RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu :
9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
3. Mengontruksi sikap umat Buddha untukmenjadi
manusia yang bermurah hati
II.
Kompetensi Dasar
2.1.Mendeskripsikan macam-macam dana
III.
Tujuan Pembelajaran
3.1.1
Peserta didik dapat mendefiniskan
pengertian dana.
3.1.2
Peserta didik dapat menyebutkan
macam-macam-macam dana.
3.1.3
Peserta didik dapat menjelaskan dana yang nilainya paling tinggi.
3.1.4
Peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat berdana yang baik
3.1.5
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan berdana.
3.1.6
Peserta didik dapat menyebutkan ladang yang paling subur untuk menanam perbuatan baik (berdana)
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian dana
Dana adalah memberi atau beramal yang
dilakukan dengan keiklasan
2. Macam-macam dana
1) Amisedana ( Dana materi) yaitu memberi
berupa materi
2) Atidana yaitu memberi perbupa pengorbanan
kepentingan sendiri untuk kebahagiaan makhluk lain
3) Mahatidana (dana Kehidupan) yaitu
pemberian berupa pengorbaban jwa dan raga
4) Dhammadana (dana kebenaran) yaitu
pembeiran nasehat, petunjuk kebaikan kebenaran.
V.
Kegiatan Pembelajaran
- Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
- Langkah-langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya kepada siswa tentang
pengertian dana
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pengeritan dana
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tentang pengeritan dana
· Siswa berdiskusi tentang pengertian dana
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengeritan dana
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 6 pengertian dana!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya kepada siswa tentang
pembelajaran pada pertemuan yang lalu
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi pengertian dana materi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian dana materi
· Siswa berdiskusi tentang
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang pengertian dana materi
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 5 macam wujud dana materi!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 3
A Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru dan siswa membahas PR
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang
· Siswa berdiskusi tentang
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Sebutkan 2 contoh wujud dana
kehidupan!
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Gambar
orang berdana
B. Sumber
1.
Buku Pab Kelas 5 Ehipassiko hal 59-83
2.
Buku PAB Klas 5, Depag RI hal 9-10
3.
Kamus umum Buddha Dharma, Tri Satya Buddhis centre Jakarta Hal. 15
4.
Buku PAB Kelas 5, Aryasuryacandra 1995-1996 hal 9-10
VII.Alat Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Penilaian
proses : Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik
Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Tes
Prkatik
3. Tes
Portopolio
C. Alat
Penilaian :
- Soal
tes Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
3.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : ……………………………….
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian dana!
2. Sebutkan 4 macam dana!
3. Jelaskan pengertian amisedana!
4. Jelaskan pengertin Dhammadana!
5. Jelaskan pengertian abhayadana!
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian dana materi!
2. Bagaimana caramemberi dana materi
yang benar!
3. Apa yang dimaksud syarat barang yang
bersih!
4. Siapa saja yang pantas diberi dana?
5. Apa yang dilakukan setelah member
dana materi?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian dana kehidupan!
2. Berilah contoh pelaksanaan dana kehidupan dalam kehidupan sehari-hari!
3. Apa tujuan dalam melakukan dana
kehidupan?
4. Bagiana cara melakukan dana
kehidupan yang benar?
5. Sebutkan 3 contoh dana kehidupan!
6. Jelaskan pengertian dana kebenaran!
7. Berilah 3 profesi yang berhubungan
dengan dana kebenaran!
8. Jenis dana apa yang paling tinggi
nilainya?
9. Berilah 2 contoh dana kebenaran!
10. Siapa saja yang perlu kita beri dana
kebenaran?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 4 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
3.
Mengontruksi sikap umat
Buddha untuk menjadi manusia yang bermurah hati
II.
Kompetensi Dasar
3.2. Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar
III.
Tujuan Pembelajaran
3.2.1
Menyebutkan cara memberikan dana yang baik
3.2.2
Menyebutkan waktu yang tepat untuk berdana.
3.2.3 Mempraktikkan dana kepada teman sekelas.
3.2.4 Menyebutkan manfaat berdana
IV.
Materi Pembelajaran
Cara Berdana. berdana dilakukan dengan hati yang
iklas tanpa pamrih. Cara
berdana yang baik, Berdana
yang baik yaitu dana berupa barang yang bermanfaat bagi orang yang diberi dana. Ada tiga
syarat berdana yang baikyaitu:
- Iklas pada awal memberi
- Iklas pada saat member
Iklah setelah member.
V.
Kegiatan Pembelajaran
- Metode :
a.
ceramah
bervariasi
b.
tugas
c.
Tanya
jawab
- Langkah-langkah pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya kepada siswa tentang
cara berdana
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi cara berdana yang baik
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara berdana yang baik
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang cara berdana yang baik
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.
Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.
Guru
bertanya tentang pelajaran yang lalu
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara menentukan siapa yang pantas diberi dana.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang menentukan siapa yangpantas diberi dana.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C.
Kegiatan Akhir (25
Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Jodohkan pernyataan lajur kanan
dengan lajur kiri yang merupakan jawaban yang benar dengan cara menarik garis
lurus!
Dana berupa jubah
|
orangtua
|
|
Beras, pakaian pantas pakai, obat-obatan
|
Bhikkhu
|
|
Memberikan perawatan saat sakit, sudah tua.
|
Korban bencana alam
|
|
Memberi nasehat yang baik
|
Patidana
|
|
Memberikan pelimpahan jasa
|
Pecandu narkoba
|
3. Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru dan siswa membahas PR
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang dana yang diberikan kepada Sangha di hari Kathina
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang dana yang diberikan kepada Sangha di hari
Kathina
· Siswa berdiskusi tentang
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang dana yang diberikan kepada Sangha di hari Kathina
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C.
Kegiatan Akhir (25
Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 4 kebutuhan pokok Bhikkhu!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
VI.
Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Gambar
orang yang sedang pindapata
2.
Gambar orang yang berdana di Hari Kathina
B. Sumber
1.
Buku PAB Kelas 5 Ehipassiko hal 59-83
2.
Buku PAB Pegangan guru dari Depag RI hal
VII.Alat Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Penilaian
proses : Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Non
Tes
C. Alat Penilaian :
- Soal tes Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Cara berdana materi yang baik yaitu
dengan cara memberikan barang yang ….
2. Jika ada teman yang bersalah kepada
kita kitamemberi maaf, member maaf berarti telah melakukan …
3. Memberi dana harus iklas pada awal
yang disebut ….
4. Sebutkan 3 syarat cara berdana yang
baik!
5. Apa yang dimaksud ilkas pada saat
berdana?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jika teman kita suka berkelahi dana
apa yang pantas diberikannya?
2. Jika teman kita sedang sedih apa
yang harus kita lakukan?
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu
melihat burung yang terluka?
4. Berilah contoh pengamalan atidana1
5. Berilah contoh pelaksanaan
Mahatidana!
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Dimana ladang yang subur untuk
menanam jasa kebajikan?
2. Sebutkan siapa saja yang termasuk
anggota Sangha!
3. Sebutkan 4 kebutuhan pokok Bhikkhu!
4. Apa saja yang dapat kita danakan
pada hari khathina?
5. Apa pahala yang dapat kita peroleh
dari berdana?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 15 Jam Pertemuan ( 5 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4.
Mengenal cara merawat orang sakit dan menjaga pikiran agar jasmani tidak sakit
II. Kompetensi Dasar
4.1
Menerapkan cara merawat dan mendoakan orang sakit
III. Tujuan Pembelajaran
4.1.1 Menjelaskan pengertian sehat dan sakit
4.1.2 Menyebutkan macam-macam penyakit
4.1.3 Menyebutkan penyebab penyakit
4.1.4 Menjelaskan cara memelihara kesehatan dan menyembuhkan
penyakit
4.1.5 Memperagakan cara merawat orang sakit.
4.1.6 Mempraktikkan cara membacakan paritta untuk orang sakit.
4.1.7 Melafalkan paritta Bhojanga.
IV. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
Merawat orang sakit
2. Paritta
Penyembuhan ( Buku Paritta Suci)
V. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode :
a. Ceramah
b. tanya jawab
c. Penugasan
d. Demonstrasi
2. Langkah-langkah
pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya kepada siswa tentang
pengetian merawat
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian merawat orang sakit.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti 0leh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian merawat orang sakit.
· Siswa berdiskusi tentang pengertian merawat.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang pengertian merawat orang sakit.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25
Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan siapa saja yang pernah merawat saat kamu
sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru dan siswa membahas PR
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara merawat orangtua yang sedang sakit.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara merawat orangtua yang sedang sakit.
· Siswa berdiskusi tentang
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara merawat orangtua yang sedang sakit.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan apa saja yang dapat kamu lakukan jika
orangtuamu sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya kepada siswa tentang
materi pelajaran pada pertemuan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang tata cara menengok orang yang sakit.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang tata cara menengok orang yang sakit.
· Siswa mengerjakan tugas dari guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang tata cara menengok orang yang sakit.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan ucapan yang diucapkan saat menengok taman
yang sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya kepada siswa
tentang cara menumbukhan semangat untuk
sembuh.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara menumbuhkan semangat untuk sembuh kepada orang yang sedang sakit.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara menumbuhkan semangat untuk
sembuh kepada orang yang sedang sakit.
· Siswa berdiskusi tentang cara
member semangat.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentang cara menumbuhkan semangat untuk sembuh kepada orang yang sedang sakit.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi:
Tuliskan ucapan untuk menumbuhkan semangat
untuk sembuh kepada temanmu yang sedang sakit!
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 5
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya kepada siswa tentang
doa untuk orang sakit.
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang cara
menerapkan doa yang digunakan untuk merawat orang sakit.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara menerapkan
doa yang digunakan untuk merawat orang sakit.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan guru
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tentangcara menerapkan doa yang digunakan untuk merawat orang
sakit.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan doa untuk orang sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI. Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
Gambar orang merawat
orang sakit
B. Sumber
1. Buku PAB Kelas 5
Ehipassiko hal 86-100
2. Buku PAB Kelas 5
Diktat KKG
VII.Alat Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Penilaian proses : Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes
tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Non Tes
C. Alat Penilaian :
- Soal tes Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………..
- PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : ………………………………..
- PERTEMUAN KE 5 dilaksanakan pada : ………………………………..
soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian merawat orang
sakit!
2. Siapa yang berhak merawat orang
sakit?
3. Apa yang dilakukan oleh Buddha
kepada Bhikkhu Tissa?
4. Apa wujud nyata dari pengalamlan
welas asih?
5. Pernahkan kamu merawat orang sakit?
Bagaimana perasaanmu saat merawat orang sakit?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Apa yang kamu lakukan jika
orangtuamu sakit?
2. Beri contoh cara merawat orangtua
yang sedang sakit!
3. Mengapa orang tua yang sakit harus
kita rawat?
4. Saat kita merawat orangtua yang
sedang sakit kita juga harus dengan diringi ,,,, agar cepat sembuh.
5. Merawat orangtua yang sedang sakit
merupakan perbuatan …
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Bagiamana cara merawat temanmu yang
sedang sakit?
2. Jika temanmu sakit dirumah sakit,
apa yang kamu lakukan?
3. Jika saat menengok temanmu yang
sedang sakit ada temanmu yang mengganggu, apa yang kamu lakukan?
4. Beri contoh ucapan yang kamu ucapkan
saat menegok temanmu yang sakit!
5. Sikap yang baik dilaksanakan saat
menengok teman yang sedang sakit yaitu ….
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.
Apa
yang harus kita lakukan jika kita sedang sakit?
2.
Bagaimana
pernyataan yang boleh diucapkan saat kita sedang sakit?
3.
Tomi
sedang sakit dan tidak boleh melakukan apa-apa. Apa yang harus Tomi lakukan?
4.
Mengapa
kita harus bersemangat pada saat kita sedang sakit?
5.
Sebutkan
3 hal harus kita lakukan saat kita sedang sakit!
PERTEMUAN KE 5
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Sebutkan doa-doa yang digunakan untuk mendoakan orang sakit!
2. Tuliskan salah satu paritta yang di
gunakan untuk mendoakan orang sakit!
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 12 Jam pelajaran ( 4 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
4.
Mengenal cara merawat orang sakit dan menjaga pikiran dan menjaga pikiran agr
jasamni tidak sakit.
II. Kompetensi Dasar
4.2 melatih diri untuk menjaga pikiran ketika
sedang sakit
III. Tujuan Pembelajaran
4.2.1 Menjaga pikiran agar tetap tenang dalam menghadapi
masalah.
4.2.2 Membaca paritta agar pikiran tetap tenang ketika sakit.
4.2.3 Menjelaskan peran meditasi untuk menjaga pikiran supaya
sehat.
IV. Materi Pembelajaran
Pengertian Kesehatan Jasmani dan batin.
Sehat adalah jika organ tubuh
berfungsi dengan baik, sedangkan sakit adalah organ tubuh yang tidak berfungsi
dengan baik. Menurut
pandangan Buddhis sakit terjadi jika organ tubuh yang terdiri dari empat unsur
(tanah, air, api dan anging) mengalami gangguan dan tidak befungsi dengan baik. Panyakit
dibedakan menjadi empat macam yaitu:
1. Penyakit fisik
2. Penyakit batin
3. Penyakit lingkungan
4. Penyakit sosial
Sebab Penyakit fisik yaitu: Poluisi
udara, kurang istirahat, kurang berolah raga, kecelakaan, mengkonsumsi makanan
yang tidak sehat, keturunan dan banyak pikiran. Paritta untuk membersihkan suasana;
1. Vandana
2. Tisarana
3. Buddhanussati
4. Dhammanussati
5. Sanghanussati
6. Saccakiriya gatha
7.
Patthanumodana(doa
keselamatan) dan lain-lain.
V. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Tugas
d. Demonstrasi
2. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1.
Guru
dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.
Guru
bertanya kepada siswa tentang pengertian kesehatan.
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tantang pengertian kesehatan.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang pengertian kesehatan.
· Siswa berdiskusi tentang pengertian sehat dan sakit
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tantang pengertian kesehatan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan penyakit yang pernah kamu derita dan apa
sebabnya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya kepada siswa tentang cara
menjaga kesehatan jasmani
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi cara menjaga kesehatan jasmani.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang cara menjaga kesehatan jasmani.
· Siswa berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan jasmani
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang cara menjaga kesehatan jasmani.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan cara menjaga kesehatan jasmani!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan
pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang menjaga kesehatan
batin.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi tantang cara menjaga kesehatan batin.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tantang cara menjaga
kesehatan batin.
· Siswa berdiskusi tentang
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang tantang cara menjaga kesehatan batin.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 3 cara menjaga kesehatan batin!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20
Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa
pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60
Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Siswa difasilitasi oleh guru
menemukan materi macam-macam paritta untuk menjaga keselamatan.
· Siswa menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
· Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
|
· Penjelasan tentang macam-macam
paritta untuk menjaga keselamatan.
· Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru.
· Siswa memaparkan hasil kerjanya di
depan kelas.
|
· Guru dan siswa bersama-sama
mengulang macam-macam paritta untuk menjaga keselamatan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
siswa yang belum tepat
· Siswa dan guru melakukan refleksi
bersama-sama.
|
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi
pembelajaran.
2. Refleksi: Lafalkan paritta Patanumodana!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religious
VI. Alat/Media/Sumber:
A.Alat/Media
1. Gambar
anak meditasi
B. Sumber
1.
Buku PAB kelas 5 Ehipassiko hal 102-107
2.
Buku Bhavana hal
VII.Alat
Penilaian
A. Prosedur
Penilaian
1. Penilaian
proses : Pengamatan
2. Penilaian
Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B.
Teknik Penilaian
1. Tes
Tertulis
2. Non
Tes
C. Alat Penilaian :
- Soal
tes Terlampir.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
|
Sumogawe, …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha
Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
|
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………...
- PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : ………………………………..
soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.
Jelaskan
pengertian menjaga kesehatan!
2.
Apa
tujuan menjaga kesehatan!
3.
Sebutkan
2 macam kesehatan tubuh kita!
4.
Bagaimana
cara menjaga tubuh kita agar sehat?
5.
Apa
tujuan makan menurut agama Buddha?
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian kesehatan
jasmani!
2. Sebutkan 3 contoh cara menjaga
kesehatan jasmani!
3. Sebutkan 3 macam makanan yang sehat!
4. Bagaimana syarat lingkungan yang
sehat?
5. Apa pengaruh lingkungan terhadap
kesehatan kita?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian kesehatan batin!
2. Mengapa batin kita harus dijaga?
3. Bagaimana cara menjaga batin kita
agar tetap sehat?
4. Beri contoh kesehatan batin!
5. Batin yang bagimana yang dikatakan
sehat?
PERTEMUAN KE 4
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan
pengertian meditasi!
2. Sebutkan
2 paritta untuk ketenangan!
3. Tuliskan
paritta Saccakiriya gatha!
4. Paritta
apa yang digunakan untuk menolak bencana?
5. Sebutkan 3
paritta untuk membersihkan suasana!
No comments:
Post a Comment