahana Karya hal. 65-74
3.
Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama Buddha Departemen agama RI hal51-56
VII.
Penilaian Pembelajaran
A. Prosedur Penilaian :
1. Penilaian Proses :
2. Penilaian Hasil Pembelajaran :
B. Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Non. tes
….
C. Alat Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada :
………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :
………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3
dilaksanakan pada : ......................................................
4. PERTEMUAN KE 4
dilaksanakan pada : .....................................................
5. PERTEMUAN KE 5
dilaksanakan pada : ......................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Jelaskan pengertian hari raya!
- Jelaskan pengertian hari raya agama Buddha
- Sebutkan 4 hari raya agama Buddha!
- Siapa Pendiri agama Buddha?
- Di negara mana Agama Buddha pertama kali diajarkan?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Jelaskan pengertian hari raya Maghapuja?
- Dimana Buddha membabarkan Ovada Patimokkha?
- Sebutkan Isi Ovadapatimokkha!
- Kepada Siapa Buddha membabarkan Ovada Patomokkha?
- Barapa Jumlah Bhikkhu yang hadir pada saat purnama sidhi Di bulan Magha pada waktu itu?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Jelaskan pengertian hari raya waisak!
- Dimana Pangeran Sidharta Lahir?
- Tahun berapa Pangeran Siddharta lahir?
- Dimana Buddha Mahaparinibbana?
- Dimana Pertapa Gotama Mencapai Bodhi?
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Jelaskan peengertian hari raya asadha?
- Kepada siapa Buddha Membabarkan Dhamma pang pertama?
- Dimana Buddha membabarkan Dhammanya yang pertama?
- Apa isi kotbah pertama Buddha?
- Sebutkan nama lim pertapa!
PERTEMUAN KE 5
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Jelaskan Pengertian hari raya Kathina?
- Siapa yang wajib berdana kepada Bhikkhu?
- Apa yang didanakan kepadaBhikkhu di hari Kathina?
- Sebutkan 4 kebutuhan pokok Bhikkhu!
- Sebutkan yang termasuk anggota sangha!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester :
III / 1
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 4 pertemuan)
I. Standar Kompetensi :
5. Memahami Hari Raya Agama Buddha
II. Kompetensi Dasar
5.2 Mendeskripsikan makna
hari-hari raya Agama Buddha
III. Tujuan Pembelajaran
5.2.1. Peserta
didik dapat menjelaskan makna memperingati hari Waisak
5.2.2. Peserta
didik dapat menjelaskan makna memperingati hari Asadha
5.2.3. Peserta
didik dapat menjelaskan makna memperingati hari Kathina
5.2.4. Peserta
didik dapat menjelaskan makna memperingati hari Magha Puja
IV. Materi Pembelajaran
1. Makna
peringatan Hari Raya agama Buddha yaitu dapat mengingat peeristiwa yang terjadi
pada hari raya tersebut.
2. Susunan
acara peringatan Hari raya
- Pembukaan
- Sambutan-sambutan
- Hikmah peringatan
- Hiburan
- Penutup
3. Susunan
Paritta upacara Hari raya Agama Buddha
-
Pembukaan ( pembacaan Dhammapada)
-
Pradaksina
-
Namakaragatha
- Aradana
Tisarana
- Buddhanussatiacakiriya
gatha
-
Mettasutta
- Meditasi
- Renungan
- Kotbah
-
Pemberkahan
- Dana
Paramita
-
Penutup ( namaskaragatha)
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode:
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
4. Demostrasi
B. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang Makna Hari Maghapuja.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Makna hari raya Maghapuja.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang makna hari raya Maaghapuja.
· Siswa berdiskusi tentang cara memperingati hari raya Maghapuja.
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang
tentang makna hari raya Maghapuja.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: tulislah susunan acara
peringatan Maghapuja!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a pembukaan
dengan religius
2. Guru bertanya tentang Makna Hari Waisak.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang makna hari raya Waisak.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang makna hari raya Waisak.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
· Siswa memaparkan hasil diskusinya
di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang makna hari raya Waisak.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru
membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: 2ebutkan 3 candi Buddhis yang digunakan
untuk memperingati Hari Raya Waisak secara nasional!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta
didik dan guru melakukan do’a pembukaan dengan religius
2. Guru bertanya tentang Susunan acara hari Asadha
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang makna hari raya Asadha.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang makna hari raya Asadha.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang makna peringatanhari raya Asadha.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat.
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: tuliskan syair
Viharagitha Lima Pertapa!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh relegius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Pembukaan (20 Menit)
1. Peserta didik dan guru melakukan do’a pembukaan
dengan religius
2. Guru bertanya tentang pelajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan Kompetensi Dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan diacapai;
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang makna hari
raya Kathina.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang makna peringatan Kathina
· Siswa mmengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara memperingati hari raya Kathina.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Penutup
(25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi
0.
Tuliskan susunan acara peringatan Kathina!
c. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
d. Guru dan siswa melakukan doa penutup dengan
penuh relegius
VI. Alat/ Media. Sumber Pembelajaran :
A. Alat/
Media :
1. Gambar orang sedang memperingati hari raya
agama Buddha.
B. Sumber
:
1. Buku PAB kelas 3 Ehipassiko Hal 67-98
2. Buku Paritta suci Dr. Cunda J. supandi hal 34-83
VII.
Penilaian Pembelajaran
A. Prosedur Penilaian :
1.Penilaian Proses :
2.Penilaian Hasil Pembelajaran :
B.
Bentuk Penilaian:
1. Tes tertulis
2. Non Tes
C. Alat
Penilaian Pembelajaran :
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada tanggal :
......................................................
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada tanggal :
.......................................................
3.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada tanggal
:.......................................................
4.
PERTEMUAN
KE 4 dilaksanakan pada tanggal :
.....................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Hari Raya Maghapuja diperingati tiap bulan
....
2. Hari Raya Maghapuja disebut juga hari .....
3. Mengapa hari raya Magha dibebut Tri Ratna?
4. Tuliskan susunan acara peringatan
Maghapuja?
5. Apa Yang terjadi di bulan Magha di
Veluvanarama pada saat itu?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar
- Memperitangti apakah hari raya Waisak?
- Hari raya Waisak disebut juga hari ....
- Memepringati apakah hari Raya Waisak?
- Dimana upacara Peringatan Waisak secara nasional dilaksanakan?
- Mengapa hari raya Waisak disebut Tri Suci Waisak??
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar
1. Hari Raya Asadha diperingati tiap bulan
....
2. Hari Raya Asadha disebut juga hari .....
3. Mengapa hari raya Asadha dibebut hari
Dhamma?
4. Tuliskan susunan acara peringatan Asadha?
5. Apa Yang terjadi di bulan Asadha di Taman
Rusa Isipatana pada saat itu?
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan benar
1.
Hari
Raya Kathina diperingati tiap bulan ....
2.
Hari
Raya Kathina disebut juga hari .....
3.
Mengapa
hari raya Kathina dibebut Sangha?
4.
Mengapa
setiap Vihara hanya diperbolehkan hanya satu kali memperingati Kahtina dalam
satu tahun?
5.
Apa
yang dilakukan oleh umat Buddha di hari Kathina?
No comments:
Post a Comment