RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
9 Jam Pelajaran ( 3 pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
3. Mengungkapkan
kisah-kisahJataka dan perumpamaan populer agama Buddha yang bertemakan
kejujuran dan kebijaksanaan.
II. Kompetensi Dasar
3.1 Menceritakan kisah jataka dan lain-lain yang
bertemakan kejujuran
III. Tujuan Pembelajaran
3.1.1 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah burung bangau yang
pembohong.
3.1.2 Peserta didik dapat menjelaskan akibat burung bangau yang pembohong.
3.1.3 Peserta didik dapat menceritakan kisah penggembala dan serigala
3.1.4 Peserta didik dapat menjelaskan akibat berbohong dalam kisah penggembala
dan serigala
3.1.5 Peserta didik dapat menceritakan pengalaman Lobhi yang malas membuat PR.
3.1.6 Peserta didik dapat menjelaskan akibat tidak mengerjakan PR
3.1.7 Peserta didik dapat menceritakan kembali kisah percobaan sang guru
3.1.8 Peserta didik dapat menjelaskan sifat kejujuran dalam kisah percobaan Sang
Guru
3.1.9 Peserta didik dapat meneladani sifat kejujuran dalam kisah percobaan Sang
Guru.
IV. Materi Pembelajaran
- Pengertian Kejujuran.
- Cerita tentang ” Penggembala dan Srigala”.
- Cerita ”Burung Bangau”
- Cerita “Lobhi Malas membuat PR”
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. Tanya jawab
4. Bermain peran
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A. Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Mengulas kembali pelajaran yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
pengertian kejujuran.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian kejujuran.
· Peserta didik mencurahkan
pendapatnya tentang kejujuran
·
c.. Peserta didik
memaparkan pendapatnya tentang contoh kejujuran.
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang pengertian kejujuran
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Buatlah
3 contoh pebuatan jujur.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru bertanya
temtang pertemuan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cerita
penggembala domba
dengan srigala.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
·
Penjelasan tentang cerita penggembala domba dengan srigala
·
Peserta didik bermain peran tentang certia
penggembala domba dengan srigala.
·
Peserta didik
mencurahkan pendapatnya tentang kebohongan
|
·
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
cerita penggembala domba dengan srigala.
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta
didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Ceritakan
kembali kisah penggembala dan Srigala.
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru dan
peserta didik membahas tugas rumah.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
·
Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan
materi tentang pengertian berbohong.
·
Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang
pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
·
Penjelasan tentang pengertian berbohong
·
Peserta didik mencurahkan pendsapatnya tentang
pengertian berbohong
·
Peserta didik memaparkan pendapatnya tentang
perbuatan yang termasuk dalam kategori berbohong.
|
·
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang
·
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta
didik yang belum tepat
·
Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Beri 3
contoh perbuatan buruk melalui ucapan..
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius.
VI. Alat/ Media/ Sumber
A.
Alat/Media
-
gambar anak gembala.
-
Gambar burung bangau dan ikan.
B. Sumber
- Buku
PAB kelas II Ehipassiko hal 42-47
- Buku
Cerita Jataka.
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b. Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilian
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
I. Kerjakan
soal berikut dengan benar !
1. Bicara apa
adanya disebut ....
2. Seseorang yang
berkata jujur selalu dipercaya oleh ....
3. Anak yang
jujur disukai ....
4. Rina pergi
bermain.
Mamanya bertanya, ”Rina, mau kemana?”
Apa yang harus rina jawab?
5. jika kamu
menemukan dompet di jalan, apa yang kamu lakukan....
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.
Penggembala
domba berbomong sehingga tidak dipervaya oleh ....
2.
Setelah
penduduk tertipu dua kali, apa yang dilakukan selanjutnya?
3.
Bagaimana
nasib si penggembala domba?
4.
Berbohong
merupakan perbuatan yang ....
5.
Berbohong
merupakan [erbuatan jahat melalui ....
PERTEMUAN KE 3
Kerjaka soal berikut dengan benar!
1.
Apa
yang dilakukan burung bangau kepada ikan?
2.
apakah
burung bangau benar-menar menindahkan ikan-ikan itu?
3.
Apa
yang dikatakan burung bangau?
4.
Apa
yang terjadi pada burung bangau setelah ketahuan berbohong?
5.
Siapa
yang mencapit leher bangau?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
9 Jam Pertemuan ( 3 pertemuan )
I. Standar Kompetensi
3. Mengungkapkan
kisah-kisah Jataka dan perumpamaan populer agama Buddha yang bertemakan
kejujuran dan kebijaksanaan
II. Kompetensi Dasar
3.2 Menceritakan kisah Jataka lain yang bertemakan
kebijaksanaan
III. Tujuan Pembelajaran
3.2.1 Peserta didik dapat menceritakan kisah monyet dan ikan
3.2.2 Peserta didik dapat menjelaskan perbuatan bijaksana yang dilakukan oleh monyet.
3.2.3 Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kebijaksanaan
3.2.4 Peserta didik dapat menyebutkan kebijaksanaan di sekolah
3.2.5 Peserta didik dapat memberikan contoh perbuatan bijaksana peserta didik
disekolah
3.2.6 Peserta didik dapat memberikan contoh perbuatan bijaksana di rumah
3.2.7 Peserta didik dapat memberikan contoh perbuatan bijaksana di masyarakat
3.2.8 Peserta didik dapat menjelaskan manfaat kebijaksanaan dalam kehidupan
sehari-hari
IV. Materi Pembelajaran
- Pengertian kebijaksanaan
- pandita vagga (orang bijaksana)
- cerita tentang monyet dan ikan
V. Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Bermain peran
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru bertanya
tentang kebijaksanaan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
pengertian bijaksana.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian bijaksana.
· Peserta didik berdiskusi tentang
pengeertian bijaksana
· c.. Peserta didik memaparkan hasil
diskusinya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan
refleksi bersama-sama
|
C.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Buatlah 2 contoh perbuatan bijaksana.
3.
Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1.
Guru
dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2.
Guru
dan peserta didik menbahas
tugas
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit).
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
cerita monyet dan ikan
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cerita monyet dan ikan.
· Peserta didik bermain peran dalam
cerita monyet dan ikan
· c.. Peserta didik menurahkan
pendapatnya tentang perbuatan si monyet kepada ikan
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang cerita tantag monyet dan ikan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan
refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
:
- Apakah perbuatan monyet menolong ikan sudah benar?
- Apakan berbuatan monyet tergolonh perbuatan
bijaksana?
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru
dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru dan peserta didik membahas tugas rumah.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi tentang syair-syair tentang kebijaksanaan.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang cara membaca
syair-syair kebijaksanaan yang terdapat dalam kitab Dhammapada.
· Peserta didik membaca syair 76.77 dan 78 Dhammapada
· c.. Peserta didik memabaca syair Dhammapada secara bergantian
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama membaca syair Dhammapada syair
76.77.78.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
:
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan
penuh religius
VI. Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-
gambar monyet dan ikan.
B. Sumber:
- Buku PAB kelas II Ehipassiko hal 51-55
- Buku Dhammapada hal 32-33
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1.
PERTEMUAN
KE 1 dilaksanakan pada : ………………………………...
2.
PERTEMUAN
KE 2 dilaksanakan pada :………………………………….
3.
PERTEMUAN
KE 3 dilaksanakan pada : …………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal berikut dengan benar !
1. jelaskan pengertian kebijaksanaan!
2. Berilah 2 contoh eprbuatan yang bijaksana!
3. bagaimana cara menasehati teman yang
menycontek?
4. Apa yang kamu lakukan jika temanmu mencontek
pekerjaanmu?
5. Desi memelihara kucing.
Desi
tidak pernah memperhatikan makanan kucingnya.
Apakah perbuatan Desi bijaksana?
Apa yang
harus desi lakukan?
PERTEMUAN KE 2
I.
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1. Ceritakan kembali dengan bahasamu
tentang cerita monyet dan ikan!
2. Makna apa yang kamu ambil dari cerita
tersebut?
II.
Kerjakan soal berikut dengan benar!
- Kita boleh menolong teman, tapi tidak boleh membuatnya ....
- Anak yang ... dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
- jika kamu melihat ayam yang terlukan, yang kamu lakukan adalah ....
- Jika temanmu jatuh dari sepeda, perbuatan apa yag akan kamu lakukan?
- jika temanmu berkelahi, apa yang kamu lakukan?
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal berikut dengan benar!
1.
Jika
kamu melihat teman yang jatuh dari sepeda apa yang harus kamu lakukan terlebih
dahulu?
2.
Apa
yang harus kamu lakukan jika memelihara hewan piaraan?
3.
Jika
kamu melihat temanmu bertengkar, tindakan bijaksana apa yang harus kamu lakukan
?
4.
Tuliskan
terjemahan syair 76 Dhammapada!
5.
Tulislah
tekadmu untuk menjadi anak yang bijaksana!
Tugas
Isilah kotak kosong dengan huruf yang tepat!
A
|
K
|
T
|
I
|
||||||
G
|
E
|
M
|
B
|
R
|
A
|
||||
J
|
U
|
U
|
R
|
||||||
P
|
I
|
N
|
T
|
R
|
|||||
A
|
S
|
I
|
H
|
||||||
C
|
E
|
R
|
D
|
A
|
|||||
D
|
A
|
M
|
I
|
||||||
R
|
A
|
J
|
I
|
||||||
C
|
E
|
R
|
I
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II/ 2
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4.
Memahami macam-macam peraturan yang baik, mengembangkan perbuatan baik serta
menghindari perbuatan perbuatan buruk.
II.
Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan macam-macam
peraturan
III.
Tujuan Pembelajaran
4.1.1 Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian peraturan
4.1.2 Peserta didik dapat menjelaskan
macam-macam peraturan
4.1.3 Peserta didik dapat menyebutkan
jenis peraturan di sekolah
4.1.4 Peserta didik dapat menyebutkan
jenis peraturan di rumah
4.1.5 Peserta didik dapat menyebutkan
jenis peraturan di masyarakat
4.1.6 Peserta didik dapat menjelaskan
cara melaksanakan peraturan
4.1.7 Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat melaksanakan peraturan
4.1.8 Peserta didik dapat menjelaskan
akibat melanggar peraturan.
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian peraturan.
2. macam-macam peraturan.
3. Tujuan ditetekannya peraturan.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Curah pendapat
3. Tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru bertanya
tentang peraturan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi tentang Pengertian kewajiban dan peraturan
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang
Pengertian peraturan
· Peserta didik berdiskusi tentang kewajiban
· c.. Peserta didik memaparkan hasil diskusinya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang Pengertian Peraturan dan
macam-macam peraturan.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C.
Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Sebutkan
3 macam peraturan sekolah?
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4.
Guru
dan peserta didik
melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru dan peserta
didik membahas tugas PR
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik
difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
Peraturan lalu;lintas.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran
yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
·
Penjelasan
tentang macam-macam peraturan
lalulintas.
·
Peserta didik
berdiskusi tentang peraturan lalulintas
·
Peserta didik
memaparkan hasil diskusinya di depan kelas
|
·
Guru dan
peserta didik bersama-sama mengulang macam-macam peraturan lalu lintas.
·
Guru meluruskan
hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
·
Peserta didik
dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1.
Peserta
didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2.
Refleksi
: Sebutkan
5 peraturan lalulintas,
3.
Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru
bertanya tentang pelajaran
bulan yang lalu.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Peraturan
lingkungan dan peraturan pemerintah.
· Peserta didik
menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya
kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta
didik
|
· Penjelasan
tentang Peraturan lingkungan
· Peserta didik
berdiskusi tentang peraturan linhkunhan
· c.. Peserta didik
memaparkan hasil diskusinya di depan kelas
|
· a, Guru dan peserta didik bersama-sama
mengulang macam-macam peraturan lingkungan
· b, Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta
didik yang belum tepat
· c, Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Sebutkan 3 contoh peraturan lingkungan.
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religious
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A. Alat/Media:
-
gambar rambu lalulintas.
B. Sumber:
- Buku PAB Ehipasiko kelas II hal 58-64
- Buku PAB kelas II departemen
agama.
VII. Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
1. PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan
pada : ………………………………...
2. PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada
:………………………………….
3. PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada :
…………………………………
Soal
PERTEMUAN KE 1
Kerjakan soal
berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian peraturan!
2. Sebutkan 3 macam peraturan!
3. Sebutkan 3 contoh peraturan sekolah!
4. Siapa yang wajib menaati peraturan
sekolah!
5. Apa tujuan di adakan peraturan
sekolah?
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal
berikut dengan benar!
- Apa tujuan dibuat peraturan lalulintas?
- Siapa yang diuntungkan dengan adanya peraturan sekolah?
- Beri 3 contoh cara menaati peraturan lalu lintas!
- Dimana peraturan lalulintas berlaku?
- Siapa yang wajib menaati peraturan lalulintas!
PERTEMUAN KE 3
Kerjakan soal
berikit dengan benar!
- Apa tujuan dibuat peraturan pemerintah?
- Apa nama singkat peraturan daerah?
- Untuk apa peraturan daerah dibuat?
- Siapa yang membuat peraturan daerah?
- Siapa yang mengerahkan peraturan daerah?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II/ 2
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4.
Memahami macam-macam peraturan yang baik, mengembangkan perbuatan baik serta
menghindari perbuatan perbuatan buruk.
II.
Kompetensi Dasar
4.2 Menerapkan rasa malu berbuat
jahat (Hiri) dan takut akibat berbuat jahat (Ottapa)
III.
Tujuan Pembelajaran
4.4.1 Peserta didik dapat menjelaskan pengertian malu berbuat jahat (hiri)
4.4.2 Peserta didik dapat menjelaskan pengertian takut menerima akibat perbuatan jahat (ottapa)
4.4.3 Peserta didik dapat menyebutkan
contoh perbuatan malu berbuat jahat
4.4.4 Peserta didik dapat menyebutkan
contoh takut akibat perbuatan jahat
4.4.5 Peserta didik dapat menjelaskan
cara mengembangkan malu berbuat jahat (hiri)
4.4.6 Peserta didik dapat menjelaskan
cara mengebangkan rasa takut menerima akibat perbuatan jahat (ottapa)
4.4.7 Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat memiliki perasaan malu berbuat jahat (hiri)
4.4.8 Peserta didik dapat menjelaskan manfaat memiliki perasaan takut menerima
akibat perbuatan jahat (ottapa)
IV.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Hiri dan Ottapa
Hiri adalah perasaan malu untuk
melakukan perbuatan jahat
Ottapa adalah rasa takut akan akibat
dari perbuatan jahat
Hiri dan ottapa merupakan landasan
moral landasan untuk melaksanakan sila (prilaku yang baik) dalam kehidupan
sehari-hari.
Seseorang kalau sudah malu untuk
berbuat jahat dan takut akan akibat dari perbuatan jahat akan melakukan
perbuatan yang baik dalam kehidupannya.
Seseorang yang sudah melakukan
perbuatan baik hidupnya akan bahagia.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru bertanya
tentang rasa malu
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang Pengertian
hiri dan otappa
· Peserta didik
menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya
kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta
didik
|
· Penjelasan tentang pengertian hiri dan otappa
· Peserta didik
berdiskusi perbedaan malu dengan takut perbuat jahat.
· c.. Peserta didik
memaparkan hasil diskusinya di depan kelas
|
· a, Guru dan peserta didik bersama-sama
mengulang pengertian hiri dan otappa.
· b, Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta
didik yang belum tepat
· c, Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman
materi pembelajaran.
2. Refleksi : Nyanyikan lagu malu dan takut!
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
a.Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
b. Guru dan peserta didik membahas tugas PR
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru
menemukan materi tentang pengertian
perbuatan baik.
· Peserta didik
menyiapkan alat tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya
kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta
didik
|
· Penjelasan tentang Pengertian dari perbuatan baik
· Peserta didik
berdiskusi tentang kreterian perbuatan baik
· c.. Peserta didik
memaparkan hasil diskusinya di depan kelas
|
· a, Guru dan peserta didik bersama-sama
mengulang pengertian dari perbuatan baik
· b, Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta
didik yang belum tepat
· c, Peserta didik dan guru melakukan refleksi
bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu
guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi : Tuliskan daftar
perbuatan baik!
No
|
Jenis perbuatan
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
5.
|
3. Guru memberikan tugas
untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh
religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber
A.
Alat/Media
-
gambar anak yang sedang melakukan perbuatan buruk.
B. Sumber
- Buku PAB Ehipasiko kelas II hal 65-72
- Buku Pegangan Guru Pendidikan
Agama Buddha kelas II departemen agama, hal 33-36
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal terlampir
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan :
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada ..............................................................
- Pertumuan 2 dilakasanakan pada ................................................................
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan benar!
1. Dasar untuk melaksanakan sila yaitu
……
2. Malu untuk melakukan perbuatan jahat
disebut ….
3. Takut akan akibat dari perbuatan
jahat disebut ….
4. Seseorang yang malu berbuat jahat
akan melakukan perbuatan yang ….
5. Kita harus takut akan akibat
perbuatan jahat Karen perbuatan jahat membuat hidup kita ….
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan benar!
1.
Perbuaqtan
baik adalah perbuatan yang tidak merugikan diri sendiri dan …..
2.
Kita
jangan malu untuk melakukan perbuatan ….
3.
Menolong
teman yang jatuh merupakan perbuatan ….
4.
Berbuat
baik di rumah contohnya ….
5.
Menemani
adik bermain merupakan perbuatan ….
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II/ 2
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4.
Memahami macam-macam peraturan yang baik, mengembangkan perbuatan baik serta
menghindari perbuatan perbuatan buruk.
II.
Kompetensi Dasar
4.3 Membedakan perbuatan baik dan
buruk
III.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik
dapat menjelaskan perbuatan baik dan contohnya
2. Peserta didik
dapat menyebutka perbuatan buruk.
3. Peserta didik
dapat menjelaskan perbedaan
antara perbuatan baik dengan perbuatan buruk.
4. Peserta didik dapat meunjukkan
prilaku yang baik di sekolah dan di rumah
IV.
Materi Pembelajaran
a. Pengertian perbuatan baik dan
perbuatan buruk
Perbuatan baik adalah perbuatan yang
tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, atau perbuatan yang membuat senang dan bahagia bagi
orang lain dan diri sendiri Perbuatan jahat adalah prilaku yang menyebabkan
diri sendiri maupun makhluk lain rugi dan menderita.
b. Macam-macam perbuatan baik dan buruk
Pebuatan baik dapat dilakukan melaui
pikiran, ucapan, jasmani
Pebuatan baik melalui pikiran
misalnya: cinta kasih, belas kasih, simpati, kesabaran dll
Perbuatan baik melalui ucapan
misalnya: perkataan jujur, apa adanya, perkataan yang lemah lembut. Perbuatan
baik melalui jasmani misalnya : Menolong orang lain yang sedang membutuhkan
pertolongan kita, berdana, ikut kerja bakti dan lain-lain. Perbuatan
Buruk dapat juga dilakukan melaui pikiran, ucapan dan jasmani. Perbuatan buruk melaui pikiran
misalnya : serakah, membenci, irihati, berpandangan salah. Perbuatan
buruk melaui ucapan misalnya: berdusta, berbohong, pergunjingan, perkataan
kasar dan lain-lain. Perbuatan buruk melaui jasmani misalnya:
membunuh, mencuri, mabuk-mabukan, berbuat asusila dan lain-lain.
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
dengan sangat religius
2. Guru bertanya tentang perbuatan baik.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
Pengrtian perbuatan buruk.
· Peserta didik menyiapkan alat tulis untuk
segala catatan.
·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang pelajaran yang belum
dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian perbuatan baik dengan perbuatan
buruk.
· Peserta didik berdiskusi tentang
kreteria perbuatan baik dan perbuatan buruk
· c.. Peserta didik memaparkan hasil
diskusinya di depan kelas
|
· a,
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang pengertian perbuatan
baik dengan perbuatan buruk.
· b,
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
· c,
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik
dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Beri tanda v jika perbuatan baik dan beri tanda x
jika perbuatan buruk1
No
|
Jenis perbuatan
|
Tanda
|
1
|
Memberikan contekan kepada teman
|
|
2.
|
Ramai saat guru memberi penjelasan
|
|
3.
|
Menolong teman yang jatuh dari sepeda
|
|
4.
|
Memberi nasehat kepada teman yang nakal
|
|
5.
|
Membantu ibu mencuci pakaian
|
3. Guru
memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa
penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta
didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru dan peserta
didik membahas tugas PR
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh
guru menemukan materi tentang perbedaan antara perbuatan baik dengan
perbuatan buruk.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang perbedaan antara perbuatan baik dengan
perbuatan buruk
· Peserta didik berdiskusi tentang
macam-macam perbuatan baik dan buruk.
· Peserta didik memaparkan hasil
diskusinya di depan kelas.
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang perbedaan antara perbuatan baik dengan perbuatan
buruk.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan
refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Tuliskan macam-macam
perbuatan baik dan buruk !
No
|
Perbuatan baik
|
Perbuatan buruk
|
1.
|
berdana
|
mencuri
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 3
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta didik melakukan doa pembukaan
dengan sangat religius
2. Guru bertanya tentang pelajaran bulan yang lalu.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
contoh perbuatan buruk melalui tiga saluran.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang contoh
perbuatan buruk melalui tiga saluran.
· Peserta didik berdiskusi
tentang macam-macam perbuatn buruk
· c.. Peserta didik memaparkan hasil
diskusinya di depan kelas.
·
|
· a,
Guru dan peserta didik bersama-sama mengulang perbuatan buruk melalui
ucapan, pikiran dan perbuatan.
· b,
Guru meluruskan hasil jawaban dari peserta didik yang belum tepat
· c,
Peserta didik dan guru melakukan refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
3. Guru memberikan tugas untuk persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru dan peserta didik melakukan doa penutup
dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-
gambar orang menolong binatang yang terluka.
B. Sumber:
- Buku PAB Ehipasiko kelas II hal 73-79
- Buku Pegangan Guru Pendidikan
Agama Buddha kelas II departemen agama.hal.26-33
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan:
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada…………………………………………..
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada …………………………………………
- PERTEMUAN KE 3 dilaksanakan pada …………………………………………..
Soal
PERTEMUAN KE 1
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan
jawaban yang benar !
- Perbuatan yang tidak merugikan diri sendiri dan makhluk lain adalah perbuatan yang ….
- Perbuatan buruk adalah perbuatan yang merugikan diri sendri dan ….
- Jika kita berbuat baik hidup kita akan ….
- Perbuatan baik dapat dilakukan melaului pikiran, ucapan dan ….
- Perbuatan buruk dapat akan membuat hidup kita ….
PERTEMUAN KE 2
Kerjakan soal berikut dengan benar !
- Sebutkan 3 contoh perbuatan buruk!
- Sebutkan 3 perbuatan baik !
- Berilan contoh perbuatan baik yang telah kamu lakukan!
- Jelaskan perbedaan antara perbuatan baik dengan perbuatan buruk!
- Tuliskan perbuatan buruk yang sudah kamu lakukan!
PERTEMUAN KE 3
I.
Kerjakan
soal berikut dengan jawaban yang benar!
- Sebutkan 3 perbuatan jahat melaui pikiran!
- Apa akibatnya jika kamu berpikiran jahat?
- Sebutkan 3 perbuatan jahat melalui ucapan!
- Sebutkan 3 perbuatan jahat melalui jasmani!
- Jika kamu sudah melakukan perbuatan jahat apa yang harus kamu lakukan, agar kamu menjadi anak yang baik?
II. Isilah kolom di bawah ini sesuai
dengan pertanyaannnya!
Pertanyaan;
1. Pembicaraannya tidak dipercaya orang
lain akibat dari ….
2. Malu untuk perbuat jahat
3. Akibat dari mencuri
4. Akibat dari minum-minuman yang
memabukkan
5. Akibat dari suka membenci
Kolom
jawaban.
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas / Semester : II/ 2
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
4.
Memahami macam-macam peraturan yang baik, mengembangkan perbuatan baik serta
menghindari perbuatan perbuatan buruk.
II.
Kompetensi Dasar
4.4 Melatih diri bersikap sopan
santun.
III.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik
dapat melakukan tndakan sopan dengan perpamitan kepada orangtua saat berangkat
sekolah.
2. Peserta didik
dapat memberikan horamt kepada Guru di sekolah..
IV.
Materi Pembelajaran
Pengertian sopan santun.
Sopan santun adalah prilaku hormat
kepada orang yang patut dihormati
Orang yang patut kita hormati yaitu
:
1. orangtua yakni ayah dan ibu
2. guru-guru kita
3. Saudara-saudara kita
4. Para pembantu
5. Para sopir dan lain-lain
V.
Kegiatan Pembelajaran
A. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Tugas
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan
peserta didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru bertanya
tentang peraturan.
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.
B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang
Pengertian sopan santun.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik
|
· Penjelasan tentang pengertian sopan santun.
· Peserta didik berdiskusi tetang
macam-macam sikap yang sopan.
· Peserta didik memaparkan hasil
diskusinya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang Pengertian sopan santun.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan
refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Tuliskan perbuatan yang
sopan!
3.
Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
PERTEMUAN KE 2
A.
Kegiatan Awal (20 Menit)
1. Guru dan peserta
didik melakukan doa pembukaan dengan sangat religius
2. Guru dan peserta
didik membahas tugas PR
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B. B. Kegiatan Inti (60 Menit)
Eksplorasi
(Pencarian/Penemuan)
|
Elaborasi
(Pendalaman/Pemahaman)
|
Konfirmasi (Pengontrolan)
|
· Peserta didik difasilitasi oleh guru menemukan materi tentang cara
menerapkan sopan santun di sekolah dan di rumah.
· Peserta didik menyiapkan alat
tulis untuk segala catatan.
· Guru bertanya kepada peserta didik
tentang pelajaran yang belum dimengerti oleh peserta didik.
|
· Penjelasan tentang cara menerpakan sopan santun.
· Peserta didik berdiskusi tentang
sopan santun kepada guru dan orang tua.
· c.. Peserta didik memaparkan hasil
diskusinya di depan kelas
|
· Guru dan peserta didik
bersama-sama mengulang cara menerapkan sopasan santun.
· Guru meluruskan hasil jawaban dari
peserta didik yang belum tepat
· Peserta didik dan guru melakukan
refleksi bersama-sama
|
C. Kegiatan Akhir (Waktu 25 Menit)
1. Peserta didik dibantu guru membuat
rangkuman materi pembelajaran.
2. Refleksi :
Sebutkan siapa saja yang
wajib diperlakukan dengan sopan santun?
3.
Guru memberikan tugas untuk
persiapan pertemuan yang akan datang.
4. Guru
dan peserta didik melakukan doa penutup dengan penuh religius
VI.
Alat/ Media/ Sumber :
A. Alat/Media:
-
gambar anak yang berpamitan kepada orangtua saat berangkat sekolah.
B. Sumber:
- Buku PAB Ehipasiko kelas II hal 80-87
- Buku PAB kelas II departemen
agama, hal 33
VII.Penilaian
A. Prosedur Penilaian:
1. Penilaian Proses: Pengamatan
2. Penilaian Hasil Pembelajaran
a. Tes efektif
b.
Tes psikomotorik
c. Tes Kognitif
B. Teknik Penilaian:
1. Tes Tertulis
2. Non tes
C. Alat Penilaian
Soal
Mengetahui Sumogawe,........................................
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Buddha
Budiyanto,S.Pd Lasino,
S.Ag., M.Pd
NIP. 19650512 199308 1 001` NIP.
19700712 200003 1 001
Catatan:
- PERTEMUAN KE 1 dilaksanakan pada …………………………………………..
- PERTEMUAN KE 2 dilaksanakan pada …………………………………………..
Soal
PERTEMUAN
KE 1
Kerjakan
soal berikut dengan benar !
1. Jelaskan pengertian sopan santun!
2. Siapa saja yang harus kita
perlakukan dengan sopan santun?
3. Dimana saja kita harus bersikap
sopan santun!
4. Jika di sekolah kita wajib sopan
kepada siapa saja?
5. Siapa saja yang wajib kita
perlakukan dengan sopan santun ketika berada di rumah?
PERTEMUAN
KE 2
Kerjakan
soal berikut dengan benar !
1. Mengapa kita wajib berlaku sopan
kepada ayah dan ibu?
2. Mengapa kita wajib berlaku sopan
kepada tukang kebun?
3. Mengapa kita wajib berlaku sopan
kepada bapak/Ibu guru?
4. Setelah kita ditolong orang lain apa
yang harus kita lakukan ?
Apa yang kita peroleh jika kita berlaku sopan
kepada semua orang?
Terimakasih🙏
ReplyDelete