RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester :
VI / 2
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran ( 3 Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami
sikap meditasi
II.
Kompetensi Dasar
3.1
Mengenali peran konsentrai dalam kegiatan sehari-hari
III.
Tujuan Pembelajaran
3.1.1. Menjelaskan pengertian meditasi Buddhis.
3.1.2. Mempraktikkan sikap duduk yang benar sewaktu bersamadhi.
3.1.3. Menyebutkan macam-macam samadhi.
3.1.4. Menyebutkan tatacara bersamadhi dengan benar.
IV.
Materi Pembelajaran
Meditasi
Meditasi dalam agama buddha adalah konsentatrasi pada
obyek. Macam-macam meditasi:
- Miccha samadhi ( Samadhi salah )
- Samma samadhi ( samadhi benar)
Samma samadhi ada dua
macam yaitu :
- Samatha bhavana ( pengembangan ketenangan batin)
- Vipassana bhavana ( pengembangan pandangan terang)
Cara-cara bermeditasi.
Meditasi dapat dilakukan
dengan empat cara yaitu :
1. Duduk
2. Berdiri
3. Berjalan
4. Berbaring.
V.
Kegiatan Pembelajaran
- Metode:
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Tugas
d. Demonstrasi
- Langkah-Langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang Konsentarasi
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian konsentrasi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengetian konsentrasi
· Siswa berdiskusi tentang cara
berkonsentrasi
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang pengertian konsentrasi
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Kapan kalian berkonsentrasi?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang materi
pembelajaran pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang macam-macam meditsi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang macam-macam meditasi
· Siswa berdiskusi tentang macam –
macam mesitasi
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang macam-macam meditasi
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Sebutkan 2 macam meditasi!
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
dan siswa membahas pekerjaan rumah (PR).
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
Siswa difasilitasi oleh guru menemukan
materi cara melaksanakan meditsi
Siswa
menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang
belum dimengerti oleh siswa.
|
Penjelasan tentang cara melaksanakan meditasi
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan
oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
|
Guru dan siswa bersama-sama mengulang
cara melaksanakan meditasi
Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: -Sebutkan 4 cara melakukan
meditasi!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber
1. Alat/Media
a. Gambar
orang sedang meditasi.
2. . Sumber
1. Buku
PAB kelas 6 Ehipasiko hal 59-67
2.
Buku PAB kelas 6 Parimita Surabaya, hal 20-24
3.
Buku PAB Peganagan guru Depag
RI hal 11-1
VII.Alat Penilaian
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses
b. Penilaian
Hasil Pembelajaran
2. Bentuk
Penilaian
a. Tes
tertulis dan Non tes
3. Alat
penilaian
a. Soal
terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
3.
PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ...................................................
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Jelaskan pengertian konsentrasi?
2. Sebutkan 2 macam meditasi!
3. Jelaskan pengertian sammasamadhi!
4. Jelaskan pengertian micchasamadhi?
5. Jelaskan perbedaan antasra
sammasamadhi dengan micchasamadhi!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Sebutkan 2 macam bhavana!
2. Jelaskan pengertian samatha bhavana!
3. Jelaskan perbedaan antara samatha
bhavna dengan vipassana bhavana!
4. Ada berapa pokok obyek samatha bhavana?
5. Apa yang menjadi obyek dari
vipassana bhavana?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Sebutkan 4 posisi tubuh dalam latihan
meditasi!
2. Bagaimana cara melakukan meditasi dengan
cara duduk?
3. Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan
latihan meditasi?
4. Dimana latihan meditasi dapat dilakukan?
5. Bagimana cara melakukan samatha bhavana
yang benar?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI / 2
Alokasi Waktu :
9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami sikap bermeditasi
II.
Kompetensi Dasar
1.2 Melakukan latihan meditasi pernafasan dan
cinta kasih
III.
Tujuan Pembelajaran
3.2.1.
Menyebutkan
syarat-syarat yang menunjang meditasi.
3.2.2.
Melakukan latihan
meditasi obyek penafasan.
3.2.3.
Melakukan latihan
meditasi obyek cinta kasih.
IV.
Materi Pembelajaran
Syarat-syarat yang mendukung untuk melakukan meditasi yaitu : Memiliki
sila ( budi pekerti yang luhur); 2) Menghilangkan berbagai rintangan; 3) Memiliki guru pembimbing meditasi; 4) Memiliki buku pedoman meditasi;
5) Mempunyai tempat yang sesuai
untuk latihan meditasi; 6) Memilih obyek yang sesuai watak; 7) Melenyapkan rintangan kecil; 8) Menimbulkan, mempertahankan Samadhi
nimita.
Cara mengambil obyek meditasi yaitu
dengan cara mengambil salah satu obyek yang sesuai dengan watak yang dimiliki. Meditasi
pernafasan yaitu meditasi dengan mengambil obyek keluar masuknya nafas. Meditasi
cinta kasih yaitu meditasi dengan mengambil obyek cinta kasih, dengan cara
memancarkan cinta kasih kepada semua makhluk.
V.
Kegiatan Pembelajaran
- Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
d. Demonstrasi
- Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang Syarat untuk
melakukan latihan meditasi
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Siswa difasilitasi oleh
guru menemukan materi Syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan latihan
meditasi dan cara mengambil obyek meditasi.
·
Siswa menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada siswa
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
·
Penjelasan Syarat yang
harus dipenuhi sebelum melakukan latihan meditasi dan cara mengambil obyek
meditasi.
·
Siswa
·
Siswa mempresentasikan
hasil kerjanya di depan kelas
|
·
Guru dan siswa
bersama-sama mengulang Syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan latihan
meditasi dan cara mengambil obyek meditasi.
·
Guru meluruskan hasil
jawaban dari siswa yang belum tepat
·
Siswa dan guru melakukan
refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Sebutkan 10 Syarat yabg hasu
dipebuhi sebelum melaksanakan latihan meditasi!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang Cara melakukan meditasi pernafasan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara melakukan
meditasi pernafasan
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara
mengambil obyek meditasi pernafasan
· Siswa mengerjakan tugas dari guru
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang cara melakukan meditasi
pernafasan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Bagimana cara mengambil obyek meditasi Samatha bhavana?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religious.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan
agama Buddha
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang meditasi Cinta
kasih.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian
meditasi cinta kasih.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian
meditasi cinta kasih
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang penrtian meditasi cinta kasihg
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Apa yang akan berkembang dalam diri
kita jikan melaksanakan meditasi cinta kasih?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa
penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber:
1. Alat/Media
a. Gambar
orang meditasi
2. Sumber
a. Buku
PAB Kelas 6 Ehipasiko hal 81-96
b. Buku
PAB Kelas 6 Paramaita Surabaya hal 27-30
c. Buku
PAB Pegangan guru Depag RI
Hal 25, 27
d. Buku
Bhavana
VII.Alat Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
b. Penilaian
Hasil Pembelajaran
2. Bentuk
Penilaian
a. Tes
tertulis dan Non tes
3. Alat
penilaian
a. Soal
terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
: ………………………………..
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada
: ..................................................
Soal
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Syarat apa yang harus dipenuhi sebelum
melakukan latihan meditasi?
2. Apa peranan guru dalam meditasi?
3. Mengapa kita harus memiliki sila dalam
latihan meditasi?
4. Bagimana cara mengambil obyek
meditasi samatha bhavana?
5. Bagaimana cara mennggunakan obyek
vipassana bhavana?
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
4. Sebutkan 6 watak yang dimiliki
manusia!
5. Obyek apa yang sesuai dengan orang yang
berwatak serakah?
6. Sebutkan secara garis besar 40 pokok obyek
samatha bhavana!
7. Obyek apa yang sesuai untuk orang yang
memiliki watak kekawatiran?
8. Bagimana cara melakukan meditasi
pernafasan?
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Bagimana cara mengambil obyek cinta
kasih?
2. Beri contoh cara menggunakan obyek cinta kasih!
3. Siapa saja yang kita beri pancaran cinta kasih?
4. Apa yang kita ucapkan dalam batin kita
saat kita melakukan meditasi cinta kasih?
5. Apa yang berkembang dalam diri kita jika
kita sering melakukan meditasi cinta kasih?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester :
VI / 2
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami
sikap meditasi
II.
Kompetensi Dasar
3.3.
Mendeskripsikan manfaat meditasi
III.
Tujuan Pembelajaran
3.3.1 Menyebutkan manfaat yang dapat diperoleh
orang yang mempraktikkan meditasi.
3.3.2 Menyebutkan waktu yang baik untuk
bermeditasi.
3.3.3 Menyebutkan tempat yang baik untuk
bermeditasi.
3.3.4 Membedakan meditasi yang benar dengan
meditasi yang salah.
IV.
Materi Pembelajaran
Manfaat melaksanakan meditasi antara lain :
1. Bagi orang yang sibuk meditasi akan
menolongnya tembebakan dari ketegangan.
2. Bagi pelajar meditasi dapat membantu
meningkatkan konsentrasi pada materi pelajaran.
3. Bagi orang yang suka membenci dapat
membebaskan diri dari kebencian
4. Dapat memiliki keteangan batin dan lain-lain.
Waktu yang tepat untuk melakukan meditasi
Waktu yang tepat untuk melakukan meditasi pada
pagi hari yaitu pukul 04.00-07.00. Untuk sore/malam hari pukul 17.00-22.00.
V.
Kegiatan Pembelajaran
- Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
d. Demonstrai
- Langkah-langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang manfaat
meditasi
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang manfaat dari
melakukan meditasi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang manfaat dari
melakukan meditasi
· Siswa mengerjakan tugas dari guru
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang manfaat dari melakukan
meditasi
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Sebutkan 5 manfaat dari melaksanakan meditasi!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara mwmilih
waktu yang tepat untuk latihan meditasi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara mwmilih
waktu yang tepat untuk latihan meditasi
· Siswa
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang cara mwmilih waktu yang tepat
untuk latihan meditasi
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Bagimana cara memilih waktu yang tepat untuk latihan
meditasi?
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religious.
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama
Buddha dengan penuh religius
2. Guru
dan siswa membahas PR
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang perbedaan antara meditasi benar dengan meditasi
salah.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang perbedaan antara meditasi benar dengan
meditasi salah.
· Siswa
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang perbedaan antara
meditasi benar dengan meditasi salah.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Buatlah daftar pelaksanaan meditasi yang kamu lakukan
dalam keseharian!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber:
1. Alat/Media
a. Pohon
ayat meditasi
2. Sumber
a. Buku
PAB Ehipassiko hal
b. Buku
PAB Paramita Surabaya hal 30
c. Buku
PAB Pegangan Guru, Depag RI Hal 11
VII.Alat Penilaian
1. Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses
b. Penilaian
Hasil Pembelajaran
2. Bentuk
Penilaian
a. Tes
tertulis dan Non tes
3. Alat
penilaian
a. Soal
terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan:
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
: ………………………………...
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada
: ...............................................
Soal
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1.
Apa
manfaat dari melakukan meditasi sebalum belajar?
2.
Apa
manfaat meditasi bagi orang yang sibuk?
3.
Manfaat
apakah yang diperoleh dari melakukan meditasi cinta kasih?
4.
Pencapaian
jhana merupakan hasil dari melakukan meditasi apa?
5.
Jika
kita melakukan meditasi perenungan terhadap sifat luhur Buddha apa yang tibul
dalam diri kita?
6.
Sebutkan
5 sifat luhur Buddha?
7.
Ada
berapa sifat luhur Buddha yang terdapat dalam Buddhanussati?
8.
Manfaat
apa yang akan diperoleh jika melakukan vipassana bhavana?
9.
Apa
manfaat meditasi sebelum tidur?
10.
Apa
manfaat melakukan meditasi sebelum melakukan aktifitas?
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Bagimana cara kita mengambil waktu
yang tepat untuk latihan meditasi?
2. Kapan waktu yang tepat untuk
melakukan meditasi pada sore hari?
3. Kapan waktu yang tepat untuk
berlatih meditasi pada pagi hari?
4. Mengapa sewaktu kita latihan meditasi kita
harus mengambil waktu yang sama?
5. Mengapa waktu tidak perlu dtentukan bagi
orang yang sudah berhasil dalam melakukan meditasi?
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
- Buatlah contoh meditasi benar !
- Buatlah contoh meditasi salah !
- Bagaimana cara melaksanakan meditasi yang benar !
- Apa manfaat meditasi bagi seorang pelajar ?
- Apa akibat orang yang melakukan meditasi salah ?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI / 2
Alokasi Waktu :
9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4. Memahami
tujuan akhir umat Buddha (Nirvana)
II.
Kompetensi Dasar
4.1
Mendiskripsikan Nirvana / Nibbana sebagai tujuan akhir umat Buddha
III.
Tujuan Pembelajaran
4.1.1 Menyebutkan dua macam nirvana/nibbana.
4.1.2
Menyebutkan cara mencapai nirvana.
4.1.3
Menjelaskan Jalan Mulia Berunsur Delapan (Hasta Ariya Marga)
IV.
Materi Pembelajaran
Nibbana
Nibbana adalah bebasnya
lobha, dosa, moha; padamnya nafsu keinginan; padamnya arus kekotoran batin,
lenyapnya dukkha ( pendertiaan).
Nibbana ada dua macam yaitu :
-Sa-upadisesa-nibbana yaitu nibbana yang masih mengandung sisia-sisa
kelompok kehidupan.
-An-upadisesa-nibbana yaitu nibbana yang tidak mengandung sisa-sisa
kehidupan.
Jalan untuk merealisasi nibbana yaitu dengan melaksanakan jalan mulia
berfaktor delapan.
V.
Kegiatan Pembelajaran
1. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
2. Langkah-Langkah Pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama
Buddha dengan penuh religius .
2. Guru bertanya kepada siswa tentang pengertian Nibbana
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian
Nibbana/Nirvana
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang materi
tentang pengertian Nibbana/Nirvana
· Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang materi tentang pengertian Nibbana/Nirvana
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang Pelajaran yang
lalu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara merealisasi
Nibbana/Nirvana
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang cara
merealisasi Nibbana/Nirvana
· Siswa berdiskusi tentang cara merealisasi Nibbana
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang cara merealisasi
Nibbana/Nirvana
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Bagaimana cara merealisasi Nibbana ?
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan siswa melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama
Buddha dengan penuh religius
2. Guru
dan siswa membahas PR
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Jalan Mulia
Berfaktor Delapan
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti
oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang
Jalan Mulia Berfaktor Delapan
· Siswa
· Siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang Jalan Mulia Berfaktor
Delapan
· Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan isi Jalan Mulia Berfaktor Delapan beserta pengelompok- kannya
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
VI.
Alat/Media/Sumber:
- Alat/Media
a. Gambar orang yang sedang meditasi
b. VCD
meditasi.
- BSumber
a. Buku
PAB Kelas 6 Ehipasiko Hal
b. Buku
PAB kelas 6 Pamaita Surabaya hal
c. Buku
Kebahagiaan dalam Dhamma hal
VII.Alat Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
b. Penilaian Hasil
Pembelajaran
2. Bentuk Penilaian
a. Tes tertulis dan
Non tes
3. Alat penilaian
Soal terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
: ………………………………..
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada
: ..................................................
Soal
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Jelaskan pengertian nibbana !
2. Sebutkan 2 macam nibbana !
3. Nibbana yang dicapai pada saat masih hidup
disebut ....
4. Nibbana yang dicapai setelah meninggal
disebut ....
5. Jelaskan perbedaan saupadisesa nibbana
dengan anupadisesa nibbana !
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1.
Jelaskan
cara mencapai nibbana !
2.
Apa
tujuan terakhir umat Buddha ?
3.
Bagaimana
sifat nibbana ?
4.
Apa
yang dicapai oleh seseorang yang telah menyadari nibbana ?
5.
Apa
yang dipadamkan oleh seseorang yang telah mencapai nibbbana ?
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1.
Apakah
jalan untuk mencapai nibbana ?
2.
Jalan
mulia berunsur delapan dikelompokkan menjadi tiga, sebutkan !
3.
Sebutkan
2 unsur panna pada jalan mulia berunsur delapan !
4.
Sebutkan
3 unsur sila pada jalan mulia berunsur
delapan !
5.
Sebutkan
3 unsur samadhi pada jalan mulia berunsur delapan !
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 6 Jam Pertemuan ( 2 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4. Memahami
tujuan akhir umat Buddha ( Nirvana).
II. Kompetensi Dasar
4.2
Membedakan Surga dengan Nirvana/Nibbana
III. Tujuan Pembelajaran
4.2.1. Menjelaskan pengertian surga menurut Agama Buddha.
4.2.2. Menyebutkan enam alam Surga (Kama Sugati Bhumi).
4.2.3. Mendefinisikan makna Nibbana.
IV. Materi Pembelajaran
Tiga Puluh Satu Lima Kehidupan terdiri dari :
Kama Bhumi 11
Rupa-bhumi
16
Arupa-bhumi
Kama-Bhumi 11 yaitu 11 alam kehidupan yang
makhluk-makhluk masih senang dengan nafsu indera dan terikat dengan panca
indera.
Kamma-bhumi 11 terdiri dari:
Apaya-bhumi 4 ( 4 alam kehidupan yang menyedihkan)
Kamasugati-Bhumi 7 (7 alam kehidupan nafsu yang
menyenangkan) yaitu:
a. Manussa-Bhumi ( alam Manusia)
b. Catumaharajika-Bhumi ( alam empat Dewa)
c. Tawatimsa-Bhumi ( alam tigapuluh tiga
dewa)
d. Yama-Bhumi ( alam dewa yama)
e. Tusita-Bhumi (alam kenikmatan)
f. Nimmanarati-Bhumi ( alam Dewa yang
menikmati ciptaanya)
g. Parinimmita-vasavatti-Bhuiptaan-Bhumi (
alam Dewa yang membantu menyempurnakan ciptaan dari Dewa-Dewa lainnya).
V. Kegiatan Pembelajaran
- Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan.
- Langkah-langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang pengertian surga
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian Surga
di 31 alam kehidupan.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang pengertian Surga di 31 alam kehidupan.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian Surga di
31 alam kehidupan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Sebutkan 7 alam
Dewa !
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
.
2. Guru
bertanya kepada siswa tentang pelajaran pada
pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di
capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang macam-macam Nibbana
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang macam-macam Nibbana
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru
· Siswa mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang macam-macam Nibbana
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Jelaskan perbedaan antara Nibbana dengan Surga!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan siswa melakukan doa penutup dengan penuh
religius
VI. Alat/Media/Sumber:
- Alat/Media
a. Pohon ayat 31 alam kehidupan
- Sumber
a. Buku PAB kelas 6 Ehipassiko hal
b. Buku PAB Pegangan guru Depag RI, hal
c. Buku Abhidhammatasangaha 2 hal
VII.Alat Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a. Penilaian Proses
b. Penilaian Hasil Pembelajaran
2.
Bentuk
Penilaian
a. Tes tertulis dan Non tes
3.
Alat
penilaian
Soal terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
: ………………………………..
Soal
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1.
Jelaskan
pengertian alam surga !
2.
Surga
dapat dicapai dengan melaksanakan ....
3.
Makhluk
yang terlahir di alam surga karena banyak melakukan ....
4.
Surga
adalah alam kehidupan yang dihuni oleh para ....
5.
Sebutkan
3 alam yang termasuk alam surga!
Pertemuan
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar !
1. Makhluk
yang terlahir di alam surga tidak hidup selamnya di sana, suatu saat akan ....
dan terlahir kembali di alam ... sesuai dengan kammanya.
2. Alam
surga adalah alam yang penuh dengan ....
3. kelahiran
di alam surga bukanlah kebahagiaan yang sesungguhnya, karena kelahiran di alam
surga tidak .
4. Para
penghuni surga masih bisa marah karena belum terbebas dari ....
5. Jelaskan perbedaan antara surga dengan
nibbana!
kasih link downloadnya donk mas
ReplyDelete