informasi cari disini

Friday, 25 May 2012

RPP AGAMA BUDDHA KELAS 5 SEMESTER 2



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  8

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : V / 2
            Alokasi Waktu            : 9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan)
           
I.         Standar Kompetensi
3. Mengontruksi sikap umat Buddha untukmenjadi manusia yang bermurah hati
II.      Kompetensi Dasar
2.1.Mendeskripsikan macam-macam dana
III.   Tujuan Pembelajaran
3.1.1      Peserta didik dapat mendefiniskan pengertian dana.
3.1.2      Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam-macam dana.
3.1.3      Peserta didik dapat menjelaskan dana yang nilainya paling tinggi.
3.1.4      Peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat berdana yang baik
3.1.5      Peserta didik dapat menjelaskan tujuan berdana.
3.1.6      Peserta didik dapat menyebutkan ladang yang paling subur untuk menanam perbuatan baik (berdana)
IV.   Materi Pembelajaran
1.    Pengertian dana
Dana adalah memberi atau beramal yang dilakukan dengan keiklasan
2.    Macam-macam dana
1)   Amisedana ( Dana materi) yaitu memberi berupa materi
2)   Atidana yaitu memberi perbupa pengorbanan kepentingan sendiri untuk kebahagiaan makhluk lain
3)   Mahatidana (dana Kehidupan) yaitu pemberian berupa pengorbaban jwa dan raga
4)   Dhammadana (dana kebenaran) yaitu pembeiran nasehat, petunjuk kebaikan kebenaran.
V.      Kegiatan Pembelajaran
  1. Metode :
a.    Ceramah
b.    Tanya  jawab
c.    Penugasan 
  1. Langkah-langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.      Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2.      Guru bertanya kepada siswa tentang pengertian dana
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai


B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang pengeritan dana
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  tentang pengeritan dana
·      Siswa berdiskusi tentang  pengertian dana
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang pengeritan dana
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1.    Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.    Refleksi: Sebutkan 6 pengertian dana!
3.    Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.    Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2.    Guru bertanya kepada siswa tentang pembelajaran pada pertemuan yang lalu
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi pengertian dana materi
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  pengertian dana materi
·      Siswa berdiskusi tentang
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang pengertian dana materi
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 5 macam wujud dana materi!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 3
A Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2.    Guru dan siswa membahas PR
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang 
·      Siswa berdiskusi tentang
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
 C Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 2 contoh wujud dana kehidupan!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.   Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Gambar orang berdana
B. Sumber
1. Buku Pab Kelas 5 Ehipassiko hal 59-83
2. Buku PAB Klas 5, Depag RI hal 9-10
3. Kamus umum Buddha Dharma, Tri Satya Buddhis centre Jakarta Hal. 15
4. Buku PAB Kelas 5, Aryasuryacandra 1995-1996 hal 9-10
VII.Alat Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian proses : Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Prkatik
3. Tes Portopolio
C. Alat Penilaian :
- Soal tes Terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah



Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
Sumogawe,   …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha



Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001

Catatan :
1.        PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.        PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
3.        PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ……………………………….


Soal

PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian dana!
2.      Sebutkan 4 macam dana!
3.      Jelaskan pengertian amisedana!
4.      Jelaskan pengertin Dhammadana!
5.      Jelaskan pengertian abhayadana!

PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian dana materi!
2.      Bagaimana caramemberi dana materi yang benar!
3.      Apa yang dimaksud syarat barang yang bersih!
4.      Siapa saja yang pantas diberi dana?
5.      Apa yang dilakukan setelah member dana materi?

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian dana kehidupan!
2.      Berilah contoh pelaksanaan  dana kehidupan dalam kehidupan sehari-hari!
3.      Apa tujuan dalam melakukan dana kehidupan?
4.      Bagiana cara melakukan dana kehidupan yang benar?
5.      Sebutkan 3 contoh dana kehidupan!
6.       Jelaskan pengertian dana kebenaran!
7.      Berilah 3 profesi yang berhubungan dengan dana kebenaran!
8.      Jenis dana apa yang paling tinggi nilainya?
9.      Berilah 2 contoh dana kebenaran!
10.  Siapa saja yang perlu kita beri dana kebenaran?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  9

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : V / 2
            Alokasi Waktu            :  9 Jam Pelajaran ( 4 pertemuan)
             
I.         Standar Kompetensi
3. Mengontruksi sikap umat Buddha untuk menjadi manusia yang bermurah hati
II.      Kompetensi Dasar
3.2. Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar
III.   Tujuan Pembelajaran
3.2.1   Menyebutkan cara memberikan dana  yang baik
3.2.2   Menyebutkan waktu yang tepat untuk berdana.
3.2.3   Mempraktikkan dana kepada teman sekelas.
3.2.4   Menyebutkan manfaat berdana
IV.   Materi Pembelajaran
Cara Berdana. berdana dilakukan dengan hati yang iklas tanpa pamrih. Cara berdana yang baik, Berdana yang baik yaitu dana berupa barang yang bermanfaat bagi orang yang diberi dana. Ada tiga syarat berdana yang baikyaitu:
  1. Iklas pada awal memberi
  2. Iklas pada saat member
Iklah setelah member.
V.      Kegiatan Pembelajaran
  1. Metode :
a.    ceramah bervariasi
b.    tugas
c.    Tanya jawab
  1. Langkah-langkah pembelajaran:
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.      Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2.      Guru bertanya kepada siswa tentang cara berdana
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi cara berdana yang baik
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  cara berdana yang baik
·      Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang cara berdana yang baik
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.         Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.         Guru bertanya tentang pelajaran yang lalu
3.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara menentukan siapa yang pantas  diberi dana.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  menentukan siapa yangpantas diberi dana.
·      Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Jodohkan pernyataan lajur kanan dengan lajur kiri yang merupakan jawaban yang benar dengan cara menarik garis lurus!
Dana berupa jubah


orangtua



Beras, pakaian pantas pakai, obat-obatan

Bhikkhu



Memberikan perawatan saat sakit, sudah tua.

Korban bencana alam



Memberi nasehat yang baik

Patidana



Memberikan pelimpahan jasa

Pecandu narkoba
3.  Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.      Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2.      Guru dan siswa membahas PR
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang dana yang diberikan kepada Sangha di hari Kathina
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  dana yang diberikan kepada Sangha di hari Kathina
·      Siswa berdiskusi tentang
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang dana yang diberikan kepada Sangha di hari Kathina
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 4 kebutuhan pokok Bhikkhu!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
VI.   Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
1. Gambar orang yang sedang pindapata
2. Gambar orang yang berdana di Hari Kathina
B. Sumber
1. Buku PAB Kelas 5 Ehipassiko hal 59-83
2. Buku PAB Pegangan guru dari Depag RI hal

VII.Alat Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian proses : Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Non Tes


C.  Alat Penilaian :
- Soal tes Terlampir.


Mengetahui
Kepala Sekolah



Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
Sumogawe,   …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha



Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001

Catatan :
1.        PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
2.        PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3.        PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………



Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Cara berdana materi yang baik yaitu dengan cara memberikan barang yang ….
2.      Jika ada teman yang bersalah kepada kita kitamemberi maaf, member maaf berarti telah melakukan …
3.      Memberi dana harus iklas pada awal yang disebut ….
4.      Sebutkan 3 syarat cara berdana yang baik!
5.      Apa yang dimaksud ilkas pada saat berdana?

PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jika teman kita suka berkelahi dana apa yang pantas diberikannya?
2.      Jika teman kita sedang sedih apa yang harus kita lakukan?
3.      Apa yang akan kamu lakukan jika kamu melihat burung yang terluka?
4.      Berilah contoh pengamalan atidana1
5.      Berilah contoh pelaksanaan Mahatidana!

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Dimana ladang yang subur untuk menanam jasa kebajikan?
2.      Sebutkan siapa saja yang termasuk anggota Sangha!
3.      Sebutkan 4 kebutuhan pokok Bhikkhu!
4.      Apa saja yang dapat kita danakan pada hari khathina?
5.      Apa pahala yang dapat kita peroleh dari berdana?




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  10

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : V / 2
            Alokasi Waktu            :  15 Jam Pertemuan ( 5 pertemuan )
           
I.         Standar Kompetensi
4. Mengenal cara merawat orang sakit dan menjaga pikiran agar jasmani tidak sakit
II.      Kompetensi Dasar
4.1 Menerapkan cara merawat dan mendoakan orang sakit
III.   Tujuan Pembelajaran
4.1.1   Menjelaskan pengertian sehat dan sakit
4.1.2   Menyebutkan macam-macam penyakit
4.1.3   Menyebutkan penyebab penyakit
4.1.4   Menjelaskan cara memelihara kesehatan dan menyembuhkan penyakit
4.1.5   Memperagakan cara merawat orang sakit.
4.1.6   Mempraktikkan cara membacakan paritta untuk orang sakit.
4.1.7   Melafalkan paritta Bhojanga.
IV.   Materi Pembelajaran
1. Pengertian Merawat orang sakit
2. Paritta Penyembuhan ( Buku Paritta Suci)
V.      Kegiatan Pembelajaran
1. Metode :
a. Ceramah
b. tanya jawab
c. Penugasan
d. Demonstrasi
2. Langkah-langkah pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.      Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2.      Guru bertanya kepada siswa tentang pengetian merawat
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang Pengertian merawat orang sakit.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti 0leh siswa.
·      Penjelasan tentang  pengertian merawat orang sakit.
·      Siswa berdiskusi tentang  pengertian merawat.
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang pengertian merawat orang sakit.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
 C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan siapa saja yang pernah merawat saat kamu sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.      Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.      Guru dan siswa membahas PR
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara merawat orangtua yang sedang sakit.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  cara merawat orangtua yang sedang sakit.
·      Siswa berdiskusi tentang
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang cara merawat orangtua yang sedang sakit.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan apa saja yang dapat kamu lakukan jika orangtuamu sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.    Guru bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran pada pertemuan yang lalu.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang tata cara menengok orang yang sakit.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang   tata cara menengok orang yang sakit.
·      Siswa  mengerjakan tugas dari guru
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang tata cara menengok orang yang sakit.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan ucapan yang diucapkan saat menengok taman yang sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.    Guru bertanya kepada siswa tentang  cara menumbukhan semangat untuk sembuh.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai

B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara menumbuhkan semangat untuk sembuh  kepada orang yang sedang sakit.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan  tentang cara menumbuhkan semangat untuk sembuh  kepada orang yang sedang sakit.
·      Siswa berdiskusi tentang cara member semangat.
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentang cara menumbuhkan semangat untuk sembuh  kepada orang yang sedang sakit.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan ucapan untuk menumbuhkan semangat untuk sembuh kepada temanmu yang sedang sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 5
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.      Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.      Guru bertanya kepada siswa tentang doa untuk orang  sakit.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang  cara menerapkan doa yang digunakan untuk merawat orang sakit.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang cara menerapkan doa yang digunakan untuk merawat orang sakit.
·      Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tentangcara menerapkan doa yang digunakan untuk merawat orang sakit.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan doa untuk orang sakit!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius

VI. Alat/Media/Sumber:
A. Alat/Media
Gambar orang merawat orang sakit
B. Sumber
1. Buku PAB Kelas 5 Ehipassiko hal 86-100
2. Buku PAB Kelas 5 Diktat KKG

VII.Alat Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1.    Penilaian proses : Pengamatan
2.    Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1.    Tes Tertulis
2.    Non Tes
C. Alat Penilaian :
- Soal tes Terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah



Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
Sumogawe,   …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha



Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001
Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
  3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………..
  4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : ………………………………..
  5. PERTEMUAN KE 5 dilaksanakan pada : ………………………………..


soal

PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian merawat orang sakit!
2.      Siapa yang berhak merawat orang sakit?
3.      Apa yang dilakukan oleh Buddha kepada Bhikkhu Tissa?
4.      Apa wujud nyata dari pengalamlan welas asih?
5.      Pernahkan kamu merawat orang sakit? Bagaimana perasaanmu saat merawat orang sakit?

PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?
2.      Beri contoh cara merawat orangtua yang sedang sakit!
3.      Mengapa orang tua yang sakit harus kita rawat?
4.      Saat kita merawat orangtua yang sedang sakit kita juga harus dengan diringi ,,,, agar cepat sembuh.
5.      Merawat orangtua yang sedang sakit merupakan perbuatan …

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Bagiamana cara merawat temanmu yang sedang sakit?
2.      Jika temanmu sakit dirumah sakit, apa yang kamu lakukan?
3.      Jika saat menengok temanmu yang sedang sakit ada temanmu yang mengganggu, apa yang kamu lakukan?
4.      Beri contoh ucapan yang kamu ucapkan saat menegok temanmu yang sakit!
5.      Sikap yang baik dilaksanakan saat menengok teman yang sedang sakit yaitu ….

PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.        Apa yang harus kita lakukan jika kita sedang sakit?
2.        Bagaimana pernyataan yang boleh diucapkan saat kita sedang sakit?
3.        Tomi sedang sakit dan tidak boleh melakukan apa-apa. Apa yang harus Tomi lakukan?
4.        Mengapa kita harus bersemangat pada saat kita sedang sakit?
5.        Sebutkan 3 hal harus kita lakukan saat kita sedang sakit!

PERTEMUAN KE 5
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Sebutkan doa-doa  yang digunakan untuk mendoakan orang sakit!
2.      Tuliskan salah satu paritta yang di gunakan untuk mendoakan orang sakit!










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11

            Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
            Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Buddha
            Kelas / Semester          : V / 2
            Alokasi Waktu            : 12 Jam pelajaran ( 4 pertemuan)
           
I.         Standar Kompetensi
4. Mengenal cara merawat orang sakit dan menjaga pikiran dan menjaga pikiran agr jasamni tidak sakit.
II.      Kompetensi Dasar
4.2 melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit
III.   Tujuan Pembelajaran
4.2.1   Menjaga pikiran agar tetap tenang dalam menghadapi masalah.
4.2.2   Membaca paritta agar pikiran tetap tenang ketika sakit.
4.2.3   Menjelaskan peran meditasi untuk menjaga pikiran supaya sehat.

IV.   Materi Pembelajaran
Pengertian Kesehatan Jasmani dan batin. Sehat adalah jika organ tubuh berfungsi dengan baik, sedangkan sakit adalah organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik. Menurut pandangan Buddhis sakit terjadi jika organ tubuh yang terdiri dari empat unsur (tanah, air, api dan anging) mengalami gangguan dan tidak befungsi dengan baik. Panyakit dibedakan menjadi empat macam yaitu:
1.    Penyakit fisik
2.    Penyakit batin
3.    Penyakit lingkungan
4.    Penyakit sosial
Sebab Penyakit fisik yaitu: Poluisi udara, kurang istirahat, kurang berolah raga, kecelakaan, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, keturunan dan banyak pikiran. Paritta untuk membersihkan suasana;
1.    Vandana
2.    Tisarana
3.    Buddhanussati
4.    Dhammanussati
5.    Sanghanussati
6.    Saccakiriya gatha
7.    Patthanumodana(doa keselamatan) dan lain-lain.
V.      Kegiatan Pembelajaran
1.    Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Tugas
d. Demonstrasi
2.    Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1.    Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2.    Guru bertanya kepada siswa tentang pengertian kesehatan.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tantang pengertian kesehatan.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang   pengertian kesehatan.
·      Siswa berdiskusi tentang  pengertian sehat dan sakit
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tantang pengertian kesehatan.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan penyakit yang pernah kamu derita dan apa sebabnya!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 2
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius
2. Guru bertanya kepada siswa tentang  cara menjaga kesehatan jasmani
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi cara menjaga kesehatan jasmani.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang  cara menjaga kesehatan jasmani.
·      Siswa berdiskusi tentang  cara menjaga kesehatan jasmani
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang cara menjaga kesehatan jasmani.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Tuliskan cara menjaga kesehatan jasmani!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
PERTEMUAN KE 3
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha dengan penuh religius.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang  menjaga kesehatan batin.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi tantang cara menjaga kesehatan batin.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tantang cara menjaga kesehatan batin.
·      Siswa berdiskusi tentang
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang tantang cara menjaga kesehatan batin.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Sebutkan 3 cara menjaga kesehatan batin!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 4
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan siswa melakukan doa pembukaan pendidikan agama Buddha
2. Guru bertanya kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Ekplorasi (Pencarian/Penemuan)
Elaborasi (Pemahaman/Pendalaman)
Konfirmasi (Pengontrolan)
·      Siswa difasilitasi oleh guru menemukan materi macam-macam paritta untuk menjaga keselamatan.
·      Siswa menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh siswa.
·      Penjelasan tentang macam-macam paritta untuk menjaga keselamatan.
·      Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·      Siswa memaparkan hasil kerjanya di depan kelas.
·      Guru dan siswa bersama-sama mengulang macam-macam paritta untuk menjaga keselamatan.
·      Guru meluruskan hasil jawaban dari siswa yang belum tepat
·      Siswa dan guru melakukan refleksi bersama-sama.
C. Kegiatan Akhir (25 Menit)
1. Siswa dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi: Lafalkan paritta Patanumodana!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik  melakukan doa penutup dengan penuh religious
VIAlat/Media/Sumber:
A.Alat/Media
1. Gambar anak meditasi
B. Sumber
1. Buku PAB kelas 5 Ehipassiko hal 102-107
2. Buku Bhavana hal
VII.Alat Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian proses : Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran : Tes tertulis
B. Teknik Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Non Tes
C.  Alat Penilaian :
- Soal tes Terlampir.

Mengetahui
Kepala Sekolah



Budiyanto,S.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001
Sumogawe,   …………………..
Guru Pendidikan Agama Buddha



Lasino, S.Ag.,M.Pd
NIP. 19660920 200001 2001

Catatan :
  1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada  : ………………………………...
  2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada : ………………………………..
  3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada : ………………………………...
  4. PERTEMUAN KE 4 dilaksanakan pada : ………………………………..


soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian menjaga kesehatan!
2.      Apa tujuan menjaga kesehatan!
3.      Sebutkan 2 macam kesehatan tubuh kita!
4.      Bagaimana cara menjaga tubuh kita agar sehat?
5.      Apa tujuan makan menurut agama Buddha?

PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian kesehatan jasmani!
2.      Sebutkan 3 contoh cara menjaga kesehatan jasmani!
3.      Sebutkan  3 macam makanan yang sehat!
4.      Bagaimana syarat lingkungan yang sehat?
5.      Apa pengaruh lingkungan terhadap kesehatan kita?

PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskan pengertian kesehatan batin!
2.      Mengapa batin kita harus dijaga?
3.      Bagaimana cara menjaga batin kita agar tetap sehat?
4.      Beri contoh kesehatan batin!
5.      Batin yang bagimana yang dikatakan sehat?

PERTEMUAN KE 4
Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskan pengertian meditasi!
2. Sebutkan 2 paritta untuk ketenangan!
3. Tuliskan paritta Saccakiriya gatha!
4. Paritta apa yang digunakan untuk menolak bencana?
5. Sebutkan 3 paritta untuk membersihkan suasana!


No comments:

Post a Comment

Chat

CHATT